4 Kebiasaan Menjelang Lebaran yang Sering Dilakukan Banyak Orang

0 12
4 Kebiasaan Menjelang Lebaran yang Sering Dilakukan Banyak Orang

Lebaran merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap muslim. Apalagi setelah berjuang menahan hawa nafsu selama kurang lebih 30 hari, membuat suasana lebaran seolah merupakan sebuah perayaan kebebasan dan kemenangan semua umat muslim. Ternyata ada banyak sekali kebiasaan menjelang lebaran yang tanpa sadar selalu dilakukan.

Seolah menjadi sebuah tradisi, kebiasaan tersebut selalu dilakukan oleh hampir semua umat muslim di Indonesia. Walaupun tidak ada aturan khusus yang mengharuskan hal tersebut dilakukan, tetapi banyak sekali orang yang melakukan kebiasaan itu secara beramai-ramai. Kebiasaan yang dilakukan pun adalah beberapa kebiasaan yang hanya bisa dijumpai saat menjelang lebaran saja.

Beberapa Kebiasaan Menjelang Lebaran yang Paling Sering Dilakukan

4 Kebiasaan Menjelang Lebaran yang Sering Dilakukan Banyak Orang
Kebiasaan dan Tradisi Menyambut Lebaran di Indonesia pada Umumnya oleh Banyak Orang

Ada banyak sekali hal-hal yang akan dilakukan menjelang momen perayaan lebaran. Karena hal tersebut selalu dilakukan setiap tahun, maka hal ini pun lama-kelamaan menjadi sebuah kebiasaan yang menjadi lazim dilakukan menjelang lebaran. Beberapa kebiasaan menjelang lebaran yang lazim dilakukan oleh masyarakat muslim di Indonesia antara lain:

1. Mudik ke Kampung Halaman

Salah satu kebiasaan yang tak pernah lepas menjelang lebaran adalah mudik ke kampung halaman. Banyak orang yang berbondong-bondong melakukan kebiasaan ini. Biasanya menjelang lebaran, suasana jalan dan sarana transportasi umum akan dipadati oleh banyak pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya.

Biasanya puncak arus mudik akan terjadi menjelang seminggu sebelum lebaran. Semua orang yang sudah mendapatkan jatah liburannya ke berbagai tempat wisata menarik akan berbondong-bondong berangkat menuju kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama keluarga. Oleh karena itu, mudik lebaran sudah menjadi kebiasaan menjelang lebaran yang rutin dilakukan oleh semua orang.

2. Membeli Baju Baru

Hal yang sering dilakukan saat akan menjelang lebaran adalah membeli baju baru. Kebiasaan ini telah ada sejak zaman dahulu dan terus ada hingga sekarang. Momen lebaran merupakan sebuah momen untuk berkumpul dengan sanak saudara dan kerabat dekat. Oleh karena itu, banyak sekali orang-orang yang menggunakan pakaian yang serba baru agar terlihat menarik.

Menjelang lebaran, semua toko-toko dan pusat perbelanjaan akan dipenuhi oleh orang-orang yang ingin membeli pakaian baru. Mereka akan membeli baju, celana, gamis, jilbab, bahkan perlengkapan sholat yang baru. Biasanya juga pada saat menjelang lebaran, akan ada banyak sekali diskon yang ditawarkan.

3. Membuat Kue Kering Lebaran

Kebiasaan menjelang lebaran yang sering dilakukan selanjutnya adalah membuat kue kering lebaran. Ada banyak sekali jenis kue kering lebaran murah meriah yang sering dibuat oleh banyak orang. Beberapa jenis kue kering itu adalah kue nastar, kue putri salju, dan beberapa macam kue kering lainnya yang tak akan pernah absen pada saat lebaran.

Nantinya kue-kue tersebut akan menjadi salah satu kudapan pada saat lebaran bersama keluarga dan kerabat. Biasanya pada saat lebaran, akan banyak sekali jenis kue kering yang tertata di atas meja yang tentu saja akan menggugah selera untuk dimakan bersama-sama.

4. Menukarkan Uang untuk THR

Hal yang tidak boleh dilewatkan ketika lebaran adalah meminta dan memberi THR. Karena memberi THR sudah menjadi sebuah tradisi yang lazim saat lebaran, maka akan banyak sekali orang yang menukarkan sejumlah uang menjadi beberapa pecahan yang lebih kecil agar lebih mudah untuk dibagikan ke anggota keluarga atau kerabat terdekat.

Demikianlah ulasan kita tentang 4 Kebiasaan dan Tradisi Khas Menjelang Lebaran yang Lazim dilakukan oleh banyak orang. Walaupun tak ada aturan yang mengharuskan untuk melaksanakan kebiasaan ini, nyatanya beberapa kebiasaan ini masih dilakukan oleh banyak orang.

Nilai Kualitas Konten Bacalagers Media

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More