tips dan cara mengatasi stres saat bekerja di kantor dan penyebabnya
penyebab dan cara mengatasi stres saat bekerja di kantor (pexels.com)

Stres dalam bekerja adalah sebuah hal yang memang sering menimpa. Beratnya tanggung jawab dan sedikitnya waktu istirahat yang diberikan bisa jadi salah satu penyebab dari stres ketika bekerja itu. Agar Anda bisa tetap produktif dalam bekerja, tentunya Anda harus menemukan cara mengatasi stres saat bekerja yang benar.

Tak hanya menemukan cara mengatasi stres saat bekerja yang benar. Anda juga harus tahu apa saja penyebab dari stres tersebut sehingga paling tidak bisa mengurangi kemungkinan terkenanya.

Nah, apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Simak di sini!

Faktor dan Penyebab Stres saat Bekerja di Kantor

faktor dan penyebab stres saat bekerja di kantor dan tempat kerja lainnya
faktor dan penyebab stres saat bekerja di kantor (pexels.com)

Perlu Anda tahu, sebenarnya ada banyak penyebab stres ketika bekerja yang bisa terjadi. Beberapa di antaranya bahkan bisa menyebabkan stres parah. Jadi, sebelum tahu cara mengatasi stres saat bekerja, ketahui dulu penyebabnya. Salah satu penyebab adalah tenggat waktu kerja yang terlalu ketat dan seringkali membuat karyawan merasa tertekan.

Penyebab stres kerja lainnya ialah karena beban kerja yang terlalu tinggi. Mereka yang memiliki jabatan lebih tinggi biasanya lebih mudah stres ketimbang bawahan. Hal lainnya yang bisa jadi penyebab adalah konflik dengan rekan kerja. Begitu juga dengan status Anda sebagai pekerja yang belum jelas.

Tak hanya itu saja, masih banyak lagi hal yang bisa menyebabkan stres. Salah satunya adalah ia merupakan seorang yang multiperan. Maksudnya, orang tersebut mengambil beberapa peran atau pekerjaan sekaligus dalam struktur organisasinya. Itu artinya, beban kerja akan semakin berat dan menambah stres. Terakhir, juga bisa terjadi karena pengembangan karir.

Cara Mengatasi Stres saat Bekerja dengan Mudah

cara mengatasi stres saat bekerja di tempat kerja dengan mudah
cara mengatasi stres saat bekerja di tempat kerja dengan mudah (pexels.com)

Setelah tadi membahas faktor dan penyebab stres saat bekerja, sekarang masuk ke intinya yaitu beberapa tips dan cara menghilangkan stres saat bekerja di kantor dengan mudah. Yuk, simak!

1. Tarik Napas yang Dalam lalu Buang

Stres ringan saat bekerja sebenarnya bisa langsung Anda kenali dari rasa lelah, ketegangan otot, sakit kepala dan lainnya. Bila hal ini sudah menimpa Anda, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam sejenak.

Cara ini bisa membuat tubuh Anda lebih rileks dan mengurangi tingkat stres. Tentu saja, cara ini hanya berlaku untuk yang stres ringan saja.

2. Mendengarkan Musik

Cara mengatasi stres saat bekerja lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendengarkan musik. Musik akan membuat Anda lebih rileks sehingga bisa menurunkan tingkat stres. Selain itu, manfaat mendengarkan musik kesukaan saat bekerja juga bisa mengembalikan mood Anda yang hilang.

Jika Anda sedang merasa penat dengan pekerjaan, cobalah untuk ambil waktu sejenak dan dengarkanlah musik favorit. Tak usah lama. Cukup 15 hingga 30 menit saja.

Hal ini akan membantu Anda meningkatkan konsentrasi. Akan lebih baik bila Anda coba mendengarkan musik tanpa lirik. Ini akan lebih cepat menurunkan kadar stres Anda.

3. Lakukan Olahraga Kecil

Anda juga bisa coba melakukan peregangan tubuh saat bekerja. Cara ini berguna untuk membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan otak.

Tak hanya bisa membuat Anda lebih rileks, cara ini juga bisa membantu Anda menurunkan stres akan pekerjaan.

4. Gunakan Waktu Istirahat dengan Efektif

Cobalah untuk manfaatkan sela-sela waktu istirahat untuk mengurangi stres di tempat kerja dengan maksimal.

Saat istirahat tiba, tak ada salahnya Anda keluar kantor sejenak untuk sekadar jajan atau nongkrong di tempat makan bersama rekan.

Selain bisa membantu mengurangi stres, Anda juga bisa membangun hubungan baik dengan rekan kerja lain.

5. Liburan

Bila Anda merasa stres yang Anda alami benar-benar sudah tak tertahankan, ada baiknya Anda mengambil cuti selama beberapa waktu. Cobalah untuk pergi liburan.

Tak usah ke tempat yang jauh, ke tempat yang membuat Anda tenang saja sudah cukup. Liburan adalah langkah paling efektif untuk menurunkan tingkat stres dan menghilangkan kejenuhan.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan stres saat bekerja menurut para ahli? Ini dia!

Cara Mengatasi Stres saat Bekerja Menurut Para Ahli

cara mengatasi stres saat bekerja menurut para ahli
cara mengatasi stres saat bekerja menurut para ahli (pexels.com)

Sibuk akan pekerjaan yang terlalu over merupakan salah satu dari faktor stres dalam bekerja.

Maka, sebaiknya sering-seringlah meluangkan waktu untuk menambah atau meng-upgrade skill kerja di era industri 4.0 dan ilmu pengetahuan mengenai bagaimana cara mengatasi stres saat bekerja menurut para ahli berikut ini:

1. Membuat Perencanaan yang Matang

Merencanakan hal apa saja aktivitas yang akan dilakukan di tempat kerja adalah hal yang penting. Tujuannya agar waktu yang dihabiskan selama bekerja di kantor bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan semua pekerjaan yang menjadi kewajiban akan terlaksana dengan baik dan terstruktur dengan rapi.

Suasana bekerja yang sistematis dalam bekerja merupakan suasana yang benar-benar dibutuhkan untuk kenyamanan dan pengendalian stres saat bekerja. Selain itu, Anda bisa mengutamakan target pekerjaan yang diharapkan dengan mudah terselesaikan.

Bila masih ada waktu yang tersisa dan pekerjaan sudah selesai semua, Anda bisa santai sembari menunggu waktu jam pulang kerja tiba. Maka dari itu, buatlah perencanaan kerja untuk esok hari sebelum tidur malam.

2. Selalu Menerapkan Kedisiplinan Kerja

Cara mengatasi stress saat bekerja menurut para ahli yang kedua adalah displin dalam bekerja. Ingatlah satu hal, jangan pernah membiasakan bekerja di kantor secara asal-asalan tanpa memperhatikan etika saat bekerja dan melupakan peraturan bekerja yang berlaku di kantor.

Jika Anda menyepelekan peraturan yang ada, bisa saja langsung di pecat hari itu juga, mau? tidak mau kan? Mengalami stres kerja itu adalah hal yang wajar, tapi harus tetap menjalankan disiplin kerja agar terbebas dari hukuman dari atasan hingga mengakibatkan pemecatan kerja. Oke?

Baca juga: 4+ Soft Skill yang Harus Dimiliki Karyawan, Apa Saja?

3. Selalu Mulai dari Hal yang Paling Kecil

Tidak ada pekerjaan yang enak dan mudah. Cukup sulit, bahkan sangat sulit mendapatkan pekerjaan sesuai dengan hobi, minat atau selera yang Anda harapkan. Jika pekerjaan di “pundak” terasa berat, mulailah dengan pekerjaan yang paling ringan dan bagian-bagian yang kecil terlebih dahulu.

Bila Anda telah mampu menyelesaikan semua jobdesk kerja yang ringan dan kecil, maka artinya Anda sudah bisa bersiap untuk menghadapi tugas-tugas dan tanggung jawab bekerja yang jauh lebih besar dan sulit.

Sejatinya, pekerjaan yang Anda rasakan berat adalah salah satu dari sekian banyak faktor dan penyebab stres dalam bekerja di tempat kerja manapun.

Banyak sekali cara mengatasi stres kerja di kantor, rumah, atau tempat kerja lainnya seperti liburan. Jika Anda ingin berkunjung ke destinasi wisata terkenal, ada baiknya Anda memilih waktu yang tidak terlalu ramai pengunjungnya.

Tujuannya tentu saja agar Anda malah tak tambah stres selama liburan. Dengan cara mengatasi stres saat bekerja yang satu ini, dijamin Anda akan jadi lebih nyaman.

Jika semua cara di atas masih belum bisa juga mengatasinya, mungkin Anda harus mencoba bekerja di perusahaan lain, cari saja lewat situs bursa kerja resmi dan terpercaya di Indonesia.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi stres saat bekerja yang bisa Anda lakukan sekarang juga. Stres kerja seringkali dianggap remeh. Padahal, hal ini bisa berdampak pada efektivitas pekerjaan Anda. Kalau Anda sudah mulai merasakan gejala stres, cobalah untuk menenangkan pikiran lebih dulu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.