tujuan dan strategi untan membangun ekosistem digital menuju cyber university terbaik di indonesia
untan membangun ekosistem digital menuju cyber university

Di tengah perkembangan dan kemajuan digital yang begitu pesat, UNTAN memiliki slogan dan program yang sangat menarik. Slogan dan program tersebut adalah UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University Terbaik di Indonesia.

Hadirnya slogan dari program dengan tagline bersama UNTAN membangun ekosistem digital menuju universitas siber terbaik bermula pada fakta bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dan teknologi memang terus mengalami peningkatan.

Hal ini bisa dibuktikan dengan keberadaan perguruan tinggi di berbagai daerah, mulai kampus negeri hingga swasta yang mulai membasiskan pelayanan mereka pada menggunakan berbagai unsur digital.

Apabila dijumlahkan ada sekitar 4.504 perguruan tinggi dengan rincian 122 perguruan tinggi negeri (PTN) dan 3.136 perguruan tinggi swasta (PTS). Dilihat dari jumlah tersebut sudah diketahui jika jumlah perguruan tinggi swasta (PTS) jauh lebih banyak.

Universitas Tanjungpura atau UNTAN merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia, tepatnya di kota Pontianak Kalimantan Barat.

untan membangun ekosistem digital menuju cyber university
profil untan membangun ekosistem digital menuju cyber university

UNTAN didirikan pada tanggal 20 Mei 1959 dan menjadi universitas pertama di Kalimantan Barat. Pada awal berdirinya, namanya tidak langsung Universitas Tanjungpura melainkan Universitas Daya Nasional. Pendiri universitas ini adalah tokoh-tokoh politik dan pemuka masyarakat di Kalimantan Barat.

Hingga saat ini UNTAN telah memiliki banyak prestasi sehingga tidak mengherankan jika disebut sebagai universitas terbaik di Pontianak.

Seperti yang diketahui jika universitas Tanjungpura menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia. Selain itu juga menjadi universitas terluas di Indonesia. Menjadi salah satu yang terbaik tentu tidak diperoleh dengan mudah. Program ini dibuat untuk mendukung ekosistem digital Indonesia.

Pihak kampus memberikan berbagai fasilitas bagi mahasiswa yang berhubungan dengan dunia digital. Tujuannya untuk meningkatkan skill mahasiswa supaya lebih maju dan bersinergi dalam membangun dunia pendidikan berbasis teknologi.

Slogan yang cocok untuk program UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University adalah Bersama UNTAN Membangun Negeri.

Definisi Cyber University

definisi cyber university dan strategi untan membangun ekosistem digital menuju cyber university
definisi untan membangun ekosistem digital menuju cyber university

Seperti yang diketahui, saat ini UNTAN membangun ekosistem digital untuk menuju Universitas Siber secara bertahap. Beberapa waktu yang lalu istilah Cyber University atau Cyber Campus pernah disinggung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir.

Istilah tersebut disampaikan pada pembukaan acara Rapat kerja Nasional (Rakernas) Kemenristekdikti tahun 2018. Menristekdikti berharap kepada universitas di Indonesia untuk tanggap dalam menghadapi era literasi digital seperti saat ini.

Lalu apa arti Cyber University? Upaya untuk menjadikan perguruan tinggi berbasis teknologi informasi. Upaya untuk mewujudkan tercapainya Cyber University harus diterapkan di semua lini. Mulai dari sistem pembelajaran, kurikulum, fasilitas, sarana dan prasarana serta pelayanan. Semua hal tersebut dikembangkan dengan berbasis teknologi.

Salah satu Cyber University yang telah diterapkan yaitu pada sistem pembelajaran. Contohnya adalah penggunaan powerpoint dalam pembelajaran dan presentasi di depan kelas. Penggunaan powerpoint ini akan membuat presentasi di depan kelas menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Contoh lainnya bisa dilihat dari pembuatan situs kampus atau dikenal dengan nama website. Keberadaan website tersebut sangat membantu mahasiswa dalam melihat segala informasi tentang kampusnya, mulai dari profil kampus, sejarah, prestasi, dan sebagainya.

Bukan hanya itu saja, contoh penerapan UNTAN membangun ekosistem digital Cyber University yaitu Sistem Informasi Akademik atau SIAKAD. Sistem ini mempermudah mahasiswa dalam menginput KRS secara online sehingga bisa dilakukan dimana saja meski sedang berada di luar kota atau kampung halaman.

Selain itu, mahasiswa juga bisa melihat KHS dan mengecek daftar kehadirannya. Dari penjelasan tersebut diharapkan sudah sedikit memahami pengertian Cyber University.

Profil Universitas Tanjungpura (UNTAN)

profil untan membangun ekosistem digital menuju cyber university terbaik di indonesia
profil untan membangun ekosistem digital menuju cyber university (untan.ac.id)

Universitas Tanjungpura berdiri pada tanggal 20 Mei 1959 dengan nama Universitas Daya Nasional. Pada awal berdirinya, kampus ini hanya memiliki 2 Fakultas, yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga. Untuk tenaga pengajar di awal berdiri adalah para sarjana muda yang ada di Kalimantan Barat.

Pada 16 Mei 1963 status Universitas Daya Nasional statusnya berubah menjadi kampus negeri dengan nama Universitas Negeri Pontianak. Perubahan status tersebut berdasarkan Surat Keputusan dari Menteri PTIP No 53 Tahun 1963. Namun penetapan sebagai Universitas Negeri Pontianak pada tanggal 20 Mei 1963 bersamaan dengan hadirnya dua fakultas baru.

Kedua fakultas tersebut yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik. Bertepatan pada tanggal tersebut juga ada perubahan Fakultas Tata Niaga menjadi Fakultas Ekonomi. Pada tahun 1965 bersama dengan situasi politik RI yang mencekam, Universitas Negeri Pontianak diubah menjadi Universitas Dwikora.

Perubahan tersebut berdasarkan Surat keputusan Presiden RI No 278 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965. Perubahan nama tersebut juga sekaligus menandai pembukaan fakultas baru, yaitu fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol).

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No 171 Tahun 1967 Universitas Dwikora berubah nama lagi menjadi Universitas Tanjungpura ( UNTAN). Nama tersebut berasal dari nama salah satu kerajaan di Kalimantan Barat. Saat ini Universitas Tanjungpura sudah memperoleh peringkat Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

UNTAN telah memiliki 95 program studi dan 9 fakultas. Kesembilan fakultas tersebut adalah Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Keseluruhan fakultas dan program studi yang disediakan untuk jenjang S1, S2, S3 dan D1, D3, D4.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

strategi dan tujuan untan membangun ekosistem digital menuju cyber university terbaik di indonesia
tujuan untan membangun ekosistem digital menuju cyber university

Dari banyaknya kampus di Indonesia, UNTAN menjadi salah satu Universitas yang menuju cyber university. Oleh karena itu, Universitas Tanjungpura membuat aktivitas digital di lingkungan kampus agar program UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University menjadi semakin cepat tercapai.

Dalam prosesnya, tujuan UNTAN dalam Membangun Ekosistem Digital menuju Kampus Siber dengan memilih program studi teknik informatika sebagai pusat penelitian dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Alasan memilih program studi teknik informatika karena memiliki program keahlian yang berhubungan dengan dunia digital.

Aksi nyata yang dilakukan Universitas Tanjungpura dalam membangun ekosistem digital sebagai universitas siber di Indonesia dan Asia adalah dengan memfasilitasi mahasiswa dalam bidang e-sport. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya PUBG Mobile UNTAN Championship 2020.

Acara tersebut diadakan oleh UPT teknologi Informasi dan Teknologi serta akan diselenggarakan pada bulan Februari 2020. Tentu acara ini harus didukung oleh teknologi cyber university.

Cara UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university adalah dengan menghadirkan program keahlian berbasis digital, antara lain:

1. Pemrograman

Pada bidang ini akan memberikan pengetahuan mengenai pengertian pemrograman dan bahasa pemrograman.

Bukan hanya itu saja, nantinya juga akan memberikan pengetahuan tentang keterampilan dalam perencanaan serta pembuatan aplikasi berbasis desktop serta web.

2. Komputasi

Aksi UNTAN menuju cyber university selanjutnya melalui bidang komputasi. Pada bidang ini akan memberikan keterampilan dalam penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik.

Selain itu, dalam penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu.

3. Multimedia

Melalui bidang ini diharapkan bisa memberikan keterampilan dalam menggunakan komputer untuk menyajikan teks, gambar serta suara.

Hal ini jika diterapkan dengan benar akan menghasilkan sesuatu yang berguna.

4. SIG (Sistem Informasi Geografis)

Program keahlian ini diberikan kepada mahasiswa supaya memiliki keterampilan dalam mendesain data-data spasial.

Tujuannya untuk menyatakan berbagai informasi berkaitan dengan teknologi, lokasi dang kartografi.

5. Jaringan Komputer

Program keahlian ini nantinya akan memberikan pengetahuan mengenai macam topologi, media maupun infrastruktur jaringan komputer serta keterampilan dalam pembuatan, pemanfaatan, dan juga penggunaan struktur jaringan.

Cara UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university tidak berhenti disini saja. Program studi teknik informasi telah menggelar beberapa program teknologi pedesaan.

Tujuan dari program ini supaya masyarakat bisa memanfaatkan era digital sebaik-baiknya.

Seperti yang diketahui apabila dimanfaatkan dengan baik bisa memberikan manfaat di masa yang akan datang.

Cara yang dipilih adalah dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang pemanfaatan teknologi bagi pelaku usaha.

Cara ini diharapkan bisa membantu mengembangkan usaha melalui jalur teknologi internet.

Strategi UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

strategi untan membangun ekosistem digital menuju cyber university
strategi untan membangun ekosistem digital menuju cyber university (untan.ac.id)

Beberapa cara dan strategi UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University terbaik di Indonesia antara lain, yaitu:

1. Tenaga Pengajar Basis Digital

Dalam mewujudkan tagline bersama UNTAN membangun ekosistem digital sebagai cyber university di Indonesia tentu membutuhkan tenaga pengajar yang up to date mengenai perkembangan teknologi. Hal ini perlu dilakukan karena termasuk salah satu skill dalam mengajar.

Jangan sampai hanya menuntut mahasiswa untuk go digital sedangkan tenaga pengajarnya masih gaptek.

Interaksi antara tenaga pengajar dan anak didik juga memiliki pengaruh cukup penting supaya tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal.

2. Fasilitas yang Mendukung

Sebagai salah satu kampus terbaik dan terluas di Indonesia tentu UNTAN memiliki banyak anak didik.

Supaya anak didik tersebut bisa belajar dengan maksimal di kampus ini maka perlu mendapatkan dukungan fasilitas yang memadai. Terlebih UNTAN sedang membangun ekosistem digital cyber university.

3. Menjalin Kerja Sama dengan Pihak Terkait

Fasilitas digital seperti teknologi internet mumpuni menjadi salah satu strategi UNTAN dalam membangun ekosistem digital.

Namun, dalam mewujudkannya bukanlah sesuatu yang mudah untuk dipenuhi. Mengingat biaya yang harus dikeluarkan harus disesuaikan dengan anggaran tiap tahunnya.

Oleh karena itu, pihak UNTAN harus bisa melakukan kerja sama dengan pihak yang menyediakan produk-produk go digital.

Kerjasama yang terjalin diharapkan bisa meringankan atau paling tidak menciptakan hubungan simbiosis mutualisme.

Ekosistem yang dibangun juga harus mempertimbangkan jumlah pengguna yang akan menikmati fasilitas tersebut supaya lebih produktif.

4. Membuat Komunitas Digital Pontianak

Demi mewujudkan cyber university, UNTAN perlu membuat komunitas digital. Meski ini terlihat sulit tetapi bukan tidak mungkin bisa terwujud.

Komunitas digital ini bisa di inisiasi oleh alumni dan mahasiswa program studi teknik informatika.

Salah satu fungsi komunitas digital adalah kemampuan mengelola ekosistem. Tetapi dalam proses tersebut, memang membutuhkan kecakapan dalam mengelolanya.

Keempat strategi UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University jika dilakukan secara bertahap dengan benar dan tepat maka impian menjadi universitas siber terbaik di Indonesia pasti akan terwujud.

Namun, memang harus ada kerja sama di antara berbagai pihak terkait jika ingin mewujudkannya.

Aktivitas Digital di Universitas Tanjungpura

aktivitas digital di untan membangun ekosistem digital menuju cyber university
aktivitas digital di untan membangun ekosistem digital menuju cyber university

1. PMB Online

Penerimaan mahasiswa baru (PMB) di UNTAN sudah dilakukan secara online.

oleh karena itu, bagi siapa saja yang akan mendaftar harus siap menghadapi serangkaian prosedur yang harus dilakukan tanpa harus datang langsung ke kampus.

2. SIAKAD UNTAN

Dulu mengurus KRS terlebih dahulu harus menunggu antrean panjang hanya untuk mendapatkan selembar kertas berisi daftar mata kuliah.

Namun, kejadian ini tidak akan terulang kembali karena untuk mengisi KRS sudah dilakukan dengan menggunakan aplikasi android.

Keberadaan SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) juga untuk memonitoring perkembangan akademik mahasiswa dan bimbingan bagi setiap dosen.

3. E-learning

Salah satu kampus yang siap menjadi universitas siber adalah proses pembelajaran yang dilakukan sudah menggunakan media digital.

Di Universitas UNTAN sendiri sudah menggunakan e-learning sehingga cyber university bisa segera terwujud.

Nah, itulah informasi mengenai UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university.

Tentu dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan oleh UNTAN berarti hanya menunggu waktu terwujudnya Cyber University di Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat.

Itulah Tujuan, Cara dan Strategi UNTAN Membangun Ekosistem Digital menuju Cyber University Terbaik di Indonesia!
6 comments
  1. Wah cocok bgt buat anak muda yang nantinya bakal bertempur di era digital yaa..

    Sekolah di kampus yang serba digital ini bikin mahasiswanya berasa berjalan di jalur yang tepat aja.

  2. Betul, kak.

    Cocok banget untuk anak muda Indonesia dan mahasiswa mahasiswi yang mau bergelut di dunia digital.

    Untungnya banyak banget lhoo dibanding buntungnya. Iya, asal paham caranya ~

  3. Isi artikelnya panjang sekali tapi memilki informasi yang lengkap tentang strategi untan membangun ekosistem digital menuju cyber university. Keren pokoknya

  4. Terimakasih dan semoga bermanfaat ya, mas..

  5. Memajukan UNTAN dengan sistem digital ini merupakan langkah tepat bagi UNIVERSITAS TANJUNGPURA. Semoga saja Untan tetap menjadikaan kebanggan bagi semua orang di kalbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.