kucing russian blue
kucing russian blue

Seperti yang diketahui, saat ini terdapat berbagai jenis ras kucing di belahan dunia, mulai dari yang biasa hingga eksotis. Salah satunya adalah jenis ras kucing Russian Blue asli dan mix yang akan dibahas pada artikel ini.

Nah, kucing Russian Blue merupakan salah satu ras kucing yang mempunyai bulu berwarna abu-abu kebiruan dan mata yang berwarna hijau. Kucing ini memiliki sifat yang kalem sehingga sangat cocok dijadikan sahabat untuk para cat lovers serta anak-anak.

Meskipun begitu, kucing Russian Blue cenderung pemalu dan pendiam saat pertama kali mengenalnya. Tetapi tenang, jika sudah akrab dengannya maka ia akan setia selamanya, lho. Apalagi kucing ini begitu cerdas dan lucu.

Sejarah Kucing Russian Blue

kucing russian blue

Sesuai namanya, kucing Russian Blue diketahui berasal dari Rusia, tepatnya di pelabuhan Arkhangelsk. Julukan "Blue" yang terdapat pada namanya itu karena bulunya yang berwarna kebiruan.

Menurut sejarah, mereka awalnya diadopsi oleh para pelaut sekitar tahun 1860-an. Kemudian, setelah perang Dunia II berakhir, kucing ini pun mulai dikembangkan di Rusia dan juga negara-negara Skandinavia.

Bahkan, di Amerika banyak peternak kucing yang menciptakan russian blue modern. Caranya adalah dengan menggabungkan keturunan dari russian blue Skandinavia dan russian blue Inggris.

Selain itu, kucing ini juga dipakai untuk menciptakan berbagai jenis ras kucing lain, seperti kucing Havana Brown atau mengubah ras kucing yang telah ada, seperti kucing nebelung.

Dimana kucing tersebut adalah kucing berbulu pendek berwarna abu-abu kebiruan yang biasanya bermata hijau.

Fakta Unik dan Menarik Kucing Russian Blue

kucing russian blue

Dibalik warna bulunya yang cantik dan menawan, terdapat beberapa fakta menarik kucing russian blue yang perlu kamu ketahui:

1. Warna Tidak Biasa

Kucing russian blue mempunyai warna yang berbeda dari kucing lainnya. Mereka memiliki mata berwarna hijau dan bulu berwarna abu-abu kebiruan.

Warna pada bagian tubuh tersebut bisa menjadi kamuflase sempurna karena russian blue dapat bercampur dengan warna yang gelap di tempat yang minim cahaya.

2. Hampir Punah

Pada perang dunia II, kucing russia blue hampir mengalami kepunahan. Namun untungnya, mereka bisa kembali dilestarikan setelah perang dunia II selesai.

Bahkan sampai saat ini, kucing manis dan berbulu pendek ini telah menyebar ke berbagai penjuru dunia.

3. Ukuran Tubuh yang Menipu

Kucing russian blue mempunyai bulu yang mewah dan tebal. Bulu itu terdiri dari 2 lapis dan lebih tebal dari ukuran bulu kucing biasanya. Sehingga hal itulah yang membuat penampilannya tampak lebih besar.

Selain itu, di bagian bawah tubuhnya tersimpan banyak lemak. Jadi, jika kelihatannya ramping, tetapi tubuh mereka sangat ringan dan dapat bergerak dengan lincah, lho.

4. Kepribadian yang Kalem dan Pemalu

Kucing Russian Blue cenderung pemalu dan pendiam saat pertama kali mengenalnya. Tetapi tenang, jika sudah akrab dengannya, maka ia akan setia selamanya, lho. Apalagi kucing ini begitu cerdas dan lucu.

5. Rajin Menjaga Kebersihan Diri

Tidak seperti kucing pada umumnya, Russian Blue ternyata mampu menjaga kebersihan diri tanpa harus menjilati sekujur tubuhnya secara rutin.

6. Suka Berjemur

Russian Blue merupakan kucing yang senang duduk dekat jendela yang hangat. Mereka sangat suka berjemur karena menyukai matahari.

Menariknya lagi, warna bulu mereka akan terlihat semakin mengkilap dan elegan jika terkena cahaya yang terang.

7. Memiliki Visual Unrealistic

Tentunya cat lovers pernah melihat kucing Russian Blue tampil di iklan-iklan, bukan? Nah, hal itu pun karena penampilan aslinya memang sudah mirip dengan model.

Mereka memiliki bulu yang sangat halus, mengkilap, dan licin, lengan yang elegan dan panjang, serta mata berwarna hijau yang akan semakin terang seiring dengan pertambahan usianya.

8. Harganya Sangat Mahal

Kucing Russian Blue memiliki harga jual yang fantastis atau lumayan mahal. Kamu bisa merawatnya dengan merogoh kocek hingga mencapai puluhan juta.

Sebab, kucing ini mempunyai berbagai fitur yang sangat mewah dan berkelas.

Baca juga: Kucing Bengal

Ciri-ciri Kucing Russian Blue Asli

kucing russian blue

Sebelum kamu membawanya pulang, pahami dahulu ciri-ciri fisik kucing russian blue yang harus kamu ketahui. Agar kamu bisa membedakan dan mengetahuinya secara langsung:

  1. Mempunyai mata yang berwarna hijau dan bulat.
  2. Mempunyai berat badan sekitar 3,5-7 kg dengan tinggi bahu sepanjang 25,4 cm.
  3. Memiliki struktur wajah yang berbentuk segitiga.
  4. Rentan terhadap penyakit.
  5. Berbulu pendek yang tebal dan sangat lembut jika disentuh, biasanya mempunyai warna abu-abu kebiruan.
  6. Memiliki Moncong yang maju sehingga garis mulutnya tampak seperti tersenyum.
  7. Memiliki tubuh yang panjang, ramping, dan elegan.
  8. Memiliki leher yang pendek.
  9. Memiliki tulang pipi yang nampak tegas.
  10. Bisa bertahan hidup rata-rata sekitar 15-20 tahun, bahkan diketahui ada juga yang mencapai 25 tahun jika dirawat dengan baik.
  11. Russian blue jantan lebih besar daripada russian blue betina.
  12. Sifat yang cerdas, setia, penasaran namun tenang, ramah, tetapi juga pemalu saat pertama kali mengenalnya, bisa beradaptasi dengan baik, dan sensitif terhadap emosi manusia.

Sifat dan Perilaku Kucing Russian Blue

kucing russian blue

Kucing biru Rusia memiliki sikap malu-malu apabila sedang berhadapan dengan orang asing. Namun apabila sudah mengenal orang tersebut akan menjadi sangat manja dan penyayang. Kucing ini juga memiliki sikap yang lembut dan senang diajak bermain.

Jenis kucing ini juga mempunyai suara yang pelan, hal ini akan berbeda apabila dibandingkan dengan kucing lainnya. Disaat dalam keadaan diam, kucing ini senang mengamati daerah sekelilingnya, menyukai ketenangan daripada tempat yang bising.

Jangan lupa memeriksa berkas-bekas pedigree kucing Russian blue, apabila penjual tidak mempunyai berkas-berkas tersebut maka lebih baik Kamu tidak usah membelinya. Karena semua kucing yang tidak mempunyai berkas sertifikat pedigree maka tidak akan dapat diakui secara khusus sebagai jenis ras tertentu.

Kamu wajib memperhatikan harga disaat ingin membeli kucing ini, apabila harganya terlampau murah maka jangan membelinya. Sebagai perbandingan, harga kucing Russian blue di Amerika adalah sekitar 400-600 dollar. Harga tersebut jika Kamu rupiahkan maka akan berjumlah sekitar 5,6 juta sampai 8,4 juta rupiah.

Ciri-ciri jenis yang lainnya pada pasaran Eropa dan Amerika, jenis kucing ini rata-rata sudah dikebiri oleh pihak pembeli. Hal tersebut dilakukan agar kucing ini membanjiri pasaran dan membuat harganya turun.

DNA Kucing Russian Blue

kucing russian blue

Apabila menggunakan kedua cara di atas masih juga belum membuat Kamu yakin maka silakan gunakan cara untuk mengetahui ciri-ciri kucing biru Rusia dengan memakai metode tes DNA. Pada setiap jenis hewan akan mempunyai ciri DNA masing-masing.

Kode genetik dari masing-masing hewan itu berbeda-beda, oleh karena itu dengan melakukan tes DNA maka pasti akan berhasil dan tidak akan mungkin menipu Kamu.

Sampel DNA yang Kamu peroleh dari hewan tertentu akan dibandingkan dengan data yang ada di International Society of Animal Genetics, jika sama berarti kucing tersebut benar-benar kucing Russian Blue asli.

Untuk melakukan tes DNA ini harus dilakukan di tempat yang bagus, terpercaya, dan teruji kebenarannya. Jika Kamu melakukan tes DNA kucing Russian di tempat yang salah maka pasti hasilnya juga salah.

Untuk mengambil sampel tersebut terbilang cukup sederhana. Apabila Kamu sudah membeli alat tes DNA maka akan ada kotak perlengkapan tes genetik. Di dalamnya terdapat dua kapas pantul, lalu masukkan salah satu kapas pantul pada mulut si kucing Russian Blue, lakukan hingga kapasnya menyentuh mulut.

Kemudian ulangi dengan menggunakan kapas yang kedua, tetapi sebelum mengambil sampel maka usahakan jangan memberikan makan pada kucing sekurang-kurangnya selama 15 menit. Karena apabila kucing makan terlebih dahulu akan mempengaruhi hasil test.

Apabila sudah selesai maka langsung kirim kotak tersebut ke laboratorium yang Kamu percayai. Kemudian tunggulah hasilnya untuk mengetahui apakah kucing tersebut asli atau palsu.

Cara Merawat Kucing Russian Blue

kucing russian blue

Cara merawat kucing Russian Blue sendiri terbilang susah-susah gampang. Namun, jika kamu senang memilikinya pasti semuanya akan terasa menyenangkan.

Berikut ini adalah cara merawat kucing Russian Blue yang perlu kamu ketahui.

1. Membersihkan Kandangnya

Menjaga kebersihan kandangnya secara rutin merupakan hal yang harus cat lovers lakukan. Sebab, ini berguna untuk memberikan Russian Blue kenyamanan serta bersih.

2. Memperhatikan Makanannya

Perhatikan makanan yang diberikan ke si kucing. Makanannya pun harus mengandung nutrisi dan vitamin yang cukup.

Sebab, hal itu akan menjadikan si kucing akan senantiasa terlihat sehat dan bugar.

3. Menjemur si Kucing

Dalam menjaga kesehatan si kucing maka kamu harus rutin menjemurnya.

Cat lovers bisa menjemurnya setiap hari pada pagi hari. Terlebih, Suhu panas pagi hari sangat cocok untuk kesehatan kucing.

4. Rutin Menyisir Bulu si Kucing

Jika bulu kucing mulai terlihat tebal, kamu dapat menyisir bulunya, setidaknya 2x dalam sehari.

Selain itu, hal ini juga berguna untuk mengangkat bulu yang sudah patah atau rontok.

5. Membersihkan Telinga si Kucing

Cara merawat kucing selanjutnya adalah dengan membersihkan telinga si kucing. Pasalnya, hal ini dilakukan supaya terhindar dari kotoran maupun jamur.

Cat lovers bisa membersihkan bagian telinga kucing setidaknya seminggu sekali dengan memakai obat tetes khusus untuk kucing dan cutton bud yang sudah ditetesi dengan baby oil.

Sebagai catatan, kamu juga harus membersihkan telinganya secara perlahan agar si kucing tidak merasa kesakitan.

6. Merawat Kuku Kucing

Merawat kuku kucing harus dilakukan secara rutin supaya tetap kuat, bersih, dan tentunya wangi.

Para cat lovers bisa memakai tisu bayi untuk membersihkan kukunya agar tak menimbulkan alergi terhadap si kucing.

7. Memandikan si Kucing

Cat lovers juga harus memandikan si kucing supaya ia selalu bersih dan wangi. Meskipun Russian Blue bisa membersihkan dirinya sendiri, namun tetap harus dimandikan.

8. Mengajaknya Bermain

Kucing Russian Blue sangat senang sekali jika kamu ajak bermain. Silakan lakukan hal ini secara rutin agar membuatnya semakin nurut dan setia sama cat lovers.

9. Jangan Bentak si Kucing

Cara merawat kucing Russian Blue yang terakhir adalah jangan Bentak kucing. Terlebih sampai melakukan kekerasan kepadanya. Hal tersebut tentunya membuat si kucing menjadi stress.

Tentunya sebagai majikan yang baik, kamu tidak mau hal itu terjadi, bukan?

Makanan Kucing Russian Blue

kucing russian blue

Makanan adalah hal yang sangat penting Kamu perhatikan, apabila sampai tidak diberikan makanan maka kucing akan menjadi kurus dan terlihat jelek. Berikan nutrisi dan vitamin yang cukup setiap harinya agar si kucing terlihat sehat, bugar dan aktif.

Namun dalam memberikan makanan pada kucing jenis ini tidaklah boleh sembarangan seperti makanan kucing Maine Coon, berikut ini adalah jenis-jenis makanan kucing Russian Blue terbaik, antara lain.

Makanan Basah

Tidak sedikit orang yang memberikan makanan kucing yang masih mentah, mereka percaya bahwa hal ini akan membuat kucing tetap memiliki sifat alaminya. Selain itu juga dapat melatih otot mulut kucing agar tetap kuat.

Untuk mengenal makanan mentah, Kamu dapat mencarinya di petshop atau toko-toko makanan kucing terdekat yang pilihannya adalah ikan-ikan laut atau daging ayam. Kelebihan dari makanan ini adalah kaya akan protein dan juga vitaminnya sehingga kucing dapat tumbuh sehat secara alami.

Makanan Kering

Jenis makanan kering untuk kucing dibuat dari daging kering (dry food) baik itu ikan laut maupun daging ayam. Makanan ini mempunyai kelebihan yang bersifat ekonomis karena dapat bertahan lama seperti makanan kucing persia pada umumnya.

Makanan kering berbahan dasar berupa daging yang dipanaskan dengan suhu tinggi. Makanan ini bisa disajikan dengan tambahan lemak makanan agar mempunyai rasa yang lebih enak.

Dalam memilih makanan kering untuk kucing Russian blue diharuskan teliti karena jika tidak berhati-hati akan salah memilih makanan kering yang mempunyai nutrisi rendah.

Makanan Rendah Protein

Jenis makanan ini terbilang jarang digunakan karena kebanyakan kucing membutuhkan protein yang tinggi. Namun tidak jarang jika Kamu memeriksa kucing ke dokter maka dokter akan menyarankan untuk memberikan makanan dengan protein yang rendah.

Untuk semua jenis makanan tersebut sebenarnya dijual bebas di pasaran. Tetapi agar kucing yang Kamu pelihara tetap sehat maka harus memilih jenis makanan yang terbaik dan berkualitas. Jenis-jenis makanan berkualitas ini akan sangat cocok untuk pertumbuhan kucing Kamu.

Baca juga: Kucing Munchkin

Harga Kucing Russian Blue

kucing russian blue

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Harga kucing ini sendiri bisa mencapai puluhan juta dan berbeda-beda yang bergantung umur dan kualitas.

Namun, jika Kamu bertanya berapa harga kucing Russian blue asli maka silakan lihat daftar perbadingannya pada tabel di bawah ini:

NoKucingUsiaHarga
1Russian Blue mix Persia3,5 bulanRp 550.000
2Russian Blue mix Turkish Angora6 bulanRp 900.000
3Russian Blue Betina3 bulanRp 2.000.000
4Anakan Russian Blue2 bulanRp 10.750.000
5Russian Blue Kitten3 bulanRp 19.500.000
6Russian Blue Asli6 bulanRp 38.000.000

Jadi, kucing Russian blue adalah jenis kucing ras yang berasal dari pelabuhan Arkhangelsk di Rusia. Kucing ini juga dikenal sebagai kucing yang pemalu, mudah beradaptasi, lembut, setia dan kucing yang cerdas.

Postur tubuhnya sangat menawan dan mirip dengan model yang menjadikan kucing ini sangat sering tampil di iklan-iklan serta sebagai kucing kontes.

Mereka mempunyai bulu yang halus, mengkilap, dan licin, lengan yang elegan dan panjang. Selain itu matanya berwarna hijau yang akan semakin terang seiring dengan bertambahnya umur.

Untuk merawatnya pun tidak terlalu sulit, Kamu hanya perlu memperhatikan asupan makanannya, kebersihannya, dan mengajaknya berinteraksi agar kucing tetap sehat dan tidak stres.

Nah itulah penjelasan lengkap tentang sejarah, ciri-ciri, fakta unik, sifat, makanan, cara merawat hingga harga kucing Russian blue asli dan mix terbaru 2021. Jadi, apakah Kamu siap untuk mengadopsi dan merawatnya dengan penuh cinta?

Stay care and love your cats, ya!