objek, destinasi dan tempat wisata jakarta populer dan wajib dikunjungi
Rekomendasi Wisata Jakarta yang Instagrammable dan Populer

30 Tempat Wisata Jakarta yang Instagramable dan Populer

Sebagai kota metropolitan Indonesia, tidak dipungkiri jika tempat wisata Jakarta hampir semuanya Instagramable. Pembangunan demi pembangunan turut andil dalam menciptakan kesan modern yang tidak kalah dengan kota metropolitan di negara maju.

Tempat rekreasi di Jakarta yang ramah anak dan keluarga yang bisa dikunjungi kapanpun itu kecuali pada malam hari. Namun beberapa tempat instagrammable di Jakarta bisa kita sambangi walaupun malam hari, seperti wisata malam hari Jakarta di Kota Tua Jakarta.

Tentu sambil menjelajahi destinasi wisata di Jakarta, banyak para pengunjung yang ber-selfie ria. Kemudian foto maupun video mereka pun diunggah ke Instagram.

Di mana saja tempat wisata Jakarta yang berpotensi menjadi spot foto instagrammable dan mengundang like serta komentar? Berikut daftar objek wisatanya!

30 Tempat Wisata Jakarta yang Instagrammable

Daerah Khusus Ibukota Jakarta adalah ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa yang memiliki berbagai destinasi wisata Jakarta yang ramah anak, wisata kuliner dan objek wisata populer di Jakarta lainnya.

Tempat liburan di Jakarta sebenarnya lebih dari tiga puluh. Namun, tempat hunting dan tempat wisata di Jakarta yang instagrammable seperti yang udah Saya kunjungi terbilang cukup sedikit.

Tempat Wisata di Jakarta Barat

Anda sedang mencari tempat wisata di Jakarta Barat yang instagrammable, populer dan menarik untuk dikunjungi? Inilah referensi tempat liburan: museum, taman, waterpark, wisata kuliner, belanja dan lainnya di Jakarta Barat yang sering dikunjungi!

1. Museum Wayang

tempat wisata jakarta museum wayang
museum wayang, tempat wisata jakarta barat

Suka wayang dan ingin melihat-lihat koleksi lengkapnya? Datanglah ke Museum Wayang. Di sana, Anda juga bisa melihat-lihat sejarah dunia perwayangan. Jumlah koleksi wayangnya sendiri kurang lebih 6.000 buah. Luar biasa memang khazanah Indonesia.

2. Museum Tekstil

museum tekstil, tempat wisata jakarta barat
museum tekstil, tempat wisata jakarta barat

Koleksi kain yang terdapat pada museum ini terbilang lengkap. Alamatnya ada di Jl. KS Tubun Pertamburan, No. 4, Jakbar. Dengan desain arsitektur bangunan ala era Belanda, tentu menambah eksotisme ketika Anda berkunjung ke sana.

3. Museum Fatahillah

museum fatahillah, tempat wisata jakarta barat
museum fatahillah, tempat wisata jakarta barat

Siapa yang tidak kenal dengan Raden Fatahillah? Jika Anda mengamati sejarah kerajaan Islam di Indonesia, pasti tidak asing dengan nama tersebut. Museum ini dibangun pada tahun 1707. Dulu, semasa baru berdiri, museum ini digunakan sebagai penjara bawah tanah.

4. Jembatan Kota Intan

jembatan kota intan, tempat wisata jakarta barat
jembatan kota intan, tempat wisata jakarta barat

Jika Anda main ke Jakarta Barat, jangan lupa jelajahi jembatan yang sangat legendaris ini. Tahu tidak? Dulu, pada tahun 1629, Jembatan Kota Intan pernah mengalami kerusakan serius. Tapi sekarang sudah aman ketika dipijak, sebab struktur utamanya dari besi dan kayu.

5. Kawasan Chinatown Jakarta

kawasan chinatown, tempat wisata jakarta barat
kawasan chinatown, tempat wisata jakarta barat

Keunikan tempat wisata Jakarta ini ada pada bangunan serta kuliner ala Negeri Tirai Bambu. Lokasinya berada di Glodok. Tapi selain kuliner khas Cina, banyak kok yang memiliki cita-rasa serta disajikan berdasarkan menu khas Indonesia.

6. Kota Tua Jakarta

kawasan kota tua, tempat wisata jakarta barat
kawasan kota tua, tempat wisata jakarta barat

Sejak zaman Belanda, kota Batavia pernah dijadikan markas dan pusat perdagangan. Tepatnya ketika baru saja dibangun. Tidak heran jika banyak bangunan bersejarah di sana. Jangan lupa bawa kamera dengan resolusi tinggi, sebab akan ada banyak kenangan berharga di sana.

Tempat Wisata di Jakarta Timur

Bagi penduduk asli Jakarta ataupun pendatang mayoritas untuk liburan enggak perlu pergi keluar kota hanya untuk liburan (kecuali pada libur lebaran) karena objek wisata Jakarta yang populer selalu tetap menarik dikunjungi.

Anda nggak usah bingung mencari tempat wisata di Jakarta Timur. Inilah daftar objek wisata di Jakarta Timur yang instagrammable, populer, terbaru, kekinian, ngehits yang wajib Anda kunjungi saat punya rencana untuk liburan ke Jakarta Timur!

7. Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia

museum fauna indonesia komodo dan taman reptilia, tempat wisata jakarta timur tmii
museum fauna indonesia komodo dan taman reptilia, tempat wisata jakarta

Suka dengan binatang-binatang asli asal Indonesia khususnya Komodo? Mampir deh ke museum ini. Tapi, di sana binatangnya tidak hidup. Ada yang dibekukan, ada pula yang hanya replika.

Koleksi satwa Indonesia di lokasi wisata Jakarta satu ini sangat lengkap dan memuat banyak satwa/binatang/fauna Indonesia. Dari yang umum hingga yang langka.

8. Museum Serangga dan Taman Kupu

museum serangga dan taman kupu kupu, tempat wisata jakarta timur
museum serangga dan taman kupu kupu, tempat wisata jakarta timur

Lokasi tempat wisata ini ada di Jl. Hankam Raya No. 39, Cipayung, Jakarta Timur. Koleksi serangga dan kupu-kupunya sangat lengkap. Sama seperti sebelumnya, binatang yang mengisi etalase hanyalah replika. Tapi uniknya, amat mirip dengan binatang aslinya.

9. Taman Legenda Dinosaurus

tempat wisata jakarta taman legenda dinosaurus
tempat wisata jakarta taman legenda dinosaurus

Bicara tentang dinosaurus selalu terkesan eksotis. Meskipun hanya membicarakan tentang bentuk serta habitatnya. Makanya setiap kali film bertemakan dinosaurus selalu laris di pasaran. Nah, buat Anda yang suka potret-potret foto dinosaurus bisa ke tempat ini.

10. Snow Bay Waterpark

snow bay waterpark taman mini indonesia indah tmii, tempat wisata jakarta timur
snow bay waterpark taman mini indonesia indah jakarta timur

Cukup lengkap wahana yang disediakan oleh pengelola Snow Bay Waterpark. Lokasi tempat wisata ini masih berada di kompleks TMII. Tepatnya di Jl. TMII, Pinang Ranti, Makasar, Jaktim. Nge-vlog di sini pasti seru.

11. Taman Wiladatika

taman rekreasi wiladatika, objek wisata Jakarta timur yang paling instagrammable
taman rekreasi wiladatika, objek wisata Jakarta timur yang cantik dan instagrammable

Tempat wisata menarik di Jakarta Timur ini kerapkali digunakan sebagai tempat berkumpulnya keluarga maupun anak-anak muda yang pacaran. Anda bisa memotret aktivitas mereka maupun ikut berbaur untuk mendapatkan spot foto yang instagrammable.

Di tengah-tengah taman rekreasi terkenal ini, ada air mancur yang memiliki semburan besar. Asyik juga tuh kalau di foto.

12. Taman Agrowisata Cilangkap

taman agrowisata cilangkap, tempat wisata jakarta timur
taman agrowisata cilangkap, tempat wisata jakarta timur

Kata siapa kalau di Jakarta itu minim yang hijau-hijau? Nyatanya di Taman Agrowisata Cilangkap itu serba hijau dan ditanami banyak tumbuhan. Tempat wisata di Jakarta Timur ini juga sering dijadikan area khusus untuk selfie karena sangat strategis dan fotogenik.

Tempat Wisata di Jakarta Pusat

Tempat wisata Jakarta bukan hanya ada di Barat, Timur saja. Inilah rekomendasi objek wisata di Jakarta Timur yang menarik, ramah anak, bersejarah, populer dengan spot foto yang instagrammable dan wajib Anda kunjungi saat libur weekend, lebaran, natal dan tahun baru!

13. Monumen Nasional

monas monumen nasional indonesia, tempat wisata jakarta pusat
monumen nasional indonesia, tempat wisata jakarta pusat

Kurang afdal rasanya kalau main ke Jakarta Pusat, tapi melupakan Monas. Bangunan setinggi 132 meter ini pertama kali dibangun sejak tahun 1961 yang lalu. Tepatnya di masa pemerintahan presiden pertama RI, yakni Ir. Soekarno.

14. Fun World Grand Indonesia

fun world grand indonesia, tempat wisata jakarta pusat
fun world grand indonesia, tempat wisata jakarta pusat

Mau berburu foto bertemakan dunia anak-anak yang serba ceria? Kunjungi Fun World Grand Indonesia ketika akhir pekan atau hari libur nasional.

Jangan lupa ajak anak-anak di rumah juga biar nantinya bisa jadi model dari foto-foto Anda.

15. Gereja Katedral

gereja katedral, tempat wisata jakarta pusat
gereja katedral, tempat wisata religi di jakarta pusat

Sisi yang paling menarik sekaligus eksotis dari Gereja Katedral ada pada desain arsitekturnya yang khas Eropa klasik. Dulu, Gereja Katedral pertama kali dibangun pada tahun 1826.

Alih-alih difungsikan sebagai tempat ibadah, bangunan religi dan bersejarah ini sekarang berstatus sebagai cagar budaya yang juga menjadi tempat wisata Jakarta yang menarik dan instagrammable.

16. Kelenteng Sin Tek Bio (Vihara Dharma Jaya)

kelenteng sin tek bio, tempat wisata jakarta pusat
kelenteng sin tek bio, tempat wisata religi di jakarta pusat

Keberadaan Kelenteng Sin Tek Bio dengan nama lain Vihara Dharma Jaya ini cukup tersembunyi yaitu berada di Jl. Pasar Baru Dalam No. 146, Jakarta Pusat 10710. Namun, jika Anda buka di Google Maps, tempat wisata Jakarta yang satu ini pasti kelihatan kok.

Kemudian ikuti saja rute tercepatnya sesuai saran Google Maps. Pasti sampai. Desain Kelenteng Sin Tek Bio sangat megah dan didominasi oleh warna merah.

17. Taman Menteng

Bisa dibilang kalau tempat wisata ini benar-benar taman. Soalnya di dalamnya terdapat lebih dari 30 spesies tumbuhan yang diatur serapi mungkin.

Udara yang tercipta pun sangat sejuk dan pemandangan hijau kekuningannya sangat memanjakan mata.

18. Taman Ismail Marzuki (TIM)

tim (taman ismail marzuki), objek wisata jakarta pusat
taman ismail marzuki, objek wisata jakarta pusat

TIM kerapkali digunakan sebagai tempat untuk melangsungkan agenda seni. Tidak heran jika hampir setiap akhir pekan atau bahkan setiap malam, banyak seniman yang memadati area Taman Ismail Marzuki.

Di sana juga ada perpustakaan serta wahana planetarium untuk para pengunjung.

Tempat Wisata di Jakarta Selatan

Kalau Anda pernah dengar istilah literally, basically, prefer, which is yang sering diucapkan sama anak muda berarti Anda tahu daerah ini. Yaps, Jakarta Selatan. Tapi, kita tidak membahas hal tersebut. Namun, kita hanya fokus membahas lima tempat wisata di Jakarta Selatan yang instagrammable dan selalu rame dikunjungi.

Memang, destinasi wisata apa saja sih di Jakarta Selatan? Inilah rekomendasi tempat wisata hits dan kuliner di Jakarta Selatan yang merupakan destinasi wisata baru paling oke dijadikan lokasi liburan dan hunting foto instagrammable!

19. Kebun Binatang Ragunan

kebun binatang ragunan, objek wisata jakarta selatan
kebun binatang ragunan, objek wisata keluarga di jakarta selatan

Wah, pasti Anda sudah kenal dong dengan tempat wisata ini. Tahu tidak? Ternyata, Objek wisata Jakarta yaitu Kebun Binatang Ragunan ini merupakan kebun binatang tertua yang ada di sepanjang sejarah Indonesia.

Tentu banyak spot instagrammable dan cantik untuk dijadikan tempat berfoto ria sambil melihat satwa Indonesia yang banyak macamnya.

20. Setu Babakan

kawasan perkampungan budaya betawi setu babakan, objek wisata jakarta selatan
kawasan setu babakan, objek wisata budaya betawi di jakarta selatan

Pemandangan yang paling cantik di Setu Babakan hadir ketika menjelang matahari terbenam. Luas area tempat wisata ini kurang lebih 30 hektare.

Kawasan wisata Jakarta Setu Babakan merupakan danau yang berlokasi di perkampungan budaya Betawi.

21. Taman Langsat

taman langsat mayestik, objek wisata jakarta selatan
taman langsat mayestik, objek wisata yang instagrammable di jakarta selatan

Kalau Anda memiliki komunitas fotografer, cobalah bikin acara seperti perkumpulan di Taman Langsat. Pasti seru.

Di lokasi wisata Jakarta berupa taman yang konon katanya cukup angker ini tersedia fasilitas Wi-Fi gratis dan kencang. Jadi, bisa foto-foto bareng sekaligus mengunggahnya di sosial media.

22. Pasar Santa

pasar santa, objek wisata jakarta selatan
pasar santa, objek wisata belanja dan kuliner di jakarta selatan

Bagi pecinta kuliner khas Jakarta, pasti suka dengan berbagai menu yang dihidangkan di Pasar Santa. Menu yang ditawarkan sangat variatif. Ada yang memiliki tampilan layaknya sajian di hotel berbintang sampai makanan khas yang murah-meriah.

Kapan lagi coba liburan ke berbagai destinasi wisata Jakarta lalu mampir menikmati banyak macam wisata kuliner Jakarta di Pasar Santa ini?

23. Kemang Food Festival

kemang food festival, wisata kuliner populer yang instagrammable di jakarta selatan
kemang food festival, wisata kuliner populer yang instagrammable di jakarta selatan

Wisata kuliner Jakarta di tempat wisata Jakarta ini selalu ramai pada waktu akhir pekan maupun libur nasional. Tempatnya dibuka sejak pukul 17.00 sampai dengan 24.00.

Sambil makan, Anda juga akan menikmati sajian live music yang dibawakan oleh musisi setempat.

24. Museum Layang-layang

museum layang layang, objek wisata jakarta selatan yang fenomenal
museum layang layang, objek wisata jakarta selatan yang fenomenal

Kalau Anda sering memainkan layang-layang sewaktu kecil, cobalah main ke Museum Layang-Layang. Lokasinya berada di Jl. H. Kemang No. 38, Pondok Labu, Jaksel.

Tempat wisata Jakarta bernuansa sejarah, unik dan menarik ini dibuka sejak pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Tempat Wisata di Jakarta Utara

Jangan pernah bingung mencari tempat wisata di Jakarta Utara yang lagi ngehits untuk liburan dan berselfi ria yang instagrammable.

Berikut daftar rekomendasi objek wisata Jakarta Utara seperti pantai, taman, kuliner, ancol, dufan, dan lain sebagainya. Cek, yuk!

25. Taman Impian Jaya Ancol

taman impian jaya ancol, destinasi wisata jakarta utara untuk liburan dengan sunset yang menarik
taman impian jaya ancol, destinasi wisata pantai jakarta yang instagrammable dan populer

Selain objek wisata Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta juga terkenal karena adanya Taman Impian Jaya Ancol. Wahana yang disediakan cukup banyak dan semuanya keren-keren.

Mulai dari Gelanggang Samudera, kereta gantung, Padang Golf Ancol, dan sebagainya pun ada di kawasan wisata Jakarta Utara ini.

26. Kampung Marunda

kawasan kampung marunda, destinasi wisata jakarta bersejarah jawara betawi si pitung
kawasan kampung marunda, destinasi wisata jakarta bersejarah si pitung

Main ke wilayah Jakarta Utara, jangan lupa singgah ke Kampung Marunda. Di sana, Anda bisa memotret segala aktivitas sosial para nelayan yang sudah lama tinggal.

Selain itu, kalau capai, Anda pun bisa menikmati berbagai sajian lezat hasil tambak di sekitar.

27. Sentra Perikanan Muara Angke

muara angke, objek wisata jakarta utama berupa sentra perikanan paling terkenal di indonesia
muara angke, objek wisata jakarta utama berupa sentra perikanan terkenal di indonesia

Mungkin tidak banyak spot yang bisa Anda tangkap di sini. Tapi kalau jeli dan mampu mengambil sudut pandangan yang bagus, hasil foto yang didapatkan pun bisa keren.

Momen paling mengesankan itu ketika para nelayan menepi dan membongkar muatan yang berisi ikan-ikan.

28. Kampung Luar Batang

masjid kampung luar batang, objek wisata jakarta utara bereligi dan terkenal di indonesia
masjid kampung luar batang, objek wisata jakarta utara terkenal dan fenomenal di indonesia

Bagi sejarah Jakarta, pemukiman atau kampung ini sangat penting dijadikan sebagai alternatif wisata. Soalnya sudah berdiri sejak tahun 1630 yang lalu.

Salah satu spot wisata Jakarta paling terkenal dan fenomenal ada di depan Masjid Luar Batang yaitu salah satunya karena ada makam Habib Husein bin Abubakar bin Abdullah bin Abdillah Alaydrus.

29. Kampung Tugu

kampung tugu, destinasi wisata jakarta utara
kampung tugu, destinasi wisata bersejarah di jakarta utara

Ketika Anda memasuki kawasan ini, akan nampak makam dari orang-orang yang tergabung dalam Komunitas Tugu.

Tempat wisata Jakarta ini juga memiliki nilai sejarah yang penting bagi warga Jakarta Utara. Sama halnya dengan Kampung Luar Batang.

30. Museum Bahari

museum bahari, objek wisata jakarta dengan koleksi kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia
museum bahari, objek wisata bahari dan kenelayanan bangsa indonesia di jakarta utara

Dulu, ketika baru awal berdiri, bangunan ini digunakan oleh VOC sebagai tempat penyimpanan rempah-rempah. Kini sudah berubah total dan terbuka luas untuk para pengunjung.

Di dalamnya banyak koleksi peninggalan semasa Belanda maupun tambahan pasca-kolonial seperti meriam, teropong, serta perlengkapan pelayaran modern.

Jangan lupa juga baca ulasan kita mengenai berbagai tempat wisata di Surabaya yang populer dan destinasi wisata di Palembang yang jadi favorit para Traveler Lokal maupun Internasional, ya!

Berhubung banyaknya tempat wisata di Jakarta, sebisa mungkin sediakan kamera dan memory penyimpanan foto dalam kapasitas besar.

Bikin pula penyimpanan berbasis cloud biar sewaktu-waktu memori penuh, bisa dipindahkan ke penyimpanan tersebut. Nantinya kan bisa milih-milih mana yang enak diunggah ke Instagram. Ya, kan?

Lalu, objek, destinasi dan tempat wisata Jakarta mana nih yang sering Anda kunjungi atau baru mau mencoba menjelajahi?

Bacalagers Media

Platform Media Digital Seputar Gaya Hidup Terkini, Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Tips Kesehatan, Android Terbaru, Panduan Belajar SEO, Tips menjadi Blogger Sukses, Info Investasi Properti di Indonesia.

1 komentar

  • Eh banyak juga ya ternyata tempat Wisata di jakarta ehm boleh lah setiap Weekend aku sambangi. Masa orang jakarta ga pernah jelajah jakarta ya.

    Makasih untuk info wisata Jakartanya ya, Kak iman..

Follow us

Mari bergabung dan menjadi bagian dari Sahabat Bacalagers Media Community Indonesia ~