pengertian apa itu domain dan cloud hosting, perbedaan domain dan cloud hosting secara umum
perbedaan domain dan cloud hosting secara umum

Sebagai seorang bloger pemula, tentu banyak istilah khusus yang masih belum begitu akrab di telinga Anda. Misalnya seperti istilah penting untuk para bloger yang mungkin masih banyak belum diketahui seperti perbedaan domain dan cloud hosting secara umum dalam dunia blog dan website.

Walau sama-sama berhubungan dengan teknis menghidupkan sebuah situs, namun kedua hal ini sama sekali berbeda.

Berikut ulasan mengenai perbedaan domain dan cloud hosting untuk Anda yang kita awali dengan membahas pengertian apa itu domain website.

Apa itu Domain?

pengertian apa itu domain dan cloud hosting, perbedaan domain dan cloud hosting secara umum
pengertian apa itu domain website

Sebelum membandingkan dan memahami perbedaan domain dan cloud hosting, tentu lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu pengertian domain secara umum.

Apa yang dimaksud dengan domain? Pengertian domain adalah alamat situs yang Anda miliki di internet, yang memungkinkan orang lain mengakses situs tersebut.

Alamat situs yang sering Anda ketikkan di kolom URL, itulah yang disebut dengan domain, contohnya bacalagers.com yaitu alamat situs ini.

Domain terbagi atas dua bagian yang dipisahkan oleh sebuah tanda titik. Bagian awal dari domain tersebut umumnya merupakan brand dari situs yang Anda miliki, di mana bisa disusun dengan menggunakan huruf dan angka.

Sedangkan di bagian kedua setelah tanda titik, merupakan ekstensi dari domain tersebut, misalnya saja seperti .com, .co, .org, .net, .id, .co.id, dan lainnya.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap domain sifatnya unik. Jadi, tak heran jika Anda tak akan menemukan alamat situs yang memiliki nama domain yang sama, kecuali jika ekstensi yang digunakannya berbeda.

Fungsi domain website ini sendiri adalah sebagai alat untuk bisa mengidentifikasi sebuah web hosting, sehingga Anda tak perlu repot memasukkan alamat IP-nya.

Oleh karena itu domain website pribadi terbilang penting, jika Anda mau membeli domain murah.

Maka, pilihlah regisrar domain terpercaya dan terkenal yang melayani cek domain murah dan menjual domain murah target Anda seperti di Niagahoster.

Keuntungan Memiliki Domain Berbayar

Keberadaan domain pribadi sangat penting bagi Anda yang merupakan seorang bloger dan ingin membangun personal branding melalui blog.

Dari setiap konten yang Anda unggah di website atau situs pribadi yang Anda miliki tersebut, pengunjung bisa mengetahui bagaimana kualitas Anda.

Dari domain pribadi ini pula, Anda bisa membangun kredibilitas dan memperluan jaringan yang Anda miliki.

Semakin Anda rajin update dan menawarkan konten menarik di situs yang Anda miliki, maka situs tersebut akan bisa makin berkembang secara maksimal.

Dengan begitu, peluang kerjasama dengan pihak lain pun akan dengan mudah Anda peroleh.

Adanya domain pribadi juga menghindarkan Anda dari risiko pencatutan nama atas perbuatan tak bertanggung jawab di dunia maya.

Apa itu Cloud Hosting?

pengertian apa itu domain dan cloud hosting, perbedaan domain dan cloud hosting secara umum
pengertian apa itu cloud hosting

Jika mendengar istilah cloud hosting, mungkin yang terbayang di benak Anda adalah penyimpanan virtual dikarenakan adanya kata cloud yang tersemat di sana.

Pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan cloud hosting ini tak sepenuhnya salah.

Karena pada dasarnya, pengertian cloud hosting adalah layanan hosting atau penyimpanan data pada website, di mana penyimpanan dilakukan di cloud.

Cloud sendiri merupakan perumpaan untuk internet.

Jika Anda memilih menggunakan cloud hosting, maka data atau file pada website yang Anda miliki akan disimpan di sebuah server virtual di internet.

Baca artikel: Pengertian Internet

Penyimpanan dengan teknik seperti ini jauh berbeda dari web hosting tradisional, di mana penyimpanan data pada website menggunakan ruang penyimpanan fisik atau hardware.

Anda pun juga hanya perlu membayar untuk server yang Anda gunakan.

Anda bisa menemukan penyedia hosting  terbaik untuk melakukan pembelian paket cloud hosting Indonesia murah dan berkualitas.

Manfaat Menggunakan Cloud Hosting Untuk Website

Adanya cloud hosting, mencegah situs menjadi down atau crash saat diakses oleh banyak pengunjung.

Kemampuannya yang setara VPS ini dikarenakan banyaknya server yang digunakannya dalam menampilkan website atau situs.

Jika sekiranya ada gangguan di salah satu server, maka data yang dimiliki oleh website tersebut akan ditransfer oleh server lain yang lebih responsif.

Dengan memanfaatkan layanan cloud hosting, Anda juga bisa terhindar dari risiko serangan malware dan hacker.

Hal ini disebabkan karena telah tersedianya beragam fitur keamanan pada layanan cloud hosting tersebut.

Jadi, Anda sebagai pemilik sebuah website atau situs, tak perlu mengkhawatirkan keamanan data yang Anda setorkan di sana. Semua data terjamin keamanannya.

Perbedaan Domain dan Cloud Hosting Secara Umum

pengertian apa itu domain dan cloud hosting, perbedaan domain dan cloud hosting secara umum
perbedaan domain dengan cloud hosting

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda mungkin sudah bisa menyimpulkan sendiri apa saja perbedaan domain dan cloud hosting secara umum.

Domain hadir sebagai alamat dari situs yang Anda miliki, sedangkan cloud hosting merupakan rumah dari semua data atau file tersebut.

Dengan adanya domain dan cloud hosting ini, maka pengunjung bisa mengakses situs yang Anda miliki dengan mudah dan praktis.

Lalu, mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana cara untuk bisa mendapatkan kedua layanan ini yaitu dengan membeli di penyedia domain dan hosting terbaik di Indonesia.

Harganya pun cukup bervariasi, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Anda tinggal mencarinya saja di dunia maya, lalu beli dan mulai bangun website Anda.

Adanya domain pribadi dan cloud hosting, memungkinkan Anda untuk memaksimalkan aktivitas di situs yang Anda kelola dan pengunjung pun bisa dengan mudah mengaksesnya.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai pengertian serta perbedaan domain dan cloud hosting pada umumnya. Sebagai seorang bloger pemula, sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui tentang dua hal ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.