Apartemen Jakarta Selatan, 5 Hunian Terfavorit Tengah Kota

Memiliki hunian di Jakarta kini mungkin sudah terbilang sulit karena harganya yang selangit, terutama di kawasan selatan. Tapi karena banyaknya pilihan dan harga bersaing, bukannya tidak mungkin Anda bisa memiliki rumah atau apartemen Jakarta Selatan.

209
5/5 (3)

Memiliki hunian di Jakarta kini mungkin sudah terbilang sulit karena harganya yang selangit, terutama di kawasan selatan. Tapi karena banyaknya pilihan dan harga bersaing, bukannya tidak mungkin Anda bisa memiliki rumah atau apartemen Jakarta Selatan.

Terdapat distrik bisnis yang banyak dan mengalami pertumbuhan yang pesat, membuat permintaan hunian di Jakarta Selatan terbilang tinggi, terutama bagi para pekerja dan profesional. Ditambah lagi, di sini juga terdapat banyak pusat perbelanjaan hingga pusat hiburan.

Bahkan kawasan ini juga jadi daerah incaran ekspatriat karena di sana terdapat sejumlah sekolah internasional dan aksesnya sangat mudah.

Memiliki luas wilayah sekitar 141,3 km2, keberadaan apartemen di Jakarta Selatan kebanyakan berada di larea pusat bisnis, seperti SCBD, Senayan hingga kawasan Mega Kuningan. Selain itu, Anda tentunya mengenali sejumlah kawasan elit macam Kemang, Tebet, Dharmawangsa, Permata Hijau dan Pondok Indah.

Memiliki hunian di tengah kota memang jadi favorit banyak orang, terutama karena akses yang lebih mudah, apalagi gaya hidup masyarakat perkotaan yang memiliki mobilitas tinggi.

Selain itu sarana yang ada juga lebih lengkap, mulai dari pusat pendidikan, kesehatan, pusat belanja dan ruang terbuka hijau. View yang disajikan apartemen tengah kota juga termasuk salah faktor penarik. Siapa yang tidak suka melihat pemandangan city light di malam hari yang memesona?

Investasi Apartemen Jakarta Selatan

apartemen jakarta selatan

Kelebihan lain memiliki properti di Jakarta Selatan adalah bisa dijadikan investasi dengan potensi yang sangat besar. Mengingat harga sewa maupun jual properti di kawasan ini sangat menggiurkan.

Menurut kompas.com, investasi apartemen kini cukup banyak dilirik investor karena memiliki potensi besar lebih karena tinggal di apartemen sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban, apalagi dengan banyaknya fasilitas yang ditawarkan, sehingga bisa dibilang ini akan jadi hunian favorit.

Apartemen di Jakarta biasanya memiliki tingkat hunian tinggi, terutama yang berada di lokasi strategis. Dan biasanya karena akses yang mudah, akan membuat penyewa betah sehingga memperpanjang masa sewanya.

Ditambah lagi karena harga jual yang terus naik, dimana rata-rata bisa mencapai 5% hingga 10% per tahun. Karena itu Anda bisa mulai melirik sejumlah apartemen Jakarta Selatan murah dan ini beberapa contohnya:

1. Kalibata City, apartemen Jakarta Selatan

apartemen di kalibata jakarta selatan
Apartemen Kalibata City, Apartemen Jakarta Selatan

Salah satu apartemen yang terbilang cukup populer karena harganya relatif murah dan berada dekat ke kawasan utama Jakarta seperti Gatot Subroto dan Sudirman, serta juga ke stasiun kereta dan Halte TransJakarta, termasuk ke Gerbang Tol Tebet 2.

Kalibata City juga memiliki pusat perbelanjaan sebagai daya tarik yang bisa memudahkan penghuninya dalam mencari kebutuhan sehari-hari.

Fasilitas menarik lainnya ada lapangan tenis, jogging track, playground, kolam renang, dilengkapi layanan keamanan 24 jam dan area parkir memadai. Belum lagi di dalam setiap unit tersedia fasilitas tambahan seperti TV kabel.

Meskipun dilengkapi dengan berbagai kemudahan dan fasilitas, apartemen ini memiliki harga yang relatif cukup terjangkau. Dimana Anda bisa membeli apartemen Jakarta Selatan yang satu  ini dengan menyiapkan dana mulai dari Rp 300 juta-an.

2. Taman Sari Sudirman, apartemen Jakarta Selatan

Memiliki akses yang mudah ke kawasan SCBD dan Casablanca, ditambah ke pusat transportasi umum seperti halte Transjakarta Karet, apartemen ini tepatnya berlokasi di kawasan Setiabudi.

Tak hanya itu, di sekitar apartemen juga banyak terdapat pusat perbelanjaan seperti Plaza Semanggi, Mall Ambassador, ITC Kuningan yang bisa dijangkau dengan hanya berjalan kaki.

Dan juga dekat ke pusat pendidikan seperti London School of Public Relation dan Universitas Atma Jaya.

Fasilitas dalam hunian ini sendiri ada kolam renang, pusat kebugaran, minimarket, restoran dan cafe, parkir basement, serta layanan laundry, keamanan 24 jam, CCTV dan access card.

Dengan segala kelebihan tersebut, Anda bisa memiliki unit apartemen di Taman Sari Sudirman dengan harga mulai dari Rp 700 juta-an.

3. Woodland Park Residence, apartemen Jakarta Selatan

apartemen woodland di jakarta selatan
Woodland Park Residence, Apartemen Jakarta Selatan

 

Anda bisa mendapatkan hunian baru di sini dengan harga mulai dari Rp 800 juta dalam keadaan sudah ready.

Hunian ini mengusung konsep eco living dan memiliki perpaduan antara tempat tinggal, perkantoran dan area komersial.

Ada sejumlah unit yang disediakan seperti Studio, 1 Bedroom (BR), 2 BR, 2 BR + 1 sampai tipe Townhouse dan Penthouse.

Fasilitasnya lengkap seperti kolam renang, sky lounge, gym, serta parkir yang luas, baik untuk kendaraan bermotor maupun sepeda.

Dan seperti konsepnya, apartemen ini juga memiliki  area yang dipenuhi tumbuhan dengan luas yang tak kurang dari 960 m2. Selain itu konsep eco living yang diterapkan Woodland Park Residence juga lebih ke hemat energi, air dan menggunakan bahan bangunan ramah lingkungan.

Tips Investasi Apartemen Jakarta Selatan

Tapi, meski lokasi dan harganya menarik, Anda harus tetap memerhatikan beberapa hal jika ingin investasi apartemen ini menguntungkan, dan berikut beberapa tips investasi apartemen yang menguntungkan di antaranya:

1. Posisi unit apartemen

Posisi unit yang dibeli juga menentukan harga lho! Misalnya posisi lantai dimana yang lebih tinggi memiliki pemandangan yang lebih indah, salah satunya karena view tertentu dianggap lebih mahal.

Lagipula unit yang lebih tinggi, biasanya punya kelebihan seperti jauh dari hiruk pikuk lingkungan sekitar, termasuk kebisingan jalanan, dan lantai di level yang tinggi juga aman dari tindak pencurian dan sebagainya.

Kekurangannya tentu saja waktu yang lebih lama untuk mencapai unit yang bersangkutan. Lalu kalau terjadi kebakaran atau bencana sejenisnya juga akan butuh waktu lebih lama untuk menyelamatkan diri.

tips investasi apartemen jakarta selatan
Tips investasi apartemen jakarta selatan

 

Kalau ingin disewakan, Anda bisa pertimbangakan target pasarnya. Jika mahasiswa atau pelajar, biasanya tidak terlalu membutuhkan view yang istimewa selama harganya terjangkau. Tapi akan berlaku sebaliknya untuk para pekerja, termasuk untuk dijual kembali. Sebaiknya jangan tanggung, pilihlah yang memiliki view terbaik agar harga jual tinggi.

2. Legalitas Apartemen

Karena uang yang akan dikeluarkan sangat besar, maka dianjurkan Anda memastikan legalitas dari bangunan apartemen sebelum membelinya.

Hal ini bisa ditanyakan ke marketing atau langsung ke sang pengembang. Pastikan bahwa apartemen telah memiliki surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan jangan lupa juga untuk memeriksa surat Hak Guna Bangun atau HGB apartemennya ya!

3. Survei harga

Ada baiknya Anda mencari tahu dulu harga pasaran unit apartemen dengan spesfikasi yang kurang lebih sama di kawasan tersebut.

Lalu Anda juga perlu tahu kadangkala pengembang memasang harga yang tidak didasarkan pada mekanisme pasar, melainkan berdasarkan subjektivitas dari pengembang.

Dan hal ini kadang memang perlu dilakukan agar dapat menaikkan nilai hunian, sehingga orang tidak menganggap harga apartemen di kawasan tersebut tidak bertumbuh.

Jadi harus ekstra teliti ya dalam mengetahui harga apartemen yang pasti agar tak salah dalam perhitungan.

Nah sekarang Anda sudah tahu beberapa tips investasi apartemen dan gambaran harga apartemen Jakarta Selatan. Mau tahu lebih banyak daftar apartemen, langsung ke 99.co saja ya!

Yuk Berikan Rating