Jenis Kucing Maine Coon: Profil, Sejarah, Ciri, Karakteristik & Sifatnya

  • Bagikan

Sebagian besar para pecinta kucing Indonesia yang memelihara mpus ini pasti sudah tahu seperti apakah rupa dan gagahnya dari jenis ras kucing Maine Coon ini.

Kucing berbulu lebat dan panjang dengan badan gagah yang cenderung lebih besar dari kucing lainnya ini cukup populer di Indonesia, bahkan di seluruh dunia.

Kucing Maine Coon merupakan jenis ras kucing yang berasal dari Amerika Utara. Ia telah tersebar ke beberapa negara dan dikembangbiakkan oleh para peternak secara luas.

Mengenai asal-usul Maine Coon sendiri memiliki banyak versi dan cerita. Namun kucing ini awalnya banyak muncul di kota Maine yang merupakan bagian namanya.

Jenis kucing ini cukup banyak digandrungi oleh pecinta kucing untuk dipelihara, beternak ataupun mengikuti kontes kucing Maine Coon.

Bagi Kamu yang belum begitu mengenal apa saja jenis-jenis kucing Maine Coon, jangan berhenti baca sampai di sini, ya!

Karena Kamu juga boleh kok download gratis gambar lucu dan wallpaper kucing Maine Coon yang ada pada artikel ini.

Profil Singkat Kucing Maine Coon

jenis kucing maine coon

Kucing Maine Coon adalah salah satu kucing dengan ras tertua alami di dunia yang berasal dari Maine, Amerita Utara.

Bentuk tubuhnya yang begitu anggun dan berbulu indah menjadikan jenis ras ini banyak dipelihara oleh bangsawan sejak abad 18-19.

Tak hanya itu, mungkin banyak yang belum tahu bahwa kucing ini juga akrab disebut sebagai kucing ras American Longhair. Tetapi kucing jenis ras Maine Coon jelas berbeda dan tidaklah sama.

Kucing bertubuh besar ini memiliki sifat yang lembut dan manja, ini juga yang menjadikannya disukai banyak orang meskipun harga kucing Maine Coon terbilang mahal.

Kucing persilangan ras ini sudah cukup banyak dipelihara oleh para cat lover di Indonesia, harga yang ditawarkan oleh cattery atau breeder pun beragam, tak jauh berbeda dengan harga kucing persia pada umumnya.

Komunitas penggemarnya juga banyak tersebar di berbagai daerah Indonesia. Jika Kamu sudah berkenalan lebih dekat dengan si meong yang memesona ini, Kamu pasti akan langsung jatuh cinta.

Sejarah Kucing Maine Coon

jenis kucing maine coon

Tak sedikit orang yang percaya bahwa kucing ini adalah hasil dari persilangan alami antara kucing setengah liar dengan rakun.

Mitos tersebut hadir karena bentuk dan warna ekor kucing Maine Coon yang mirip dengan rakun.

Oleh sebab itu, nama ras kucing ini diambil dari nama “Maine” yang merupakan negara bagian Amerika Serikat dan kata “Coon” yang disadur dari kata “Racoon”.

Jenis kucing maine coon dipercaya berasal dari enam ekor kucing yang dipelihara Ratu Prancis bernama Maria Antonia.

Lalu keenam kucing peliharaanya tersebut dikirim ke Wiscasset, Maine disaat si Maria Antonia kabur dari Prancis ketika terjadinya revolusi Prancis.

Ada cukup banyak breeder kucing dunia beranggapan bahwa ras kucing ini lahir dari hasil persilangan antara kucing dome dengan kucing longhair dari negara lain.

Kucing ras Angora Turki dan kucing Norwegian Forest dipercaya sebagai nenek moyang dari ras jenis kucing Maine Coon.

Mitos yang beredar mengatakan bahwa kucing Angora Turki dibawa oleh pedagang Inggris dan kucing Norwegian Forest oleh bangsa viking ke Amerika Serikat, kemudian terjadi persilangan.

Kucing Maine Coon pertama kali mengikuti kontes kucing (cat show) pada tahun 1861.

Kemudian pada tanggal 8 Mei 1895, seekor jenis kucing Maine Coon betina bernama Cosey yang berwarna cokelat tabi berhasil memenangkan kontes tersebut yang diadakan di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat.

Lalu ada enak orang peternak yang mulai mengembangbiakan ras kucing Maine Coon pada tahun 1950.

Selanjutnya pada tahun 1968, keenam peternak kucing tersebut mendirikan organisasi kucing bernama Maine Coon Breeders and Fanciers Association (MCBFA) yang bertujuan untuk mempertahankan ras Maine Coon.

Kemudian pada akhirnya jenis ras kucing yang menakjubkan ini mendapat pengakuan standar ras internasional, yaitu TICA, FIFe, ACF, CFA, GCCF, AACE, dan CAA/ACFA.

Ciri-ciri dan Karakteristik Kucing Maine Coon

jenis kucing maine coon

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri, karakteristik dan sifat kucing Maine Coon, antara lain:

  1. Memiliki tubuh lebih besar dibanding kucing lainnya
  2. Panjang tubuhnya bisa mencapai 1-1,2 meter.
  3. Tinggi badannya 40-75 cm.
  4. Bobot berat badan betina 4-6 kg, jantan mencapai 6-9 kg. Bahkan ada yang bisa mencapai berat hingga 15 kg pada usia 15 tahun.
  5. Kucing yang bersifat polidaktili atau memiliki 6 buah jari.
  6. Tidak takut air, bisa berenang dan suka mandi.
  7. Kucing yang suka cari perhatian, manja dan menggemaskan.
  8. Sangat aktif, garang dan baik sama keluarga, khususnya anak-anak.
  9. Tidak terlalu suka ketinggian dan lebih suka bermain di tempat rendah.

Bagaimana Cara Merawat Kucing Maine Coon?

jenis kucing maine coon

Layaknya kucing lain, kucing Maine Coon merupakan salah satu jenis yang menyenangkan untuk dijadikan hewan peliharaan. Tubuh besar dan atraktif, bulunya panjang, tebal dan indah.

Perawatannya pun tidak terlalu susah. Berikut beberapa hal yang penting terkait cara merawat kucing Maine Coon yang baik dan benar:

1. Apa yang perlu disiapkan sebelum memelihara kucing Maine Coon?

Sebelum membawa kucing Maine Coon dan bertekad untuk memeliharanya, maka ada keperluan penting yang harus disiapkan, antara lain:

  • Tempat tidur yang nyaman dan play ground.
  • Mainan kucing yang lengkap.
  • Makanan, susu, suplemen, dan vitamin.
  • Alat mandi yang terdiri atas sabun, sampo khusus dan handuk untuk kucing.
  • Hairdryer untuk mengeringkan seluruh tubuh.
  • Sisir atau sikat bulu.
  • Pasir, serokan feses, dan litter box.
  • Pet cargo sesuai ukuran.
  • Dan masih banyak lagi.

2. Apa yang dilakukan saat merawatnya?

Rawatlah kucing Maine Coon Kamu dengan penuh kasih sayang dan perhatian. Kamu cukup melakukan hal biasa saat merawat makhluk hidup lain.

Penuhi kebutuhan dan jaga kebersihan Kucing Maine Coon agar selalu sehat.

3. Bagaimana cara memandikan kucing Maine Coon?

Kucing Maine Coon sangat mudah dimandikan, tidak perlu menggunakan air hangat sebab ia tidak takut air, bulunya tebal dan tahan air bahkan ia bisa berenang.

Mungkin Kamu bisa berenang bersama sewaktu-waktu untuk bersenang-senang.

Gosok sampo pada seluruh bagian tubuhnya dengan cara memijat pelan dan bilas hingga bersih.

4. Kapan waktu makannya?

Berikan kucing makan pagi, siang dan sore atau kapan saja mereka minta. Selain makanan pokok, Kamu juga bisa memberinya cemilan yang ia sukai.

5. Apa saja penyakit yang bisa menyerang kucing Maine Coon?

Penyakit umum yang sering menyerang kucing adalah scabbies, cacingan, virus, flu, sakit mata, dan lain sebagainya.

6. Kapan waktu yang tepat ke dokter hewan?

Bawalah kucing Maine Coon kontrol secara rutin dan vaksin lengkap. Jika ia sakit, lebih baik segera diperiksa.

Merawat kucing Maine Coon dengan penuh kasih sayang akan membuatnya dekat serta sayang juga kepada Kamu. Mpus ini termasuk jenis kucing yang setia, dan manja.

Terkadang dia akan mencari perhatian mengajak bermain dan berlari saat melihat Kamu bersantai seperti menonton, membaca buku atau bermain ponsel.

Oh iya, karena kucing ini cukup aktif dan suka menjelajah, bawalah ia jalan-jalan keliling kompleks atau pergi ke taman sesekali.

Kamu bisa melakukan kegiatan seru ini sambil melakukan olahraga bersama keluarga.

Macam-macam Kucing Maine Coon

jenis kucing maine coon

Ada banyak cerita di balik asal usul dari kucing yang juga biasa disebut kucing bulu panjang Amerika ini.

Salah satunya adalah cerita bahwa Maine Coon merupakan keturunan dari kucing dan rakun.

Sekilas, kucing ini memang tampak seperti hewan nokturnal satu itu terutama pada bagian wajah dan ekornya.

Meski secara ilmiah tidak mungkin terjadi perkawinan antara dua hewan dengan jenis yang berbeda, nyatanya banyak orang yang ikut meyakini mitos ini.

Macam-macam kucing Maine Coon hanya dibedakan dari jenis warna atau keturunan. Saat ini banyak tersebar persilangan hewan berbulu ini dengan berbagai jenis ras.

Ada jenis kucing Maine Coon mix Persia, mix Anggora atau dengan kucing domestik. Persilangan ini menghasilkan jenis ras yang tak kalah unggul dengan versi keturunan asli.

Bentuk fisiologis kucing juga menjadi beragam karena masing-masing kucing mix ini membawa sifat-sifat unggul dari induknya, seperti berbadan besar, berbulu panjang dan lebat, dan lain sebagainya.

Daftar Jenis-jenis Kucing Maine Coon

jenis kucing maine coon

Jenis kucing Maine Coon pada umumnya memiliki banyak corak dan warna yang menarik. Apalagi dengan sifat bulunya yang tebal dan mengkilap membuatnya semakin menggemaskan.

Warnanya antara lain adalah tabby klasik atau makarel (cokelat abu-abu). Warna ini adalah perpaduan kedua warna dan bercorak seperti garis-garis acak.

Selain cokelat abu ada pula tabby hitam oren, dan merah krem atau merah (coklat kejinggaan krem), dan banyak perpaduan warna-warna lainnya.

Jenis corak atau warna solid tanpa corak seperti warna putih, warna hitam, biru atau merah. Warna-warna solid ini juga cukup banyak digandrungi karena tampak bersih dan elegan.

Ada pula jenis tortoiseshell (hitam biru) atau warna perak yang juga terkadang berpadu dengan warna solid lain seperti silver (perak hitam, perak biru, perak merah, perak krem).

Setelah Kamu mengetahui ulasan tentang jenis kucing Maine Coon mulai dari profil singkat, sejarah, ciri-ciri dan karakteristik, sifat hingga apa saja yang harus disiapkan sebelum memeliharanya.

Apakah Kamu sudah siap memelihara, mengurus, menjaga, menyayangi, mencintai dan menjadikannya sebagai bagian dari keluarga di rumah? Apapun keputusan Kamu, stay care and love your cats, ya!

  • Bagikan