4 Posisi Menggendong Bayi yang Nyaman dan Aman

  • Bagikan

Siapa di sini yang masih menggendong bayi secara sembarangan, hanya dengan mengikuti kenyaman diri sendiri dapat membuat fatal pada tumbuh kembang bayi. Anda bisa menggendong bayi yang benar jika mengikuti arahan seperti berikut, tentunya aman dan nyaman.

1. Menggendong Sambil Menyusui

Ketika menggendong dan ingin menyusui anak di dalam gendongan, Moms harus menguasai skill menyusui dan cara menggendong bayi secara terpisah sebelum menggabungkannya.

Namun jika bisa, sebaiknya saat menyusui anak, seorang ibu harus dalam kondisi santai sehingga proses menyusui pun bisa menjadi momen yang begitu berharga.

Ibu harus senantiasa mengecek kondisi bayi.

Anak yang menyusui di dalam gendongan harus memiliki sirkulasi udara yang baik, karena rawan pengap.

Ketika sudah selesai menyusui, kembalikan posisi menggendong ke posisi semula.

Posisi menyusui di dalam gendongan yang terbaik bagi setiap orang berbeda.

Nah, semoga cara menggendong bayi yang benar sambil menyusui ini bisa diterapkan di rumah, ya.

2. Menggendong Ketika Hamil

Hamil lagi ketika usia anak masih perlu dan suka digendong menjadi tantangan tersendiri bagi seorang ibu. Jika ibu merasa kuat, tidak apa untuk menggendong.

Namun, jika ibu merasa tidak kuat dan terjadi flek setelah menggendong, seorang ibu perlu mengevaluasi dirinya kembali apakah memungkinkan untuk menggendong ketika hamil.

Jika kondisi baik-baik saja, cara menggendong bayi ketika hamil, hindari gendongan yang menekan daerah perut.

Tips aman cara menggendong bayi saat hamil adalah dengan menggunakan gendongan yang tidak ada bantalan di daerah pinggang seperti onbuhimo, ringsling atau woven wrap.

3. Gunakan Gendongan Ergonomis

Gendongan ergonomis adalah gendongan yang nyaman digunakan oleh penggendong, yakni mampu menopang berat anak dengan persebaran berat yang merata sehingga tidak membuat sakit di titik-titik tertentu saja.

Dia juga mesti nyaman dipakai oleh anak yakni menyesuaikan dengan ukuran tubuh anak dan mengikuti pertumbuhan anak.

Gendongan jenis ini biasanya memiliki body panel yang cukup lebar sehingga kaki anak bisa membentuk spread squat position atau yang dikenal dengan sebutan M-shape.

Cara menggendong bayi yang benar ini tentu untuk kenyamanan ibu dan juga Si Kecil.

4. Hati-hati Ketika Berbenah atau Memasak sambil Menggendong

Menggendong memang bisa menjadi alternatif agar bisa multitasking mengerjakan pekerjaan rumah tanpa harus meninggalkan anak yang tengah membutuhkan pelukan seorang ibu.

Namun, Moms perlu hati-hati ketika harus mengerjakan pekerjaan rumah sembari menggendong.

Misalnya, ketika memasak, sebaiknya cara menggendong bayi dengan benar yakni anak digendong di belakang untuk memudahkan pergerakan ibu serta menghindari anak terkena percikan air panas atau minyak goreng.

Tips aman cara menggendong bayi saat memasak adalah Moms perlu hati-hati apalagi ketika anak sudah mulai penasaran ingin menyentuh berbagai macam barang.

Agar bayi tetap nyaman moms bisa menggunakan popok bayi yang dapat membuat bayi tetap nyaman bergerak seharian seperti popok Merries.

  • Bagikan