panduan dan tata cara daftar google adsense untuk pemula terbaru
panduan dan tata cara daftar google adsense untuk pemula terbaru

Bagi Anda pengguna internet dan teknologi canggih, mendapatkan tambahan pendapatan bukanlah sesuatu yang sulit. Bagaimana caranya? Langkahnya sangat mudah hanya dengan membuat akun dan mengikuti semua panduan lengkap dan tata cara daftar Google AdSense terbaru pada artikel ini.

Saat ini banyak Blogger maupun YouTuber yang mendapatkan uang jutaan hingga milyaran hanya dari satu konten saja. Pendapatan yang diperoleh berasal dari Adsense tersebut.

Selain mendapatkan penghasilan, Anda juga akan mendapatkan banyak keuntungan jika memanfaatkan keberadaan Google AdSense. Keuntungan tersebut seperti bentuk iklan bisa disesuaikan, iklan sesuai dengan konten website, tersedia banyak referensi dan juga menyediakan statistik yang begitu lengkap.

Semua keuntungan yang diperoleh tidak diperoleh begitu saja karena Anda diharuskan untuk mendaftar Google AdSense terlebih dahulu. Dengan kata lain Anda diharuskan untuk mengetahui bagaimana cara daftar Google AdSense. Jika Anda belum tahu bagaimana caranya, simak uraian dibawah ini:

Apa itu Google AdSense?

panduan dan tata cara daftar google adsense untuk pemula terbaru
pengertian apa itu google adsense

Apa yang dimaksud dengan Google AdSense? Bagi orang awam pasti akan bertanya-tanya tentang maksud dari Google AdSense. Adapun pengertian Google AdSense adalah suatu program periklanan dari Google yang mengizinkan atau memperbolehkan user untuk menjadi partnernya.

Perlu diketahui jika semua user bisa mengikuti layanan ini asalkan memenuhi syarat yang telah ditentukan, seperti mempunyai blog atau website.

Pemilik blog atau website yang mengikuti program Google AdSense nantinya akan memperoleh pendapatan dari Google ketika iklannya di klik oleh pengunjung. Ciri-ciri blog atau website yang mengikuti program ini ditandai dengan adanya iklan di bagian sidebar.

Bisa dipastikan jika hampir semua orang yang memiliki blog atau website pasti melakukan monetisasi menggunakan Google AdSense. Hal ini dikarenakan selain mendapatkan penghasilan juga layanan yang ditawarkan cukup mudah dilakukan.

Fakta lainnya jika Google AdSense juga menawarkan komisi yang lebih besar dibandingkan layanan serupa lainnya. Maka dari itu, kesempatan ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan penghasilan yang sangat besar.

Baca juga: Istilah-istilah di Google AdSense

Fungsi Google AdSense

fungsi google adsense secara umum

Google AdSense memiliki banyak fungsi yang sangat berguna untuk memaksimalkan blog atau website yang dimiliki.

Namun, fungsi utama Google AdSense adalah sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari blog atau internet berdasarkan konten dan pengunjung melalui penayangan iklan dari para advertiser Google.

Apa saja fungsi-fungsi tersebut selain sebagai solusi dan cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula? Simak pembahasannya dibawah ini;

1. Anda menyediakan ruang iklan

Fungsi Google AdSense yang pertama adalah Anda sebagai publisher yang menyediakan ruang iklan dengan menempelkan kode iklan di situs website, kemudian memilih tempat atau lokasi yang bisa Anda atur ingin menampilkan di bagian mana saja.

2. Iklan yang membayar paling tinggi akan muncul di situs Anda

Program Google AdSense memberikan keuntungan yang besar untuk semua publishernya.

Oleh karena itu, pengiklan atau advertiser akan melakukan bid dalam lelang real-time agar iklannya dapat ditampilkan di ruang atau tempat yang sudah Anda sediakan.

Selain itu, advertiser yang memasang iklan dan ngebid dengan jumlah yang besar akan ditampilkan secara optimal yang menghasilkan keuntungan kepada Anda, Google, dan pengiklan.

3. Anda gajian dari Google AdSense

Jika Anda telah menjadi publisher iklan Google AdSense secara optimal maka setiap bulannya antara tanggal 21-26, Anda akan mendapatkan penghasilan yang ditransfer langung ke rekening bank dan atau melalui western union yang kemudian Anda cairkan melalui kantor pos terdekat.

Persyaratan Mendaftar Google AdSense

persyaratan mendaftar google adsense terbaru

Jika Anda berniat untuk mendaftar Google AdSense supaya mendapatkan pendapatan yang besar maka ada 3 syarat yang harus dipenuhi.

Bisa dibilang syarat yang diminta sangat mudah untuk dipenuhi, terutama bagi Anda yang sudah akrab dengan dunia digital. Adapun ketiga syarat tersebut, yaitu:

  1. Memiliki akun Google.
  2. Memiliki situs website sendiri.
  3. Berusia diatas 18 tahun.

Perlu diketahui jika setiap orang hanya bisa mempunyai satu Google AdSense saja dengan nama asli sesuai tanda pengenal negara asal. Apabila ketiga syarat yang diminta sudah dipenuhi maka bisa dilanjutkan dengan mendaftar Google AdSense.

Setelah mengetahui syaratnya, maka harus mengetahui cara daftar Google AdSense untuk pemula. Perlu diketahui jika cara daftar di Google AdSense karena hanya perlu memiliki email dan juga website.

Langsung saja simak panduan lengkap cara mendaftar Google AdSense terbaru 2020 untuk pemula berikut ini:

Panduan dan Tata Cara Daftar Google AdSense Untuk Pemula

tata cara daftar google adsense untuk pemula terbaru
tata cara daftar google adsense untuk pemula terbaru

Langkah pertama yang harus dilalui adalah membuat akun Google AdSense. Bagaimana cara membuat akun AdSense? Sangatlah mudah karena saat akan membuatnya diharuskan untuk memiliki akun Google dan juga konten yang dibuat sendiri dari awal.

Konten yang dimaksud bisa berupa situs, blog maupun konten asli lainnya. Setelah memiliki keduanya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, buka AdSense.com.
  2. Setelah dibuka langsung saja klik Mulai (Daftar Sekarang).
  3. Lanjutkan dengan memasukkan URL situs tempat Anda ingin menampilkan iklan.
  4. Masukkan alamat email Anda yang masih aktif.
  5. Pilih apakah Anda menginginkan AdSense mengirimkan performa dan juga bantuan yang disesuaikan. Sangat disarankan untuk memilih Ya supaya Google bisa membantu memaksimalkan AdSense.
  6. Lalu klik Simpan dan lanjutkan dan Login ke Akun Google.
  7. Kemudian pilih negara atau wilayah Anda.
  8. Tinjau dan setujui Persyaratan dan juga Ketentuan AdSense.
  9. Terakhir klik Buat Akun.

Mengaktifkan Akun AdSense

Setelah proses daftar dan registrasi selesai, cara daftar Google AdSense terbaru 2020 selanjutnya adalah Anda akan masuk ke dalam dashboard Google AdSense. Kemudian Anda diharuskan untuk mengisi beberapa informasi yang diminta:

  • Pertama Anda diharuskan untuk memasukkan alamat dengan benar. Anda harus teliti saat memasukkan alamat karena alamat yang dimasukkan menjadi tujuan ketika ingin mencairkan pembayaran AdSense. Jika salah memasukkan berarti Anda tidak akan menerima pembayaran yang dicairkan.
  • Setelah itu klik Submit jika sudah selesai.
  • Selanjutnya akan diminta untuk menyalin beberapa baris kode ke dalam website. Kode ini berguna sebagai identitas AdSense di dalam website. Jika salah berarti tidak akan menerima iklan AdSense atau iklan yang tampil tidak valid.
  • Jika sudah selesai berikan tanda centang di bagian I’ve pasted the code into my site. Hal ini dilakukan untuk memastikan jika baris kode sudah ditambahkan di website.
  • Klik Done untuk melanjutkan

Setelah selesai biasanya pihak Google AdSense akan meminta untuk menunggu paling tidak 3 hari. Namun, ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama.

Jika permintaan pengaktifan akun Adsense berhasil maka Anda akan menerima email. Apabila pengajuan ditolak, pihak AdSense juga akan mengirimkan email yang isinya dilengkapi dengan informasi alasan penolakan.

Membuat Iklan AdSense

cara membuat unit iklan google adsense untuk pemula

Cara daftar Google AdSense 2020 selanjutnya adalah membuat iklan AdSense. Langkah ini bisa dilakukan jika Google AdSense telah menyetujui akun Anda yang sekarang sudah aktif. Ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk mengatur iklan AdSense, antara lain:

Membuat Unit Iklan (Ads)

  1. Pertama, masuk ke dalam dashboard akun AdSense.
  2. Klik tab My Ads lalu Anda akan menemukan beberapa menu yang berhubungan dengan pengaturan konten iklan.
  3. Klik opsi Add units yang ada di bagian menu Content. Tab ini kemudian akan memunculkan daftar iklan yang pernah dibuat. Anda bisa menggunakan iklan yang sudah ada tersebut atau membuat iklan yang baru.
  4. Klik tombol +New ad unit jika ingin membuat iklan baru.

Memilih Tipe Iklan

Google AdSense akan menampilkan beberapa tipe iklan, seperti Responsive Leaderboard, Large Mobile Banner, Large Rectangle, atau Large Skyscraper.

Selain itu, Anda juga bisa memiliki empat tipe iklan yang ditawarkan oleh Google AdSense, seperti iklan teks dan gambar (text and display ads), iklan in-feed, iklan berimbang (matched content) dan iklan di dalam artikel (in-article ads).

Setelah itu Anda bisa memilih satu ukuran dan tipe iklan yang sesuai dengan yang diinginkan.

Memilih Gaya Iklan Teks

Selanjutnya Anda bisa menyesuaikan tampilan iklan lebih lanjut. Disini tersedia beberapa gaya iklan yang bisa dipilih.

Selain itu, juga bisa memilih beberapa border, teks, judul, URL dan background. Fitur ini menjadi salah satu keunggulan dari Google AdSense. Setelah selesai memilih klik Save and Get Code.

Setelah itu akan mendapatkan beberapa baris kode. Beberapa baris kode ini merupakan iklan yang nantinya tampil d halaman website. Kemudian salin kode tersebut dan tambahkan di dalam website.

Lanjutkan dengan klik Close untuk menyelesaikan proses pembuatan unit. Baris kode tidak harus ditambahkan saat itu juga, Anda bisa sewaktu-waktu mengaksesnya melalui menu “My Ads >> Content >> Ad Units”.

Cara Daftar Google AdSense Blogger (Blogspot) 2020

cara daftar google adsense blogger blogspot terbaru

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah cara daftar Google AdSense blogspot 2020. Caranya sangat mudah, antara lain:

  1. Pertama, buka blogger.com dengan situs yang ingin ddaftarkan.
  2. Klik “Penghasilan”.
  3. Lalu klik “Daftarkan blog untuk AdSense”.
  4. Anda diminta untuk mengisi biodata dengan benar dan jelas, seperti nama, alamat, no telepon. Pembayaran dan sebagainya. Pastikan alamat yang ditulis sudah benar.
  5. Klik Submit lalu akan ditampilkan halaman beranda AdSense berupa pop-up kecil mengenai AdSense.
  6. Baca semua langkah-langkahnya sampai benar-benar paham.
  7. Setelah selesai mendaftar biasanya diharuskan untuk menunggu beberapa hari maksimal 2 minggu

Cara Daftar Google AdSense WordPress 2020

cara daftar google adsense wordpress untuk pemula terbaru 2020

Cara daftar Google AdSense WordPress 2020 juga tidak kalah mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Mendaftar Google AdSense.
  2. Setelah akun diterima lalu membuat iklan AdSense. Untuk caranya sudah kami berikan tutorialnya di atas.
  3. Menambahkan AdSense ke WordPress.

Ada dua pilihan cara yang bisa digunakan, yaitu menggunakan plugin atau manual dengan code editor.

Ada tiga plugin yang biasa digunakan yaitu Easy Google AdSense, Ad Injection dan Ad Inserter. Sedangkan cara menambahkan iklan AdSense secara manual adalah sebagai berikut:

  • Login ke dashboard WordPress lalu klik Appearance Widgets.
  • Tambahkan widget text, bisa meletakkan kode di Left Sidebar atau widget footer.
  • Isi bagian judul sesuai keinginan.
  • Masukkan kode iklan AdSense di bawahnya, jika sudah selesai klik Save

Cara Daftar Google AdSense YouTube 2020

cara daftar google adsense youtube untuk pemula terbaru

Sebelum mendaftar Google AdSense YouTube maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti akun sudah terverifikasi, tidak melakukan spamming, mempunyai 1000 subscriber, dan mendapatkan 4000 jam tayang selama 12 bulan terakhir.

Berikut langkah-langkah cara mendaftarkan akun YouTube ke Google AdSense:

1. Membuat Akun Gmail

Langkah pertama yaitu membuat akun Gmail terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan YouTube maupun AdSense merupakan produk dari Google.

Maka dari itu, jika ingin mendaftar Google AdSense diharuskan untuk memiliki alamat email dan akun Google yang bisa digunakan untuk masuk ke semua layanan Google. Tanpa terkecuali pada YouTube.

2. Mendaftarkan Diri ke YouTube

Setelah memiliki akun Gmail, langkah selanjutnya yaitu membuat akun Channel YouTube. Bagaimana caranya? Hanya dengan klik YouTube kemudian pilih login apabila sudah memiliki akun. Jika belum memiliki akun YouTube maka klik sign up.

3. Masuk Pada Pengaturan Video Manager YouTube

Cara daftar Google AdSense di YouTube selanjutnya adalah pengaturan video manager yang ada di akun Youtube.

Setelah itu, akan muncul pada gambar bagian pojok kanan atas pada gambar profil. Lalu cari dan klik Creator Studio, setelah itu akan muncul tampilan Buat Saluran.

4. Upload Video ke Channel YouTube Anda

Setelah berhasil daftar dan melakukan pengaturan video manager YouTube, langkah selanjutnya adalah upload video di akun YouTube Anda minimal tiga hingga lima video.

Saat akan diupload jangan lupa untuk memberikan deskripsi dan pastikan jika video yang diupload merupakan karya sendiri.

5. Aktifkan Monetisasi YouTube Channel

Langkah-langkah untuk mengaktifkan monetisasi YouTube adalah pilih menu Creator Studio lalu masuk ke menu Saluran Studio dan Fitur. Disitu nantinya akan ditemukan kolom Monetisasi lalu pilih Aktifkan.

Lanjutkan dengan memberi tanda checklist pada semua kolom yang tersedia lalu klik Saya Setuju. Beri tanda checklist pada kolom kotak dan klik Monetisasi. Setelah selesai akun Anda sedang berada dalam peninjauan pihak Google AdSense.

6. Kaitkan AdSense ke Channel YouTube

Terakhir klik Monetisasi lalu klik Bagaimana Saya akan Dibayar dan klik Mengaitkan Akun Adsense. Setelah itu lanjutkan dengan klik pilihan Berikutnya. Kemudian isi data dengan jelas dan benar, lalu pilih Kirim Permohonan Saya.

Email mengenai status pengajuan akan diterima kurang lebih dalam seminggu. Jika pengajuan permohonan Adsense diterima maka akan mendapatkan surat pemberitahuan yang dikirim ke alamat email yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Cara Daftar Google AdSense 2020 dari HP untuk Pemula

cara daftar google adsense 2020 dari hp untuk pemula

Cara daftar Google AdSense 2020 dari HP tidak jauh berbeda dengan cara yang disampaikan diatas.

Dimana Anda diharuskan untuk lebih dahulu untuk membuat Akun Adsense, mengaktifkan Akun AdSense dan Membuat Iklan AdSense.

Cara Setting Pembayaran Google AdSense

cara setting pembayaran google adsense untuk pemula terbaru

Cara mendapatkan uang dari Google AdSense adalah dengan memasang iklan AdSense lalu meningkatkan pengunjung organik, membuat strategi fb ads to adsense, dan melakukan setting pembayaran di Google AdSense. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, login ke akun AdSense.
  2. Lalu Klik Pembayaran.
  3. Klik Kelola metode pembayaran.
  4. Lalu klik Tambahkan metode pembayaran.
  5. Pada bagian Tambahkan metode pembayaran, kemudian masukkan informasi rekening bank Anda.
  6. Jika ingin menggunakan metode pembayaran tersebut menjadi metode pembayaran utama, langsung saja centang kotak Tetapkan sebagai metode pembayaran utama.
  7. Terakhir klik Simpan.

Tips Daftar Google AdSense Agar Cepat Diterima

tips daftar google adsense agar cepat diterima untuk pemula terbaru

Ada beberapa tips cara mendaftar Google AdSense agar diterima 100% full approve untuk pemula. Apa sajakah tips tersebut? simak uraiannya dibawah ini:

1. Pastikan Navigasi Jelas dan Mudah Digunakan

Navigasi adalah bagian yang sangat penting di dalam website. Keberadaan navigasi ini sangat menentukan kenyamanan pengunjung. Maka dari itu harus jelas dan mudah digunakan.

Navigasi ini bisa menjadi faktor efektivitas pengguna saat berinteraksi dengan website Anda. Ada tiga hal yang harus diperhatikan yang berhubungan dengan navigasi, seperti keterbacaan,, penataan dan juga fungsi.

2. Membuat Konten yang Berkualitas dan Menarik

Tips selanjutnya adalah membuat konten artikel yang menarik dan unik. Hal ini dikarenakan jika tidak memiliki konten yang menarik dan unik akan sulit untuk mendatangkan trafik pengunjung organik.

Dengan membuat konten berkualitas dan original yang disukai pengunjung serta Google maka Anda bisa mendatangkan pengunjung setia dan loyal yang banyak.

3. Menggunakan Google AdSense Saja

Jika Google AdSense belum menyetujui permintaan pengaktifan akun sebaiknya jangan beralih menggunakan layanan iklan lainnya.

Tunggu sampai Google AdSense menyetujuinya. Website Anda bisa lebih dipercaya jika hanya menggunakan layanan periklanan Google AdSense saja.

Sehingga penghasilan yang akan Anda dapatkan jauh lebih besar dengan dibarengi dengan berusaha, tidak mudah menyerah, dan selalu semangat.

Baca juga: Daftar HPK (High Paying Keywords) Google AdSense Terbaru

4. Sudah memiliki 10-15 Artikel Aktif

Jumlah artikel atau konten aktif dalam blog juga perlu untuk diperhatikan. Paling tidak sudah ada 10-15 artikel aktif.

Hal ini menjadi pengenal Google untuk menggolongkan jenis konten yang cocok untuk website Anda. Indikator positif lainnya yaitu artikel yang ada di dalamnya sangat berkualitas sehingga menjadi nilai lebih.

5. Memastikan Ada 100 Pengunjung Setiap Hari

Jika pengajuan pengaktifan ingin segera disetujui maka Anda harus memastikan sudah ada 100 pengunjung setiap hari.

Namun, angka tersebut masih tentatif karena memiliki kurang dari 100 pengunjung Google juga menyetujui permintaan pengaktifan yang diajukan.

Pelajari panduan belajar SEO Onpage dan Offpage untuk meningkatkan ranking website di mesin pencari yang bertujuan untuk membuat trafik pengunjung organik semakin naik.

Baca tata cara meningkatkan trafik blog secara organik.

Daftar Forum AdSense Indonesia

forum google adsense indonesia

Bagi Anda yang sedang bingung atau ingin lebih paham mengenai Google AdSense disarankan untuk bergabung dengan forum AdSense Indonesia. Ada banyak komunitas Google AdSense yang bisa menerima Anda.

Berikut beberapa nama forum AdSense Indonesia:

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai cara daftar Google AdSense. Diharapkan penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari Google AdSense. Semoga bermanfaat, ya!