5 Tips Staycation Seru Sambil Tetap Patuhi Prokes, Liburan pun Jadi Tenang

  • Bagikan

Sudah lebih dari setahun pandemi berlangsung di Indonesia. Banyak pekerja yang kemudian work from home (WFH) berkepanjangan.

Meski bisa dikatakan WFH adalah sebuah privilege karena bisa tetap bekerja, memiliki penghasilan dan terhindar dari virus karena banyak juga yang kehilangan pekerjaan di masa ini, namun sebagai manusia biasa, sangat wajar jika banyak diantara kita yang jenuh, bosan dan ujung-ujungnya semangat bekerja pun redup.

Mau pergi liburan ke luar kota pun masih beresiko. Belum lagi persyaratan surat ini itu sebagai dokumen pelengkap perjalanan dan banyak juga destinasi wisata yang tutup imbas pandemi.

Baca juga: Pentingnya Protokol Kesehatan Dalam Melakukan Perjalanan Luar Kota

Lalu apa solusinya? Staycation di hotel atau sewa apartemen terbaik secara online bisa jadi pilihan style liburan aman selama pandemi.

Meski hanya di kota yang sama, namun perubahan suasana, pemandangan dan juga kondisi di sekitar dapat bantu menyegarkan pikiran, membuat mood lebih bagus dan menghalau stres.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Stres saat Bekerja beserta Penyebabnya

Dengan begini produktivitas pun akan meningkat, Tapi walaupun sedang liburan jangan lupa prokes ya!

Nah, berikut ini ada tips staycation seru dan tetap patuhi prokes yang bisa jadi referensi kamu nih.

1. Cari lokasi yang punya pemandangan alam

Tergantung dimana lokasi kamu tinggal, ada baiknya mencari daerah yang masih dekat dari kota tinggal yang punya pemandangan alam.

Misalnya jika tinggal di Bandung bisa menginap di daerah Lembang atau bandung Selatan. Yang tinggal di Jakarta bisa coba staycation di hotel atau apartemen dekat Ancol dan PIK untuk pemandangan pantai lepas.

Baca juga: 6+ Wisata Alam di Semarang Paling Keren dan Menarik

Dengan begini kamu akan mendapatkan pemandangan yang berbeda untuk membuat liburan semakin terasa. Kamu juga bisa sekalian mampir ke wisata alam terdekat untuk cari angin segar. Menarik, kan?

2. Hanya pergi dengan keluarga atau teman dekat

tips staycation seru sambil tetap mematuhi prokes

LIburan bersama keluarga maupun teman dekat tentu sangat mengasyikkan walaupun me time sendirian saat staycation juga sah-sah saja.

Namun jika kamu berniat mengajak “pasukan” berlibur, pastikan hanya keluarga yang tinggal serumah dan teman dekat yang kamu tahu dengan pasti kondisi kesehatannya ya.

Di masa pandemi ini sangat riskan untuk kontak dengan orang asing karena bisa jadi potensi penularan virus corona.

Nah, keluarga yang tinggal serumah pasti kesehatannya kamu tahu. Begitu juga dengan sahabat dekat. Jadi aman jika dibawa sekalian untuk berlibur bersama.

Hindari bepergian dengan orang yang lama tidak bertemu, atau dari daerah lain untuk meredam potensi kamu terpapar virus, ya.

3. Pilih penginapan yang sudah menjalankan protokol kesehatan

Prokes atau protokol kesehatan bukan hanya untuk individu, tetapi juga pemilik akomodasi untuk menjaga propertinya tetap bersih, bebas virus dan aman untuk menerima tamu.

Kamu pun harus jeli dalam memilih hotel atau apartemen yang sudah menjalankan prokes yang baik untuk melindungi diri dan keluarga saat berkunjung.

Baca juga: Senangnya Bisa Beli Kebutuhan Liburan Tapi Bayarnya Nanti-nanti Pakai PayLater

Untuk hotel, ada sertifikat CHSE (cleanliness, health, safety, and environmental sustainability) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bisa jadi acuan tempat menginap yang dijamin kebersihannya dan juga sudah menerapkan prokes untuk tempat hunian.

Jika ingin pesan apartemen, kamu juga bisa tanya-tanya pemilik unit mengenai protokol kesehatan dan kebersihan yang diterapkan di unitnya untuk menjamin kesehatan dan keselamatan kamu saat menginap di sana.

4. Pesan secara online

tips staycation seru sambil tetap mematuhi prokes

Meski ada pemilik apartemen yang menawarkan sewa apartemen harian lewat media sosial pribadi, namun alangkah jauh lebih baik jika kamu memesannya secara online. Seperti booking hotel, sewa apartemen harian pun bisa secara online. Pakai Traveloka misalnya.

Kamu tidak perlu keluar rumah, tidak perlu ketemu orang lain, tidak perlu repot, cukup buka website atau aplikasi Traveloka sambil rebahan di kamar pun bisa.

Baca juga: Bayar Tagihan PDAM via Online? Nggak usah Risau, Bayar Apapun Mudah di Traveloka!

Cari-cari hotel atau apartemen yang sesuai dengan keinginan kamu, lalu booking, pilih pembayaran online seperti internet banking dan selesai.

Kamu pun tinggal ke hotel atau apartemen di tanggal yang dipesan, check in dan nikmati waktu bersantai dengan orang terkasih.

5. Lebih baik jika sudah vaksin

Vaksinasi Covid-19 sudah dilakukan di banyak daerah di Indonesia dan terbuka untuk umum. Kamu bisa mendapatkannya secara gratis untuk dua dosis.

Nah jika kamu dan keluarga sudah vaksin, maka tubuh kamu jauh lebih kuat dan terlindungi dari virus corona.

Baca juga: 4 Alasan Sertifikat Vaksinasi COVID-19 Tak Perlu Dicetak Seperti eKTP, Kartu ATM dan SIM

Meski masih wajib melakukan protokol kesehatan dengan ketat, namun jika terpapar pun gejalanya tidak akan parah. Dengan beini kamu bisa pergi liburan dan santai-santai dengan lebih tenang, bukan?

Nah demikianlah tips staycation seru sambil terus taat prokes yang bisa jadi referensi kamu. Meski sudah divaksin kamu masih tetap wajib menjalankan prokes karena vaksinasi bukan jaminan 100% kebal terhadap virus.

Masih belum ketemu apartemen yang cocok untuk liburan staycation bareng keluarga? Jika kamu di Jakarta, apartemen Bassura City bisa jadi pilihan menarik lho! Apartemen yang terintegrasi dengan mal ini terletak di lokasi strategis, ada mal di sekitarnya dan harga sewa per malamnya juga terjangkau, Kamu bisa cek harganya melalui Traveloka ya. Selamat staycation dan ingat untuk selalu taat prokes ya!

  • Bagikan