Ini Dia 4 Cara Menghargai Hak Kekayaan Intelektual di Era Digital

  • Bagikan

Berikut ini adalah cara yang paling benar dari pertanyaan “Bagaimana Cara menghargai Hak Cipta atas Kekayaan Intelektual” di era Digital.

Saat ini, perkembangan dunia teknologi memang sangatlah masif. Hal inilah yang nantinya akan berdampak pada beberapa aspek kehidupan. Karena memang pada saat ini segala sesuatu tidak bisa terlepas dari teknologi salah satunya adalah mengenai informasi.

Nah berbicara mengenai informasi, banyak sekali informasi yang beredar di internet. Tentu hal ini menimbulkan dampak positif yang mana bisa menjadi sumber yang informatif bagi masyarakat, akan tetapi sebaliknya dampak negatifnya adalah timbul informasi yang sifatnya menjiplak dan tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Baca juga: 4 Masalah Merek Hak Kekayaan Intelektual Populer HAKI

Bagaimana Cara Menghargai Hak Kekayaan Intelektual?

Oleh karena itu pada artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana cara kita menghargai hak kekayaan intelektual adalah sebagai berikut.

1. Jangan Pernah Menyalahgunakan Foto Orang Lain

Hal pertama yang harus kalian perhatikan mengenai hak kekayaan intelektual adalah jangan pernah menyalahgunakan foto orang lain tanpa sepengetahuan dan seizin pemilik foto.

Seperti yang kita ketahui bahwa internet biasa digunakan untuk menyebar berbagai informasi seperti salah satunya adalah foto. Nah, biasanya banyak sekali foto meme yang tersebar secara bebas di media sosial.

Hal demikian yang seharusnya jangan dipublish karena dapat melanggar hak intelektual. Apalagi jika menambahkan bumbu-bumbu seperti editan dan caption yang tidak senonoh.

Hal ini jika direlasikan dengan diri sendiri atau keluarga apakah kalian akan terima? Tentu tidak.

Baca juga: Cara Klasifikasi Kelas Merek dengan Benar dan Tepat

2. Jangan Pernah Mengubah atau Menghapus Watermark Foto Orang Lain

Apakah kalian tau apa itu watermark? Watermark merupakan tanda yang ada di atas foto. Banyak sekali foto yang beredar di internet, akan tetapi tidak diberikan watermark dari pemiliknya.

Di sisi lain juga ada banyak yang sudah menyalahgunakan ini dengan cara mengubah watermarknya terlebih dahulu, atau bahkan membuangnya.

Hal yang harus kalian catat adalah jika menggunakan karya orang lain jangan pernah menghilangkan watermarknya karena itu adalah salah satu cara untuk menghargai karya orang lain.

Baca juga: 5 Manfaat Menggunakan Jasa Pendaftaran Merek Untuk Bisnis Anda

3. Selalu Membudayakan Diri Sendiri untuk Mencantumkan Sumber Jika Menggunakan Karya Orang Lain

Hal selanjutnya yang bisa kalian lakukan dalam menghargai karya orang lain adalah dengan selalu mencantumkan sumber yang telah kalian ambil.

Baik itu sumber yang sifatnya tertulis maupun sumber yang sifatnya lisan. Selama sumber tersebut tidak berasal dari hasil pemikiran kalian, maka kalian harus senantiasa mencantumkan sumbernya.

Tidak hanya sebatas sumber tulisan atau lisan saja, akan tetapi juga sumber foto bahkan video. Kalian harus selalu mencantumkan sumbernya.

Hal lain yang harus kalian perhatikan lagi adalah walaupun kalian memfrasa kembali sumber yang sebelumnya sudah kalian ambil, tetap saja kalian harus mencantumkan sumbernya. Dari siapa, dan kapan pengambilan sumbernya.

Baca juga: Cara Klasifikasi Kelas Merek dengan Benar dan Tepat

4. Jangan Asal Dalam Mengambil Foto Orang Lain

Hal keempat yang harus kalian perhatikan adalah jangan sampai asal dalam mengambil foto orang lain, khususnya bagi kalian para fotografer pasti akan merasa tersinggung.

Sebenarnya masing-masing fotografer itu memiliki keunikan masing-masing. Ada fotografer yang suka dengan nuansa ceria, ada juga yang suka dengan nuansa kalem.

Sebenarnya, tidak semua fotografer akan marah atau tersinggung apabila hasil fotonya digunakan pihak lain, akan tetapi alangkah baiknya jika mendapatkan izin terlebih dahulu dan menyantumkan sumbernya.

Baca juga: 6 Alasan Pentingnya Pendaftaran Merek Bagi Usaha Anda

Intinya segala informasi boleh kalian gunakan asalkan kalian telah mendapatkan izin atau minimal kalian harus menyantumkan sumbernya, karena itu merupakan salah satu bentuk menghargai karya orang lain.

Cara Kita Menghargai Hak Kekayaan Intelektual Adalah seperti yang telah dituliskan di atas. Semoga bermanfaat untuk kalian semua!

  • Bagikan