Ingin Sukses Bisnis Online? Pahami Apa itu SERP dan SEO!

apa itu serp dan seo

Dalam berbisnis, tentu semua peluang harus bisa dimaksimalkan agar kesuksesan bisa diraih, ini termasuk dalam bisnis online. Kesuksesan dalam dunia bisnis online bisa Anda dapatkan jika memahami alur dan seluk beluknya. Salah satunya dengan memahami Apa Itu SERP dan SEO serta segudang manfaatnya.

Dengan memahami apa Itu SERP dan manfaatnya, tentu akan sangat membantu bagi Anda dalam menjalankan bisnis, khususnya dalam hal pemasaran maupun branding. Seperti yang kita ketahui, dunia bisnis saat ini tengah mengalami gempuran hebat, tak hanya di Indonesia tapi juga seluruh dunia.

Maka dari itu sebagai pengusaha yang ingin bisnisnya sukses, tentu mau tak mau harus mencoba segala cara demi meraih kesuksesan. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode digital marketing yangg sangat erat hubungannya dengan SERP dan SEO ini.

Lantas sebenarnya apa itu SERP dan hubungannya dengan SEO? Agar tak semakin pusing, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut ini.

Pengertian SERP dan SEO

apa itu serp dan seo

Apa itu SERP dan fungsi SEO? Bagi Anda yang sangat penasaran, SERP merupakan kepanjangan dari Search Engine Result Page. Secara garis besar, SERP adalah halaman yang ditampilkan mesin pencari untuk menunjukkan hasil pencarian yang dicari penggunanya, baik organik maupun berbayar.

SERP ini sangat unik, karena meski kata kunci yang dimasukkan sama, tetapi hasil yang ditampilkan pada penggunanya bisa saja berbeda. Pada Google misalnya, akan ditampilkan hasil pencarian yang berdasar pada berbagai faktor relevan dengan penggunanya.

Misalnya saja alamat pengguna, media sosial yang digunakan pengguna, riwayat pencarian serta pengaturan lainnya, sehingga antara pengguna di Malaysia dengan pengguna di Indonesia meski memasukkan kata kunci yang sama akan memperoleh hasil SERP yang berbeda.

Kemudian apa itu SEO? Yang dimaksud dengan SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu upaya untuk mengoptimalkan website dengan tujuan agar berada di peringkat atas pada mesin pencari. Tentu saja tujuan dari upaya tersebut berdasarkan suatu alasan yang melatar belakanginya.

Tujuan dari mengoptimasi website agar berada di peringkat teratas dari mesin pencari adalah agar trafik website bagus. Dengan semakin bagus trafik website Anda, maka akan membuat website Anda semakin dikenal. SEO juga sangat membantu mendapatkan trafik website sesuai target yang Anda inginkan.

Dengan trafik yang bagus dan sesuai dengan target yang dikehendaki, maka akan memudahkan Anda untuk promosi, berbagi informasi mengenai usaha Anda, atau pun untuk branding produk yang Anda miliki. Dengan audience yang tertarget, maka akan memperbesar kemungkinan closing.

Tentu akan berbeda cerita jika tak menargetkan audience dari website Anda. Meski trafiknya bagus, tetapi website Anda tersebut tak cukup menarik minat calon pembeli, sehingga yang datang hanyalah sebatas pengunjung saja.

Apa Hubungan SERP dan SEO?

apa itu serp dan seo

Jelas sekali jika keduanya memiliki hubungan yang sangat erat, karena tujuan utama dari SEO tentu agar bisa menempatkan website di posisi teratas pada SERP dalam hasil pencarian organik. SEO ini adalah upaya paling ekonomis untuk menempatkan website di peringkat teratas SERP.

Karena dalam penerapannya, SEO tak memerlukan biaya apa pun alias gratis, maka dari itu saat ini semakin banyak orang yang berlomba-lomba menguasai tentang teknik SEO ini. Mengingat sangat pentingnya website bisa muncul di SERP paling atas.

Karena jika website Anda tak berada di peringkat atas SERP-misalnya saja muncul di halaman kedua atau ketiga, maka akan kecil kemungkinan seseorang meklik website Anda. Karena hanya sekitar 0,78% saja orang yang mau mengklik website pada halaman kedua SERP.

Jadi, jika ingin website ramai pengunjung, maka dipastikan website Anda berada di peringkat atas dan muncul dihalaman pertama SERP. Jika budget Anda lebih, maka bisa melakukannya dengan mudah, yakni dengan iklan berbayar. Dengan SEM atau Search Engine Marketing, maka SERP mudah ditaklukan.

Namun, jika ingin menghemat, maka Anda bisa melakukannya dengan menggunakan teknik SEO. Selain itu, domain yang bagus juga bisa menarik trafik pengunjung. Bingung mencari domain yang bagus? Cek segera Provider Domain murah karena Anda bisa mendapatkan domain dan Web hosting murah yang sedang ramai.

Mempelajari tentang SERP dan segala seluk beluknya wajib Anda lakukan jika ingin website Anda semakin berkembang dan selalu muncul di halaman pertama mesin pencari. Semakin bagus posisi SERP, maka akan semakin banyak pula trafik pengunjung ke website Anda.

Mengingat sangat ketatnya persaingan dunia bisnis belakangan ini, tentu ekspansi ke berbagai lini sangat dituntut agar bisnis tetap tumbuh dan berkembang. Salah satu lini yang harus bisa Anda kuasai adalah bisnis online yang bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Dengan merambah dunia online, maka pemasaran Anda juga bisa sangat luas, dengan begitu potensi untuk mendatangkan pundi-pundi keuntungan juga semakin terbuka lebar.

Jangan lelah berusaha, teruslah belajar mengenai apa Itu SERP dan seluk beluknya agar semakin mengembangkan website dengan tujuan bisnis Anda. Yakinlah bahwa kesuksesan pasti bisa Anda raih.

Penggemar Tahu Krispi, Doyan banget Soto Ceker, Penikmat Indomie Rebus, Hobinya Traveling yang juga menyukai aktivitas Blogging, Lagi Serius Belajar menjadi SEO Engineer, Komunitas, Jalan-jalan Jauh, dan lagi semangat banget Nabung buat Nikah!