wedding rings, cincin kawin, cincin nikah, cincin pernikahan, resepsi pernikahan, tips memilih cincin kawin, tips memilih cincin pernikahan, aneka model cincin kawin terbaru, harga cincin kawin murah, bahan cincin kawin yang bagus, syarat cincin kawin dalam islam, cincin kawin murah, cincin kawin berkualitas, cincin kawin palladium murah, cincin kawin emas putih dan emas kuning murah, cincin kawin emas 18 karat dan 24 karat, cincin kawin 3 gram, cincin kawin perak murah, cincin kawin berlian murah, cincin kawin emas murni, cincin kawin elegan murah
cara dan tips memilih cincin kawin

10 Tips Memilih Cincin Kawin yang Tepat, Berkesan dan Elegan

Banyak tips memilih cincin kawin yang tersebar di internet namun tidak sesuai dengan faktanya. Kali ini kita akan mengulas pengertian apa itu cincin kawin, beberapa cara dan tips memilih cincin pernikahan yang tepat berdasarkan pengalaman tim bacalagers.com saat memilih dan membeli cincin kawin bersama pasangan untuk pernikahannya.

Sebelumnya, bacalagers media telah mengulas lengkap mengenai tips memilih riasan pengantin terbaik, mengenal rukun dan syarat nikah dalam agama islam, hal-hal yang harus diketahui tentang nikah muda, beberapa hal penting mengenai nikah siri yang wajib diketahui serta beberapa konsep dan ide melamar pasangan paling romantis.

Nah, sedangkan artikel ini akan mengulas lengkap bagaimana cara memilih cincin kawin yang tepat dan nyaman agar setelah membeli serta memiliki cincin nikah Anda dan pasangan tidak menyesal dikemudian hari.

Kehadiran cincin kawin di dalam resepsi pernikahan menjadi elemen penting yang tak terpisahkan. Sejak dulu, cincin memiliki filosofi, bahwa dengan adanya pernikahan, kasih sayang kedua mempelai akan terjaga selamanya walaupun memakai berbagai aneka model cincin kawin apapun itu.

Pengertian Apa itu Cincin Kawin

wedding rings, cincin kawin, cincin nikah, cincin pernikahan, resepsi pernikahan, tips memilih cincin kawin, tips memilih cincin pernikahan, aneka model cincin kawin terbaru, pengertian cincin kawin, pengertian cincin nikah, harga cincin kawin murah, bahan cincin kawin yang bagus, syarat cincin kawin dalam islam, cincin kawin murah, cincin kawin berkualitas, cincin kawin palladium murah, cincin kawin emas putih dan emas kuning murah, cincin kawin emas 18 karat dan 24 karat, cincin kawin 3 gram, cincin kawin perak murah, cincin kawin berlian murah, cincin kawin emas murni, cincin kawin elegan murah
mengenal pengertian cincin kawin

Secara umum, pengertian cincin pernikahan/cincin kawin adalah benda berbentuk lingkaran sebagai simbol sebuah ikatan yang SAH yang menandakan pasangan pria dan wanita telah menikah.

Ada banyak arti dan makna cincin kawin yang harus Anda ketahui, diantaranya yaitu kebersamaan abadi yang tidak akan hancur, kejayaan dan kekuatan, kesatuan yang saling melengkapi, bukti cinta tanpa akhir dan sebuah komitmen.

Menurut wikipedia.org, cincin kawin adalah salah satu simbol di dalam pernikahan menurut tradisi Kristen Barat. Makna yang bisa dipetik yaitu pertukaran cincin kawin dalam prosesi pernikahan dilakukan pada saat pengucapan komitmen kedua mempelai untuk menjalani kehidupan bersama untuk selamanya.

Makna “selamanya” terukir dalam bentuk lingkaran pada cincin kawin yang kerap dikaitkan dengan istilah infinite atau tidak terbatas, Begitu pentingnya kehadiran cincin tersebut sampai-sampai banyak yang memesan model cincin kawin dengan desain khusus untuk momen pernikahan.

Tips Memilih Cincin Kawin yang Tepat agar Tidak Menyesal

Tidak sedikit juga yang masih berkutat pada pertanyaan, “Cincin apa yang cocok, ya?” Daripada berlarut-larut tenggelam dalam kebingungan sendiri, lebih baik Anda simak dulu beberapa tips memilih cincin terbaik di bawah ini!

wedding rings, cincin kawin, cincin nikah, cincin pernikahan, resepsi pernikahan, tips memilih cincin kawin, tips memilih cincin pernikahan, aneka model cincin kawin terbaru, pengertian cincin kawin, pengertian cincin nikah, harga cincin kawin murah, bahan cincin kawin yang bagus, syarat cincin kawin dalam islam, cincin kawin murah, cincin kawin berkualitas, cincin kawin palladium murah, cincin kawin emas putih dan emas kuning murah, cincin kawin emas 18 karat dan 24 karat, cincin kawin 3 gram, cincin kawin perak murah, cincin kawin berlian murah, cincin kawin emas murni, cincin kawin elegan murah
cara dan tips memilih cincin kawin yang tepat

1. Mencari Referensi yang Tepat

Tips memilih cincin kawin yang pertama ini wajib Anda terapkan begitu terbetik keinginan untuk beli cincin. Di Internet banyak sekali toko yang menjual cincin dari berbagai model hingga bahan yang digunakan.

Tapi, apakah informasi yang ada di internet valid? Sebagian valid, tapi sebagian lagi tidak. Untuk menghasilkan kesimpulan yang tepat, maka Anda butuh referensi dari sumber lain.

Misalnya dari teman Anda yang sudah pernah membeli cincin di suatu toko. Ternyata toko itu bisa diakses lewat internet. Kemungkinan besar Anda akan mendapatkan cincin terbaik sesuai keinginan.

Jangan lupa, jika hendak mengunjungi toko tersebut, ajak teman Anda. Hitung-hitung sebagai pemandu karena Anda baru pertama kali ke situ.

Referensi lain bisa Anda dapatkan via media cetak seperti koran atau majalah. Bisa jadi pasangan Anda justru lebih tahu tempat mana yang cocok. Ketika keputusan beli cincin sudah bulat, sebaiknya Anda eksekusi sekitar 2 bulan sebelum hari pernikahan tiba. Terlebih lagi jika Anda memesan cincin yang belum jadi.

2. Atur Keuangan sebelum Beli Cincin

Harga cincin pernikahan di pasaran cukup stabil. Tidak ada lonjakan yang berarti sebagaimana nilai kurs mata uang. Jadi, Anda bisa menyisihkan pendapatan untuk kemudian digunakan ketika beli cincin.

Ingat, bahwa cincin hanya satu dari sekian banyak urusan dalam pernikahan. Jangan sampai menjelang hari pernikahan, justru Anda tengah sibuk mengatur keuangan.

Khusus untuk budget cincin nikah itu tidak perlu mahal-mahal kok. Cukup antara 3 juta Rupiah hingga 10 juta Rupiah. Itu sudah terhitung sederhana. Ada pula yang seharga 1 juta Rupiah.

Hanya saja, harga segitu kurang worth it untuk momen sebesar pernikahan. Pertimbangkan pilihan bahannya juga. Mulai dari emas putih, emas kuning, dan lainnya. Begitulah tips memilih cincin kawin yang kedua ini yang fokus pada harga.

3. Bisa Dijadikan Investasi di Masa Depan

Banyak pasangan yang akan menikah tidak memperhatikan tentang hal ini. Tahu-tahu, begitu sudah menikah dan dihadapkan dengan berbagai kebutuhan mendesak, akhirnya cincin nikah pun dijual dengan harga kurang memuaskan.

Hal itu terjadi karena sejak awal kurang mempertimbangkan nilai investasi cincin pernikahan Anda. Tips memilih cincin kawin ketiga ini jangan dianggap remeh lho.

Dalam kurun waktu 10 tahun saja sudah banyak perubahan terjadi. Apalagi kalau 20 sampai 30 tahun ke depan? Tentu lebih banyak lagi perubahan.

Mulai dari ekonomi keluarga hingga trans-nasional yang sedikit-banyak mempengaruhi keluarga Anda. Meski kemungkinan besar tidak dijual, tetap faktor ini wajib Anda pertimbangkan.

4. Pilih Model Cincin yang Tepat

Kita lanjut ke tips memilih cincin kawin keempat, ada cincin yang hanya bagus tampilannya, tapi tidak nyaman ketika dipakai. Untuk itu, dahulukan kenyamanan ketimbang hanya mengejar tren semata.

Soalnya kemungkinan besar cincin itu kan nantinya akan dipakai dalam jangka waktu lama. Tidak hanya ketika momen pernikahan saja, kan?

Di toko, banyak model yang dipajang dan bebas Anda pilih. Mayoritas menyarankan untuk beli cincin dengan warna putih dan dilengkapi dengan berlian bulat.

Karena model cincin kawin seperti itu bisa bikin tampilan lebih bagus. Tapi kalau Anda punya ide atau konsep desain sendiri, langsung aplikasikan saja.

5. Sesuaikan dengan Bentuk Jari

Istilah lain dari aktivitas ini adalah final fitting. Lakukan ketika temperatur tubuh Anda dalam keadaan normal atau kondisinya serba tenang.

Harap untuk menghindari final fitting ketika pagi hari. Soalnya jari tangan umumnya akan menjadi lebih besar ketimbang pada waktu siang-sore-malam. Coba saja digunakan untuk menulis. Kaku, kan?

Setelah ukurannya dirasa pas, maka langsung cari yang sesuai dengan bentuk jari. Kan tidak sedap dipandang jika bentuk jari Anda meruncing, tapi memilih cincin dengan bentuk lebar. Kesannya jadi gagah.

Padahal, penampilan dari segi busana dan make-up sudah seanggun mungkin. Jadinya tidak cocok, penting diperhitungkan bukan tips memilih cincin kawin yang satu ini?

6. Pilih Toko Cincin atau Perhiasan yang Populer

Ketika memilih cincin pernikahan, usahakan untuk tidak buru-buru tergiur dengan harga dan diskon. Soalnya cincin tersebut nantinya akan dipakai untuk momen istimewa. Maka dari itu, pilihlah toko yang memiliki banyak pengunjung. Setidaknya dengan garansi seperti itu, cincin yang dipajang di etalase terjamin mutunya.

Inilah sebabnya kenapa tips memilih cincin kawin keenam ini sangat penting, masa sih ada pemilik toko yang banyak pengunjung tapi justru mencurangi pengunjungnya. Sama saja dengan bunuh diri, kan?

Di kota besar seperti Yogyakarta, Jakarta, Solo, Bandung, Surabaya, dan kota besar lainnya rata-rata memiliki toko cincin pernikahan andalan. Datanglah pagi-pagi untuk mendapatkan model cincin kawin yang pas di hati Anda dan pasangan.

7. Cincin Kawin Emas, Platinum, Berlian atau Palladium?

Pada tips memilih cincin kawin yang ketujuh ini anda pasti sudah tidak asing dengan cincin berbahan emas merupakan yang paling banyak dipilih oleh calon pengantin.

Dengan harga yang mudah diketahui dan cenderung terjangkau, tidak heran jika banyak pula yang menyediakan cincin berbahan emas ini. Akan tetapi, nilai jual kembali cincin emas terbilang kecil. Acapkali keuntungannya justru hanya dinikmati oleh para penjual.

Sedangkan cincin berbahan platinum, kendati memiliki tampilan yang lebih baik, tetapi ada kurangnya juga. Bobot cincin berbahan platinum lebih besar.

Jadi, amat tidak disarankan bekerja terlalu berat dan cenderung kasar. Begitu pula ketika Anda berolahraga. Lebih baik disimpan saja dulu. Dengan pertimbangan tersebut, manakah yang Anda sukai?

8. Pilih Cincin yang Mudah Dibersihkan

Kalau yang ini terkait dengan perawatan cincin sehari-hari. Ada beberapa cincin yang memiliki perawatan khusus.

Nah, sebaiknya jangan pilih yang itu jika Anda menyukai konsep sederhana dan bisa di-handle sendiri. Sebelum beli, pastikan Anda memilih toko yang menyediakan pencucian serta perawatan perhiasan.

Cincin yang mudah dibersihkan akan selalu terjaga kualitasnya. Baik dari segi tampilan maupun fungsinya. Kalau saat dibersihkan justru tidak nyaman dipakai, begitu dijual kembali pun harganya akan jatuh.

9. Memahami Kadar Emas yang Baik untuk Cincin Pernikahan

Tahukah Anda berapa kadar emas yang baik? Ketika Anda meminati cincin emas, jangan harap mendapatkan yang punya kadar 24 karat.

Soalnya kalau kadarnya sebesar itu, tidak mungkin bisa dijadikan perhiasan karena terlalu lunak untuk berubah bentuk. Kadar emas yang baik pada cincin kawin ialah sekitar 18 karat – 24 karat.

Bukankah tujuan Anda membeli cincin berbahan emas itu digunakan untuk momen pernikahan? Adapun faktor investasi hanya bersifat tambahan dan pelengkap saja.

Soalnya kalau benar untuk investasi, pilihan terbaik tetap yang 24 karat atau emas batangan. Jangan lupa pikirkan tips memilih cincin kawin yang satu ini, ya!

10. Berdiskusi dengan Pasangan sebelum Membeli Cincin

Tips memilih cincin kawin yang terakhir ini sebenarnya mau ditaruh di nomor 1. Namun, alangkah lebih baik ditaruh di akhir saja karena agar Anda tidak akan lupa terkait hal ini.

Sebelum Anda membeli cincin kawin untuk pernikahan, baiknya Anda harus berdiskusi terlebih dahulu dengan pasangan agar tidak menyesal dikemudian hari.

Diskusikan mau membeli cincin kawin jenis emas, perak, platinum, berlian atau palladium? Karena di dalam islam, jika pria ingin selalu mengenakan cincin kawin kemana-mana, maka pria tidak boleh menggunakan cincin kawin emas.

Diskusikan juga aneka model cincin kawin seperti apa yang mau dibeli. Model cincin kawin dalam islam yang bisa menjadi pilihan Anda, diantaranya yaitu perak dan palladium.

wedding rings, cincin kawin, cincin nikah, cincin pernikahan, resepsi pernikahan, tips memilih cincin kawin, tips memilih cincin pernikahan, aneka model cincin kawin terbaru, pengertian cincin kawin, pengertian cincin nikah, harga cincin kawin murah, bahan cincin kawin yang bagus, syarat cincin kawin dalam islam, cincin kawin murah, cincin kawin berkualitas, cincin kawin palladium murah, cincin kawin emas putih dan emas kuning murah, cincin kawin emas 18 karat dan 24 karat, cincin kawin 3 gram, cincin kawin perak murah, cincin kawin berlian murah, cincin kawin emas murni, cincin kawin elegan murah
cincin kawin palladium dan wedding rings OS 2208 A, OS 2687 A, OS 8082 A, OB 2347, dan OS 2567 A

Model cincin kawin perak yang bisa Anda pilih, diantararanya adalah Wedding Rings OS 2208 A, Wedding Rings OS 2687 A, Wedding Rings OS 8082 A, Wedding Rings OB 2347, dan Wedding Rings OS 2567 A.

Sedangkan untuk cincin kawin palladium, Anda bisa membeli cincin kawin Thana Palladium, Jana Palladium, Hamann Palladium, Sharapova Palladium, dan Nida Palladium di salah satu toko perhiasan online terpercaya di Indonesia yaitu ORORI.com.

Terkait memilih dan memesan cincin pernikahan, Anda suka yang beli jadi atau pesan dulu? Dua-duanya sudah tersedia di toko-toko besar.

Meskipun Anda hendak memesan, ada baiknya untuk pergi ke tempat jual cincin kawin tersebut. Kalau sudah bertatap muka, setidaknya ada semacam sikap saling percaya hingga akhirnya cincin yang dibuat lebih sesuai dengan minat Anda. Semoga bermanfaat, ya!

Iman Ridhwan Syah

Penggemar Tahu Krispi, Doyan banget Soto Ceker, Penikmat Indomie Rebus, Hobinya Traveling yang juga menyukai aktivitas Blogging, Lagi Serius Belajar menjadi SEO Engineer, Komunitas, Jalan-jalan Jauh, dan lagi semangat banget Nabung buat Nikah!

Yuk diskusi

Follow us

Mari bergabung dan menjadi bagian dari Sahabat Bacalagers Media Community Indonesia ~