9 Rekomendasi Kuliner Legendaris Surabaya Paling Terkenal yang Patut Dicicipi

  • Bagikan
rekomendasi kuliner legendaris surabaya paling terkenal

Kota Surabaya punya banyak cerita, ciri khas, serta keunikannya yang selalu bikin kangen yang pernah mengunjunginya untuk kembali datang ke Kota Pahlawan ini. Salah satu keunikan Kota Surabaya adalah kuliner legendarisnya yang terkenal dengan cita rasa otentik yang khas.

Ada banyak sekali makanan yang legendaris di Surabaya yang patut Anda coba, mulai dari makanan berkuah sampai olahan bebek.

Berikut ini rekomendasi kuliner legendaris di Surabaya yang bisa Anda coba jika sedang berkunjung ke kota ini.

Baca juga: 10 Kuliner Khas Ramadhan yang Enak dan Selalu Bikin Kangen

1. Rawon Setan Embong Malang

rekomendasi kuliner legendaris surabaya paling terkenal

Rawon setan termasuk kedalam makanan yang legendaris di Surabaya. Dari namanya saja sudah jelas bahwa makanan ini rasanya pasti pedas. Rawon setan disajikan dengan kuah hitam pekat serta daging sapi yang empuk.

Ada berbagai macam daging yang ditawarkan untuk variasi yaitu daging, lemak, jeroan, serta buntut sapi. Kuah rawon yang kental ini, dipadukan dengan tauge mentah yang mampu menyegarkan serta rasa gurih dari bawang merah.

Anda juga bisa menambahkan telur asin sebagai pendamping, agar rawon terasa makin nikmat. Tambahkan juga kerupuk udang sebagai pelengkap, agar rasanya makin mantap.

Rawon setan ini berada di Jalan Embong Malang Nomor 78/I, Genteng. Rumah makan ini buka pada jam 08.00-23.00 WIB. Satu porsi rawon setan bisa anda nikmati dengan harga Rp 34.000 per mangkok.

Baca juga: 5+ Wisata Kuliner di Semarang dengan Citarasa yang Khas Paling Terkenal

2. Bebek Goreng Tugu Pahlawan

rekomendasi kuliner legendaris surabaya paling terkenal

Salah satu makanan legendaris lain di Surabaya adalah bebek goreng Tugu Pahlawan.

Makanan ini merupakan olahan dari bebek yang sudah terkenal dengan rasa yang enak di Surabaya. Rumah makan milik Hajah Minhah ini berdiri sejak tahun 1989.

Jika ingin menikmati olahan dari bebek goreng tugu pahlawan ini, Anda bisa datang langsung ke Jalan Tembaan No.19A Bubutan, Surabaya. Rumah makan ini mulai buka pukul 18.00 sore.

Baca juga: 3 Tempat Wisata Kuliner Menarik dan Unik di Beijing, China. Ada Restoran Indonesia!

3. Tahu Tek Mulyorejo

rekomendasi kuliner legendaris surabaya paling terkenal

Tahu tek merupakan makanan legendaris di Surabaya yang terdiri dari tahu, telur, kentang, tauge serta lontong.

Tahu tek ini dilengkapi dengan bumbu kacang dicampur petis. Anda juga bisa mendapatkan protein dari makanan ini yang berasal dari telur dan tahu yang digoreng setengah matang.

Pada bagian atas hidangan tahu tek ini, dilengkapi dengan kerupuk yang akan ditambahkan diatas bumbu kacangnya.

Bunyi “tek… tek…tek” adalah suara khas dari penjual tahu tek. Suara ini berasal dari bambu yang dipukul-pukul dengan bambu kecil.

Baca juga: 13 Fakta Menarik Takoyaki, Jajajan Ringan & Enak Khas Jepang

Bagi anda yang berminat untuk mencoba makanan ini, anda bisa mengunjungi rumah makan Tahu Tek Pak Jayen yang berada di Jalan Dharma Husada Indah I Blok C Nomor 2, Mulyorejo.

Anda bisa menikmati tahu tek ini dengan harga Rp 19.000 untuk tahu tek lengkap. Masih terjangkau bukan?

4. Tahu Campur Cak Kahar

rekomendasi kuliner legendaris surabaya paling terkenal

Kuliner legendaris yang ada di Surabaya selanjutnya adalah tahu campur Cak Kahar.

Wisata kuliner tahu campur di Surabaya ini memang cukup familiar, dan warung yang paling legendari di Surabaya adalah milik Cak Kahar.

Bagi anda yang ingin mencoba tahu campur Cak Kahar ini, anda bisa datang ke Jalan Embong Malang No.78, Genteng Surabaya.

5. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

rekomendasi kuliner legendaris surabaya paling terkenal

Makanan yang paling terkenal dan legendaris di Surabaya adalah lontong balap Pak Gendut. Rumah makan ini sudah buka sejak tahun 1960.

Menurut pendapat orang-orang yang sering berkunjung ke rumah makan Pak Gendut, bahwa cita rasa lontong balap ini tidak pernah berubah dari dulu.

Anda bisa mendatangi rumah makan pak gendut yang berada di Jalan Prof. Dr. Moestopo No. 11, Surabaya.

Baca juga: 7+ Jajanan Buka Puasa Enak yang Paling Banyak Dicari dan Tak Lekang Oleh Waktu

6. Sego Sambel Mak Yeye

rekomendasi kuliner legendaris surabaya paling terkenal

Bagi Anda pecinta makanan pedas, Anda wajib mencoba salah satu kuliner legendaris di Surabaya ini. Sego sambel Mak Yeye selalu ramai pengunjung walaupun baru buka pukul 21.00 malam.

Anda bisa mendatangi kedai yang berada di daerah Jagir, Wonokromo jika ingin menikmati sego sambel dengan rasa yang pedas ini.

Terdapat berbagai macam menu pilihan lauk, yang dapat melengkapi makanan Anda. Selain itu, macam-macam menunya juga cukup murah.

Dengan uang Rp 15.000 saja, Anda sudah bisa menikmati wisata kuliner legendaris di Surabaya yang nikmat ini.

7. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

rekomendasi kuliner legendaris surabaya paling terkenal

Sate klopo merupakan makanan legendaris dan terkenal dengan rasa rempah yang kuat ini sudah ada sejak 70 tahun yang lalu. Kuliner Surabaya yang satu ini menyajikan dua pilihan varian, ada daging sapi dan daging ayam.

Satu porsi sate klopo ini cukup terjangkau, hanya dengan Rp 25.000 saja untuk 10 tusuk Anda sudah bisa menikmati makanan legendaris di Surabaya ini.

Jika Anda berkunjung ke Surabaya, Anda wajib mengunjungi dan mencoba sate klopo yang kaya akan rempah dan bumbu yang ada di sate.

Baca juga: 7 Aneka Minuman Buka Puasa Paling Enak dan Menyegarkan

8. Rujak Cingur Achmad Jais

rekomendasi kuliner legendaris surabaya paling terkenal

Harganya yang cukup mahal yaitu Rp 50.000 per porsi, tidak membuat rujak cingur sepi peminat. Walaupun harganya yang terbilang mahal, namun rujak cingur memiliki rasa yang sangat lezat dan unik.

Rujak cingur Achmad Jais berbeda dari rujak cingur lainnya karena menggunakan kacang mete untuk bumbu rujaknya.

Rujak cingur Achmad Jais ini berada di Jalan Achmad Jais No. 40, Wonokromo, Surabaya. Warung ini buka mulai pukul 12.00 – 17.00 setiap harinya.

9. Nasi Cumi Waspada

rekomendasi kuliner legendaris surabaya paling terkenal

Kuliner khas Surabaya yang paling legendaris ini sudah ada sejak tahun 1917. Warung ini sudah melegenda karena sudah dikelola oleh 4 generasi.

Bagi Anda yang ingin mencoba makanan legendaris ini, Anda bisa berkunjung ke warung nasinya yang berada di Jalan Waspada, Kota Surabaya.

Untuk satu porsi nasi cumi, sudah dilengkapi dengan nasi putih hangat yang pulen, daging empal yang empuk, cumi, telur, dan juga peyek udang sebagai pelengkapnya.

Semakin tidak sabar untuk terbang ke Surabaya dan mencicipi kuliner legendaris di atas? Sebelum beli tiket pesawatnya di Traveloka, pastikan Anda sudah tahu mengenai peraturan penerbangan pesawat terupdate agar rencana liburan bisa berjalan dengan baik.

  • Bagikan