pentingnya protokol kesehatan dalam perjalanan luar kota
pentingnya protokol kesehatan dalam perjalanan luar kota

Pembelian tiket bus yang dilakukan melalui agen tiket bus online terpercaya menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda. Apalagi di tengah pandemi covid-19 yang masih belum usai.

Setelah melewati masa PSBB dan memasuki masa new normal, kini masyarakat Indonesia berada pada tahap AKB atau Adaptasi Kebiasaan Baru.

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, pada saat ini ada banyak kebiasaan yang harus Anda terapkan ketika melakukan perjalanan. Kebiasaan tersebut berkaitan dengan protokol kesehatan selama melakukan perjalanan.

Protokol Kesehatan Di Masa Adaptasi AKB Atau New Normal

protokol kesehatan

Ada beberapa syarat khusus yang harus Anda ikuti dan terapkan di masa AKB ini, utamanya jika Anda hendak melakukan perjalanan.

Beberapa syarat khusus tersebut tentunya tidak berlaku jika Anda hanya melakukan perjalanan di dalam kota.

Seperti halnya berada di lingkungan Jabodetabek dan lainnya. Pasalnya dalam lingkungan tersebut terdapat beberapa syarat umum yang diterapkan bagi semua masyarakatnya.

Seperti halnya penggunaan masker, hand sanitizer, jaga jarak di antara para penumpang dan lainnya.

Tidak hanya itu, protokol kesehatan tersebut pun juga turut diterapkan oleh layanan angkutan umum itu sendiri.

Hal ini terlihat dari adanya layanan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki angkutan umum seperti halnya bus, kemudian pemberian hand sanitizer, serta pengecekan penumpang untuk menggunakan masker.

Sementara itu, jika rute bus tersebut dilakukan untuk perjalanan luar kota, seperti halnya ke arah luar Jabodetabek, maka terdapat beberapa aturan tambahan yang harus dipatuhi oleh para penumpangnya. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya:

Syarat Perjalanan Keluar Kota Dalam Masa AKB Atau New Normal

protokol kesehatan

Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus Anda penuhi sebelum melakukan perjalanan menuju luar kota, di antaranya:

  1. Menunjukkan kartu identitas diri, seperti halnya KTP.
  2. Pastikan untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi yang terdapat di App Store serta Play Store.
  3. Biasakan diri untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak aman dengan penumpang lain dan selalu mencuci tangan.

Syarat Perjalanan Dalam Masa AKB Atau New Normal Menuju Bali

Bali dikenal sebagai salah satu lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia, bukan hanya oleh turis lokal saja, tetapi banyak pula turis asing yang turut mengunjunginya.

Karena itulah, untuk menghindari penyebaran covid-19 dengan lebih mudah, maka pastikan untuk mengikuti setiap protokol kesehatan yang berlaku di kawasan tersebut.

Pada protokol tersebut terdapat beberapa syarat khusus yang harus Anda ikuti sebelum memasukinya, seperti:

  1. Menunjukkan kartu identitas diri, seperti halnya KTP.
  2. Menunjukkan hasil tes negatif dari covid-19, melalui rapid test yang hanya berlaku selama 14 hari.
  3. Menunjukkan kode QR yang dilakukan pada petugas verifikasi. Kode tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengisi formulir tertentu sebelum mengunjungi kawasan Bali.
  4. Para pengunjung Bali harus menggunakan masker, menjaga jarak aman serta melakukan tindakan cuci tangan secara rutin untuk menghindari penyebaran covid-19 dengan lebih mudah.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat terkait beberapa protokol kesehatan, utamanya berkaitan dengan syarat serta aturan penting yang harus Anda patuhi dalam melakukan perjalanan luar kota setelah melakukan pemesanan tiket melalui agen tiket bus online terpercaya selama masa AKB atau New Normal.