25 Kerja Sampingan Anak Sekolah SMA SMK yang Menjanjikan

Saat ini banyak ide bisnis sampingan yang dapat dijalankan dan itu semua pastinya menghasilkan keuntungan yang cukup banyak sekali. Ide peluang usaha kreatif dan kerja sampingan anak sekolah SMA, SMK, STM, dan MA pun mudah ditemukan.

Salah satunya ialah anda bisa mulai menggeluti kerja sampingan untuk anak sekolah ini, sebab ada beberapa bagian pekerjaan untuk anak SMA, STM, SMK, MA yang tergolong tidak mengeluarkan modal sama sekali.

Bahkan, hampir semua perkerjaan yang cocok untuk anak SMA pada artikel ini pun sangat mudah dijalankan bagi pemula. Cara menghasilkan uang dari internet terbilang sangat banyak.

Baca juga: Harga 1 Lot Saham Microsoft (NASDAQ:MSFT) Terbaru Hari Ini

Baca juga: Kode dan Harga Saham Microsoft Per Lembar Terbaru Hari Ini

Nah dalam kategori tersebut kita sudah mengetahui bahwa kerja sampingan anak sekolahan SMA dan SMK ini tentunya harus dilakukan saat waktu luang saja.

Sehingga anda bisa memanfaatkan waktu luang tersebut lebih produktif dibandingkan hari sebelumnya, mengingat pekerjaan sampingan untuk anak SMA lebih banyak di dominasi untuk kalangan anak SMK maupun STM.

Untuk jaman sekarang ini pengguna internet di negara indonesia sudah sangat banyak sekali, tak heran juga bahwa user di indonesia telah mencapai jutaan.

Jadi hal ini adalah peluang yang sangat bagus bagi anda jika memanfaatkannya sebagai pekerjaan sampingan anak sekolah sma dan smk yang menjanjikan di tahun 2021.

Kerja Sampingan Anak Sekolah SMA, SMK dan MA

Nah bila anda penasaran apa saja kerja sampingan anak sekolah yang cocok bagi anak smk ataupun sma, silakan langsung simak saja penjelasan dengan lengkapnya bawah ini!

1. Blogger

daftar kerja sampingan anak sekolah sma smk ma mts paling menjanjikan terbaru 2020
kerja sampingan anak sekolah paling menjanjikan

Menjadi profesi seorang blogger ialah sangat berkaitan erat dengan tulis menulis, sebab kewajiban utama anda ialah mempublikasikan konten di blog sendiri kemudian lakukan optimasi seo agar konten tersebut bisa masuk halaman pertama google.

Kerja sampingan anak sekolah yang pertama ini butuh komitmen, konsistensi dan perjuangan penuh untuk mempelajari semua ilmu tentang blogger, bagaimana cara kerja seorang blogger, cara menghasilkan uang jutaan dari blog, dan lainnya.

Jika banyak artikel anda masuk halaman pertama, pastinya tak heran juga visitor akan terus berdatangan, kemudian anda bisa memasang iklan sendiri ataupun memasang iklan dari situs google adsense.

Sebelumnya jika ada yang melakukan aksi klik murni pada konten anda, tentu penghasilan akan terus meningkat jika adanya kegigihan untuk terus update artikel berkualitas yang disukai pengunjung.

Baca juga:

2. Jadilah YouTuber Bermodalkan HP

Tidak hanya menjadi seorang blogger saja yang tergolong sangat menguntungkan, namun memulai profesi menjadi seorang youtuber sudah termasuk cukup menjanjikan sekali.

Namun, ini hanya bisa dilakukan bagi mereka yang hobi merekam video dan menguploadnya ke situs resmi youtube.

Biasanya konten yang sering dicari dan ditonton banyak orang ialah berisi tentang how to atau bisa dibilang tentang tutorial.

Bila ada banyak orang yang menonton, kemudian anda bisa lakukan monetasi iklan supaya pada konten video youtube anda bisa berisi iklan yang dapat di klik maupun dilihat oleh banyak orang.

Jadi hal ini bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan earning pada akun youtube.

3. Jasa Menulis Artikel Blog yang SEO Friendly

Ini adalah kategori ketiga dalam bisnis anak sekolah yang sangat menguntungkan sekali, sebab menjadi seorang penulis artikel SEO bisa meraup keuntungan per hari hingga ratusan ribu.

Sebab kebanyakan orang lain sangat sibuk sehingga tidak sempat mempublikasikan artikel mereka ke blog pribadi.

Maka jalan terbaik untuk mengisi konten di web blog mereka ialah memilih untuk menyewa jasa penulisan artikel. Ini merupakan pekerjaan online untuk anak SMA tanpa modal yang sangat menjanjikan lho.

Nah, bila anda berminat sekali untuk menggeluti kategori bisnis seperti ini silakan kunjungi situs freelancer.com, project.co.id, karena disana ada banyak tawaran job yang siap anda kerjakan.

4. Jasa Design Logo, Twibbon, Vector (Vexel) dan Banner

Tidak hanya menjadi penulis saja yang bisa menghasilkan uang harian bagi anak sekolah, akan tetapi mulai menggeluti jasa design sudah sangat menguntungkan sekali bagi kalangan pebisnis online anak sekolah, ini jika anda mempunyai keahlian dalam bidang desain.

Biasanya tawaran job yang sering kita temukan ialah desain logo, untuk tiap job bisa dihargai sekitar 20-25 ribu, hal ini tergantung dengan kerumitan yang di inginkan oleh pelanggan anda.

Bila berminat silakan siapkan sebuah laptop dan koneksi internet, karena untuk memulai bisnis di bidang jasa seperti ini dapat dikatakan tidak perlu mengeluarkan modal sepersenpun.

Baca juga:

5. Layanan Jasa Penerjemah Bahasa Asing

Perlu anda ketahui bahwa peluang usaha layanan jasa penerjemah seperti ini merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan akan memberi keuntungan yang sangat banyak bagi seseorang yang menjalan bisnis tersebut.

Maka dengan peluang usaha seperti ini tentu sangat cocok sekali menjadi kerja sampingan anak sekolah seperti anda.

Jangan terpuruk walaupun anda masih anak sekolahan buktikanlah bahwa anda memang benar-benar ahli dalam berbahasa asing dan buktikan itu.

Tips Memulai Layanan Jasa Penerjemah Bahasa Asing

Jika anda tertarik untuk memulai bisnis layanan jasa penerjemah seperti ini maka ada beberapa tips yang akan kami berikan kepada anda agar dalam hal ini akan membantu meningkatkan kemajuan bisnis yang ingin anda mulai dari sekarang, simak pembahasan dibawah ini.

1. Tips yang pertama

Tentunya anda sudah ahli dalam berbahasa asing, akan tetapi yang menjadi pertanyaannya yaitu bahasa asing manakah yang anda kuasai? Apakah bahasa inggris? Bahasa rusia? Atau bahasa lainnya?.

Apabila misalkan anda menguasai bahasa inggris mulailah dari sekarang untuk memperdalam ilmunya kebahasaannya agar lebih memaksimalkan dalam pengucapan bahasa yang bertujuan menjadi seorang penerjemah profesional.

2. Tips yang kedua

Bagaimana cara anda melakukan promosi layanan jasa penerjemah? Masih bingung? Tidak perlu takut dan tidak perlu khawatir akan hal seperti itu karena disini kami akan membantu anda melalui artikel yang kami tulis untuk anda para pembaca setia.

Anda bisa membuat strategi yang lebih cerdas dan lebih tepat contohnya seperti membuat akun instagram lalu anda membuat beberapa video hasil buatan/karya anda sendiri lalu curahkanlah skill bahasa asing anda di video yang anda buat tersebut.

Jangan lupa sebelum post silahkan anda atur tag seperti apa saja yang perlu anda masukan ke dalam post anda tersebut.

Apabila sudah tenar dan viral maka job akan banyak berdatangan, sebagai contoh penerjemah yang sempat viral tahun lalu yakni skinny, semoga berhasil.

Semoga kedua tips di atas bermanfaat dan bisa menambah wawasan beserta akan lebih mengenal dunia bisnis.

Baca juga:

6. Jualan Buku Bekas

daftar kerja sampingan anak sekolah sma smk ma mts paling menjanjikan terbaru 2020
kerja sampingan anak sekolah paling unik

Di negeri kita tercinta Indonesia ini tentunya setiap negara menginginkan warga negara memiliki kecerdasan dan pendidikan yang lebih maju dan meningkat stabil.

Oleh karena itu, tidak heran jika pemerintah negara rela menghabiskan dana banyak demi kemajuan pendidikan di negeri kita tercinta yakni Indonesia.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, terkadang apa yang kita harapkan akan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.

Perlu anda ketahui bahwa dalam pendidikan Indonesia telah tertinggal sangat jauh 128 tahun jika dibanding dengan pendidikan di luar negeri, apa tidak malu akan hal seperti itu?

Tentu saja malu oleh karena itu siapa lagi yang bertanggung jawab akan masalah seperti ini.

Mulailah dari kesadaran diri sendiri, kembali ke topik pembahasan mengenai bisnis kerja sampingan anak sekolah.

Dalam hal pembahasan jualan buku ini bisa menjadi salah satu tindakan yang mendukung pendidikan Indonesia akan semakin maju.

Oleh karena itu peluang usaha seperti ini menjadi jawaban yang besar demi kesuksesan dan demi pendidikan di Indonesia tercinta ini.

7. Bisnis Dropship di Toko Online

Kerja sampingan anak sekolah yang seperti ini atau yang lebih dikenal dengan sebutan dropship yang merupakan salah satu peluang usaha paling menjanjikan di tahun 2021 apabila terus dikelola dengan rutin dan baik.

Bagi anda yang tidak mempunyai modal besar atau sepersen pun maka jawaban yang tepat untuk berbisnis tanpa modal yaitu dropship.

Dengan adanya peluang bisnis seperti ini tentunya akan memudahkan untuk mengejar impian kesuksesan anda melalui bisnis anak sekolah SMA seperti ini, yaitu dropship.

Jika anda tertarik dengan kerja sampingan anak sekolahan seperti ini maka hal yang pertama yang perlu anda persiapkan yakni smartphone.

Jika tidak memiliki smartphone maka pc atau laptop bisa menjadi jawaban yang tepat sebagai pengganti smartphone android, karena bisnis untuk pelajar SMA, SMK, STM, MA ini terbilang masih sangat menjanjikan.

Hal yang kedua yang perlu anda lakukan yakni join atau bergabung dengan pihak reseller dan lakukan kerja sama dengan hubungan yang baik agar semakin lebih sama-sama menguntungkan dalam menjalankan bisnis dropship tersebut, semoga beruntung.

8. Layanan Jasa Mengerjakan Tugas

daftar kerja sampingan anak sekolah sma smk ma mts paling menjanjikan terbaru 2020
kerja sampingan anak sekolah paling menyenangkan

Layanan jasa mengerjakan tugas merupakan salah satu peluang yang sangat cocok untuk anda sebagai pelajar maupun mahasiswa.

Tentunya kerja sampingan anak sekolah seperti ini termasuk ke dalam daftar kerja sampingan anak sekolah yang sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Dalam halnya jasa mengerjakan tugas, anda bisa langsung survei di kelas-kelas sekolah anda, dalam satu kelas tentunya tidak semua siswa-siswinya cerdas semua akan tetapi hanya sebagian juga yang tidak terlalu cerdas karena malas.

Karena malas dan tidak ada waktu mengerjakan tugas, maka dengan hal seperti ini merupakan kesempatan yang besar untuk memulai bisnis yang cemerlang sebagai salah satu kerja sampingan anak sekolah berpenghasilan menjanjikan.

9. Fotografer Murah Meriah

Jika anda mempunyai hobi memotret sebuah foto, tentunya ini adalah peluang yang sangat bagus sekali dan cukup menjanjikan bagi kalangan anak sekolah.

Memang bayaran untuk setiap gambar yang berhasil di potret sudah bisa dibilang cukup mahal sekali, modal yang dipersiapkan juga tidaklah begitu besar.

Apabila anda tidak mempunyai kamera canon dengan kualitas terbaik, maka solusi termudah dalam menjanlankan bisnis anak sekolah tanpa modal ialah menggunakan bantuan smartphone android.

Sebab beberapa smartphone mempunyai kualitas jepretan foto terbaik dan sangat terlihat cukup cerah sekali, jadi tidak perlu khawatir ketika ingin memulainya.

10. Membuka Les Privat Anak SD dan SMP

Untuk kerja sampingan anak sekolah terakhir ini ialah memulainya dengan membuka jasa les privat di rumah anda sendiri, akan tetapi pekerjaan sampingan untuk mahasiswa ini hanya bisa dijalani bagi mereka yang mempunyai keahlian dalam bidang mata pelajaran sekolah.

Lihat juga: 18+ Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa, Omzet Puluhan Juta!

Contohnya ialah anda jago dalam berbahasa inggris atau jago dalam berhitung matematika, maka tidak ada salahnya untuk membuka les privat ataupun kursus dirumah sendiri.

Untuk notaben yang tepat yaitu mereka yang membutuhkan ilmu terutama anak sekolah dasar maupun menengah pertama.

Biasanya bayaran dalam membuka les privat bersifat perbulan, bayangkan saja anda sudah mempunyai banyak murid yang mendaftar maka keuntungan yang didapatkan sudah tergolong cukup besar sekali.

11. Membuka Bisnis Online Shop

kerja sampingan anak sekolah sma smk ma berbisnis di online shop
berbisnis di online shop

Membuka bisnis online shop bisa dilakukan sebagai kerja sampingan di rumah untuk anak sekolah SMA karena sistem usaha ini sangat fleksibel dan bisa dijalankan kapanpun dan dimanapun tanpa cara yang ribet.

Hanya dengan mengandalkan ponsel atau laptop, maka usaha toko online bisa dijalankan dengan mudah. Untuk penghasilan yang didapatkan juga tergantung dari jumlah produk yang sudah terjual.

Ada banyak sekali toko online yang sudah sukses dalam menjalankan bisnis jual beli secara online ini. Ini bisa menjadi referensi, apa saja langkah sukses yang telah dicapai oleh toko online tersebut.

Selain itu asalkan memiliki niat yang kuat dan fokus untuk menjalankan bisnis ini toko online, ini dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai kerja sampingan untuk anak sekolah SMA, SMK, dan MA.

Baca juga:

12. Berjualan Makanan Ringan dan Kekinian

Jika kantin sekolah memiliki jarak yang cukup jauh dari kelas atau yang dijual di kantin tersebut hanya jajanan itu-itu aja maka berjualan makanan kecil adalah bisnis yang dapat dicoba.

Anda bisa menjualnya ketika waktu istirahat sudah tiba. Caranya, cobalah untuk mendatangi setiap kelas dengan begitu makanan yang terjual akan banyak.

Alternatif lain yang mungkin bisa dicoba dengan menitipkan makanan kecil tersebut ke warung-warung sekitar rumah.

Baca juga:

13. Jasa Pengetikan Tugas dan Artikel

Kerja sampingan jasa pengetikan merupakan bisnis yang menjanjikan bagi anak sekolah SMA/SMK.

Sekolah biasanya disertai berbagai macam tugas yang harus diberikan dalam bentuk cetakan.

Dibandingkan mengetik sendiri, saat ini banyak anak sekolah yang memilih untuk menggunakan jasa pengetikan.

Alasannya karena tidak ada waktu untuk mengetik. Untuk memulai kerja sampingan ini hanya cukup memiliki laptop untuk mengetik.

14. Berjualan Pulsa lewat Marketplace dan SMM Panel

kerja sampingan anak sekolah sma smk ma jualan pulsa online
jualan pulsa online

Sebagian besar anak sekolah memilih bisnis pulsa untuk mulai kerja sampingan karena tidak memerlukan modal yang besar.

Selain itu, bisnis ini dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan apabila bisa dikelola dengan baik. Untuk sekali penjualan pulsa, keuntungannya mulai Rp 500 – Rp 1.500 rupiah.

Namun, bisnis sampingan jualan pulsa online ini juga memiliki risiko. Penjual harus siap apabila ada teman yang utang pembayaran pulsa.

Jadi, sebelum memulai pekerjaan sampingan ini, perhitungkan resiko terburuknya dahulu ya.

15. Admin Sosial Media Facebook, Instagram, Twitter

Jika Anda suka menghabiskan waktu untuk bermain sosial media tidak ada salahnya memberanikan diri mencoba menjadi admin sosial media.

Pekerjaan sampingan anak sekolah yang satu ini bisa dikerjakan di rumah tanpa diharuskan untuk membuat laporan.

Tugasnya hanya perlu memantau penjualan produk atau diminta untuk mempromosikan produk secara online melalui berbagai platform sosial media yang populer.

Dengan begitu pekerjaan ini sangat cocok dilakukan untuk anak SMA sebagai pekerjaan part time.

16. Membuka Layanan Jasa Proofreading

Bagi yang memiliki kemampuan menulis yang mumpuni dan di atas rata-rata, mungkin bisa mempertimbangkan ide kerja sampingan untuk anak sekolah ini.

Membuka jasa proofreading sepertinya cocok untuk dijadikan sebagai kerja sampingan yang menjanjikan untuk anak sekolah SMA, SMK, dan MA.

Permintaan terhadap jasa ini cukup tinggi, khususnya bagi para penulis ebook yang tidak memiliki tim editor profesional dari perusahaan penerbitan.

Untuk memulai bisnis ini, kita harus memiliki kemampuan berbahasa dan kepenulisan yang baik terlebih dahulu.

17. Part Time Jaga Warnet Gaming

Bagi yang sudah menguasai komputer, kerja sampingan ini sangat tepat dilakukan. Daerah sekolahan biasanya dikelilingi oleh banyak warnet.

Hal ini dapat dimanfaatkan untuk melamar menjadi penjaga warnet.

Namun, sebelum memulai pekerjaan ini, ada baiknya jika terlebih dahulu mengatur jadwal sekolah dan jadwal part time sedemikian rupa agar tidak mengganggu waktu sekolah.

18. Part Time Pengurus Pet (Binatang Peliharaan)

kerja sampingan anak sekolah sma smk ma part time pengurus pet kucing anjing
part time pengurus pet kucing anjing

Bagi anak sekolah yang memiliki hobi merawat hewan peliharaan, hobi ini dapat menciptakan peluang bisnis jasa perawatan hewan peliharaan.

Sekarang ini banyak orang yang memiliki hewan peliharaan, tetapi tidak ada waktu untuk merawatnya. Pekerjaan ini cocok dijalankan di tempat yang cukup luas karena akan ada banyak hewan yang akan ditangani.

Ajak juga teman untuk membangun bisnis ini agar menjadi lebih besar dan berkembang.

19. Delivery Man (Pengantar Barang)

Pekerjaan sampingan ini bisa dijalankan dengan memanfaatkan motor. Selain mudah pekerjaan ini terbilang menguntungkan karena tidak memerlukan modal besar.

Untuk menjalankan jasa antar barang ini, yang terpenting harus mempunyai kendaraan dan mengenal baik wilayah pengiriman ya.

20. Pengasuh Anak Balita dan ART

Kerja sampingan anak sekolah ini terbilang mudah dilakukan terutama mengasuh anak diatas tiga tahun, yang relatif sudah tak bergantung pada orangtuanya.

Tanpa jasa ini banyak orang tua yang tidak bisa bekerja karena tidak ada orang lain yang bisa menjaga anaknya.

Untuk memulainya Anda dapat memulai menawarkan layanan pada tetangga sekitar atau orang-orang yang sudah dikenal.

Sistem pembayaran dapat dilakukan secara per jam hingga harian.

Baca juga:

21. Part Time Karyawan Restoran

Semakin banyaknya tempat makan seperti restoran atau cafe membuat persepsi terhadap profesi sebagai karyawan restoran semakin positif.

Untuk itu, Anda bisa mencoba melamar kerja sampingan sebagai waiter, helper, cooker dan sebagainya.

Syarat untuk kerja sampingan ini pun relatif mudah, walau akan menjadi nilai tambah jika telah memiliki pengetahuan seputar bidang yang ingin dilamar.

22. Jadi Content Creator di Instagram

Bagi yang suka membuat konten video, desain grafis, foto menjadi pembuat konten merupakan peluang usaha yang menarik untuk dilirik.

Walaupun begitu, kerja sampingan yang satu ini membutuhkan keahlian khusus agar dapat menghasilkan hasil foto yang berkualitas dan unik.

Modal yang dikeluarkan pun cukup bermodalkan kamera, maka bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Namun dengan syarat harus cerdas dan menguasai dunia fotografer.

Anda bisa ciptakan unggahan dengan konten menarik yang bisa menggelitik minat pengguna Instagram.

Banyak yang telah membuktikan kalau mereka bisa meraup uang dengan membuat konten menarik. Selamat mencoba.

Baca juga:

23. Anggota Tim Creative Sosial Media

Sebagai anggota tim creative tugas yang dikerjakan adalah untuk mengatur jadwal postingan pada berbagai macam platform, menjawab pertanyaan para followers, hingga mengumumkan event tertentu yang akan digelar oleh sosial media tempat bekerja.

Selain itu, Anda juga dituntut untuk bisa sekreatif mungkin dalam menampilkan unggahan agar para viewers tertarik terhadap informasi yang diberikan.

24. Membuka Jasa Bantu Pindahan

Kerja sampingan ini akan sangat dibutuhkan bagi orang yang ingin pindah rumah atau pun mengirimkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain.

Umumnya orang-orang memilih cara yang praktis dan tidak mau direpotkan dengan masalah barang bawaan. Karena alasan itulah jasa bantu pindahan sangat diperlukan oleh orang banyak.

Adanya jasa ini juga akan membuat orang-orang yang sedang kerepotan sangat terbantu.

25. Penjual Barang Kerajinan Tangan (Handcraft)

kerja sampingan anak sekolah sma smk ma jualan kerajinan tangan handcraft
jualan produk kerajinan tangan / handcraft

Jika memiliki hobi membuat handcraft, mengapa tidak coba menjualnya? Tidak banyak orang yang bisa membuat handcraft.

Dengan begitu kelebihan yang dimiliki ini bisa menghadirkan keuntungan dengan menjualnya sebagai souvenir pernikahan, hadiah ulang tahun, dan sebagainya.

Ditambah sekarang sudah banyak platform online terpercaya yang menyediakan jual beli dalam jangkauan luas seluruh Indonesia.

Hal ini tentunya bisa membuat handcraft Anda lebih laris dan diminati banyak orang. Sehingga mendatangkan keuntungan yang berlipat!

Anda bisa menemukan lebih banyak lowongan kerja di sini!

Nah, itulah ulasan kita kali ini tentang peluang usaha, bisnis dan kerja sampingan anak sekolah SMK, SMA, STM, dan MA paling menjanjikan.

Semoga ulasan di atas bisa memberikan manfaat buat Kamu, sahabat bacalagers.com. Jika dirasa informatif silakan Kamu bagikan juga ke media sosial, ya ~