daftar nama komunitas blogger terbesar di indonesia dulu dan sekarang versi bacalagers media
komunitas blogger terbesar di indonesia versi bacalagers media

Blog adalah media alternatif yang memberikan informasi, pengetahuan, dan menginspirasi banyak orang. Pertama kali muncul hingga sekarang, perkembangan blog mengalami pasang surut. Sempat terorganisir dengan sangat baik saat Pesta Blogger 2007 dengan terbentuknya beberapa komunitas blogger terbesar di Indonesia.

Namun sekarang, sepertinya agak sulit menemukan komunitas blogger yang aktif dan terorganisir dengan baik. Banyak kompleksitas yang mempengaruhinya mulai dari trend blog, adanya media sosial, belum lagi keaktifan para blogger senior.

Pasti kamu penasaran bagaimana perkembangan dunia blog untuk saat ini, simak terus artikel ini.

Apa itu Komunitas Blogger?

pengertian apa itu komunitas blogger terbesar di indonesia
pengertian apa itu komunitas blogger

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang memiliki struktur organisasi mulai dari pendiri, ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, public relation dan partnership, anggota dan berdiri dari sekelompok/sekumpulan orang yang berprofesi sebagai blogger/narablog/penulis di Blogspot, WordPress, dan Web 2.0 lainnya di Indonesia maupun Dunia.

Komunitas blogger di Indonesia yang Saya ketahui telah tersebar hampir mencakup seluruh kota di Indonesia. Namun, yang Saya ketahui adanya seperti komunitas blogger Jakarta, Surabaya, Papua, Jogja, Bandung, Makassar, Pontianak, Banjarmasin, Semarang, Bekasi, Malang, Medan, Lampung, Solo, Bogor dan Cirebon.

Komunitas blogger terbesar di Indonesia juga mencakup para pemula dan milenial yang baru saja terjun di dunia blogging, baik itu menggunakan platform Blogspot, WordPress dan web 2.0 lainnya.

Tidak sedikit juga para blog nya para narablog di Indonesia telah menggunakan domain berbayar TLD, GTLD, CcTLD, dan lainnya seperti .com, .net, .info, .biz, .co.id, .id, .blog, .website, .eu.org, hingga ada yang memakai domain .us dan .co.uk.

Manfaat Bergabung dengan Komunitas Blogger

manfaat bergabung dengan komunitas blogger terbesar di indonesia
manfaat bergabung dengan komunitas blogger

Para blogger yang belum join di komunitas blogger mungkin tidak akan mengetahui apa saja manfaat join di komunitas blogger. Oleh karena itu, artikel ini Saya buat.

Kira-kira, inilah beberapa manfaat bergabung dengan komunitas blogger terbesar di Indonesia yang bakal Kamu dapatkan!

1. Mendapat Ilmu Baru Seputar Blog

Blogger pemula yang baru saja terjun di dunia blog rata-rata akan sulit mencari ilmu baru seputar blogging walaupun berbagai tips ngeblog untuk pemula hingga expert dari A – Z sudah tersebar luas di Google.

Cara paling mudah mendapatkan ilmu baru seputar blog adalah bergabung dengan komunitas blogger terbesar di Indonesia.

Yaps, Kamu akan mendapatkan banyak ilmu dan wawasan baru seputar ngeblog yang diberikan secara gratis sesuai pengalaman mereka selama terjun di dunia blogging misalnya saja cara mempercepat loading blog di blogger dan wordpress dengan mudah serta cara mendapatkan penghasilan dari blog.

2. Bertambahnya Teman, Network dan Keluarga Baru

Manfaat bergabung dengan komunitas blogger terbesar di Indonesia tentu saja Kamu akan mendapatkan teman, network dan keluarga baru. Tidak sedikit para anggota komunitas blogger yang menyebut komunitas beserta semua anggotanya adalah keluarga baru.

Yaps, yang namanya teman dan keluarga baru di komunitas blogger pasti akan membantu kita ketika ada kesulitan terkait blog, bercengkrama di dunia nyata untuk sharing pengalaman ngeblog, bahkan bisa berkunjung dan silaturahmi ke rumah teman yang satu komunitas dengan kamu.

3. Promosi Blog dan Menambah Personal Branding

Bukan hanya mendapatkan ilmu, teman, sahabat, keluarga dan network baru saja. Manfaat bergabung dengan komunitas blogger terbesar di Indonesia juga bisa sebagai tempat promosi blog dan meningkatkan personal branding pribadi serta blog kamu.

Benar, mempromosikan blog bisa saja kamu lakukan di semua media sosial. Tapi, apakah bisa kamu promosi blog secara gratis di komunitas blogger tanpa bergabung menjadi anggotanya?

Bisa! Kalau punya orang dalam dan itupun mustahil bisa promosi setiap habis posting artikel blog terbaru ya, kan?

Disisi lain, personal branding pribadi dan blog kamu semakin meningkat + blog kamu semakin terkenal secara perlahan, ya walaupun kamu bisa saja mencoba berbagai cara membangun personal branding di media sosial facebook, twitter, instagram, pinterest, dan lainnya.

4. Mendapatkan Ide Menulis Artikel Blog

Faktanya, hingga saat ini masih sangat banyak blogger di Indonesia yang sulit mendapatkan ide menulis artikel blog yang menarik dan berpotensi mendapatkan banyak pengunjung blog setiap hari.

Entah karena malas riset ide artikel, entah tidak tau caranya, ataupun tidak tahu dimana tempat riset ide artikel.

Yang pasti, jika kamu bergabung dengan komunitas blogger terbesar di Indonesia maka akan dengan mudah mendapatkan banyak ide menulis konten yang menarik, positif, dan bermanfaat untuk orang lain dari anggota komunitas blogger tersebut.

5. Bertambahnya Motivasi Ngeblog

Percayalah, di sebuah komunitas blogger terbesar di Indonesia pasti ada dua atau tiga orang anggota yang berhasil meraih penghasilan hingga puluhan juta perbulan dari blog nya dan gemar memberikan motivasi ngeblog kepada anggota lain didalam satu komunitas.

Tidak usah muluk-muluk deh, para anggota lain pun akan memberikan kamu motivasi ngeblog agar bisa rajin update artikel one day one post supaya blog kamu semakin banyak artikel dan pengunjungnya. Enak, kan?

6. Mendapatkan Job Blogger

Tidak usah malu-malu kucing, kamu bakal mendapatkan job blogger dengan mudah jika komunitas blogger tempat kamu bergabung sedang mendapatkan tawaran kerjasama dari perusahaan atau agensi yang membutuhkan blogger sebagai ladang promosi bisnis dan produknya.

Dengan kamu join di komunitas blogger, level yang kamu dapatkan adalah VIP yang artinya pengurus komunitas blogger tersebut lebih mengutamakan para anggotanya untuk mendapatkan job blogger dari perusahaan atau agensi ketibang umum, kecuali blog kamu punya value sudah pas dengan kebutuhan perusahaan atau agensi tersebut.

7. Mendapatkan Jodoh

Jangan salah, tidak sedikit lho para blogger di Indonesia yang jomblo ketika bergabung dengan komunitas blogger beruntung mendapatkan jodoh nya, kamu percaya kan bahwa jodoh dan rezeki itu tidak ada yang tau?

Kita ambil contoh, di Komunitas Blogger Jakarta saja sudah 6 orang yang bertemu tambatan hati hingga akhirnya menikah. Ya meskipun memang jodoh itu sudah di atur olehNya.

Namun, barangkali saja kamu blogger yang jomblo beruntung bertemu jodoh di satu komunitas blogger. Siapa tau bukan? Tidak salah kan kalau berusaha? heheh

Kira-kira, itulah manfaat bergabung dengan komunitas blogger terbesar di Indonesia yang akan kamu dapatkan.

Sekarang kita lanjut aja deh ke nama-nama komunitas blogger terbesar di Indonesia versi Bacalagers Media berikut ini, yuk simak!

Daftar Komunitas Blogger Terbesar di Indonesia versi Bacalagers Media

daftar nama komunitas blogger terbesar di indonesia
komunitas blogger terbesar di indonesia versi bacalagers media

Setidaknya ada tiga komunitas blogger Indonesia yang pernah populer di zamannya sekitar 2000-an hingga 2015. Ketiga komunitas tersebut berhasil mendatangkan banyak blogger dan aktif menulis di masing-masing kanal blog yang disediakan.

Namun, komunitas blogger setelah tahun 2015 pun semakin banyak yang menjadi besar, apa saja komunitas blogger terbesar di Indonesia dulu dan sekarang?

1. Komunitas Jamban Blogger

keluarga komunitas jamban blogger
keluarga komunitas jamban blogger (rahmanucup.com)

Jamban Blogger ini memiliki anggota blogger yang lumayan ramai. Dengan sebuah filosofi unik dengan mengibaratkan sebuah jamban, komunitas ini begitu aktif. Baik bagi blogger pemula, maupun yang sudah lama berkecimpung bisa ditampung disini.

Layaknya sebuah toilet yang bisa menampung semua sisa kotoran baik makanan enak ataupun tidak enak. Seperti itulah kiranya filosofi yang dikenalkan oleh Komunitas Jamban Blogger ini.

Jamban Blogger adalah yang paling muda dari ketiga komunitas lainnya. Komunitas ini sudah tidak lagi eksis sekitar tahun 2016. Banyak faktor yang mempengaruhinya, yang jelas website JemberBlogger.com kini sudah tidak bisa diakses kembali.

2. Komunitas Blogger Perempuan

keluarga komunitas blogger perempuan
keluarga komunitas blogger perempuan (komunitas.bloggerperempuan.co.id)

Komunitas blogger perempuan network adalah jaringan blogger di Indonesia khusus perempuan yang berdiri sejak awal tahun 2015.

Salah satu komunitas blogger terbesar di Indonesia yang semua anggotanya adalah peremuan/wanita berasal dari sebuah ide dari tiga perempuan dengan keahliannya masing-masing di dunia online.

Ketiga perempuan tersebut yaitu Shintaries Nijerinda, Dyane Dorothy Aurora, dan Almazia Pratita yang disatukan oleh tiga persamaan yaitu perempuan, jatuh cinta dengan dunia online, dan memiliki misi untuk memajukan kedudukan Blogger Perempuan di Indonesia.

Dengan semakin meningkat secara drastis blogger perempuan asal Indonesia yang tersebar di berbagai belahan dunia, dengan beragam kategori blog yang berbeda, blogger perempuan network diharapkan menjadi wadah untuk saling berbagi, berjejaring, dan menginspirasi perempuan di Indonesia.

Pada saat ini, jumlah narablog perempuan yang tergabung di blogger perempuan network sudah mencapai 3400+ orang yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Komunitas blogger perempuan kerap mengadakan ngobrol cantik yang merupakan acara untuk mempererat tali silaturahmi antara para member dan dan berbagi ilmu terkait dengan blogging dan media sosial.

Official website komunitas blogger perempuan yaitu bloggerperempuan.co.id dan komunitas.bloggerperempuan.co.id.

3. Komunitas Blogger Jakarta

keluarga komunitas blogger jakarta
keluarga komunitas blogger jakarta (bloggerjakarta.or.id)

Komunitas Blogger Jakarta terbentuk pada tanggal 11 Juni 2016 di Kawasan Kota Tua Jakarta oleh Feri Aldina, Mas Halfi, Jarot Triguritno dan Geraldi Rizki yang cinta akan dunia digital, menulis buku, literasi digital dan lain sebagainya dan pada saat berdirinya blogger Jakarta bersamaan dengan mengadakan acara berbuka puasa bersama.

Salah satu komunitas blogger terbesar di Indonesia ini memiliki jumlah anggota yang aktif pada saat ini kurang lebih 128 orang, jika ditotalkan keseluruhan mulai dari saat terbentuk hingga saat ini anggota keluarga komunitas blogger Jakarta sudah lebih dari 200+ orang yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Komunitas Blogger Jakarta memiliki keinginan yang sangat besar bagaimana seorang blogger memiliki kesadaran bahwa apa yang diciptakan olehnya memiliki pengaruh yang besar bagi lingkungan dan bangsanya.

Komunitas Blogger Jakarta berhimpun dan saling berkolaborasi menciptakan iklim edukasi antar sesama blogger untuk berpartisifasi dan semangat pelopor cipta konten positif guna mendukung pemerintah dalam berbagai kampanye internet posistif guna menghadapi persaingan era digital saat ini yang memiliki tagline “dari blogger, oleh blogger, untuk Jakarta”.

Komunitas blogger Jakarta memiliki dua situs website, untuk official website terkait informasi dan berita komunitas, registrasi anggota, daftar anggota, dan lainnya itu BloggerJakarta.or.id.

Sedangkan, situs website BloggerJakarta.com adalah media informasi seputar DKI Jakarta yang berisi seputar pendidikan di Jakarta, wisata kuliner di Jakarta, tempat wisata di Jakarta, dan masih banyak lagi yang membuat pemilik situs ini bergabung dengan alasan yang menarik.

Lihat di sini: 3 Alasan Bergabung dengan Komunitas Blogger Jakarta versi Kang Cuci Piring di Bacalagers Media

4. Blogger Kancut Keblenger

keluarga komunitas blogger kancut keblenger
keluarga komunitas blogger kancut keblenger region jogja (naf-annisa.blogspot.com)

Komunitas ini didirikan di awal 2010 oleh Irvina Lioni hanya untuk media berkumpul teman-teman bloggernya saja. Namun ternyata namanya mengundang banyak orang untuk mengintip komunitas ini. Alhasil semakin banyak yang bergabung dan mendaftar sebagai anggota komunitas blogger ini.

Saking aktifnya bahkan komunitas ini berhasil membuat buku dengan judul Kancut Keblenger, Digital Love. Masa keemasan komunitas ini antara dua sampai tiga tahun setelah kemunculannya. Kemudian kembali redup sama seperti Jamban Blogger.

Namun, website Kancut Keblenger ini masih ada di KancutKeblenger.com, meski dengan tulisan yang semakin jarang terupdate. Terakhir terlihat update tulisan adalah 8 Desember 2019 lalu, dan berjarak satu hingga tiga bulan dari tulisan sebelumnya.

Website dari salah satu komunitas blogger terbesar di Indonesia yang pernah eksis ini juga berubah menjadi bahasa Inggris. Dengan topik promote beberapa media sosial seperti Tiktok, Instagram, dan beberapa lainnya. Sangat disayangkan sekali, kini seperti tidak ada lagi para blogger yang mengisi situsnya.

5. Warung Blogger

keluarga komunitas warung blogger
keluarga komunitas warung blogger (warungblogger.org)

Komunitas yang satu ini juga didirikan pada 2011 dengan situs resmi WarungBlogger.org. Komunitas ini memiliki komunitas yang sangat besar dari seluruh Indonesia. Di dalamnya banyak berisi topik tulisan yang beragam.

Dengan slogan ngopi asik bareng blogger komunitas ini mempunyai gerakan yang sangat positif. Gerakan tersebut dinamakan gerakan peduli kata kunci atau biasa disebut gerakan PKK.

Gerakan ini mempunyai tujuan yang positif dari berbagai kata kunci, sehingga bisa sesuai dengan konten yang positif.

Sampai saat ini situs warungblogger.org tetap eksis dengan berbagai macam tulisan yang relatif masih konsisten dengan dulu. Hanya saja, keaktifan para penulisnya juga semakin jarang terlihat. Sama seperti Kancut Keblenger yang terlihat jarang sekali update tulisan di dalam situsnya.

6. Klub Blogger dan Buku (KUBBU)

keluarga klub blogger dan buku (kubbu backpacker jakarta)
keluarga klub blogger dan buku (kubbu backpacker jakarta)

Komunitas blogger terbesar di Indonesia selanjutnya adalah KUBBU. Klub Blogger dan Buku (KUBBU) terbentuk pada 15 Desember 2015 dan merupakan bagian dari Komunitas Backpacker Jakarta (BPJ).

Terbentuknya Klub Blogger dan Kubbu yang di Nakhodai oleh Bang Eka Siregar / Dede Ruslan ini berasal dari tujuan untuk menampung aspirasi dan inspirasi semua anggota Backpacker Jakarta yang gemar membaca dan menulis yang pada akhirnya lahirnya Klub Blogger dan Buku (KUBBU) dengan tagline 3M “Membaca, Menulis dan Menginspirasi”.

KUBBU juga memiliki visi dan misi untuk memajukan dunia literasi di Indonesia dengan membudayakan membaca dan menulis. Saat ini, Kubbu mempunyai anggota aktif sekitar 150 orang yang tersebar baik di Jabodetabek dan di luar kota tersebut.

Dengan banyaknya anggota tersebut, Kubbu juga ingin mewadahi dengan kegiatan yang lebih bervariasi serta lebih banyak melibatkan anggota Kubbu, bahkan di luar Kubbu dengan tujuan tak lain agar semakin banyak orang lain khususnya anak muda yang tergerak untuk menggiati dunia literasi digital.

Official website KUBBU (Klub Blogger dan Buku) yang bisa Kamu sambangi adalah Kubbu.net.

7. Buda’ Blogger

keluarga komunitas buda blogger pontianak kalimantan barat
keluarga komunitas buda’ blogger (bloggerpontianak.org)

Komunitas Blogger Pontianak atau yang biasa disebut Buda’ Blogger berdomisili di wilayah Kota Pontianak, Kalimantan Barat berdiri sejak 1 Juli 2012 oleh dua orang blogger yaitu Ero Pradolly Prasitha dan Akhmad Rizaldi yang pada saat ini sudah memiliki anggota lebih dari 1200 orang.

Namun, yang aktif pada pertemuan di dunia nyata dan perbincangan di grup Whatsapp sekitar 50 orang saja.

Komunitas Buda’ Blogger ini bermula dari pertemuan dan perkenalan antara mereka berdua setelah mengikuti lomba blog yang diselenggarakan oleh Kabupaten Kubu Raya dan memiliki niat mengumpulan para blogger di Pontianak untuk ikut tergabung di Komunitas Blogger Pontianak.

Nama Buda’ Blogger sendiri pertamakali dicetuskan oleh Ero Pradolly Prasitha dan Feri Harjulianto pada tahun 2014. Arti dari kata Buda’ sendiri yaitu anak.

Sehingga, arti dari Buda’ Blogger adalah Anak Blogger. Hingga saat ini para anggota dan pengurus kerap aktif mengadakan kopdar rutin.

Jika kamu ingin mengenal lebih lanjut salah satu Komunitas Blogger Terbesar di Indonesia ini, kamu bisa mengunjungi official websitenya, yaitu BloggerPontianak.org.

8. FBB Community

keluarga komunitas female blogger of banjarmasin
keluarga komunitas female blogger of banjarmasin (fbbcommunity.com)

Female Blogger of Banjarmasin atau yang biasa disebut FBB Community adalah komunitas blogger perempuan pertama di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

FBB Community pertamakali didirikan oleh Ruli Retno Mawarni, Nurul dan Rima Melaty melalui WhatsApp pada tanggal 6 Oktober 2016.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak para blogger perempuan di Banjarmasin yang bergabung dengan FBB Community setelah bertemu pada event-event di Kalimantan Selatan.

Hingga saat ini, total anggota aktif Female Blogger of Banjarmasin di dunia real maupun di grup Whatsapp sudah lebih dari 45 orang dan hingga artikel ini terbit, jumlah anggota nya terus bertambah yang pada akhirnya menjadi Komunitas Blogger Perempuan Terbesar di Kalimantan Selatan.

Official website Female Blogger of Banjarmasin pun aktif memberikan informasi seputar tempat wisata di Banjarmasin, info event blogger dan masih banyak lagi. Official website FBB Community bisa kamu sambangi melalui link berikut fbbcommunity.com.

9. Komunitas Blogger Daerah

Sebenarnya masih banyak komunitas blogger di tahun 2010-an hingga sekitar 2015. Terutama komunitas blogger daerah yang terikat secara kultural karena kesamaan daerah. Berbagai komunitas blogger tersebut bernama sesuai dengan nama daerah.

Beberapa komunitas blogger daerah seperti Blogger Bandung, Semarang, Surabaya, Jogja, Solo, Makassar, Medan, dan masih banyak lagi. Masing-masing komunitas tersebut memiliki tujuan yang biasanya berkaitan dengan kemajuan daerah.

Namun sama halnya dengan tiga komunitas blogger terbesar di Indonesia sebelumnya, komunitas blogger ini mengalami pasang surut. Hampir semua komunitas blogger tenggelam sekitar tahun 2015 hingga 2016.

Blogger Senior yang Masih Aktif Hingga Sekarang

Dunia blogger berisi orang-orang yang sangat kreatif yang mampu survive dengan perubahan. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai macam trend baru yang mampu mengangkat kembali dunia blogger.

Berikut nama-nama blogger Indonesia yang menginspirasi hingga saat ini!

1. Mas Sugeng Dengan Websitenya Sugeng.id

blogger senior indonesia mas sugeng.id
blogger senior mas sugeng.id

Mas Sugeng sangat cakap dengan dunia digital marketing, seperti SEO, AdSense, dan bentuk digital marketing lainnya.

Digital marketing menjadi dunia baru blogger yang digarap lebih profesional. Sehingga berhasil kembali mengangkat dunia blogger nasional.

Di dalam websitenya, Mas Sugeng membagikan semua ilmu baru terkait dengan blogging dan dunia digital marketing.

Banyak orang yang tertarik dan mengunjungi blognya karena dengan penerapan digital marketing tersebut, mampu menghasilkan pendapatan yang sangat menggiurkan.

Bahkan, hasil penjualan template blogger Viomagz premium besutannya, Mas Sugeng berhasil mendapatkan 1 Miliar lebih yang dia jual melalui blog nya yaitu Sugeng.id.

Kamu bisa ikuti jejak Mas Sugeng sambil belajar dari panduan yang diberikannya secara cuma-cuma di websitenya. Terutama bagi para blogger baru yang suka dengan dunia penulisan.

2. Cosa Aranda Di Website Cosaaranda.com

blogger senior indonesia cosa aranda
blogger senior indonesia cosa aranda

Hampir senada dengan Mas Sugeng, Cosa Aranda juga memiliki website yang fokus pada digital marketing. Spesialisasi dari blogger satu ini terkait dengan optimasi Google AdSense yang pastinya sangat menawarkan penghasilan yang menggiurkan.

Banyak sekali artikel yang sangat inspiratif dari situs Cosaaranda.com ini. Sehingga trafik situsnya sangat besar, dan dia menjadi salah satu blogger inspiratif di Indonesia seperti Mas Sugeng.

3. Sumbodo Malik yang Terkenal Dengan Kampung Blogger Magelang

blogger senior indonesia sumbodo malik dengan kampung bloggernya
blogger senior indonesia sumbodo malik dengan kampung bloggernya

Sumbodo Malik juga banyak menginspirasi orang. Terutama para pemuda yang ada di desanya sendiri. Dia membentuk komunitas yang dikenal dengan nama Kampung Blogger Magelang.

Disini dia mengajari banyak pemuda untuk memanfaatkan blog sebagai media yang mampu menghasilkan pendapatan sangat besar.

Dengan optimasi search engine yang dia kuasai, Sumbodo Malik berhasil mengajak para pemuda tersebut. Salah satu yang menarik adalah dia membuat tools bernama Eztools.

Tools yang digunakan oleh para digital marketer ini mampu menganalisa keyword sehingga mudah ditemukan oleh mesin pencari, khususnya Google.

4. Harumi Sudrajat Dengan Konten Kecantikan Di Mytipscantik.com

beauty blogger senior indonesia harumi sudrajat
beauty blogger senior indonesia harumi sudrajat

Konten kecantikan ini menjadi salah satu yang paling pertama muncul. Isinya mulai dari tutorial make up, tips kecantikan, dan berbagai hal lainnya yang senada.

Tidak heran banyak perempuan yang gemar dan mengunjungi websitenya, hingga selalu mendapatkan trafik yang tinggi.

Harumi Sudrajat bisa dikatakan beauty blogger pertama dan sangat terkenal di Indonesia. Dia menjadi salah satu orang yang melahirkan trend baru konten-konten blog kecantikan yang kini sangat marak di media sosial.

5. Julia Veronica dan Marius Tjenderasa Dengan Konten Kuliner di Anakjajan.com

food blogger senior indonesia julia veronica dan marius tjenderasa
food blogger senior indonesia julia veronica dan marius tjenderasa (anakjajan.com)

Konten food blogger hunting ini begitu populer dan banyak dijadikan referensi wisata kuliner di Indonesia. Kemunculannya yang sangat menarik ini menginspirasi banyak orang dengan beragam konten serupa.

Bahkan saat ini berkembang menjadi konten yang sering diadaptasi oleh para youtuber yang mendapat inspirasi pengelola AnakJajan.com ini.

6. Rama Mamuaya Dengan Konten Teknologi di Dailysocial.id

tekno blogger senior indonesia rama mamuaya (founder dan ceo dailysocial.id)
tekno blogger senior indonesia rama mamuaya (founder dan ceo dailysocial.id)

Blogger yang satu ini memilih topik dunia teknologi digital, bisnis, dan internet. Dia selalu update dengan startup, gadget terbaru, gaya hidup, dan hal-hal lainnya yang masih berhubungan.

Rama Mamuaya sangat konsisten di dunia blogger. Terhitung sejak 2008 hingga kini, situsnya terus konsisten dan bertahan di tengah berbagai macam perubahan.

Tidak heran jika Dailysocial.id ini menjadi salah satu situs blogger nomor satu di Indonesia.

7. Dokter I Made Cock Wirawan Dengan Konten Kesehatan di Blogdokter.net

healthy blogger senior indonesia dokter i made cock wirawan
healthy blogger senior indonesia dokter i made cock wirawan (cnnindonesia.com)

Blogger yang satu ini juga tidak bisa dilewatkan. Konten kesehatan yang diusungnya dalam blog sangat memikat banyak pengunjung. Bisa dikatakan Dokter Wirawan ini pencetus berbagai situs kesehatan seperti Blogdokter.net.

Semua blogger yang telah disebutkan tersebut dinobatkan sebagai blogger inspiratif tahun 2018 oleh salah satu media di Indonesia.

Mengingat blog menjadi media alternatif yang memberikan informasi, pengetahuan, dan inspirasi secara cuma-cuma kepada masyarakat luas.

Tren Perubahan Blogger di Indonesia

perubahan tren blogger di indonesia tahun 2020
perubahan tren blogger di indonesia 2020

Masa keemasan blogger terjadi pada periode awal 2000 hingga sekitar 2015. Setelah itu trend masyarakat mulai berubah dengan munculnya media sosial populer, khususnya adalah Youtube dan Instagram. Muncul tren baru berupa konten-konten video yang lebih disukai.

Keadaan ini mengalihkan perhatian masyarakat secara masif. Banyak blogger yang beralih menjadi youtuber. Hingga mengurangi antusias masyarakat untuk menjadi blogger.

Namun kamu tahu, para blogger sejati adalah orang-orang yang sangat kreatif. Mereka selalu bisa survive dengan perubahan yang terjadi di masyarakat. Sehingga dunia blog juga ikut berkembang, beradaptasi, dan berkolaborasi menjadi situs yang lebih profesional.

Perkembangan dunia blog itu terlihat dari tokoh-tokoh blogger Indonesia yang sukses, seperti yang telah disebutkan. Selain itu ilmu dunia blog juga menjelma menjadi semakin pesat dengan munculnya tren digital marketing, SEO, internet marketing expert, dan banyak lainnya.

Itulah pasang surut dunia blog yang sempat menelurkan beberapa komunitas blogger terbesar di Indonesia. Menjadi blogger hingga saat ini masih memberikan tawaran yang menggiurkan. Khususnya bagi kamu yang selalu tertantang dengan perubahan zaman era Industri 4.0.

Kalau disuruh memilih, kamu akan bergabung dengan komunitas blogger terbesar di Indonesia yang mana? Apa alasan dan tujuannya? Yuk, kita sharing pada kolom komentar di bawah ini!

14 comments
  1. bloggerperempuannetwork emak2blogger, dua ini saja yg diikutin krn domisili juga di luar negeri, belum pernah ikut2an kopdar, tapi lumayan dpt ilmu blognya dr komunitas selain nambah pertemanan jg

    1. Alhamdulillah mantap kalau sudah bergabung dengan Blogger Perempuan Network dan Emak-emak Blogger.

      Sukses terus untuk Mba Rahma, aamiin ~

  2. Lengkap, komplit dan menambah informasi bagi saya nih. Terima kasih juga telah membahas tentang Blogger Pontianak. Di kepemimpinan saya 2 tahun lalu, memang sudah terlihat potensi anak-anak Pontianak dalam dunia blogging. Alhamdulillah sekarang di kepemimpinan ketua yang baru, apa yang kami bangun tetap berjalan dan siap untuk semakin melesat, menebar informasi baik dan bermanfaat bagi dunia digital.

    Terima kasih atas apresiasi dan semangat untuk kami Mas Iman.

    Salam dari Buda’ Blogger,
    Edo Pradana Prasitha

    1. Alhamdulillah kalau lengkap dan komplit, semoga bermanfaat ya mas informasi baru yang Saya share di artikel ini.

      Iya mas Edo, sama-sama.

      Semoga Buda’ Blogger semakin maju, sukses terus dan semakin bersemangat untuk menyebarkan informasi/konten positif yang bermanfaat untuk semua orang di Indonesia khususnya Kalimantan. Aamiin.

      Salam dari Keluarga Blogger Jakarta,
      Iman Ridhwan Syah

  3. Salam kenal dari saya @kakdidik13 seorang yang mengaku sebagai Blogger, tinggal di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

    1. Salam kenal juga ya Mas Didik..

      Saya Iman, blogger pemula permanen yang lahir dan besar di Jakarta.

  4. Bener, ikut komunitas itu menambah ilmu. Saya ikutan Blogger Perempuan Network dan bisa belajar banyak. Apalagi komunitas satu ini tahu bisnis banget, dengan sekarang punya Hiip untuk marketingnya. Punya teman blogger memang meningkatkan semangat ngeblog.

    1. Betul banget mba, join ke komunitas blogger banyak sekali kelebihan dan keuntungan nya yang kita dapatkan.

      Sukses terus ya mba, aamiin ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best deals on our WordPress themes.