Inspiratif! Berbekal Prestasi Ngeblog, Pria Asal Riau Ini Lolos Masuk PTN di Semarang

  • Bagikan

BACALAGERS MEDIA, Jakarta – Kabar membanggakan kembali datang dari dunia blogging, pria yang memiliki nama lengkap Muhammad Nur Ardi Handayat, seorang Bloger asal Riau.

Pria yang biasa dipanggil Ardi dan Handayat ini berprofesi sebagai Bloger blognya handayat.com dan tak mau di publish fotonya ini berhasil lolos masuk Universitas Dipenogoro, Semarang berbekal prestasi lomba blog yang dia ikuti.

Dikutip dari akun media sosial Facebooknya, Handayat berbagi pengalamannya tembus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat jalur Blogger.

Baca juga: Kisah Sukses Chairul Tanjung, Si Anak Singkong yang Pantang Menyerah

“Jadi begini, tahun ini adalah tahun terakhirku duduk di bangku SMA. Sama seperti kebanyakan siswa lainnya, aku berencana mau melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN),” tulisnya Handayat (15/05) waktu setempat.

Dia menjelaskan sebelumnya telah mencoba mengikuti SNMPTN, tetapi tidak lolos karena nilainya yang pas-pasan. Kemudian dia tak berhenti berusaha untuk terus mencari solusi agar dapat melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi Negeri.

“Aku jadinya cari-cari informasi mengenai jalur masuk PTN yang nggak ada tes tertulisnya. Nah, ketemulah aku dengan Universitas yang membuka Jalur Prestasi, salah satunya Universitas Dipenogoro (UNDIP),” lanjut Handayat.

Baca juga: Kisah Sukses Bob Sadino, dari Kuli hingga Jadi Pengusaha

Dia juga mengatakan bahwa awalnya ragu-ragu mau mendaftar di UNDIP lewat Jalur Prestasi.

“Jujur, awalnya aku nggak nyangka. Aku pikirnya prestasi lomba blog itu nggak terlalu dilirik sama universitas-universitas di Indonesia. Karena bisa dibilang lomba menulis blog ini nggak terlalu populer di kalangan siswa-siswi di Indonesia, terkenalnya di kalangan para blogger aja. Alhamdulillah, ternyata setelah melewati beberapa tahap seleksi, mulai dari seleksi berkas hingga seleksi bakat dan wawancara ternyata aku lolos, yang mana artinya ternyata prestasi lomba blog ini dipertimbangkan juga oleh pihak universitas. Aku senang sih, yang mana awalnya tidak percaya diri karena melampirkan prestasi lomba blog Tingkat Nasional, tapi ternyata dilirik juga oleh pihak universitas,” ujarnya Handayat saat Kami hubungi lewat WhatsApp pukul 22:17 WIB (15/05).

“Pesanku buat adek-adek yang ingin melanjutkan studi ke PTN impian, perbanyaklah mencari informasi mengenai jalur masuknya. Karena jalur masuk PTN itu ada banyak, nggak hanya SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri saja. Ada jalur prestasi, jalur rapor, jalur ketua OSIS, dan masih banyak jalur lainnya yang bisa kamu coba.” lanjutnya.

Hingga berita ini dirilis, postingan Handayat di akun Facebooknya telah dikomentari lebih dari 50 komentar, disukai oleh 30 orang dan 7 kali dibagikan.

“Kok aku gak kepikiran dulu ya pakai sertifikat lomba blog. Btw congrats bro 🔥🔥” cuitan dari pria bernama Mas Vid.

“Masya Allah Tabarakallah… Saudaraku.. 😁 Semoga Allah memudahkan jalan Ardi menuntut ilmu, semoga Allah mudahkan pula urusan Ardi di dunia dan di akhirat.. ya ✨ Semoga belajar dan karirnya cemerlang.. ✨🎉” kata Aulia Putri.

Baca juga: 9+ Komunitas Blogger Terbesar di Indonesia Dulu dan Sekarang

“ada 6 saya masukin pak, ada 2 dari Kemendikbud, 1 Kadin kemarin, 1 Shopee, 1 Ruangguru, 1 Universitas Tanjungpura, 3 besar semua,” jawabnya Handayat pada cuitan komentar Kang Masroer.

“Alhamdulillah ikut seneng!! Muhammad Nur Ardi Handayat” ujarnya Fandi Dimas.

Handayat pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawannya yang telah mensupport nya selama terjun di dunia blog.

“Aku mau ngucapin terima kasih banyak kepada Om Usep yang sudah mengenalkan aku dengan dunia blogging dan juga terima kasih banyak kepada Mas Amirul Darmawan yang udah support blogku dalam bentuk hosting dan domain sehingga bisa bikin aku semangat ikutan lomba blog karena pakai WordPress kwk,” kata Handayat.

Baca juga: 2 Keunikan Blogger DCB Membangun Personal Branding

“Siapa tau adek-adek yang masih SMA mau tau mengenai jalur prestasinya bisa baca di https://pmb.undip.ac.id/jalur-sbub/ dan buat teman-teman yang berjuang di SBMPTN, semoga Allah kasih yang terbaik!!” jelasnya Handayat.

“Buat teman-teman yang sedang berjuang mengikuti lomba blog, terus asah skill menulisnya dengan banyak membaca tulisan, baik itu dari buku, artikel pemenang lomba sebelumnya, jurnal, dan bahan bacaan lainnya. Selain itu, asah juga skill lainnya yang mampu membuat isi dari tulisan lomba tersebut jadi lebih menarik. Seperti dengan mempelajari desain grafis, fotografi, videografi, atau editing video, agar artikel kamu memiliki value yang lebih dibandingkan peserta lainnya.” tutupnya Handayat.
  • Bagikan