daftar rekomendasi usaha bisnis dan kerja sampingan untuk mahasiswa yang paling menjanjikan 2020
usaha bisnis dan kerja sampingan untuk mahasiswa yang paling menjanjikan 2020

Sebagai mahasiswa, ada kalanya kamu akan kehabisan uang sebelum awal bulan. Entah itu karena membeli buku, kebutuhan yang sedang membludak, atau yang lainnya. Nah, untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba kerja sampingan untuk mahasiswa guna mencari uang jajan tambahan.

Dengan memiliki uang jajan sendiri, kamu akan lebih bisa mengatur keuangan sendiri dan tidak lagi harus selalu minta uang kepada orang tua. Saat ini, ada banyak sekali peluang usaha yang menjanjikan dan kerja sampingan untuk mahasiswa paling menjanjikan yang bisa kamu lakukan bahkan saat masih kuliah.

Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Paling Menjanjikan 2020

Menjadi mahasiswa memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, mencari kerja sampingan untuk mahasiswa menjadi solusi jitu guna mendapatkan penghasilan tambahan. Kira-kira, apa saja? Simak penjelasan berikut ini!

1. Barista

rekomendasi usaha bisnis dan kerja sampingan untuk mahasiswa yang paling menjanjikan 2020
kerja sampingan untuk mahasiswa dan kaum milenial paling menarik

Mengingat bisnis kedai kopi saat ini kian menjamur di mana-mana, kamu dapat memanfaatkannya untuk memperoleh penghasilan tambahan. Kamu dapat mendaftar sebagai barista di sana. Jangan khawatir jika kamu tidak memiliki kemampuan meracik kopi yang mumpuni.

Biasanya masing-masing kedai kopi akan memberikan training tersendiri untuk belajar membuat kopi. Dengan menjadi barista, kamu tidak hanya memperoleh tambahan uang, tetapi juga memperoleh ilmu baru. Siapa tau nantinya kamu dapat membuka kedai kopi sendiri.

Lihat juga: 5+ Ide Usaha Bisnis Makanan Kekinian Modal Kecil Omzet Menguntungkan

2. Blogger atau Content Writer

usaha bisnis dan kerja sampingan untuk mahasiswa yang hobi menulis paling menjanjikan 2020
kerja sampingan untuk mahasiswa yang hobi menulis paling menjanjikan 2020

Blog juga dapat kamu gunakan sebagai media untuk memperoleh penghasilan tambahan. Jika konten yang kamu buat menarik, besar kemungkinan akan ada banyak perusahaan atau brand yang mengajak untuk bekerja sama dan memasang iklan. Dengan begitu, penghasilan yang kamu peroleh juga semakin meningkat.

Jika kamu tidak terbiasa untuk melakukan hal yang tidak memiliki deadline, ada baiknya kamu mendaftar sebagai content writer. Kamu dapat mencari lowongan pekerjaan sampingan untuk mahasiswa ini di situs freelancer atau website jasa penulis artikel.

Untuk fee-nya sendiri berbeda-beda, ada yang dihitung berdasarkan jumlah kata atau jumlah artikel yang ditulis, anak sekolah SMK, SMA pun bisa mencoba peruntungan sebagai content writer.

Lihat juga: 10+ Kerja Sampingan Anak Sekolah SMK/SMA Paling Menjanjikan

3. Sosial Media Specialist

rekomendasi kerja sampingan untuk mahasiswa yang aktif di media sosial paling menjanjikan 2020
kerja sampingan untuk mahasiswa yang aktif di media sosial

Nah, jika kamu memiliki passion untuk mengelola suatu akun media sosial, menjadi seorang social media specialist dapat kamu jadikan sebagai pilihan. Memangnya keahlian apa yang harus dimiliki social media specialist?

Biasanya, seorang social media specialist harus memiliki keahlian dalam hal membuat konten. Konten-konten tersebut dapat berupa gambar, video, animasi, dan yang paling penting adalah caption.

Tak hanya itu, kamu juga dituntut untuk dapat melayani berbagai keluhan dan pertanyaan dari pelanggan.

4. Fotografer

kerja sampingan untuk mahasiswa yang hobi dan aktif di dunia fotografi
kerja sampingan untuk mahasiswa yang hobi dan aktif di dunia fotografi

Fotografer juga dapat kamu jadikan sebagai pilihan jika kamu memiliki bakat memotret yang mumpuni.

Biasanya, seorang influencer media sosial banyak membutuhkan jasa fotografer untuk dapat menghasilkan foto yang bagus guna meningkatkan followers atau engagement mereka.

Kamu dapat menentukan rate card sendiri untuk setiap satu kali sesi pemotretan.

5. Freelance Graphic Designer

kerja sampingan untuk mahasiswa paling menjanjikan 2020 sebagai freelance graphic designer
kerja sampingan untuk mahasiswa paling menjanjikan 2020 sebagai freelance graphic designer

Usaha sampingan yang cocok untuk anak kuliah lainnya yang dapat dimanfaatkan adalah perancang desain grafis. Namun, untuk menjadi seorang perancang desain grafis, kamu tentu harus memiliki bakat serta jiwa seni dan mendesain. Desain grafis ini dapat berupa pembuatan logo atau yang lainnya.

Selain membuat logo, biasanya hal lain yang membutuhkan seorang desain grafis adalah pembuatan kaos, sampul buku, seni dinding, atau kemasan produk.

Kamu dapat mempromosikan diri kamu kepada teman-teman atau memanfaatkan situs website yang dapat menghubungkan kamu dengan klien yang membutuhkan perancang desain grafis.

6. Freelance Web Developer

kerja sampingan untuk mahasiswa yang menjanjikan sebagai web developer
kerja sampingan untuk mahasiswa yang menjanjikan sebagai web developer

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentu membuat permintaan akan domain website menjadi lebih banyak. Nah, jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang ini, tidak ada yang salah untuk mencobanya, bukan?

Kamu dapat menjadi seorang web developer untuk menghasilkan uang tambahan. Fee yang dapat kamu peroleh dari pekerjaan ini juga cukup besar, dapat mencapai hingga jutaan rupiah, lho.

7. Bisnis Online

kerja sampingan untuk mahasiswa paling menjanjikan 2020 dengan berbisnis online
kerja sampingan untuk mahasiswa paling menjanjikan 2020 dengan berbisnis online

Kamu juga bisa membuka bisnis online dengan menjual berbagai produk atau menjadi reseller. Internet akan menjadi lapak kamu selama menjalankan bisnis online ini. Dengan memanfaatkan keistimewaan internet, kamu dapat menjangkau pangsa pasar hingga ke luar pulau.

Agar pilihan bisnis kamu ramai dan banyak pembeli, jangan malu untuk mempromosikannya ke semua akun media sosialmu. Kamu juga dapat menawarkan secara langsung ke teman-teman kampus atau organisasi.

Tapi ingat, jadilah selalu pedagang online yang jujur dengan menjelaskan kualitas barang sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Lihat juga: 30+ Ide Bisnis Kreatif Paling Menjanjikan Terbaru 2020

8. Youtuber

kerja sampingan untuk mahasiswa yang menjanjikan sebagai youtuber indonesia
kerja sampingan untuk mahasiswa yang menjanjikan sebagai youtuber indonesia

Saat ini, Youtube menjadi salah satu platform yang paling banyak diminati masyarakat. Ada banyak hal yang dapat kamu saksikan di sana dengan berbagai konten. Melihat fenomena ini, kamu dapat mulai membuat channel Youtube sebagai media untuk berkarya.

Jika karyamu menarik dan banyak disukai pengunjung, besar kemungkinan kamu dapat memperoleh tawaran endorse untuk menjadi affiliate marketing. Selain itu, kamu juga dapat memperoleh tambahan penghasilan dari iklan.

9. Freelancer

kerja sampingan untuk mahasiswa omzet puluhan juta sebagai freelancer
kerja sampingan untuk mahasiswa yang menjanjikan tahun 2020

Untuk menambah penghasilan, kamu juga dapat bekerja secara part time/freelancer. Terkadang, ada beberapa toko atau tempat makan yang menyediakan pekerjaan ini untuk menambah penghasilan mahasiswa.

Selain itu, kamu juga dapat menjadi asisten dosen, tentor, atau asisten praktikum di kampus untuk menambah penghasilan sekaligus menambah ilmu.

10. Survey Online

kerja sampingan untuk mahasiswa yang menjanjikan tanpa modal
kerja sampingan untuk mahasiswa yang menjanjikan tanpa modal

Buat kamu yang banyak memiliki waktu senggang, daripada hanya nongkrong atau rebahan, sebaiknya kamu gunakan untuk mengisi dan mengikuti survey online. Survey online menjadi salah satu kerja online untuk mahasiswa tanpa modal.

Kamu dapat mencari beberapa website yang biasa mengadakan survey online. Bayaran dari survey online ini diberikan untuk setiap opini yang kamu utarakan. Cukup mudah, bukan?

11. Sopir Ojek Online

kerja sampingan untuk mahasiswa dengan penghasilan yang menguntungkan
kerja sampingan untuk mahasiswa dengan penghasilan yang menguntungkan

Pekerjaan lain yang dapat kamu manfaatkan untuk mengisi waktu senggang yaitu menjadi sopir ojek online. Dengan hanya bermodal kendaraan pribadi dan bensin, kamu dapat menghasilkan cuan yang cukup besar.

Bahkan, kamu dapat menghasilkan uang hingga jutaan rupiah dalam sebulan hanya dengan menjadi seorang sopir ojek online gojek, grab, uber, dan lainnya.

12. Mengajar Les Privat

kerja sampingan untuk mahasiswa dengan menjadi guru les privat
kerja sampingan untuk mahasiswa dengan menjadi guru les privat

Jika biasanya di rumah kamu senang menolong adik-adik kamu untuk belajar, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi seorang guru privat.

Selain dapat memperoleh penghasilan tambahan, menjadi guru privat juga dapat mengamalkan ilmu dan pengetahuan yang selama ini kamu dapat di sekolah.

13. Event Organizer

kerja sampingan untuk mahasiswa menjadi event organizer terpercaya di indonesia
kerja sampingan untuk mahasiswa menjadi event organizer terpercaya di indonesia

Buat kamu yang suka merancang suatu acara, kamu dapat mencoba untuk bekerja sebagai event organizer (EO). Untuk permulaan, kamu dapat memulai dengan hal yang kecil terlebih dahulu.

Seperti misalnya, mempersiapkan acara ulang tahun kampus, hari kelulusan, dan lain sebagainya. Kamu juga dapat bekerja sama dengan jasa pencari EO untuk menangani acara yang lebih besar, seperti konser, pengajian akbar, dan lain sebagainya.

14. Travel Guide

kerja sampingan untuk mahasiswa sebagai travel guide para turis mancanegara
kerja sampingan untuk mahasiswa sebagai travel guide para turis mancanegara

Untuk kamu yang memiliki public speaking cukup bagus, kamu dapat memanfaatkannya dengan menjadi seorang pemandu wisata atau travel guide. Terlebih lagi jika di sekitar kampus kamu banyak tempat wisatanya.

Kamu dapat menawarkan jasamu kepada setiap pengunjung yang datang. Kalau dirasa susah, kamu dapat bergabung dengan agen perjalanan wisata dan bekerja secara swadaya di sana.

15. Reseller Produk Kecantikan

kerja sampingan untuk mahasiswa menjadi reseller produk kecantikan
kerja sampingan untuk mahasiswa menjadi reseller produk kecantikan

Menjadi reseller produk kecantikan dapat dipertimbangkan oleh mereka yang sedang mencari peluang usaha dan memiliki kemampuan dalam berdagang, karena untuk menjadi agen tidak diharuskan memiliki lokasi khusus untuk berjualan tapi dapat memanfaatkan rumah sebagai stockist. Begitu juga dengan stock barang, jumlah, jenis dan nilainya dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan.

Produk kecantikan dan kesehatan memiliki prospek yang menggiurkan, karena setiap tahun mengalami pertumbuhan sekitar 20% dan untuk industri kosmetik nasional 95% dikuasai industri kecil dan menengah, demikian menurut data dari Kementrian Perindustrian.

Menjadi agen/reseller untuk jualan produk kecantikan menjadi peluang usaha kerja sampingan untuk mahasiswa paling menjanjikan karena pertumbuhan industri kesehatan dan kecantikan begitu pesat disebabkan karena target pasar mengalami perluasan.

Jika dulu hanya kaum perempuan yang menjadi pasar potensial, maka kini kaum laki-laki juga memiliki perhatian lebih terhadap perawatan tubuh dan kesehatan.

16. Dropshipper

kerja sampingan untuk mahasiswa menjadi dropsipper produk populer
kerja sampingan untuk mahasiswa menjadi dropsipper produk populer

Dropshipper adalah usaha kerja sampingan untuk mahasiswa yang menjanjikan karena dengan memanfaatkan koneksi internet kamu dapat menawarkan barang apapun kepada siapapun yang ada di seluruh penjuru dunia, cukup dengan duduk di depan komputer atau melalui smartphone.

Menariknya untuk menjalankan usaha sampingan sebagai dropsipper, kamu tidak butuh modal sama sekali karena posisi dropshipper adalah sebagai perantara antara penjual dan pembeli dengan istilah lain sebagai broker atau makelar.

17. Jasa Translator

kerja sampingan untuk mahasiswa sebagai jasa translator bahasa asing
kerja sampingan untuk mahasiswa sebagai jasa translator bahasa asing

Mempunyai keahlian dalam berbahasa asing bisa menjadi modal besar dalam menjalankan kerja sampingan untuk mahasiswa yang menjanjikan 2020 yaitu membuka jasa translator, baik secara offline maupun online.

Cara offline akan memiliki prospek yang bagus jika lokasi usaha di kawasan kampus atau perkantoran. Sedang cara online dapat dilakukan dimana saja sepanjang terkoneksi dengan internet serta bergabung di sejumlah platform freelancer, farebook group, linkedin, dan lainnya.

18. Jasa Pembuatan Video Undangan Pernikahan

Usaha kerja sampingan untuk mahasiswa yang terakhir ini adalah menjual jasa pembuatan video undangan pernikahan. Yaps, bisnis ini bisa kamu lakukan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan modal besar yang berpotensi mendapatkan penghasilan menguntungkan.

Pasalnya, pada jaman sekarang ini banyak sekali pasangan yang membutuhkan undangan video pernikahan digital untuk disebar ke teman-temannya melalui whatsapp, facebook, dan instagram.

Jika kamu tidak bisa mendesign video undangan pernikahan, kamu bisa memakai PPT template undangan nikahKu yang sangat mudah kamu edit sesuka hati, memiliki kualitas Full HD dan terdapat banyak sekali model design keren, menarik, dan profesional yang bisa kamu beli dengan harga sangat terjangkau, silakan Klik di sini untuk order PPT template undangan nikahKu.

Tidak membutuhkan waktu lama untuk promosi jasa kamu di instagram, twitter, whatsapp dan facebook, kamu pasti sudah bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan dari jasa ini.

Kesimpulan

Kebutuhan seorang mahasiswa memang besar sehingga tak jarang kita kehabisan uang padahal belum sampai akhir bulan. Untuk itu, mencoba peruntungan akan peluang usaha kerja sampingan untuk mahasiswa wajib kamu pertimbangkan, karena dampaknya sangat menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan lumayan besar.

Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat melakukan kerja sampingan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Ada banyak peluang usaha bisnis kerja sampingan untuk anak kuliahan/mahasiswa/mahasiswi yang dapat kamu pilih sesuai dengan kemampuan dan passion kamu.

Dari semua daftar kerja sampingan untuk mahasiswa/mahasiswi di atas, mana yang sesuai passion kamu atau mana yang membuat kamu sangat tertarik? Diskusikan pada kolom komentar di bawah ini ya. Semoga bermanfaat, sukses untuk kamu, dan good luck!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best deals on our WordPress themes.