5 Manfaat Menggunakan Jasa Pendaftaran Merek Untuk Bisnis Anda

  • Bagikan

Demi melindungi brand bisnis yang sedang Anda rintis atau miliki, sangatlah penting untuk melakukan pendaftaran merek.

Hal tersebut dilakukan agar tidak akan ada sembarang orang yang memakai merek bisnis Anda. Pastinya Anda tidak mau tiba-tiba saja orang lain merebut merek usaha Anda yang sudah lama dibangun dengan susah payah.

Sebagai tanda pengenal serta alat promosi, itulah salah dua fungsi dari merek usaha yang paling utama. Konsumen akan lebih mudah percaya dengan kualitas dari barang atau jasa yang ditawarkan oleh merek yang di-branding.

Baca juga: 4 Masalah Merek Hak Kekayaan Intelektual Populer HAKI

Untuk mendapatkan manfaat dari jasa pendaftaran merek, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat dan keuntungan lainnya jika melakukan pendaftaran merek untuk bisnis yang Anda miliki, yaitu:

1. Adanya identitas produk usaha

Setiap layanan atau produk yang diluncurkan oleh usaha Anda bisa memiliki identitas. Strategi branding di masyarakat yang Anda lakukan bisa menjadi penentu identitas produk Anda.

Merek Anda bisa dikenal sebagai produsen yang mengedepankan kualitas, memberikan harga yang murah, atau mungkin sering. memberikan bonus dan potongan harga.

2. Menjadi pembeda dengan produk yang lain

Sebagai konsumen, biasanya mereka akan langsung mengenali sebuah produk dari label atau logonya, seperti Apple dan Samsung yang dikenal sebagai produsen produk teknologi. Dalam benak konsumen, setiap merek pasti memiliki daya tariknya masing-masing.

Tentunya merek bisnis yang Anda miliki juga ingin dikenal dengan karakteristik tertentu di kalangan masyarakat, bukan? Maka dari itu penting sekali untuk memikirkan pendaftaran merek sejak awal Anda merintis usaha.

Dengan demikian, konsumen bisa mengidentifikasi produk yang erat kaitannya dengan fashion seperti Zara dan Uniqlo, hingga produk berkaitan dengan minuman dan makanan seperti Starbucks dan J.Co.

Hal tersebut juga bisa menjadi pembeda kualitas antara produk merek yang satu dengan produk merek yang lainnya yang sejenis, sehingga bukan hanya terbatas pada klasifikasi usaha yang berbeda.

3. Mendapatkan perlindungan

manfaat menggunakan jasa pendaftaran merek

Jika Anda sudah mendaftarkan merek serta memperoleh sertifikat dari Menteri Hukum dan HAM, maka merek usaha Anda sudah bisa mendapatkan perlindungan secara hukum.

Maka dari itu, merek Anda tidak akan mendapatkan perlindungan hukum selama merek belum didaftarkan, karena masih berstatus umum.

Sehingga kelemahannya adalah pemilik asli dari merek tersebut tidak bisa menuntut secara hukum bila terjadi pencurian, karena semua orang bisa dengan bebas menggunakannya.

Namun berbeda jika merek Anda telah didaftarkan, maka kejadian pencurian dan penyalahgunaan merek bisa dihindari.

Sejak tanggal penerimaan hingga 10 tahun ke depan, negara akan memberikan hak eksklusif kepada pemilik merek yang sudah didaftarkan dan melindungi merek secara penuh. Jika masa 10 tahun telah habis, maka pemilik merek perlu memperpanjang hak merek usahanya.

4. Merasakan nilai ekonomis

Basis konsumen yang lebih besar bisa didapatkan oleh merek yang berhasil melakukan branding dengan baik dan masyarakat juga dapat dengan mudah menerima setiap produk baru yang dirilis.

Umumnya, calon konsumen biasanya kurang percaya dengan produk yang tidak memiliki merek atau identitas.

5. Adanya hak eksklusif

Brand bisnis Anda sepenuhnya dilindungi oleh UU Merek dan Indikasi Geografis, setelah Anda berhasil mendaftarkan merek.

Anda bisa menuntut secara hukum apabila ada yang mencuri bisnis Anda, sehingga pihak-pihak yang ingin menggunakan nama merek Anda secara sembarangan bisa diminimalisir.

Berbagai ulasan di atas bisa memperlihatkan betapa pentingnya melakukan pendaftaran merek usaha.

Bukan hanya itu saja, pendaftaran merek juga bisa membantu mengembangkan usaha yang Anda miliki. Anda bisa menggunakan jasa pendaftaran merek yang saat ini bisa mempermudah proses pendaftaran merek Anda.

  • Bagikan