fakta menarik takoyaki
inilah fakta menarik dan unik seputar takoyaki

Selain dikenal karena menawarkan destinasi wisata yang menarik dan menjadi favorit, Jepang juga cukup populer untuk urusan kuliner, oleh karena itu terbitlah ulasan seputar fakta menarik Takoyaki ini.

Jajanan Street Food Takoyaki yang tersedia di negeri Sakura ini cukup mendunia dan rasanya pun tak perlu diragukan lagi.

Bicara mengenai Jajanan khas Jepang, tentu kamu pernah mencoba Takoyaki bukan? Jajanan mungil berbentuk bulat yang terbuat dari adonan tepung dan telur yang disertai dengan irisan daging gurita lalu disajikan bersama katsuoboshi dan mayonaise, membuat kudapan asal Osaka ini dapat menggugah selera.

Terlebih, Takoyaki yang kita kenal sebagai camilan khas Jepang dengan varian rasa yang beragam ini sudah ada sejak abad ke-17 di Jepang lho!

Maka dari itu, bagi kamu penggemar Takoyaki wajib banget untuk tahu fakta-fakta menarik dibalik jajanan khas dari Jepang satu ini.

Fakta Menarik dan Unik Takoyaki

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik dan unik tentang Takoyaki yang perlu untuk diketahui. Yuk, simak ada apa saja!

1. Arti Kata Takoyaki

fakta menarik takoyaki

Takoyaki berasal dari dua kata dalam bahasa Jepang, yakni tako yang berarti gurita dan yaki yang artinya dipanggang atau digoreng.

Nah, kata yaki atau yaku yang artinya memanggang ini pun merupakan salah satu teknik memasak yang paling sering dipakai dalam dunia kuliner Jepang.

Selain takoyaki, ada juga beberapa makanan khas Jepang yang dimasak dengan cara dipanggang ataupun digoreng yaitu yakitori atau ayam goreng, yakiniku, okonomiyaki, yakisoba, dan banyak lagi lainnya.

2. Sejarah Takoyaki

fakta menarik takoyaki

Takoyaki sebenarnya sudah ada sejak zaman Taisho, hanya saja pada zaman tersebut makanan itu masih dikenal dengan nama choboyaki. Dimana Choboyaki merupakan cikal bakal Takoyaki.

Choboyaki dibuat dengan adonan yang sama dengan Takoyaki, namun di dalamnya Choboyaki diisi dengan konyaku (jelly).

Dari konyaku inilah kemudian berkembang menjadi rajioyaki dan kemudian berkembang menjadi takoyaki.

3. Menjadi Ikon Kota Osaka

fakta menarik takoyaki

Takoyaki merupakan salah satu jajanan klasik khas Jepang yang masih Eksis hingga saat ini.

Bahkan karena begitu disukai, Takoyaki ditetapkan sebagai ikon makanan di kota Osaka yang masuk dalam wilayah Kansai, Jepang ini.

Uniknya lagi, karena menjadi salah satu kudapan paling favorit, hampir seluruh rumah di Osaka memiliki wajan (loyang) khusus untuk membuat takoyaki yang disajikan saat acara-acara penting.

4. Makanan Darurat saat Gempa Jepang Tahun 1923

fakta menarik takoyaki

Ketika gempa dahsyat berkekuatan 7,9 magnitudo dan 8,4 magnitudo mengguncang Jepang pada tahun 1923 silam, Jepang dilanda krisis pangan yang cukup parah.

Persediaan bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan pengungsi habis dan yang tersisa hanyalah tepung.

Untuk mengatasi rasa lapar, maka mereka pun membuat pancake bulat sederhana yang dibuat dari tepung dan air.

Tentu saja tanpa isian beserta topping yang diberikan. Setelah bangkit dari bencana, warga Jepang tetap membuat pancake bundar yang saat ini dikenal sebagai takoyaki dengan berbagai tambahan seperti daging dan seafood.

5. Jenis Takoyaki

fakta menarik takoyaki

Jajanan khas Jepang ini memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah takoyaki polos, dengan saus, kecap asin, hingga akashiyaki (tamagoyaki).

Setiap jenis yang disajikan tentunya memiliki keunikan tersendiri dan cita rasa yang berbeda untuk dinikmati.

6. Dikenal Sebagai ‘Festival Food’

fakta menarik takoyaki

Selain dikenal sebagai Ikon kota Osaka, Takoyaki juga kerap dikenal sebagai ‘Festival Food’ karena selalu hadir meramaikan setiap Festival dan acara besar di Jepang.

Menariknya lagi, Takoyaki menjadi kudapan ringan yang wajib dibawa oleh penggemar baseball di Jepang saat menonton pertandingan.

7. Gerai Takoyaki Pertama di Jepang

fakta menarik takoyaki

Tomekichi Endo merupakan gerai takoyaki tertua dan pertama yang ada di kota Osaka, Jepang.

Didirikan sejak tahun 1935, Takoyaki di gerai ini selalu ramai diburu oleh penggemar takoyaki yang bercitarasa unik dan klasik.

Bahkan Tomekichi Endo juga menyediakan choboyaki, salah satu jenis takoyaki tertua di Jepang.

8. Terpengaruh Budaya Benua Biru

fakta menarik takoyaki

Pada abad ke-17 bangsa barat datang ke Jepang, dari sinilah beberapa makanan Jepang mulai berinovasi karena pengaruh dari kudapan warga Eropa.

Salah satunya adalah takoyaki yang sebenarnya dipengaruhi oleh pancake yang disajikan sebagai menu sarapan di Benua Biru.

Bahan-bahan pancake yang sulit didapatkan di Jepang akhirnya dimodifikasi oleh warga setempat dengan bahan lokal sehingga terciptalah takoyaki yang kini banyak disukai.

9. Variasi Takoyaki yang Unik

fakta menarik takoyaki

Untuk menarik minat pelanggan, banyak inovasi takoyaki unik yang telah dibuat dan tentunya wajib untuk dicoba.

Dimana kini kamu bisa menemukan takoyaki dengan topping saus cokelat melimpah, takoyaki galaksi, sampai takoyaki hitam yang dibuat dari tinta cumi-cumi yang pastinya menggugah selera.

10. Awalnya Berbentuk Kotak Pipih

fakta menarik takoyaki

Tak disangka, ternyata bentuk aslinya adalah kotak pipih dan tentunya berbeda dengan Takoyaki modern saat ini.

Nah, takoyaki sebelumnya bernama choboyaki yang berisi kacang, acar jahe, dan kecap yang dipanggang di atas wajan datar.

Baru pada tahun 1935 terbuatlah takoyaki modern yang berisi potongan daging gurita dan isian lainnya.

11. Cara Penyajian yang Unik

fakta menarik takoyaki

Di negara Jepang sendiri, fakta menarik takoyaki selanjutnya yaitu dijual dengan cara menyelipkan tusuk gigi pada bagian dalamnya untuk setiap porsi.

Hal ini karena takoyaki memiliki tekstur yang begitu lembut dan lembek sehingga berisiko untuk jatuh sebelum dinikmati.

Oleh karena itu, kamu tak perlu khawatir takoyaki milikmu akan terjatuh.

12. Museum Takoyaki

fakta menarik takoyaki

Di Universal studio japan, terdapat museum Takoyaki bernama Osaka Takoyaki Museum.

Dari museum ini kalian bisa mengeksplor sejarah takoyaki pada jaman dahulu sambil menikmati kudapan takoyaki dari lima gerai takoyaki terbaik di Jepang seperti Kukuro, Aizuya, Kougaryu, Imotako, dan Tomekichi Endo.

13. Aneka Ragam Jenis isian Takoyaki di masa kini

fakta menarik takoyaki

Di masa kini sudah banyak dijumpai beragam jenis isian dari Takoyaki yang menggugah selera. Mulai dari telur puyuh, olahan laut, dan beragam isi lainnya.

Nah, itulah beberapa fakta menarik takoyaki yang sudah penulis paparkan di atas. Bagaimana, apakah setelah membaca informasi ini perut kalian menjadi lapar dan langsung ingin membeli takoyaki lagi?