5 Cara Buka Rekening Saham Untuk Mahasiswa, Mudah Banget!

  • Bagikan

Kami kira, tutorial cara buka rekening saham untuk mahasiswa dengan mudah sudah banyak di Google, ternyata masih sedikit. Oleh karena itu Bacalagers.com akhirnya membuat panduan cara membuat rekening saham untuk mahasiswa deh, yuk simak!

Saham menjadi salah satu investasi menarik yang dijalankan saat ini. Semua kalangan dari berbagai rentang usia bahkan sudah mahir melakukannya, baik pekerja rumah tangga, pebisnis online bahkan mahasiswa.

Apalagi kaum muda yang menempuh bangku perkuliahan, sebaiknya mengetahui cara buka rekening saham untuk mahasiswa agar proses investasi berjalan lancar.

Mengapa saham menjadi investasi yang menarik? Pasalnya instrumen pasar modal saham menjadi salah satu yang mampu memberikan hasil imbal balik besar, dibandingkan lainnya.

Baca juga: Jenis-jenis Investasi untuk Milenial

Para pelaku investasi ini tentu harus memiliki bekal khusus, seperti misalnya keahlian, pengalaman bahkan rekening.

Rekening saham menjadi bagian paling penting yang harus dimiliki oleh semua orang yang hendak berinvestasi, terlebih lagi mahasiswa.

Persyaratan dan Tata Cara Membuka Rekening Saham Untuk Mahasiswa di Indonesia

cara buka rekening saham untuk mahasiswa
cara buka rekening saham untuk mahasiswa

Cara membuat rekening saham untuk mahasiswa juga mudah & tanpa ribet. Lalu bagaimana dengan yang belum mengetahui? Simak ulasan berikut ini tentang cara buka rekening saham untuk mahasiswa:

1. Siapkan Dokumen Pribadi

Dokumen pribadi memang harus disiapkan ketika hendak membuka rekening apapun, termasuk rekening saham.

Beberapa dokumen yang harus disiapkan oleh mahasiswa yang hendak membuka rekening saham diantaranya fotokopi KTP serta fotokopi NPWP. Sedangkan bagi mahasiswa asing wajib menyiapkan KITAS atau paspor.

Lalu, bagaimana dengan mahasiswa yang belum memiliki NPWP pribadi? maka bisa menggunakan nomor NPWP orang tua.

Tidak hanya itu, alternatif lain jika tidak punya NPWP adalah dengan menyertakan surat pernyataan ketidak pemilikan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan materai 6000 sebagai tanda sah nantinya.

2. Mengetahui Macam-Macam Sekuritas

Sebelum membuka rekening saham, mahasiswa tentu harus mengetahui macam-macam sekuritas terlebih dahulu. Pasalnya terdapat banyak sekali pilihan sekuritas yang nantinya disajikan.

Oleh karena itu harus memahaminya dulu sebelum memutuskan, sebab setiap sekuritas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Lantas apa saja macam-macam sekuritas tersebut? Beberapa diantaranya yakni Indo Premier Sekuritas, Mirraer Asset Sekuritas Indonesia dan masih banyak lagi.

Seorang mahasiswa yang hendak membuka rekening saham sebaiknya mencari tahu soal lebih banyak sekuritas. Agar lebih mudahnya, tanyakan kepada orang yang sudah berpengalaman.

Baca juga: Jenis Investasi untuk Pemula

3. Pilih Perusahaan Sekuritas yang Tepat

cara buka rekening saham untuk mahasiswa

Sejauh ini ternyata banyak orang maupun mahasiswa yang kurang paham soal tempat untuk membuka rekening saham.

Ketika hendak membuka rekening saham, maka tempatnya adalah di perusahaan sekuritas, bukan di PT Bursa Efek Indonesia.

Sehingga calon pembuka rekening harus menentukan perusahaan sekuritas yang hendak dijadikan tempat membuka rekening.

Sebuah perusahaan sekuritas sering kali disebut dengan perusahaan pialang atau broker. Tentu dengan catatan bahwa perusahaan tersebut telah mendapat izin usaha serta diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Apabila tidak memiliki izin tersebut berarti perusahaan tergolong ilegal dan belum bisa terjamin kepercayaannya.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia tahun 2021:

  • Indo Premier Sekuritas
  • Mirae Asset Sekuritas
  • BCA Sekuritas Terbaik
  • BNI Sekuritas
  • Mandiri Sekuritas
  • NH Korindo Sekuritas Indonesia
  • Henan Putihrai Sekuritas
  • Samuel Sekuritas

4. Mengisi Formulir Perusahaan Sekuritas

Cara membuka rekening saham untuk mahasiswa berikutnya adalah dengan mengisi formulir pembukaan di perusahaan sekuritas yang sudah dipilih sebelumnya.

Pada umumnya formulir pembukaan tersebut dibagi menjadi dua jenis, yaitu rekening efek transaksi dan transaksi beli efek.

Kedua formulir tersebut bisa diterima atau dibayar secara tunai dalam waktu jatuh tempo. Kemudian, ada juga rekening bank atas nama investor bernama Rekening Dana Investor (RDI).

Rekening tersebut ada dengan tujuan untuk memisahkan memisahkan dana nasabah dengan perusahaan efek.

Baca juga: Nikmati Masa Tua Lebih Baik Dengan Investasi Sejak Dini!

5. Menyetorkan Deposit Awal

Seorang mahasiswa yang hendak membuka rekening saham hendaknya mengetahui bahwa masing-masing perusahaan telah menetapkan besaran setoran awal.

Tentu saja berbeda dari setiap perusahaan sebab nantinya setoran ini masuk ke RDI milik investor. Besarannya yakni mulai Rp 1.000.000 sampai Rp 10.000.000.

Bagaimana, sangat mudah bukan untuk membuka rekening saham untuk mahasiswa seperti cara-cara di atas?

Apabila masih merasa ragu dan takut mengalami kesalahan, sebaiknya ajak kerabat atau keluarga yang sudah berpengalaman.

Hal tersebut bisa menjadi antisipasi apabila terjadi kerancuan pada saat pendaftaran, apalagi bagi seorang mahasiswa. Semoga cara buka rekening saham untuk mahasiswa di atas berhasil dan selamat berinvestasi, good luck!

  • Bagikan