7 Vitamin untuk Retina Mata yang Aman Dikonsumsi Sehari-hari

  • Bagikan

Seperti yang kita tahu, tubuh memerlukan asupan vitamin agar tetap fit dan bugar. Begitu juga dengan mata, sebagai indera penglihatan manusia, kita perlu vitamin untuk retina mata yang aman dikonsumsi setiap hari.

Menurut sebuah penelitian vitamin yang kita konsumsi, bisa bermanfaat untuk kesehatan mata, antara lain vitamin A, vitamin C dan vitamin E, beta-karoten, flavonoid, asam lemak omega-3 dan zinc.

Semua asupan tersebut bisa menjadi vitamin retina mata yang dapat kamu konsumsi setiap hari. Tak hanya ditemukan dalam sayuran wortel dan strawberry tapi masih banyak sayuran yang menyediakan vitamin untuk kesehatan mata.

Baca juga: 11 Multivitamin Terbaik untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Beragam nutrisi tersebut bisa meminimalkan risiko berkurangnya daya penglihatan seiring bertambahnya usia, juga risiko terkena katarak.Namun, jika abai melakukannya maka bisa saja kita mengalami retina lepas.

Apa itu Retina Lepas

daftar nama nama vitamin untuk retina mata yang aman dikonsumsi sehari-hari

Retina lepas atau ablasio retina adalah penyakit mata akibat lepasnya lapisan tipis di dalam mata yang disebut retina. Kondisi seperti ini tergolong berat dan bisa menyebabkan kebutaan permanen jika terlambat mengobatinya.

Pasalnya, retina mata merupakan bagian penting yang berfungsi memproses cahaya yang ditangkap oleh mata. Setelah ditangkap, cahaya diubah menjadi sinyal listrik dan diteruskan ke otak. Sinyal ini kemudian diproses di dalam otak dan ditafsirkan sebagai gambar oleh mata.

Jika retina terlepas dari posisinya, maka penglihatanmu akan terganggu. Gangguan yang terjadi bisa sebagian atau bahkan keseluruhan pada matamu.

Semuanya tergantung dari seberapa besar bagian retina yang lepas. Retina lepas atau ablasi biasanya terjadi pada siapapun, khususnya orang-orang yang berusia 50 tahun ke atas. Jadi jangan abaikan hal ini terjadi, bila kamu tak ingin menyesalinya di kemudian hari.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Jerawat Membandel Dengan Cepat dan Aman

Penyebab retina lepas adalah terjadi ketika retina mata terlepas dari pembuluh darah yang menyalurkan oksigen dan nutrisi ke mata. Gejalanya tidak menimbulkan rasa sakit, hilangnya penglihatan bisa terjadi secara tiba-tiba atau ditandai dengan beberapa gejala.

Daftar Nama-nama Vitamin untuk Retina Mata

daftar nama nama vitamin untuk retina mata yang aman dikonsumsi sehari-hari

Ada baiknya kita mengonsumsi vitamin untuk retina mata seperti, vitamin A untuk melindungi mata dari gangguan penglihatan.

Vitamin C untuk membantu melindungi mata dari radikal bebas dan membantu tubuh menyerap lebih banyak mineral dan nutrisi.

1. Vitamin A

Kandungan vitamin mata alami yang satu ini baik untuk retina mata. Kandungan vitamin A dapat melindungi mata dari gangguan mata kering.

Baca juga: 9 Cara Gula Merusak Tubuh Manusia yang Harus Diketahui

Sumber makanan yang mengandung vitamin A bisa diperoleh melalui daging sapi, telur, mentega dan susu.

2. Vitamin D

Manfaat vitamin D untuk mata yaitu untuk mengurangi risiko degenerasi makula.

Sumber makanan yang mengandung vitamin D bisa kamu peroleh saat mengonsumsi, salmon, sarden dan susu.

3. Vitamin E

Vitamin E dapat menjaga sel dan jaringan agar tetap kuat terlindungi dari gangguan peradangan mata. Kamu bisa mengonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, dan makanan laut.

4. Beta-Karoten

Manfaat dari beta-karoten adalah dapat mengurangi degenerasi makula. Kandungan beta-karoten bisa kamu peroleh lewat wortel, ubi jalar, bayam, kangkung dan labu.

5. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak 0mega-3 memiliki manfaat yang baik untuk mata. Selain bisa mencegah degenerasi makula, vitamin retina mata terbaik ini juga dapat melindungi dari mata kering.

Sumber makanan yang mengandung asam lemak omega-3 bisa kamu dapatkan dari salmon, minyak ikan dan biji rami.

6. Flavonoid

Kandungan flavonoid bermanfaat untuk melindungi mata dari gangguan katarak dan degenerasi makula.

Kandungan flavonoid bisa kamu temukan jika mengonsumsi teh, anggur merah, jeruk, bilberry, blueberry, ceri, kacang-kacangan dan kedelai.

7. Zinc

Siapa sangka zinc juga bermanfaat untuk sel, menjaga kesehatan sirkulasi, menyeimbangkan hormon yang mencegah reaksi autoimun dan melindungi mata. Kamu bisa mengonsumsi ikan, daging sapi, daging kambing, dan kacang-kacangan.

Oh iya, kepiting dan tiram ternyata dianggap sebagai sumber vitamin untuk mata karena memiliki kandungan zinc yang tinggi. Sehingga akan membantu kerja retina mata tetap optimal.

Ternyata tak sulit menemukan vitamin retina mata yang aman dikonsumsi setiap harinya. Jika rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin untuk retina mata, maka kamu akan terhindar dari risiko mata kabur.

Namun, buat kamu yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai vitamin untuk retina mata selain dari asupan makanan, kamu bisa langsung mengunjungi KMN EyeCare. Di sana kamu akan diberi penjelasan oleh dokter mata berpengalaman dengan alat yang canggih.

Sebelum berkunjung KMN EyeCare, kamu bisa melihat testimoni KMN EyeCare terlebih dulu. Mungkin kamu akan tahu opini apa saja yang diberikan oleh pasien KMN EyeCare selama menjalani pemeriksaan dan pengobatan mata di sana.

Tunggu apalagi, jangan sampai terlambat mengonsumsi vitamin untuk retina mata agar hari-harimu tetap nyaman tanpa terhalang oleh penglihatan yang buruk.

  • Bagikan