Apa Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan? Temukan Jawabannya di Sini!

manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan

Sebagian orang mungkin belum mengetahui tentang manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan yang ternyata sangat banyak.

Lidah buaya memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, yang apabila dilakukan dengan rutin dan sesuai takaran akan menghasilkan hasil yang baik pada kesehatan dan kecantikan.

Meskipun begitu, lidah buaya bukanlah pengganti obat dokter. Jadi kamu tetap harus mengkonsultasikan kondisi kesehatanmu ke dokter dan mendapatkan resep obat yang sesuai.

Nah, apabila kamu tidak memiliki banyak waktu luang untuk keluar rumah, kamu bisa konsultasi ke dokter melalui klik dokter dengan download di sini.

Lantas apa manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan? Yuk simak pembahasan khasiat tanaman Lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan di bawah ini!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan

1. Melancarkan Pencernaan

Lidah buaya mengandung antrakuinon yang berfungsi untuk menjadi obat pencahar alami. Cara mengkonsumsi lidah buaya untuk melancarkan pencernaan yaitu dengan membuatnya sebagai jus.

Agar tidak memberikan efek samping yang tidak diinginkan, kamu harus tetap mengolah daging lidah buaya dengan baik dan memperhatikan kebersihannya, serta kamu tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan yang justru nantinya membuat kamu menjadi diare.

2. Mengobati Luka Bakar

Tanaman Lidah buaya memiliki kandungan yang dapat mengobat luka bakar pada tingkat satu dan tingkat dua.

Tumbuhan Lidah buaya memiliki kandungan yang dapat meregenerasi jaringan kulit sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar terutama luka bakar karena sinar matahari.

3. Merawat Kesehatan Mulut

Manfaat kesehatan lainnya dari lidah buaya yaitu dapat membantu menghilangkan plak dan membunuh bakteri yang membuat gigi berlubang.

Kamu mungkin juga sering melihat produk pasta gigi yang mengandung lidah buaya, hal ini karenakan lidah buaya memiliki kandungan yang bisa menyembuhkan infeksi radang gusi, dan menghilangkan jamur pada mulut.

4. Mengobati GERD

Lidah Buaya memiliki potensi untuk mengobati kesehatan pencernaan, seperti sendawa, nyeri ulu hati, dan mual yang termasuk pada gejala GERD. Tapi, lidah buaya tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, dan harus di racik dengan sebaik mungkin.

Dalam pengolahan daging lidah buaya yang dijadikan untuk jus. Kamu harus mengupas lidah buaya dan cuci bersih hingga lendir kuning pada lidah buaya hilang.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Konsumsi lidah buaya dua sendok setiap harinya dalam waktu dua minggu dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah diabetes tipe dua.

Akan tetapi konsumsi lidah buaya tidak boleh bersamaan dengan obat penurun glukosa, karena akan memberikan efek menurunkan gula darah yang sangat signifikan yang justru memberikan efek samping untuk kesehatan yang sangat buruk.

6. Sumber Vitamin C

Dalam daging lidah buaya terdapat kandungan vitamin C yang tinggi yang sangat baik untuk kesehatan.

Lidah buaya juga berfungsi untuk antioksidan dan melawan inflamasi peradangan sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Vitamin C pada lidah buaya juga membantu tubuh kamu untuk melawan radikal bebas sehingga tubuh dan kulit milik bu tetap sehat dan terjaga.

7. Membantu Mengobat Peradangan pada Gusi

Lidah buaya memiliki kandungan antimikroba dan antibakteri yang berfungsi untuk mengobati dan meredakan peradangan pada gusi.

Sehingga gusi yang mengalami peradangan rasa nyerinya akan berangsur-angsur menghilang dan membaik.

8. Mencegah Ulkus pada Lambung

Lidah buaya memiliki kandungan anti radang dan Vitamin C yang tinggi sehingga berfungsi untuk mencegah pembentukan ulkus pada lambung atau infeksi lambung.

Kamu dapat mengkonsumsi lidah buaya sebagai jus, yang sebelumnya kamu olah dengan baik dan higienis.

9. Menyembuhkan Sariawan

Kandungan Vitamin C yang tinggi membuat lidah buaya sangat efektif untuk mempercepat penyembuhan sariawan.

Meskipun begitu, lidah buaya tidak lebih efektif kinerjanya dibandingkan obat apotek.

Apa Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan?

manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan

Nah, setelah kamu mengetahui manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Kamu juga perlu tau ternyata tanaman tropical ini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, sehingga kamu bisa menggunakannya sebagai perawatan kecantikan alami, yang bisa kamu buat di rumah.

Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin yang berfungsi membuat kulit kamu menjadi lembab dan tetap sehat.

1. Menghilangkan Jerawat

Lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi yang sangat berguna untuk menghilangkan jerawat dengan mudah dan cepat dalam 7 hari.

Cara penggunaannya cukup mudah kamu dapat mengambil daging lidah buaya lalu di oleskan pada bagian jerawat kamu yang meradang dengan menggunakan kapas.

2. Membuat Kulit Lembab

Daging lidah buaya yang memiliki tekstur seperti gel ternyata sangat mudah diserap oleh kulit wajah, sehingga sangat baik untuk kulit berminyak dan kering yang berguna untuk terus melmbapkan kulit wajah.

Sebab tanaman lidah buaya memiliki kandungan mineral, yang akan membuat kulit terus tampak segar dalam kondisi ekstrim sekalipun.

Selain itu lidah buaya juga sangat baik untuk dijadikan pelembab ketika habis mandi, karena didalamnya mengandung banyak vitamin seperti Vitamin A, C, dan E.

3. Memperlambat Penuaan Kulit

Lidah Buaya memiliki kandungan yang berperan untuk meningkatkan kolagen serta elastisitas pada kulit.

Sehingga lidah buaya sangat bermanfaat untuk memperlambat penuaan dini pada kulit.

4. Mengobati Iritasi Kulit

Lidah buaya yang memiliki sifat untuk melembabkan kulit dapat mengobati beberapa penyakit kulit seperti Rosacea, Eksim, dan Psoriasis. Kulit kamu akan dibuat tenang karena terdapat kandungan asam lemak dan Enzim Bradikinin.

5. Mencerahkan Wajah

Lidah buaya yang kandungannya kaya akan mineral dan Vitamin C tentunya dapat membantu wajah kamu menghilangkan noda hitam di wajah dan membuatnya tampak lebih cerah karena bersih.

Kamu dapat menggunakannya secara rutin, karena lidah buaya memiliki antioksidan yang berperan melembutkan kulit dan membuatnya lebih kencang dan kenyal.

Demikianlah informasi apa manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan yang harus kamu ketahui. Agar kamu dapat menggunakan lidah buaya dengan sebaik mungkin.