kisah hidup dan biografi singkat bob sadino beserta kisah sukses bob sadino jadi pengusaha miliarder
biografi singkat, kisah hidup dan kisah sukses bob sadino jadi pengusaha miliarder

Setelah sebelumnya kita membahas biografi singkat dan kisah sukses Bill Gates, kali ini kita mengulas informasi mengenai kisah sukses Bob Sadino, biografi singkat Bob Sadino hingga kisah hidup nya yang jatuh dan bangkit menjadi pengusaha sukses dan salah satu orang terkaya di Indonesia.

Percaya atau tidak, sebenarnya rezeki itu sudah diatur oleh Tuhan yang Maha Kuasa. Anda juga harus percaya bahwa roda kehidupan itu berputar. Kadang bisa di atas, kadang di bawah. Tak percaya? Jika tidak, Anda bisa melihat bagaimana kisah sukses Bob Sadino yang merupakan seorang pengusaha sukses yang ternyata pernah jadi kuli bangunan.

Pria sukses yang akrab disapa Om Bob ini memang sudah tiada. Namun, kisah sukses Bob Sadino sepertinya akan terus dikenang banyak orang karena kegigihannya dalam bekerja. Ia pun menjadi pengusaha sukses dan menjadi inspirasi bagi banyak orang. Sebenarnya, bagaimana kisah sukses dari Bob Sadino ini? Siapakah sosok Bob Sadino yang menginspirasi pengusaha muda di Indonesia? Inilah biografi singkatnya!

Daftar isi: hide

Biografi Singkat Bob Sadino

biografi singkat bob sadino dan kisah sukses bob sadino jadi pengusaha kaya raya
biografi singkat bob sadino dan kisah sukses bob sadino jadi pengusaha kaya raya

Bambang Mustari Sadino yang akrab dipanggil dengan nama Om Bob Sadino lahir pada 9 Maret 1933 di Tanjung Karang (sekarang Bandar lampung) dan meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan pada hari Senin, 19 Januari 2015, pukul 18.05 WIB pada usia 81 tahun lantaran komplikasi penyakit yang kemudian dimakamkan pada hari Selasa, 20 Januari 2015 di TPU Jeruk Purut, Jakarta.

Bob Sadino merupakan sosok pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan (agrobisnis). Beliau adalah pengusaha islam yang punya hobi bisnis dan traveling dengan zodiak Pisces serta pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick.

Pada banyak kesempatan, Bob Sadino sering terlihat dengan mengenakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khas nya sehari-hari dan tercatat dalam sejarah perjalanan kisah sukses Bob Sadino yang mengenyam betapa tidak mudahnya menjadi pengusaha sukses triliuner hingga menjadi salah seorang terkaya di Indonesia.

Baca juga: Biografi Dokter Ludwik Rajchman, Sosok Pendiri UNICEF yang Fenomenal

Fakta Kisah Hidup Bob Sadino

fakta kisah hidup dan kisah sukses bob sadino
fakta kisah hidup dan kisah sukses bob sadino

Mungkin Anda pernah mengira bahwa hidup orang sukses itu mulus-mulus saja? Sebenarnya tidak seperti itu, kok! Bahkan, kebanyakan orang sukses harus “berdarah-darah” terlebih dulu untuk mendapatkan apa yang sekarang mereka miliki. Seperti halnya yang bisa Anda lihat dalam kisah sukses Bob Sadino ini.

Bob Sadino sebenarnya memang berasal dari keluarga yang berkecukupan. Ia lahir di Lampung pada tanggal 9 Maret 1933. Bob Sadino adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Ketika ayahnya meninggal dunia pada saat usianya yang ke-19 tahun, ia mewarisi seluruh kekayaan orang tuanya karena seluruh saudara kandungnya sudah mapan.

Apa yang dilakukan Bob? Berbekal harta warisan yang ia miliki, ia memilih tinggal di Amsterdam, Belanda dan bekerja di Djakarta Lylod. Ia sempat dipindahkan ke Hamburg, Jerman oleh atasannya waktu ini. Dari pekerjaan ini, ia mendapatkan uang yang banyak. Ia bahkan menemukan istrinya di kota ini.

Setelah menikah, ia memberanikan diri untuk melepas pekerjaan di Belanda dan pulang ke Indonesia. Bermodalkan dua mobil mewah dari hasil kerjanya di Belanda, ia menjual salah satunya untuk dibelikan tanah di daerah Kemang. Ia memutar otak untuk menyewakan mobil yang ia miliki dan menjadi seorang supir.

Sebenarnya, uang dari hasil sewa itu sudah mencukupi untuk hidup. Namun, suatu ketika ia mengalami kecelakaan parah dan membuat mata pencariannya hilang. Tentu saja, Bob harus memutar otak agar bisa tetap hidup. Dari sinilah, ia memutuskan untuk jadi kuli batu dengan penghasilan sangat minim. Hanya Rp100,- saja.

Kisah Sukses Bob Sadino yang Mulai Bangkit Lagi

kisah sukses bob sadino jadi pengusaha miliarder
kisah sukses bob sadino jadi pengusaha miliarder di indonesia

Tentu saja, dengan gaji yang sangat minim dan kebutuhan hidup yang makin besar membuat Bob sempat mengalami depresi. Namun, rasa depresi itu memberinya pencerahan terlebih setelah mendapat masukan dari Sri Mulyono Herlambang, teman baiknya. Sri Mulyono menyarankan Bob untuk memelihara ayam guna mengusir depresinya.

Namun, lama-kelamaan, Bob malah melihat ayam tersebut punya potensi bisnis yang menjanjikan. Pada akhirnya, ia mulai berbisnis sebagai peternak ayam untuk bertahan hidup. Menjual telur ayam dan ayamnya sendiri ia lakukan. Didasari dengan kemampuannya ini, kisah sukses Bob Sadino dalam membangun supermarket pun dimulai.

Penjualan telur dan ayam yang ia miliki makin besar dan membuatnya berhasil membangun supermarket bernama Kem Chicks. Ia sendiri terjun ke lapangan langsung. Dari sini, ia melebarkan sayap dengan usaha ke sektor daging dan karena memang sudah terkenal, tak sulit baginya untuk memasarkan produk.

Kemampuan berbahasa Inggrisnya yang baik juga membuatnya mendapat pelanggan WNA yang royal. Bob akhirnya tahu bahwa pasarnya yang paling besar adalah WNA. Dari sinilah ia kembali membangun supermarket kedua yang khusus menjual daging dan sosis. 10 tahun berlalu, ia kembali membuka supermarket baru yang jualannya lebih bervariasi.

Variasi jualan di supermarket lebih pada agribisnis seperti sayuran. Bahkan, tempatnya berjualan adalah yang paling besar di Semarang saat itu. Satu lagi, bisa dibilang, ia adalah pionir dalam menanam menggunakan sistem hidroponik di Indonesia. Inilah yang membuat kisah sukses Bob Sadino makin istimewa.

Kata-kata Motivasi Sukses Bob Sadino

kata kata motivasi sukses bob sadino
kata kata motivasi sukses bob sadino

Pada umumnya, setiap orang yang berhasil meraih kesuksesan hidup salah satunya harta benda yang berlimpah khususnya pengusaha, tak dapat dipungkiri pasti memiki motivasi hidup sukses.

Ya, seperti Kisah sukses Bob Sadino ini. Berikut kata-kata motivasi sukses Bob Sadino yang sederhana namun ngena dan bisa mengubah pola pikir seseorang dalam waktu yang cepat.

1. Setiap Bertemu dengan Orang Baru, Saya selalu Mengosongkan Gelas Saya Terlebih Dahulu

Maksudnya adalah saat Anda bertemu dengan orang yang baru Anda kenal, sebaiknya Anda jangan sombong dan kosongkanlah dulu semua itu. Karena siapa tahu, orang yang baru Anda kenal lebih memiliki segalanya dibanding Anda.

2. Yang Beneran Punya Nggak akan Banyak Bicara seperti Mereka yang Berlaga Sok Punya

Kata kata motivasi sukses ini tujukan untuk orang yang berlagak sok punya segalanya padahal dia tak memiliki apapun. Apalagi bila kita berkaca kepada kisah sukses om Bob Sadino yang hidupnya sederhana meski mempunyai harta yang sangat berlimpah ruah.

3. Orang Goblok itu Nggak Banyak Mikir, yang Penting Melangkah. Orang Pintar Kebanyakan Mikir, Akibatnya Tidak Pernah Melangkah

Wait, jangan kesel dulu. Kata “Goblok” adalah ciri khas om Bob Sadino yang beliau sendiri mengatakan bahwa dirinya adalah orang goblok yang berani melangkah untuk maju dibandingkan orang pintar yang kebanyakan mikir namun akhirnya tidak pernah melangkah.

4. Berhentilah Selalu Membuat Rencana, MELANGKAHLAH!

Melangkahlah adalah motivasi hidup sukses sekaligus kunci rahasia sukses om Bob Sadino dalam membangun bisnisnya, daripada terlalu banyak berpikir mendingan perbanyaklah melangkah seperi kisah hidup Bob Sadino ini, sepakat?

5. Orang Goblok Sulit dapat Pekerjaan, Akhirnya Buka Usaha Sendiri. Saat Bisnisnya Berkembang Pesat, Orang Goblok Mempekerjakan Orang Pintar

Pada catatan kisah sukses Bob Sadino yang tersebar luas di dunia digital dan dunia real, om Bob selalu mengaku dirinya bukanlah orang pintar. Beliau bahkan bukan seorang sarjana. Namun, lihatlah deretan karyawannya adalah orang-orang yang notabene lulusan sarjana.

6. Setinggi Apapun Pangkat yang Anda Milikir, Tetaplah Karyawan. Sekecil-kecilnya Apapun Usaha Anda, Anda adalah BOS nya

Om Bob Sadino selalu menekankan bahwa lebih baik menjadi seorang pengusaha. Bahkan, meskipun usaha atau bisnis Anda yang dibuka sangat kecil itu jauh lebih baik dari setinggi apapun pangkat yang Anda miliki.

7. Bisnis itu Hanya Modal Dengkul, Bahkan Jika Anda Tidak punya Dengkul, Pinjam Dengkul Orang Lain

Pada beberapa kesempatan saat om Bob Sadino pada seminarnya pernah di tanya oleh salah seorang peserta seminarnya:

  • Peserta: Om Bob, Saya mau memulai bisnis. Tapi nggak punya modal. Bagaimana om bob?
  • Om Bob: Kamu punya dengkul?
  • Peserta: Punya om.
  • Om Bob: Kalau gitu, Saya beli dengkulmu 100 juta, mau?
  • Peserta: Nggak mau lah om.
  • Om Bob: Kalau gitu dengan Satu Dengkulmu saja sudah punya Modal 100 juta, Hahahaha..

Simpel bukan? Tapi, apakah Anda tau maksud dibalik statement yang dikatakan om Bob? Maksudnya adalah jika Anda tidak punya modal mulai berbisnis dan Anda kebingungan, carilah orang yang mau di ajak kerjasama untuk berbisnis bersama Anda, setelah itu Anda bayar tunai semua modal yang pernah orang tersebut keluarkan untuk Anda, kemudian Anda mempekerjakan orang lain pada bisnis Anda.

8. Kamu ini Bangun Pagi, Mandi, Pamit Kerja, Pakai Seragam, Kaki Dibungkus Kaos Kaki dan Sepatu. Berangkat Pagi Pulang Malam Bayaran Nggak Seberapa, Kamu Kerja apa Dikerjain?

Sebelum om Bob Sadino menjadi pengusaha sukses yang melalang lintang di Indonesia, om Bob adalah karyawan di perusahaan swasta di Belanda.

Namun, karena memang beliau kesal dan marah dengan Bos nya sehingga dia keluar dan berjuang menjadi pengusaha. Alhasil, dia selalu mengatakan hal tersebut kepada karyawan nya hingga karyawan di luar sana untuk memotivasi menjadi seorang pengusaha yang lebih sukses dari dirinya.

9. Semakin Goblok Seseorang kian Semakin Banyak Ilmu yang Diperolehnya. Saya menggoblokkan Diri Sendiri sebelum menggoblokkan Orang lain

Kata kata yang ini memang terbilang paling Ekstrim, karena om Bob Sadino pernah mengatakan bahwa beliau sendiri adalah orang goblok. Sehingga dia sudah menggoblokkan diri sendiri nya terlebih dahulu sebelum menggoblokkan orang lain.

10. Dibalik Setiap Harapan Selalu Diikuti Kekecewaan. Jadi, Berhentilah Berharapa Kepada Orang Lain

Hampir di setiap menjadi pembicara dalam sebuah seminar, om Bob Sadino selalu mengatakan hal tersebut. Menurutnya, janganlah terlalu berharap pada suatu hal, karena apabila tidak terwujud akan kecewa. Jadi, daripada kecewa mendingan tidak pernah berharap bukan?

11. Nah loh! Saya Bisnis Cari Rugi. Ketika Rugi, Saya Semangat dan Jika Untung, Bertambahlah Rasa Syukur Saya

Maksudnya ialah saat mengalami kerugian, bila memang itu yang dicari maka hal tersebut akan tetap membuat semangat dan bangkit. Karena sudah sesuai dengan tujuan hidup Anda. Bila untung, jelas akan bertambah lagi rasa syukurnya.

12. Saya Tidak Mau Pengalaman dan Pengetahuan yang Saya Miliki Terkubur bersama Tubuh Saya ketika Saya Mati Kelak

Beliau adalah seorang pengusaha yang tidak pelit akan pengalaman dan pengetahuan kepada orang lain dan Om Bob memang tidak ingin ilmu yang beliau miliki ikut terkubur bersama tubuhnya saat meninggal karena tidak berbagi kepada orang lain.

Namun benar adanya, saat om Bob Sadino meninggalkan kita semua pun banyak ilmu pengetahuan seputar bisnis, pengusaha, dan lain sebagainya yang beliau tinggalkan. Sehingga, menjadi amalan yang tidak akan putus untuk om Bob karena beliau juga pernah berpesan agar ilmu yang dia berikan harus juga diberikan kepada orang lainnya.

13. Ijazah Sangat Penting untuk Mertua dan Pekerjaan. Tapi, tidak Penting untuk Pengusaha

Maksud dari kata motivasi sukses om Bob Sadino ini beliau ciptakan melalui pengalamannya yang hanya sampai lulusan SMA saja, bukan seorang sarjana. Namun, sisi lain dari kata kata Bob Sadino diatas bukan berarti Anda tidak perlu kuliah hingga menjadi Sarjana.

Ijazah sarjana cukup penting dan punya peranan dalam membantu mendapatkan pekerjaan yang bagus dan untuk membuat calon mertua merasa bangga karena calon menantu nya adalah lulusan sarjana.

Dari semua kata kata motivasi sukses Bob Sadino diatas, bisa ditarik kesimpulan bahwa semua menjadi seorang pengusaha yang sukses bukanlah hal yang mudah apalagi instan. Semua kesuksesan yang diraih beliau didapatkan dengan “berdarah-darah” yang menjadikan beliau seorang pengusaha sukses dan salah satu orang terkaya di Indonesia dengan tampilan yang sederhana, nyentrik serta selalu bersyukur atas sekecil apapun hasil yang beliau dapatkan.

Disisi lain, meski Beliau sudah sukses, ia tetap hidup dengan sederhana. Ia juga orang yang simpel dan tak suka melakukan hal yang rumit. Kunci keberhasilan menurut Beliau adalah kegagalan itu sendiri. Kira-kira, apa yang bisa Anda contoh dari kisah sukses om Bob Sadino di atas?

Dari kisah sukses Bob Sadino ini, bisa kita petik kesimpulan lagi bahwa semakin banyak merasakan kegagalan, maka semakin besar kesempatan untuk sukses. Jadi, habiskan lah jatah gagal secepatnya untuk bangkit dan meraih kesuksesan yang tiada hentinya. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.