Bisnis  

Inilah 5 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula

cara mendapatkan uang dari internet
cara mendapatkan uang dari internet

Internet pada zaman sekarang memang memiliki peranan yang sangat penting. Selain untuk menunjang kegiatan Anda dalam bekerja, sekolah, atau mencari hiburan, melalui internet Anda dapat melakukan apapun. Termasuk mendapatkan uang dari internet.

Ada banyak sekali ide bisnis yang bisa Anda praktekkan dari internet. Mulai dari berjualan, sebagai influencer, membuat konten, dan lain sebagainya.

Baca juga: 25 Kerja Sampingan Anak Sekolah SMA SMK yang Menjanjikan

Rekomendasi Pilihan Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Toko Online

Saat ini seseorang tidak perlu mempunyai modal banyak untuk mempunyai toko sendiri. Hanya modal internet, seseorang bisa mempunyai toko pribadi. Platform yang menaungi para penjual juga semakin berkembang.

Platform yang popular di Indonesia di antaranya adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Akulaku, JD.ID, dan lain-lain. Ibarat mereka adalah pasar, maka semua marketplace adalah pasar yang tak terbatas oleh ruang dan waktu.

Pendaftaran di berbagai marketplace pun gratis. Jadi, Anda tidak perlu pusing menyewa tempat fisik. Bahkan, ada yang memulai toko onlinennya tanpa apapun alias tidak mempunyai barang, yakni dengan metode dropship.

Seorang dropshipper hanya perlu mempromosikan barang milik supplier. Jika ada yang membeli, maka ia akan mengambil dari suppliernya.

Baca juga: Cara Membuat Toko Online Gratis Untuk Pemula Tanpa Ribet [5 Menit Jadi]

2. Membuat Blog

Pernahkah Anda berpikir bahwa hanya dengan menulis sesuai hobi di website dapat menghasilkan cuan?

Atau, pernahkah Anda membaca artikel yang tersedia di website lalu muncul iklan atau pada tulisan tersebut secara tidak sadar ada produk rekomendasi yang ditawarkan?

Nah, hal tersebut merupakan salah satu dari berbagai cara mendapatkan uang dari internet.

Banyak contoh full time blogger sukses yang mendapat cuan dari angka ratusan ribu hingga ratusan juta.

Salah satu contoh nyata adalah pemilik platform bospedia. Diceritakan oleh pemiliknya bahwa pernah mencapai angka 300 jutaan, lho.

Untuk membuat blog, Anda bisa menulis apa saja. Tentu, untuk mendukung kenaikan traffic blog sebagai penunjang penghasil cuan, Anda disarankan agar fokus menulis di satu niche. Jangan gado-gado.

Baca juga: Panduan Praktis: Cara Membuat Blog Gratis di Blogger untuk Pemula (Update Terbaru)

3. Mengikuti Program Afiliasi

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan agar mendapatkan uang dari internet adalah dengan mengikuti program afiliasi atau affiliate marketing.

Program afiliasi sangat digandrungi oleh pemain internet marketing. Sebab, hanya dengan memasang link produk atau jasa, Anda bisa mendapatkan komisi jika ada yang membeli produk atau jasa dari link yang Anda bagikan.

Anda bisa memasang link afiliasi di blog, tiktok, instagram, atau media lainnya. Setiap penyedia program afiliasi mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda-beda.

Misalnya program afiliasi shopee, Anda hanya bisa mendaftar program ini jika memiliki follower minimal 5000.

4. Menjadi Freelance Writer

Freelance Writer atau Penulis Lepas merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Jika Anda mempunyai keahlian menulis artikel, maka cara ini bisa Anda coba untuk menghasilkan uang dari internet.

Saat ini, hampir semua perusahaan besar membutuhkan konten berupa artikel untuk mengisi websitenya. Jadi, keberadaan freelance writer sangat dibutuhkan.

Selain mencari informasi langsung dari perusahaan, Anda bisa mencari info pencari jasa penulis konten lepas melalui platform seperti freelancer, upwork, sribulancer, project, dan lain-lain.

Bisa juga Anda membuka jasa penulisan konten secara pribadi.

Baca juga: 18 Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa, Omzet Puluhan Juta!

5. Menjual Jasa Desain Grafis

Apakah Anda jago dalam mendesain? Jika Anda mempunyai keahlian desain grafis, Anda dapat menjual jasa desain grafis untuk berbagai kebutuhan klien.

Kebutuhan visual di era industri 4.0 ini sangat diperlukan dalam persaingan bisnis. Jadi, peluang Anda menjual jasa ini semakin terbuka lebar.

Selain menjual jasa desain grafis, Anda juga dapat membuka online course desain grafis atau menjual karya hasil desain.

Sebagai contoh nyata, Kimi Kinsey mampu meraup cuan hingga US$2.000 per bulan hanya membuka online course desain grafis.

Baca juga: 20 Situs Penyedia Download Template PowerPoint Gratis, Keren & Terlengkap

Itulah 5 dari cara mendapatkan uang dari internet. Sebenarnya masih banyak sekali cara untuk mendapatkan uang dari internet seperti menjual karya foto, membuka online course, menjadi admin, pembantu virtual, dan lain sebagainya.

Saat menjalankan usaha ini, tentu Anda membutuhkan paket internet yang kuat dan stabil. Tujuannya agar pekerjaan Anda bisa berjalan lancar dan tanpa hambatan.

Produk yang bisa Anda pilih adalah paket data dari My Orbit Telkomsel. Dengan jangkauan wilayah yang kuat, serta jaringan yang kuat dan stabil, pekerjaan Anda bisa lancar dan tanpa hambatan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan uang dari internet dengan lebih mudah dan lancar ~