5 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Membuat Website

  • Bagikan
hal yang harus dipersiapkan untuk membuat website
Images: Unsplash.com

Bagi sebagian orang yang mempunyai bisnis online atau orang-orang yang ingin mengembangkan minatnya di dunia digital, namun masih bingung memulainya, mempunyai website sendiri bisa jadi solusinya.

Dengan mempunyai website sendiri, kita akan lebih mudah untuk mengelola apa yang kita inginkan. Nama kita atau perusahaan kita juga menjadi lebih kredibel dengan memiliki website pribadi.

Namun begitu masih banyak di antara kita yang bingung bagaimana cara membuat website. Untuk masyarakat awam, membuat website masih terdengar begitu sulit. Padahal saat ini sudah banyak sekali jasa-jasa penyedia pembuatan website.

Meski begitu, membuat website tidak bisa asal buat begitu saja. Kita harus mempersiapkan dengan benar sebelum kita menggunakan layanan jasa pembuat website. Berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum kita membuat website.

1. Menentukan Tujuan Pembuatan Website

hal yang harus dipersiapkan untuk membuat website
Images: Unsplash.com

Menentukan tujuan pembuatan website adalah hal yang pertama harus kita lakukan. Jangan sampai kita tidak punya tujuan dan hanya ikut-ikutan.

Padahal tujuan yang kita buat ini akan berpengaruh besar terhadap cara membuat website sesuai dengan yang kita inginkan.

Tidak semua tujuan pembuatan website itu sama, sehingga website yang akan dibuat pun berbeda. Ada website yang bertujuan untuk keperluan pribadi, website untuk keperluan bisnis, dan masih banyak yang lain lagi.

Dengan menentukan tujuan pembuatan website, nantinya kita akan mempunyai ciri khusus yang melekat pada website yang kita punya.

2. Menentukan Target Pengunjung Website

Setelah menentukan tujuan pembuatan website, kita bisa menentukan target pengunjung yang akan mengunjungi website kita.

Kita perlu mengetahui seperti apakah karakteristik target pengunjung di dunia online. Sebab dengan mengetahui karakteristik jenis pengunjung yang akan mengunjungi website kita, kita akan lebih mudah mencari cara untuk berinteraksi kepada mereka.

Mengenali jenis pengunjung ini juga nantinya akan mengarahkan kita pada konten-konten yang akan kita tampilkan di website.

Konten-konten tersebut nantinya harus sesuai dengan karakter pengunjung website kita.

3. Menentukan Platform Website

hal yang harus dipersiapkan untuk membuat website
Images: Unsplash.com

Platform adalah media yang akan kita gunakan untuk membuat website. Saat ini banyak sekali pilihan platform yang bisa digunakan untuk membuat website.

Kita bisa memilih akan menggunakan platform yang gratis ataupun yang berbayar. Tentu di antara keduanya terdapat perbedaan fitur-fitur yang akan kita dapatkan untuk mengelola website.

Untuk fitur yang lebih banyak namun tidak perlu mengerti bahasa pemrograman, kita bisa menggunakan platform CMS (Content Management System) WordPress sebagai salah satu pilihan.

Untuk pilihan ini kita tentu membutuhkan layanan hosting untuk penyimpanan data dan domain sebagai alamat untuk mengakses website.

4. Mendaftarkan Hosting dan Domain

Hal yang perlu dipersiapkan selanjutnya adalah memilih hosting terbaik. Hosting ini merupakan rumah dari website kita, jiwa dari website kita, tempat yang akan menyimpan data-data pada website kita.

Untuk membuat sebuah website yang memiliki kapabilitas maksimal dengan menggunakan hosting terbaik, kita bisa menggunakan jasa penyedia hosting.

Namun tidak hanya hosting saja, kita juga butuh sebuah domain untuk membuat website kita lebih kredibel.

Kita bisa menggunakan domain yang sesuai dengan website kita. Kita juga bebas memberikan nama domain sesuai kebutuhan website yang kita buat.

Jetorbit.com sebagai penyedia layanan hosting murah dan domain menyediakan beragam paket hosting dan domain dengan harga terjangkau yang bisa dipergunakan untuk membuat website berbasis CMS.

5. Membentuk Tim untuk Mengelola Website

hal yang harus dipersiapkan untuk membuat website
Images: Unsplash.com

Mengelola sebuah website bukanlah pekerjaan yang mudah, karenanya kita memerlukan sebuah tim untuk mengelolanya. Sedangkan untuk banyak atau sedikitnya tim yang akan mengelola website, disesuaikan dengan kebutuhan masing masing.

Keberadaan tim ini nantinya juga akan membantu dalam hal pembuatan konten dan marketing yang akan dijalankan. Tim yang bekerja sama dengan baik akan membawa website kita bergerak menuju tujuan yang sudah dibuat.

Itulah tadi, beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk membuat sebuah website. Cukup mudah bukan?

Jika teman-teman sudah menyiapkan tujuan, sudah mempunyai target pengunjung yang jelas, namun masih bingung ingin menggunakan jasa layanan hosting indonesia dan domain yang mana, Jetorbit.com sebagai penyedia layanan hosting dan domain yang terpercaya adalah jawabannya.

Tertarik menggandeng Jetorbit sebagai rekan dalam membuat website teman-teman? Silakan kunjungi laman kami sekarang juga.

  • Bagikan