Resep Enak tapi Sehat Menggunakan Susu Penambah Berat Badan

  • Bagikan

Susu diyakini bisa membantu menaikkan berat badan. Untuk itu, tak heran ada produk susu penambah berat badan beredar di pasaran.

Susu semacam itu dianggap lebih efektif ketimbang susu sapi biasa. Lantaran mengandung total kalori yang lebih banyak dari susu sapi biasa.

Baca juga: 2 Cara Membiasakan Diri untuk Memiliki Tinggi Badan yang Optimal

Mengutip frisianflag.com, segelas susu penambah berat badan mengandung kalori 97-117 kcal lebih banyak daripada segelas susu sapi biasa.

Demikian pula dengan kandungan penting lainnya seperti lemak 2,6 gr, protein 7 gr, dan gula 4 kg lebih banyak dari segelas susu sapi biasa.

Baca juga: 9 Cara Gula Merusak Tubuh Manusia yang Harus Diketahui

Cara Menambah Berat Badan dengan Susu

Lalu, apa hubungannya susu, kalori yang lebih banyak dari susu biasa, dengan menambah berat badan?

Salah satu upaya ampuh menambah berat badan adalah dengan cara mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda butuhkan.

Dilansir dari Hellosehat, biasanya kalori tambahan yang dibutuhkan mencapai 500-1000 kalori per hari. Menambah kalori harian sebanyak itu konsisten selama seminggu penuh diyakini bisa menambah 0,5 – 1 pon berat badan manusia.

Nah, susu penambah berat badan yang mengandung kalori tinggi berperan dalam memberi kalori ekstra tersebut.

Satu gelas susu bisa menyediakan kira-kira hingga 149 kalori, jadi jika Anda minum 2 gelas setiap hari, maka berat badan Anda kira-kira bisa naik lebih dari setengah pon atau kira-kira 0,3 kg per minggu.

Untuk tambahan kalori ekstra, cobalah minum susu cokelat full fat atau full cream. Sebab biasanya susu semacam ini mengandung lebih banyak kalori yakni hingga 208 kalori per gelasnya.

Jadi, jika Anda minum 2 gelas susu coklat full fat per hari, maka akan lebih banyak pula berat badan yang akan setiap minggunya.

Baca juga: Sarapan Gorengan Tambah Legit Dengan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold

Selain dari kandungan kalori, kandungan lainnya yakni protein dalam susu juga berperan penting. Susu penambah berat badan atau susu full fat biasanya mengandung hingga 8 gr protein per gelasnya.

Protein dalam susu merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang baik buat tubuh.

Protein dalam susu lengkap, yang berarti mengandung semua asam amino yang Anda butuhkan untuk mendapatkan massa tubuh tanpa lemak, termasuk jaringan otot.

Anda setidaknya membutuhkan 0,8 gram protein per pon berat badan Anda setiap harinya bila ingin menggemukkan badan.

Jadi 2 gelas susu full fat yang mengandung total 16 gram protein bisa menyediakan sekitar 13% dari kebutuhan protein harian untuk orang dengan berat 150 pon atu 68 kg.

Kandungan lain yang tak kalah penting adalah lemak. Selain menaikkan kalori dalam susu, lemak – bersama dengan karbohidrat – berfungsi sebagai sumber bahan bakar untuk otot Anda.

Minum susu dapat memberi Anda energi untuk mampu mengikuti program berat (angkat beban) yang dibutuhkan untuk mendapatkan otot.

Jadi, tunggu apalagi, buat kamu yang serius menambah berat badan jangan ragu beralih konsumsi susu penambah berat badan, ya!

Resep Enak dengan Susu Penambah Berat Badan

resep enak dengan susu penambah berat badan

Ada beragam cara mengonsumsi susu penambah berat badan. Susu dapat dikonsumsi langsung atau dicampur dalam adonan makanan atau hidangan tertentu.

Untuk waktunya, susu lebih baik dikonsumsi di antara waktu makan untuk membantu menambah berat badan. Memberikan susu di antara waktu makan adalah yang paling efektif.

Bila Anda tak masalah dengan cara mengonsumsi susu penambah berat badan secara langsung, silakan saja. Namun, bila Anda tak begitu suka rasa susu atau bosan dengan cara minum susu pada umumnya, ini ada resep enak yang bisa dicoba.

Resep Puding Roti Enak dan Sehat

Menu ini adalah hidangan manis yang sangat sederhana yang dibuat dengan susu. Anda bisa membuatnya untuk diri sendiri, seluruh anggota keluarga atau bahkan untuk tamu.

Untuk membuat puding roti, Anda juga bisa menggunakan susu penambah berat badan atau susu kental manis full cream sebagai pengganti susu.

Bahan-bahan:

  • 4 hingga 5 potong roti gandum utuh
  • 500 ml atau 2 gelas susu penambah berat badan
  • 4 sampai 5 sdm gula pasir
  • ½ cangkir almond, cincang kasar
  • 2 sdm mentega

Cara membuat:

  1. Oleskan sedikit mentega di kedua sisi irisan roti.
  2. Panaskan wajan anti lengket dan panggang irisan sampai renyah.
  3. Panaskan susu di panci lain.
  4. Tambahkan gula dan almond.
  5. Tempatkan irisan roti dalam loyang dan tuangkan adonan susu di atasnya.
  6. Panaskan oven 180 derajat lalu panggang irisan roti selama 6 hingga 8 menit.
  7. Dinginkan di lemari es.
  8. Hiasi dengan sisi almond saat hendak disajikan.

Nah, sekarang sudah tahu kan resep praktisnya? Yuk, cobain di rumah!

  • Bagikan