Apa itu Instagram Reels? Ini Dia Pengertian, Fitur-fitur dan Keunggulannya!

  • Bagikan

Belum lama ini, Instagram merilis fitur terbaru yang bernama Instagram Reels. Inovasi-inovasi baru terus dikembangkan oleh Instagram guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Sudah cukup banyak pengguna Instagram di Indonesia yang terpantau sudah bisa menikmati fitur Instagram Reels di aplikasi Instagram pada Senin (12/7/2021).

Untuk dapat menggunakan fitur terbaru ini, Kamu harus melakukan update aplikasi Instagram terlebih dahulu di Google Play Store untuk Android maupun App Store untuk iOS.

Baca juga: 80+ Efek IG yang Bagus Untuk Selfie Cewek & Cowok Bikin Story Auto Kece

Jika Kamu biasanya meng-upload foto, video ataupun membagikan story di IG Stories, kini dengan fitur Reels Kamu bisa menjadi semakin kreatif.

Tak sedikit orang yang menyebut bahwa fitur ini hadir untuk menyaingi aplikasi berbagi video secara live, yaitu TikTok. Seperti yang kita ketahui seksama, update terbaru Instagram memang ditujukan agar semua pengguna menjadi lebih betah.

Sebenarnya, fitur Reels ini sudah terlebih dahulu diluncurkan di 50 negara selain Indonesia bagi pengguna Android dan iOS pada 5 Agustus 2020.

Baca juga: 16+ Filter IG yang Ada Lagunya Paling Ngehits dan Viral di TikTok 2021

Sedangkan untuk pengguna Instagram Indonesia, akses fitur terbaru IG ini baru dibuka pada Juni 2021.

Lantas, sebenarnya apa itu Instagram Reels? Apa saja fitur-fitur yang dimilikinya? Lewat artikel ini, Bacalagers Media akan memberikan penjelasan cukup lengkap untuk Kamu. Yuk simak!

Apa itu Instagram Reels?

apa itu instagram reels

Dikutip dari laman resmi Instagram, Instagram Reels adalah sebuah cara baru untuk semua pengguna untuk meningkatkan followers dengan membuat video kreatif hingga 30 detik yang dibalut dengan pilihan audio populer, efek AR (Augmented Reality), menambahkan fitur tag konten bermerek, dan tools kreatif lainnya.

Baca juga: Situs Auto Followers Instagram Gratis Tanpa Password 100% Works

Bukan hanya itu saja, Kamu juga bisa menggabungkan dan bahkan merekam beberapa clip untuk bisa menjadi satu video utuh.

Apabila Kamu mempunyai akun Instagram pribadi yang dikunci atau private, hanya followers Kamu saja yang bisa melihat kiriman Instagram Reels yang Kamu buat.

Tak sedikit orang yang menyebut bahwa fitur Reels di Instagram mempunyai fungsi layaknya aplikasi media sosial berbagai video terpopuler di seluruh dunia, yakni TikTok.

Baca juga: 6 TikToker Komedi Terbaik Indonesia, Kontennya Siap Mengocok Perut Kamu!

Kenapa bisa? Ya selayaknya TikTok yang mempunyai fitur FYP (for your page), dengan adanya fitur ini Instagram telah mengubah laman explore-nya menjadi sesuai untuk browsing Reels.

Semua penggunanya disajikan konten Reels di sisi paling atas dari laman search. Tak hanya itu, selayaknya TikTok, semua pengguna bisa men-scroll ke bawah untuk melihat konten lainnya.

Fitur-fitur yang Ada di Instagram Reels dan Kelebihannya

apa itu instagram reels

Setidaknya ada tujuh fitur unggulan pada Reels Instagram yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya termasuk para kreator yang telah mengajukan aspirasinya, antara lain:

1. Audio

Fitur ini membuat Kamu bisa mencari dan memakai lagu dari koleksi musik Instagram. Selain itu, Kamu juga bisa memakai audio hasil buatan sendiri hanya dengan merekam Reels.

Ketika membagikan Reels yang disematkan audio asli, musik Kamu akan tertulis nama sendiri sebagai kreator efek musik Instagram Reels.

Apabila Akun Kamu adalah akun publik, pengguna lain dapat membuat Reels dengan menggunakan audio buatan Kamu dengan memilih opsi “Gunakan Audio” dari Reels yang Kamu bikin.

Instagram meluncurkan fitur Voiceover (alih suara) yang memungkinkan semua penggunanya menambahkan suara mereka ke dalam video, dan Mixed Audio (padukan suara) yang membuat pengguna juga bisa menambahkan backsound.

2. Efek AR (Augmented Reality)

Jika mau merekam beberapa klip dengan efek yang berbeda-beda, Kamu bisa memilih salah satu dari efek di galeri yang dibikin oleh Instagram dan para kreator di seluruh dunia.

Ya, hanya dengan mencari filter favorit pada opsi menu “Cari Efek”, Kamu tinggal memilih salah satunya untuk digunakan dalam buat konten Reels menjadi semakin menarik dan kreatif.

3. Timer dan Hitung Mundur

Fitur Instagram Reels yang satu ini berguna banget untuk Kamu agar bisa merekam klip video secara hansfree.

Setelah menekan tombol record atau rekam, Kamu akan melihat hitungan mundur, sebelum perekaman dimulai selama jumlah waktu yang dipilih.

Sehingga Kamu bisa ambil kesempatan untuk memposisikan diri atau siap-siap action sebelum perekaman klip video di Reels dimulai.

4. Menggabungkan Beberapa Video menjadi Sejajar

Fitur IG Reels ini memungkinkan Kamu membuat klip video dengan adanya gambaran dari klip sebelumnya.

Hal ini akan sangat memudahkan Kamu untuk melakukan transisi seperti berganti pakaian, orang, maupun objek lainnya karena mengetahui posisi objek sebelumnya.

Ya benar, fitur ini sangat mirip seperti di TikTok.

5. Pengaturan Kecepatan Klip Video

Semua pengguna Instagram Reels dapat mempercepat atau memperlambat bagian dari klip video dan audio yang digunakan. Ini bisa membantu pengguna tetap mengikuti irama atau membuat video gerakan slow motion.

Selain itu, Reels bisa direkam dapat serangkaian klip (satu per satu), sekaligus, ataupun menggabungkan upload video dari galeri Instagram Reels.

6. Durasi Klip Video yang Lebih Panjang

Istagram sudah memperpanjang durasi Reels hingga 30 detik.

Menambahkan pengaturan timer hingga 10 detik, dan memperkenalkan kemampuan untuk memotong atau mengedit klip video agar semakin menarik.

7. Memasang Tag Konten Bermerek

Instagram juga meluncurkan fitur Tag Branded (konten bermerek) di fitur canggih nan menarik ini.

Fitur Instagram Reels ini berguna untuk content creator agar bisa memberikan informasi bahwa konten tersebut adalah hasil kerja sama endorsement dengan sebuah brand secara transparan.

Baca juga: Rayakan Ulang tahun ke-10, Instagram Hadirkan Easter Egg Unik, Yuk Cari Tahu!

Manfaat Instagram Reels Untuk Content Creator

apa itu instagram reels

Munculnya fitur terbaru Instagram ini tentu bermanfaat untuk bagi para kreator konten di seluruh dunia.

Adanya Reels sangat memungkinkan munculnya kreator-kreator baru dengan beragam ide menarik dan kreatif.

Melansir dari laman resmi The Verge, walaupun Reels berdurasi 30 detik dibandingkan Instagram Stories yang hanya 15 detik, Reels ditujukan untuk pembuatan konten menghibur yang lebih kreatif dan menarik.

Sementara itu, Instagram Reels juga berguna untuk memberikan cuplikan dari aktivitas seseorang.

Baca juga: Berpenghasilan Rp 150 Juta per Bulan, YouTuber ini Dituduh Pesugihan dan Terlibat Jaringan Teroris

Perbandingan Instagram Reels vs TikTok

apa itu instagram reels

Dengan fitur Reels ini, pengguna bisa melihat unggahan konten video Reels dari pengguna lain layaknya ketika mendapat FYP (for your page) yang ada di TikTok.

Iya selayaknya TikTok, semua pengguna dapat men-setting Reels mereka menjadi pribadi maupun publik.

Disaat sedang men-setting Reels menjadi publik, maka memungkinkan konten Reels Kamu ditemukan oleh pengguna dari seluruh dunia.

Selain itu, pengguna juga mengatur privasi nya menjadi hanya teman sehingga hanya dapat di upload sebagai “umpan” dan “cerita seseorang”.

Peluncuran Instagram Reels pertamakali dilakukan pada 5 Agustus 2020 ketika Amerika Serikat kemungkinan besar melarang penggunaan TikTok.

Product Director Instagram, Robby Stein menjelaskan bahwa Instagram Reels dan TikTok adalah dua hal yang berbeda.

“Saya pikir TikTok layak mendapatkan banyak pujian karena mempopulerkan format video pendek dan itu hal yang hebat,” tuturnya Robby Stein.

Apa perbedaan terbesar antara Instagram Reels dengan TikTok?

Robby Stein menjelaskan bahwa perbedaan terbesar Reels dengan TikTok adalah terkait dengan ekosistemnya, yang mana ekosistem Reels adalah pengguna Instagram.

Selain itu, perbedaan lain yaitu seseorang juga dapat membagikannya langsung ke Instagram, dapat menggunakan filter dan tools AR (Augmented Reality) khusus IG.

Namun, saat ini Instagram tidak akan membayar content creator untuk konten video terpopuler di Reels sebagaimana yang ditawarkan oleh TikTok.

Perbedaan lain yang bisa Kamu temukan di Reels adalah tidak memungkinkannya seseorang untuk berduet dengan orang lain selayaknya fitur yang dimiliki oleh TikTok, di mana TikTok memungkinkan semua penggunanya untuk berinteraksi membangun dan me-remix video.

Instagram juga tidak mengizinkan pengguna untuk mengupload lagu atau audio secara langsung ke sistem aplikasi Instagram Reels, tetapi hanya bisa meng-custom dengan audio yang sudah ada pada galeri Reels.

Baca juga: Jasa Followers Instagram Murah / Aktif / Permanen / Indonesia

Cara Menggunakan Instagram Reels

apa itu instagram reels

Untuk dapat menggunakan Instagram Reels, Kamu bisa ikuti langka-langkah berikut ini:

  1. Pertama, update Instagram terlebih dahulu di Google Play Store ataupun App Store
  2. Kemudian buka aplikasi Instagram
  3. Tab atau ketuk icon Reels mirip simbol video di bagian atas (di antara “Search” dan “Shop”)
  4. Lalu silakan klik pada icon “Camera” yang berada di pojok kanan atas layar
  5. Setelah itu silakan pilih ingin “merekam video” atau “mengambil gambar” dari galeri
  6. Selanjutnya tambahkan efek/filter, stiker, musik, caption dan lainnya
  7. Setelah itu klik “Next” di bagian bawah
  8. Selesai, konten Kamu bisa di share ulang ke Instagram Stories, Feed, maupun DM (Direct Message)

Ketika konten Reels Kamu di-setting publik, maka video Reels bisa ditelusuri pengguna lain di halaman khusus Reels dan postingan Reels kamu akan hilang dapat 1×24 jam.

Selain itu, Instagram Reels juga mempunyai fitur menampilkan keterangan jumlah orang yang menyukai dan berapa yang telah memberikan komentar di bagian kanan konten selayaknya TikTok.

Setelah Kamu mengetahui apa itu Instagram Reels, mulai dari pengertian, fitur dan keunggulan hingga perbandingannya dengan TikTok serta cara menggunakannya, apakah Kamu tertarik untuk segera mencobanya?

  • Bagikan