rekomendasi objek, destinasi dan tempat wisata palembang paling populer
rekomendasi destinasi wisata palembang

30 Rekomendasi Tempat Wisata Palembang Favorit Traveler

Sejak zaman Kerajaan Sriwijaya sampai sekarang, kota Palembang selalu dipadati oleh para pengunjung. Soalnya kawasan tersebut merupakan titik strategis yang banyak disinggahi wisatawan asing negara luar. Terlebih lagi sekarang sudah banyak beragam objek, destinasi dan tempat wisata Palembang yang tentu mampu mempercantik pemandangan di sana.

Apabila Anda hendak berlibur ke Kota Palembang dan bingung memilih tempat wisata terbaik Palembang, kenapa tidak dimulai dari rekomendasi warga setempat saja? Sebagai warga asli, tentu mereka lebih memahami kelebihan masing-masing wisata Palembang di bawah ini dibanding para pendatang yang selalu mengunjungi berbagai tempat wisata di Indonesia yang menarik.

Pada artikel ini, kita akan membahas daftar tempat wisata kuliner, destinasi wisata alam hingga objek wisata religi palembang yang paling favorit dan ikonik serta merupakan tempat wisata di Sumatera Selatan yang paling banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara dan wajib dikunjungi. Yuk deh cus!

Daftar Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Palembang

daftar rekomendasi tempat wisata kuliner palembang paling hits
wisata kuliner palembang

Selain populer sebagai kota olahraga setelah menjadi tuan rumah SEA GAMES 2011 dan ASEAN GAMES 2018, destinasi dan tempat wisata kuliner terbaik di palembang juga menjadi alasan kenapa para wisatawan memilih untuk traveling ke berbagai objek wisata Palembang yang merupakan ibukota Sumatera Selatan.

Untuk semua Sahabat Bacalagers Media yang merasa pecinta wisata kuliner, intip deh nih daftar pilihan tujuan wisata kuliner terbaik di palembang yang bakal memanjakan lidah kamu selama liburan akhir pekan dan pergantian tahun baru 2019 menuju 2020 ke Kota Palembang!

1. Pempek Saga Sudi Mampir

wisata kuliner pempek saga sudi mampir palembang
wisata kuliner pempek saga sudi mampir

Pempek merupakan makanan khas dari Palembang. Salah satu yang patut dikunjungi adalah Pempek Saga Sudi Mampir di Jl. Merdeka, No. 22, Ilir, Bukir Kecil, akses lokasinya mudah dijangkau dari banyak tempat wisata Palembang yang sering dikunjungi.

Wisata kuliner pempek sudi mampir palembang ini menyediakan menu utama berupa pempek dan dilengkapi dengan es kacang merah.

2. Es Kacang Merah Mamat

wisata kuliner es kacang merah mamat palembang
wisata kuliner es kacang merah mamat

Meskipun hanya jualan es kacang merah, tetapi tempat ini memiliki kekayaan sejarah tersendiri. Pertama kali dibangun pada tahun 1984 di Jl. Kebon Manggis, Kepandean Baru, Ilir Tim. I.

Pasti sangat menyegarkan setelah keliling ke berbagai objek wisata Palembang dan beristirahat sejenak dengan menyeruput es kacang merah khas Kang Mamat, seger banget sumpah rasanya!

3. Pindang Patin Meranjat Ibu Ucha

wisata kuliner pindang patin meranjat ibu ucha palembang
wisata kuliner pindang patin meranjat ibu ucha

Alamat destinasi wisata kuliner pindang meranjat palembang punya Ibu Ucha ada di Jl. Demang Lebar Daun No. 14, Kec. Ilir Barat.

Cita-rasa yang khas dari pindang patin ala Ibu Ucha ada pada kuah rempahnya yang selalu bisa bikin nafsu makan bertambah tiap kali memakannya. Yakin nggak mau mencoba rasa nikmatynya? atau malah mau pergi ke objek wisata Palembang paling menarik lainnya?

4. Pempek Candy

wisata kuliner pempek candy palembang
wisata kuliner pempek candy

Tidak seperti tempat jualan pempek yang alot dan susah dikunyah, destinasi wisata Palembang Pempek Candy menawarkan tekstur yang empuk dan lembut.

Popularitas dari salah satu tempat wisata Palembang berupa rumah makan kuliner pempek asli Palembang ini semakin naik dan sampai sekarang Pempek Candy mudah ditemui karena memiliki banyak outlet.

5. Serendipity Cafe

wisata kuliner serendipity cafe palembang
wisata kuliner serendipity cafe

Wisata kuliner Palembang berupa Kafe milenial yang beralamatkan di Jl. AKBP Cek Agus No. 284, Ilir Tiur II ini sangat beda dengan kafe lain.

Soalnya didesain menggunakan konsep outdoor. Jadi, seakan menyatu dengan alam wisata Palembang yang sering dikunjungi para traveler lokal maupun wisatawan asing. Menunya juga enak-enak dan dijamin bisa memuaskan lidah para pengunjung.

6. B777 Sky Kitchen

wisata kuliner B777 sky kitchen palembang
wisata kuliner B777 sky kitchen

Keunikan dari restoran ini ada pada desain yang menyerupai kabin pesawat. Tidak hanya itu. Menu yang ditawarkan pun begitu beragam. Ada spicy noodle, seafood noodle, mi ayam kuah cha cha, ufo tom yum, dan masih banyak lagi lainnya.

Enggak akan galau deh makan bareng pasangan di salah satu destinasi wisata Palembang paling romantis buat honeymoon!

7. Seoul Restaurant Magal Korean BBQ House

wisata kuliner seoul restaurant magal korean bbq house palembang
wisata kuliner seoul restaurant magal korean bbq house

Sebagaimana namanya, restoran ini hanya menyuguhkan makanan dengan konsep Negeri Gingseng. Menu yang ada di Seoul Restaurant sangat variatif. Mulai dari daging BBQ sampai dengan bibimbap.

Kalo Anda belum sanggup untuk traveling ke seoul, korea selatan. Mendingan jelajahi aja dulu ke banyak wisata Palembang ini yang menyuguhkan kuliner khas korea, dijamin berasa lagi di seoul, deh!

Baca juga: 5 Tempat Wisata Unik dan Menarik di Seoul, Korea Selatan

8. Rumah Makan Pindang Musi Rawas

wisata kuliner rumah makan pindang musi rawas palembang
wisata kuliner rumah makan pindang musi rawas

Ada satu makanan yang paling difavoritkan oleh warga setempat. Namanya tempoyak yang dibuat dari hasil fermentasi, makanan ini selalu diburu para traveler saat menjelajah berbagai wisata Palembang dan sangat terkenal di seluruh penjuru kota Palembang.

Selain tempoyak, ada pula menu lain seperti pindang yang nggak kalah nikmatnya dengan kuliner chicken story dan sushi go.

9. Chicken Story Palembang

wisata kuliner chicken story palembang
wisata kuliner chicken story

Pokoknya serba daging ayam yang selalu berhasil menggoda iman deh. Menu yang ditawarkan antara lain nasi goreng, ikan bakar, ayam goreng, roti bakar, serta lele.

Alamat tempat wisata Palembang untuk menikmati kuliner khas kota pempek ini ada di Jl. POM IX, Ilir Barat I.

10. Sushi GO

wisata kuliner sushi go palembang
wisata kuliner sushi go

Kota Palembang memang juara deh kalau soal wisata kuliner. Seperti yang ada di Sushi Go. Beragam makanan khas Jepang disajikan begitu rapi. Kalau Anda berminat, silakan kunjungi Jl. Rajawali No. 1174, Ilir Timur II.

Dijamin enggak bakal menyesal deh kalo Anda mampir ke wisata Palembang yang isinya kuliner jepang dan bikin lidah enggak berhenti bergoyang.

11. Riverside Restaurant

wisata kuliner riverside restaurant palembang
wisata kuliner riverside restaurant

Kebayang tidak kalau makan sambil duduk memandangi kota? Pasti seru, kan? Pemandangan indahnya wisata Palembang paling terkenal seperti Jembatan Ampera begitu jelas dari Riverside Restaurant.

Menu yang ditawarkan meliputi cah kankung, brengkes, dimsum, serta beragam menu laut khas Palembang lain.

12. Kedai Tiga Nyonya

wisata kuliner kedai tiga nyonya palembang
wisata kuliner kedai tiga nyonya

Alamat tempat wisata kuliner ini ada di Jl. Kartini No. 6A Palembang. Keunikan wisata Palembang berupa kedai ini ada pada konsep bangunannya yang merupakan perpaduan antara gaya arsitektur khas Tionghoa, Belanda, dan Indonesia.

Menu yang bisa Anda nikmati saat traveling ke objek wisata Palembang di Kedai Tiga Nyonya yaitu asam-asam iga, laksa, papeda, dan sebagainya, citaranya khas, gurih dan enak banget deh, pokoknya!

13. Rumah Makan Sri Melayu

wisata kuliner rumah makan sri melayu palembang
wisata kuliner rumah makan sri melayu

Warga setempat sangat doyan mampir ke rumah makan ini. Soalnya menawarkan menu utama berupa sop pindang-udang sungai yang amat lezat. Ada pula pindang ikan, pindang tulang, dan makanan lezat lain.

Kalau Anda mampir ke wisata Palembang ini, ahh pokoknya nikmat banget deh citarasa wisata kuliner ikan pindang dengan tingkat kematangan yang sangat pas dan delicious!

14. Sate Wak Din

wisata kuliner sate wak din palembang
wisata kuliner sate wak din

Suka satai yang hanya dibumbui kecap, tapi tetap lezat tiada tara? Mampirlah ke Sate Wak Din yang beralamatkan di Jl. Azhari 7 Ulu.

Tempat wisata Palembang untuk makan sate ini sudah sangat melegenda bagi warga setempat karena selalu berhasil bikin penikmatnya puas meski hanya makan beberapa tusuk saja.

15. Mie Celor 26 Ilir

wisata kuliner mie celor 26 ilir palembang
wisata kuliner mie celor 26 ilir

Keistimewaan wisata kuliner ini ada pada kuah kentalnya yang beraroma udang. Alamat Mie Celor 26 Ilir ada di JL. K.H. Ahmad Dahlan dan berdekatan dengan Pasar 26 Ilir.

Tempat wisata Palembang ini sudah lama menjadi langganan para backpacker dari berbagai belahan dunia.

16. Martabak HAR

wisata kuliner martabak har palembang
wisata kuliner martabak har

Nama HAR diadopsi dari Haji Abdul Rozak yang notabene keturunan warga India dan sudah meninggal sejak tahun 2001.

Tapi martabak khas ini sudah begitu legendaris dan tidak pernah sepi oleh pelanggan. Alamatnya wisata Palembang ini ada di Jl. Jenderal Sudirman, 18 Ilir, Palembang.

17. Pindang Sophia Kertapati

wisata kuliner pindang sophia kertapati palembang
wisata kuliner pindang sophia kertapati

Suka menu makanan yang berbahan dasar dari pindang baung, pindang patin, serta udang galah berukuran jumbo? Mampir ke Pindang Sophia Kertapati yang beralamatkan di Jl. K.H. M Asyik Palembang.

Seraya menikmati berbagai wisata Palembang yang sering kunjungi, jangan sampe lupa buat mampir dan menikmati citarasa wisata kuliner pindang sophia kertapati ya, dijamin nagih!

18. Rumah Makan H. Abuk

wisata kuliner rumah makan h. abuk palembang
wisata kuliner rumah makan H. Abuk

Kalau bosan menyantap nasi pindang yang rata-rata tersebar di seluruh area Palembang, mampirlah ke Rumah Makan H. Abuk. Alamatnya berada di Jl. Dr. M Isa, 8 Ilir, Palembang.

Lokasi wisata Palembang berupa RM H. Abuk ini dekat sekali dengan Pasar Kuto Palembang.

19. Warung Kopi H. Madina Kuto

wisata kuliner warung kopi h. madina kuto palembang
wisata kuliner warung kopi H. Madina Kuto

Menu yang paling disukai oleh warga setempat adalah laksa, celimpungan, nasi uduk, serta burgo. Wisata Palembang berupa Warung Kopi H. Madina Kuto beralamatkan di Jl. Dr. M Isa, Palembang.

Kalau bicara tentang makanan khas Palembang, tempat wisata kuliner ini selalu menjadi perhatian utama.

Destinasi Wisata Palembang Bernuansa Alam

rekomendasi objek, tempat dan destinasi wisata alam palembang
destinasi wisata alam palembang favorit traveler

Bagi kamu yang sedang berada di Kota Pempek alias Palembang, rasanya sayang sekali kalau enggak menikmati keindahan berbagai macam objek, destinasi dan tempat wisata alam Palembang yang recommended banget buat kamu jelajahi sambil menikmati libur akhir pekan, libur lebaran dan libur akhir tahun baru!

Kapan lagi coba menjelajah wisata Palembang yang bikin mata selalu segar menyejukkan dan bikin betah enggak mau pulang?

20. Hutan Punti Kayu

destinasi wisata alam hutan punti kayu palembang
destinasi wisata alam hutan punti kayu

Meskipun berada di jantung kota Palembang, wisata Palembang ini mampu menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Lokasinya persis berjarak 7 kilometer dari Palembang. Hutan ini memiliki luas hingga 50 hektar.

Wisata alam palembang ini wajib banget kamu kunjungi bareng keluarga, teman, sahabat, pasangan atau siapapun itu sambil menikmati liburan akhir tahun 2019, dijamin bikin betah deh.

21. Air Terjun Lematang Indah

wisata alam air terjun lematang indah palembang
destinasi wisata alam air terjun lematang indah

Ketinggian air terjun ini 40 meter dan alirannya sangat halus. Untuk mencapai lokasi Objek Wisata Air Terjun Lematang Indah, Anda wajib menyeberangi sungai lebih dulu.

Pesona keindahan wisata Palembang satu ini terletak pada alam sekeliling yang serba hijau, asri dipandang dan menyejukkan.

22. Tangga 2001 Pagaralam

destinasi wisata alam tangga 2001 pagaralam palembang
destinasi wisata alam tangga 2001 pagaralam

Lokasi objek wisata Palembang ini ada di lereng Gunung Dempo. Ada deretan anak tangga yang dibangun membelah kebun teh. Sepanjang perjalanan, udara segar selalu menyelimuti pengunjung.

Paling keren itu kalau ke sana ketika udara masih berkabut. Soalnya pemandangan nya itu khas banget dan beda dari tempat wisata Palembang bernuansa alam lainnya.

23. Air Terjun Bidadari Lahat

destinasi wisata alam air terjun bidadari lahat palembang
destinasi wisata alam air terjun bidadari lahat

Setiba di lokasi wisata Palembang ini, badan pasti langsung segar-bugar layaknya belum melakukan aktivitas apa pun.

Untungnya, lokasi wisata alam Air Terjun Bidadari Lahat Palembang mudah dijangkau karena sudah beraspal, terletak 8 km dari Lahat Palembang, Karang, Kec. Pulau Pinang. Tinggi air terjunnya sendiri sekitar 30 meter dengan lebar 10 meter.

24. Danau Ranau

destinasi wisata alam danau ranau palembang
destinasi wisata alam danau ranau

Luas danau ini 125,9 kilometer, luar biasa luas memang. Keindahan wisata Palembang ini baru terasa ketika Anda berdiri di area yang lebih tinggi dan memperhatikan danau tersebut seakan-akan ceruk ajaib bagai destinasi wisata telaga biru yang menarik perhatian traveler lokal dan asing.

Udara yang ada di objek wisata Palembang ini pun sangat segar dan sejuk. Terutama ketika pagi hari, gih sana traveling bareng kekasih tercinta. Cocok juga sih buat honeymoon ~

25. Bukit Siguntang

destinasi wisata alam bukit siguntang palembang
destinasi wisata alam bukit siguntang

Dulu, sebelum dibangun dan dijadikan sebagai tempat wisata Palembang, Bukit Siguntang dijadikan sebagai tempat ibadah. Begitu pula ketika Kerajaan Sriwijaya masih berkuasa.

Sekarang, banyak warga setempat maupun wisatawan luar daerah yang mengunjungi wisata sejarah Bukit Siguntang Palembang untuk berkumpul ria sambil mengobrol ringan.

Objek Wisata Palembang Paling Ikonik dan Religi

rekomendasi destinasi, tempat dan objek wisata palembang paling ikonik dan religi
rekomendasi objek wisata palembang paling ikonik dan religi

Kota yang sangat terkenal dengan pempeknya ini punya banyak objek dan destinasi wisata Palembang yang menarik dan terbaik. Salah satunya ya wisata ikonik, bersejarah dan religi di Palembang ini.

Selain menambah edukasi, tempat wisata religi palembang ini akan mendekatkan kita pada Tuhan. Kira-kira wisata religi dan wisata ikonik terbaik apa aja di Palembang? Intip yuk!

26. Museum Tekstil Palembang

objek wisata palembang museum tekstil
objek wisata museum tekstil palembang

Keunikan bangunan bersejarah ini terdapat pada arsitekturnya yang bergaya Eropa. Meskipun sudah tua, tapi warga setempat maupun pemerintah daerah menjaganya dengan baik.

Alamat Museum Tekstil Palembang berada di Jl. Merdeka No. 9, Bukti Kecil, Palembang yang menjadikan museum ini sebagai wisata Palembang paling ikonik.

27. Monumen Perjuangan Rakyat

objek wisata palembang berupa monumen perjuangan rakyat
objek wisata monumen perjuangan rakyat

Monumen ini dibangun untuk memperingati perjuangan rakyat Palembang ketika dulu pernah perang selama 5 hari 5 malam ketika melawan kolonial Belanda.

Lokasi wisata Palembang satu ini sangat dekat dengan Masjid Agung Sultan Baddaruddin serta Museum Sultan Mahmud Baddaruddin II.

28. Tugu Ikan Belido

objek wisata palembang tugu ikan belido palembang
objek wisata tugu ikan belido

Destinasi wisata palembang ini sudah dijadikan warga setempat sebagai ikon-nya Palembang. Sama halnya dengan destinasi, objek dan tempat wisata Singapura dengan Patung Merlion-nya yang instagrammable.

Bentuk tugu ini diserupakan dengan patung ikan belido raksasa dengan mulut menyemburkan air dalam kapasitas besar.

29. Jembatan Ampera

jembatan ampera, objek wisata palembang paling ngehits di indonesia

Kurang afdol jika main ke Palembang tanpa menginjakkan kaki di kawasan Jembatan Ampera, salah satu ojek wisata Palembang paling populer.

Jembatan ini pertama kali dibangun pada tahun 1962. Panjangnya sendiri sekitar 50 meter, tapi mampu menawarkan pemandangan indah.

30. Masjid Agung Sultan Baddaruddin

objek wisata palembang masjid agung sultan baddaruddin paling religi dan ikonik
objek wisata religi masjid agung sultan baddaruddin

Tempat wisata palembang yang terakhir ini juga sangat ikonik karena desain arsitekturnya dipengaruhi oleh 3 budaya sekaligus, yakni dari Indonesia, Eropa, dan Cina. Benaran pas banget dijadikan sebagai wisata religi dan ikonik. Keindahannya bukan cuma dari gaya arsitektur, tetapi juga dari maknanya berdasarkan sejarah sultan baddaruddin.

Rekomendasi tempat wisata palembang yang jadi pilihan warga setempat tidak pernah salah. Terbukti, sampai sekarang ke-30 objek wisata di Palembang tersebut selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Begitu momen liburan tiba, mari bertandang dan jangan lupa ajak keluarga agar kebahagiaan terasa lebih hangat.

Wah ternyata ada banyak banget pilihan objek, destinasi dan tempat wisata Palembang yang bisa dikunjungi. Wisata Palembang memang juaranya bikin bahagia, ya. Dari semua daftar diatas sebenarnya masih sedikit tapi populer dan rekomendasi warga setempat yang selalu disambangi para traveler dan mana nih yang udah pernah Kamu sambangi dan ingin kamu kunjungi dalam waktu dekat atau saat libur natal dan tahun baru nih?

Bacalagers Media

Platform Media Digital Seputar Gaya Hidup Terkini, Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Tips Kesehatan, Android Terbaru, Panduan Belajar SEO, Tips menjadi Blogger Sukses, Info Investasi Properti di Indonesia.

Yuk diskusi

Follow us

Mari bergabung dan menjadi bagian dari Sahabat Bacalagers Media Community Indonesia ~