6 Keuntungan Jasa Pendaftaran Merek Dagang yang Harus Diketahui

  • Bagikan

Pendaftaran merek secara online atau biasa disebut dengan pendaftaran merek dagang bertujuan untuk mengajukan hak eksklusif dalam kepemilikan merek di jasa pendaftaran merek dagang dapat dilakukan secara online, untuk pemrosesan permohonan dapat dilakukan di website brand.dgip.go.id sekaligus memberikan layanan lainnya.

Mulai dari perpanjangan merek hingga pengajuan keberatan hingga permohonan merek.

Baca juga: Ini Dia 4 Cara Menghargai Hak Kekayaan Intelektual di Era Digital

Keuntungan Jasa Pendaftaran Merek Dagang

Berikut ini adalah beberapa keuntungan jasa pendaftaran merek dagang yang belum banyak diketahui orang, baik digital product creator, digital marketer pemula, hingga pengusaha pemula.

Baca juga: Cara Klasifikasi Kelas Merek dengan Benar dan Tepat

1. Jaminan Perlindungan Hukum

Keuntungan terpenting dari pendaftaran merek online atau pendaftaran merek online sebagai pemilik merek dagang yang telah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia adalah merek anda mendapatkan perlindungan regulasi yang sah dan akuntabel.

Seperti yang telah diatur dalam undang-undang tentang merek tahun 2016 yang secara resmi diundangkan oleh Presiden.

Proteksi ini merupakan senjata utama untuk melindungi orisinalitas perusahaan yang anda kembangkan. Jadi kecuali merek tersebut dapat disalahgunakan, Anda juga dapat menuntut orang yang menjiplak merek bisnis anda untuk keuntungan pribadi tanpa meminta izin anda sebagai pemilik aslinya.

Baca juga: 5 Manfaat Menggunakan Jasa Pendaftaran Merek Untuk Bisnis Anda

2. Menghindari Risiko Terkena Kasus Plagiarisme

UU Merek 2016 yang langsung disahkan Presiden juga menjamin pemerintah akan melindungi anda dari pihak lain yang berusaha menjual produk dengan merek yang dapat membingungkan konsumen.

Sehingga daftar brand online sebagai pemilik bisnis tidak perlu takut plagiat yang bisa dilakukan oleh kompetitor dan branding bisnis anda juga akan lebih mudah.

Baca juga: 4 Masalah Merek Hak Kekayaan Intelektual Populer HAKI

3. Meningkatkan Skor Aset Perusahaan

Merek dagang yang didaftarkan secara online telah terdaftar dan dipatenkan secara sah di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, yang akan membuat branding score meningkat dan menjadi lebih bernilai.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, merek adalah salah satu aset terbesar dan paling berharga perusahaan, yang dapat mempengaruhi kesuksesan perusahaan itu sendiri.

Bahkan, tak sedikit perusahaan yang berhasil bangkit dari krisis karena gengsi merek mereka masih tinggi.

Baca juga: Daftar Isi dan Cara Mengisi Formulir Pendaftaran Merek Dagang

4. Mempermudah Membuka Usaha Franchise

Merek yang mendapat perlindungan dan terdaftar dalam daftar merek online dan diakui oleh pemerintah berarti merek tersebut telah memiliki nilai eksklusif untuk penggunaan perdagangannya.

Ini dapat digunakan bagi perusahaan untuk membuka peluang waralaba atas nama mereka sendiri.

Baca juga: 6 Alasan Pentingnya Pendaftaran Merek Bagi Usaha Anda

5. Menjadi Perusahaan Quality Control dan Kepercayaan Konsumen

Merek dagang yang tidak jelas tentu akan menciptakan situasi kepercayaan yang sulit bagi calon konsumen. Apalagi jika merek dagang Anda dijiplak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Kasus yang sering terjadi dengan ketidakjelasan status brand anda di mata hukum adalah sulitnya menerima kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk itu sendiri.

Untuk itu, demi mendapatkan dan mempertahankan kepercayaan konsumen, mematenkan merek bahkan sebelum peluncuran resmi bisnis merupakan komponen penting dari keberlanjutan bisnis itu sendiri, sehingga perlu untuk mendaftarkan merek secara online.

Baca juga: Cek Merek Dagang Terdaftar dapat Dihapus, Ini Alasannya

6. Nilai Tambah Melakukan Pendaftaran Merek Secara Online

Memiliki merek sendiri untuk pendaftaran merek merupakan hal yang membanggakan, namun tidak seluruh proses pendaftaran berjalan dengan lancar, tidak jarang mereka yang sudah berkali-kali melakukan pendaftaran terus menerus mengalami penolakan.

Apalagi bagi anda yang berada di luar wilayah Jakarta, dengan adanya masalah tersebut tentunya biaya yang harus anda siapkan cukup besar. Selain itu, waktu anda juga akan banyak terbuang hanya untuk menangani masalah yang tak kunjung usai ini.

Baca juga: 8 Tips Cepat Kaya dan Sukses Bisnis Bagi Pebisnis Pemula

Keberadaan merek dagang sangat diperlukan untuk keberlangsungan bisnis anda. Jika anda tidak segera mendaftarkan merek dagang di jasa pendaftaran merek dagang, bukan tidak mungkin akan dijiplak oleh orang lain.

  • Bagikan