12 Nama Bulan Islam Pada Kalender Hijriah beserta Maknanya

Yuk, ketahui nama-nama bulan islam pada kalender Hijriah di dunia, dan silahkan download kalender Hijriah 2019 masehi 1440H dan 2020 masehi 1441H secara GRATIS!

kumpulan nama nama bulan islam pada kalender hijriah
0 19
5/5 (3)

Kalender hijriah merupakan sistem penanggalan Arab yang digunakan seluruh umat Islam di dunia. Standar yang berlaku pada kalender hijriah ini berbeda dengan standar pada kalender Masehi.

Hanya saja, sebenarnya sistemnya sama. Kalender hijriah juga menggunakan 12 bulan dalam setahunnya dan bulan-bulan tersebut memiliki nama.

Namun, nama bulan tersebut tentunya juga berbeda dengan bulan dalam kalender Masehi. Selain itu, hal yang membedakan keduanya yang lainnya adalah pergantian harinya.

Kalender masehi berganti pada malam hari sedangkan hijriah pada waktu Maghrib. Apa saja sih nama bulan Islam yang ada didalam kalender hijriah itu dan apa juga maknanya?

Sebelum kita mengetahui nama nama bulan islam pada kalender hijriah. Yuk, kita mengenal terlebih dahulu pengertian bulan islam, pengertian kalender hijriah agar inspirasi dan motivasi islami kita semakin bertambah..

Apa itu Kalender Hijriah? Inilah Pengertiannya

kalender hijriah, pengertian hijriah, bulan islam, pengertian bulan islam pengertian kalender hijriah, kumpulan nama nama bulan islam dalam kalender hijriah, download kalender hijriah, kalender hijriah 2019 dan 2020, kalender islam 2019 lengkap, perhitungan kalender hijriah, kalender hijriah februari 2019, kalender islam 2019 pdf, kalender hijriyah 1440 pdf, kalender islam 2020 pdf, kalender hijriyah 1441 pdf, tanggal hijriah hari ini 2019, kalender islam tahun 2020, kalender islam tahun 2019, kalender masehi 2020, kalender 2020 jawa lengkap, kalender jawa tahun 2020
pengertian kalender hijriah lengkap beserta arti, makna dan tahun penentuan nya

Kalender Islam atau biasa disebut Kalender Hijriah adalah penentuan tanggal dan bulan yang berkaitan dengan ibadah umat muslim dan hari-hari besar Islam di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Kalender ini dinamakan Kalender Hijriyah, karena pada tahun pertama adalah tahun dimana terjadi peristiwa Hijrah nya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Kumpulan Nama nama Bulan Islam pada Kalender Islam dan Maknanya

kalender hijriah, pengertian hijriah, bulan islam, pengertian bulan islam pengertian kalender hijriah, kumpulan nama nama bulan islam dalam kalender hijriah, download kalender hijriah, kalender hijriah 2019 dan 2020, kalender islam 2019 lengkap, perhitungan kalender hijriah, kalender hijriah februari 2019, kalender islam 2019 pdf, kalender hijriyah 1440 pdf, kalender islam 2020 pdf, kalender hijriyah 1441 pdf, tanggal hijriah hari ini 2019, kalender islam tahun 2020, kalender islam tahun 2019, kalender masehi 2020, kalender 2020 jawa lengkap, kalender jawa tahun 2020
kumpulan 12 Nama nama bulan islam pada kalender islam (hijriah) beserta maknanya

Nama-nama bulan islam pada kalender Hijriah diambil dari nama-nama bulan yang telah ada dan berlaku pada masa itu di wilayah Arab.

Yuk, simak aja deh langsung nama-nama bulan islam di dunia pada kalender Hijriah dibawah ini!

1. Muharram

Nama bulan ke-1 atau pertama didalam kalender hijriah adalah Muharram. Dalam urutan kalener hijriah, bulan ini adalah bulan yang pertama. Tanggal 1 bulan Muharram diperingati sebagai hari pergantian tahun hijriah.

Untuk makna, Muharram sendiri memiliki arti yang diharamkan atau yang menjadi pantangan. Kenapa namanya bisa begitu? Itu dikarenakan pada zaman dulu di bulan ini diharamkan untuk melakukan perang.

Pada tanggal 10 Muharram, biasanya akan dilaksanakan hari peringatan umat Islam yang diberi nama hari Asyura. Pada hari itu, seluruh umat Islam disunnahkan berpuasa. Untuk jumlah, bulan ini memiliki jumlah 30 hari.

2. Safar

Dalam urutan bulan ke-2 pada kalender Hijriah, bulan Safar ada pada urutan kedua. Bulan ini sering disebut juga dengan bulan Shofar. Safar sendiri memiliki artian kosong. Kenapa bisa diberi nama begitu?

Sebab, pada zaman dulu, bulan ini adalah awal para pemuda pergi merantau dari perkampungan sehingga kampung itu sepi penghuninya. Jumlah hari pada bulan Safar ini yaitu memiliki 29 hari pada setiap bulannya.

3. Rabiul Awal

Lanjut ke urutan bulan ke-3 pada kalender hijriah, ada bulan Rabiul Awal. Bulan ini memiliki arti masa kembalinya orang-orang yang merantau.

Selain itu, bulan ini dinamakan Rabiul Awal juga berkaitan dengan datangnya musim semi di tanah Arab.

Setiap tahunnya, pada tanggal 12 Rabiul Awal dilakukan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Setiap muslim dari penjuru dunia memperingati hari ini. Untuk jumlah, bulan ini memiliki jumlah 30 hari dalam satu bulannya.

4. Rabiul Akhir

Rabiul Akhir sering disebut juga dengan nama Rabiuts Tsani. Ini adalah bulan ke-4 dalam urutan pada kalender Hijriah. Alasan dinamakan Tabiul Akhir adalah karena pada masa dulu, bulan ini adalah akhir masa dari menetapnya para laki-laki di suatu kampung.

Selain itu, penamaan bulan ini juga dikarenakan pada saat ini orang-orang akan mengembalakan para ternak di rerumputan karena musim semi sudah mencapai puncaknya. Untuk jumlah hari, bulan ini memiliki jumlah 29 hari.

5. Jumadil Awal

Pindah ke urutan bulan ke-5 pada kalender hijriah, ada bulan Jumadil Awal. Bulan ini sering disebut juga dengan mana Jumadil Ula yang artinya adalah awal dari kekeringan.

Kenapa dinamakan Jumadil Awal? Karena bulan islam jumadil awal dalam kalender hijriah adalah awal musim dingin yang mana akan terjadi air membeku di seluruh negeri. Untuk jumlah, bulan ini memiliki jumlah 30 hari dalam sebulannya.

6. Jumadil Akhir

Dalam urutan nama bulan ke-6 dalam Islam selanjutnya adalah Jumadil Akhir yang menempati urutan keenam ada kalender Hijriah. Bulan ini juga sering disebut dengan nama Jumadil Tsaniyah.

Dinamakan Jumadil Akhir karena bulan ini adalah pertanda dari akhir kekeringan yang terjadi di seluruh negeri.

Selain itu, nama Jumadil Akhir juga diberikan karena pada bulan ini, musim dingin berlangsung dan hampir berakhir. Untuk jumlah hari, bulan ini memiliki jumlah hari sebanyak 29 saja.

7. Rajab

Pada urutan bulan ke-7 pada tanggalan kalender Hijriah, ada bulan Rajab. Rajab dapat diartikan mulia atau bisa juga diartikan menahan diri dari peperangan. Bulan ini adalah bulan yang suci bagi umat Islam.

Hal ini sudah berlaku sejak zaman dahulu kala. Rajab termasuk bulan suci dan oleh sebab itu, tak ada peperangan yang terjadi di bulan ini.

Setiap tahunnya, pada tanggal 27 Rajab akan dilaksankan peringatan hari Isra’ Mi’raj nabi Muhammad SAW. Jumlah hari pada setiap bulan Rajab yakni 30 hari.

Pada hari itu, Nabi Muhammad SAW naik ke langit untuk menerima perintah sholat lima waktu yang sampai saat ini masih dijalankan oleh seluruh umat Islam. Untuk hitungan hari, bulan ini memiliki jumlah hari sebanyak 30 hari.

8. Sya’ban

Dalam urutan kedepalan bulan hijriah, ada bulan Sya’ban. Bulan ke-8 pada kalender Hijriah yang satu ini memiliki arti berkelompok.

Pada bulan ini, dulunya masyarakat Arab berpencar dengan berkelompok untuk mencari pekerjaan dan air untuk memenuhi kebutuhan hidup. Untuk jumlah hari, bulan ini memiliki jumlah hari sebanyak 29 dalam sebulannya.

9. Ramadhan

Bulan ke-9 dalam tanggalan kalender hijriah ini juga termasuk bulan yang suci bagi umat Islam yaitu bulan Ramadhan. Sebab, di bulan ini orang Islam melakukan perintah puasa satu bulan penuh.

Muslim wajib menahan lapar, haus, dan segala sesuatu yang membatalkan puasa selama di bulan suci puasa Ramadhan. Segala ibadah pun dilakukan pada bulan ini.

Bulan Ramadhan sendiri sering disebut dengan bulan Romadhon yang artinya adalah bulan panas. Dinamakan bulan panas demikian sebenarnya bukan karena bulan ini benar-benar panas.

Melainkan, pada bulan inilah semua dosa dibakar, bulan penuh rachmat dan bulan pengampunan semua dosa dengan berbagai ibadah berpahala berlipat ganda yang dilakukan.

Untuk jumlah hari, pada bulan Ramadhan ini memiliki jumlah hari sebanyak 30 dalam satu bulannya.

10. Syawal

Syawal adalah bulan ke-10 dalam tanggalan pada kalender hijriah. Syawal memiliki arti kebahagiaan. Salah satu penyebab dinamakan Syawal adalah karena pada bulan ini unta betina biasanya kekurangan susu.

Tanggal 1 Syawal diperingati sebagai Hari Raya umat Islam di seluruh dunia. Hari ini diperingati setelah satu bulan berpuasa di bulan Ramadhan. Pada bulan Syawal, jumlah hari pada setiap bulannya adalah 29 hari.

11. Dzulkaidah

Untuk bulan kesebelas, ada bulan Dzulkaidah. Bulan pada kalender Hijriahini biasanya disebut juga dengan nama bulan Dzul’qo’dah yang memiliki arti waktu istirahat.

Bulan ini dinamakan Dzulkaidah dikarenakan pada bulan ini bangsa Arab tidak bepergian ke manapun termasuk untuk perang. Bulan ini juga dianggap haram untuk melakukan perang, sama seperti bulan Muharram. Jumlah hari pada setiap bulan Dzulkaidah yaitu 30 hari.

12. Dzulhijjah

Terakhir, ada bulan Dzulhijjah. Bulan ini adalah bulan keduabelas pada tanggalan kalender hijriah. Bulan Dzulhijjah adalah bulan untuk menunaikan ibadah haji.

Oleh sebab itulah bulan ini dinamakan demikian. Pada tanggal 10 Dzulhijjah, selalu dirayakan hari raya Idul Adha. Pada hari ini, umat Islam diwajibkan untuk menyembelih hewan qurban. Sedangkan, jumlah hari pada setiap bulan Dzulhijjah yaitu 29/(30) hari.

Tanda kurung pada bulan Dzulhijjah yaitu tahun kabisat dalam kalender Hijriah yang diperhitungkan dengan metode sisa, yaitu 2-3-3 yang berjumlah 11 buah, yakni 2,5,8,10,13,16,18,21,24,26, dan 29.

Download Kalender Hijriah 2019 Masehi/1440 H

Silahkan download kalender Hijriah 2019 Masehi 1440 H terbaru diatas (Klik Pojok Kanan Atas) yang ditentukan berdasarkan kemungkinan Rukyatul Hilal Global. Meliputi tahun Hijriah 1440-1441 H.

Download Kalender Hijriah 2020 Masehi/1441 H

Silahkan download kalender Hijriah 2019 Masehi 1440 H terbaru diatas (Klik Pojok Kanan Atas) yang ditentukan berdasarkan kemungkinan Rukyatul Hilal Global. Meliputi tahun Hijriah 1440-1441 H.

Sebenarnya, baik tanggalan hijriah ataupun masehi memiliki hitungan yang sama. Hal yang membedakannya selain nama bulannya adalah jumlah hari yang ada dalam satu tahun. Bila tanggalan masehi, memiliki hitungan tanggal 365 atau 366 hari.

Sedangkan untuk tanggalan hijriah, jumlah hari yang ada dalam satu tahun adalah 354 dan 355 hari.

Nah, itulah Nama nama Bulan Islam dalam Tanggalan pada Kalender Hijriah Lengkap beserta Arti dan Maknanya yang bisa bacalagers.com informasikan kepada Kamu semuanya. Meski tanggalan ini berbeda dengan tanggalan masehi, namun tanggalan ini berlaku dan dianut oleh semua masyarakat Muslim di dunia.

Penggunaan tanggalan pada kalender hijriah sebagai bulan muslim ini umumnya untuk menentukan hari-hari besar Islam. Seperti hari raya Idul Fitri, Idul Adha dan hari-hari besar Islam di dunia lainnya. See you on the next inspiration and motivation articles..

Yuk Berikan Rating