15 Penyebab Kucing Suka Tidur Terus Menerus & Cara Mengatasinya

  • Bagikan

Seperti yang kita ketahui, kucing adalah hewan yang terkenal memiliki sifat mageran atau pemalas bahkan kucing suka tidur terus menerus. Meskipun demikian, nyatanya tidak semua jenis ras kucing begitu, lho.

Namun, pernahkah kalian menemui kucing yang suka tidur terus menerus? Jika iya maka pada artikel ini kita akan membahas apa penyebab kucing suka tidur terus, lemas, bahkan tidak mau makan.

Tentunya sangat mengkhawatirkan apabila melihat kucing yang catlovers sayangi mendadak diam dan tidur terus, bukan?

Ada banyak hal yang menyebabkan hewan berbulu ini demikian. Salah satunya adalah bisa saja ia terserang penyakit sehingga ia harus segera ditangani.

Memang cukup rumit untuk mengetahui penyebab kucing tidur terus dan mulai tidak mau makan. Suara meongannya yang terdengar lirih dan melankolis juga menandakan bahwa ia sedang tampak lemas dan lesu.

Penyebab Kucing Tidur Terus dan Tidak Mau Makan

Untuk mengetahui dan mengatasi kucing kesayangan kamu suka tidur terus, lemas hingga tidak mau makan, berikut ini adalah 15 penyebab kucing tidur terus dan cara mengatasinya antara lain.

1. Sedang Hamil

penyebab kucing tidur terus dan cara mengatasinya

Penyebab pertama yang membuat sering kucing tidur terus adalah si meong sedang mengandung atau hamil.

Hal itu sering terjadi karena kucing yang sedang hamil akan mempunyai waktu tidur yang lebih lama dibandingkan kucing normal yang tidak hamil.

Baca juga: Kucing Russian Blue

2. Kucing Lagi Bosan

penyebab kucing tidur terus dan cara mengatasinya

Bukan hanya manusia saja yang bisa merasakan bosan, tetapi hewan mamalia layaknya kucing juga bisa merasakan hal tersebut, lho.

Si meong yang merasakan bosan bisa saja karena tak ada teman yang ingin bermain bersamanya atau bosan dengan makanan yang diberikan kepada si mpus.

jika kucing sudah merasa bosan maka ia biasanya akan lebih banyak tidur atau bahkan tidak akan mau menyentuh makanannya.

Untuk itu, para catlovers bisa mengatasinya dengan mengajaknya si mpus bermain atau mengganti jenis serta merk makanannya.

Baca juga: Merk Shampo Kucing yang Bagus

3. Bosan dengan Makanan

penyebab kucing tidur terus dan cara mengatasinya

Penyebab kucing sering tidur melulu adalah ia bosan dengan makanannya, Nah, ketika si meong sudah tidak mau makan dengan pakan yang sering kamu sajikan, maka ia akan lebih memilih untuk tidur.

Jika kucing catlovers sudah seperti itu, alangkah lebih baik apabila ia diberikan makanan yang bervariasi.

Hal ini dimaksudkan agar si mpus tidak bosan dengan jenis makanan yang sama yang diberikan secara terus menerus.

Baca juga: Merk Makanan Kucing Persia

4. Masalah Nafsu Makan dan Pencernaan

penyebab kucing tidur terus dan cara mengatasinya

Kucing yang kekurangan vitamin bakal kehilangan atau menurun nafsu makannya sehingga lebih memilih untuk tidur.

Nah, saat si meong makan, cobalah untuk perhatikan apakah dia senang atau tidak. Jika ia tidak senang maka segeralah berikan vitamin kucing yang cukup.

Karena kucing tidak mempunyai metabolisme yang terlalu baik, maka banyak sekali penyakit pencernaan yang dapat timbul karena masalah sepele.

Sebab hal tersebut merupakan salah satu penyebab mengapa kucing tidur terus menerus dan tidak mau makan.

5. Sakit

penyebab kucing tidur terus dan cara mengatasinya

Saat kucing mengalami sakit, biasanya mereka akan tidur melulu, bahkan mereka akan sulit makan serta muntah.

Selain itu, tubuhnya yang sedang dalam kondisi lemas akan membuat makanan sulit masuk ke dalam tubuhnya.

Kitten yang berumur 3 bulan atau lebih memiliki waktu tidur yang lebih lama dibandingkan kucing dewasa karena hormon pertumbuhan akan dilepaskan pada saat mereka beristirahat.

Begitupun kucing yang lebih tua biasanya memiliki waktu tidur lebih panjang daripada kucing dewasa karena adanya proses penuaan yang sedang dialami.

Nah, jika kucing kamu tidur sepanjang hari bahkan melewati waktu tidur yang semestinya, itu bisa menjadi pertanda bahwa kucing catlovers sedang sakit.

Jika sudah demikian, segeralah untuk membawa si meong kesayangan ke dokter hewan terdekat agar mendapat perawatan lebih lanjut.

Baca juga: Cara Merawat Kucing Persia

6. Pengaruh Genetik

penyebab kucing tidur terus dan cara mengatasinya

Sebagian orang meyakini bahwa kucing merupakan hewan malam atau nokturnal (makhluk yang terjaga serta aktif di malam hari).

Namun, sebenarnya kucing merupakan makhluk krepuskular, yakni sifat hewan yang terutama aktif selama saat remang-remang di peralihan hari yang mana pada waktu senja dan fajar.

Karenea itulah kucing bisa tampak aktif sekali pada pagi dan sore hari, sedangkan sepanjang hari digunakan mereka untuk tidur.

Baca juga: Cara Memandikan Kucing

7. Kucing Terkena Penyakit Mulut

penyebab kucing tidur terus dan cara mengatasinya

Cobalah untuk periksa ke dalam mulut kucing, sebab mungkin saja terdapat luka di dalamnya. Mulut kucing yang sedang terluka atau sakit dapat membuatnya sakit lalu akan tidur serta kehilangan nafsu makan.

Bukan hanya karena penyakit mulut saja, tetapi bau mulut pada kucing juga dapat menyebabkan si mpus tidur terus dan tidak mau makan.

Untuk mengatasinya, kalian bisa memberikan ia minum yang banyak dan jika dirasa mulut si meong mulai mengeluarkan bau yang tidak enak, kamu bisa membawanya ke dokter hewan.

Baca juga: Merk Susu Kucing Terbaik

8. Kucing Terkena Anemia

penyebab kucing tidur terus dan cara mengatasinya

Ternyata kucing juga bisa terkena Anemia, lho. Hal tersebut juga merupakan salah sau penyebab kucing cat lovers suka tidur terus. Cara mengetahui apakah si meong mengalami anemia adalah dengan memeriksa gusinya.

Apabila gusi kucing tampak lebih pucat dari biasanya, kamu harus segera waspada, karena ada kemungkinan ia terkena anemia.

Jika sudah seperti itu maka kalian perlu membawanya segera ke dokter hewan terdekat di kotamu. Pasalnya, perawatan yang terlambat dapat mengakibatkan kematian pada si kucing.

Baca juga: Jenis Kucing Persia

9. Perubahan Kondisi Cuaca Dingin atau Hujan

penyebab kucing tidur terus dan cara mengatasinya

Dalam kondisi cuaca dingin atau sedang hujan, biasanya kucing akan lebih memilih untuk tidur terus menerus.

Mereka bakal menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur demi menghangatkan tubuhnya.

Baca juga: Cara Menjinakkan Kucing Hutan

10. Kucing Sedang Hemat Energi

penyebab kucing tidur terus dan cara mengatasinya

Walaupun kucing tampak begitu lucu dan jinak, tetapi sebenarnya mereka mempunyai sisi psikis sebagai predator.

Hal itu pun menunjukkan bahwa hewan ini akan menghabiskan banyak waktu berlari dan mengejar mangsa meskipun mereka dipelihara di dalam rumah (hewan peliharaan).

Sebagai predator, kucing tentunya bakal menggunakan energi mereka untuk berburu dan bersembunyi hingga mendekati lawan.

Oleh sebab itu, kucing perlu menyimpan dan menghemat energinya agar tidak habis. Salah satu cara menghemat energi mereka ditunjukkan dengan tidur dalam waktu yang lama.

Baca juga: Jenis Kucing Hutan di Indonesia

11. Masalah Makanan

penyebab kucing tidur terus dan cara mengatasinya

Penyebab kucing suka tidur menerus berikutnya adalah ia memiliki masalah dengan makanan, dalam hal ini terdapat dua poin utama yang harus kamu tahu.

Makanan Sudah Lama

Makanan kucing yang sudah lama dan berbau tidak sedap tentunya akan membuat si kucing tidak nafsu makan serta akan memilih untuk tidur.

Makanan yang lama bakal terasa hambar dan tidak segar untuk penciuman si meong yang tajam. Oleh karena itu, kucing akan menolak dan memilih untuk mengabaikan makanannya.

Pakan Tidak Higienis

Umumnya, hal ini terjadi pada hewan kucing ras murni. Nah, kucing ras yang merasa pakanannya sudah tercampur dengan kotoran bakal cenderung mengabaikan makanannya dan memilih untuk tidur.

Namun berbeda dengan kucing kampung yang terbiasa mencari makanan diluar, mereka tidak terpengaruh dengan hal itu. Akan tetapi, bagi kucing ras sendiri itu tentunya tidak bisa mereka makan.

Baca juga: Makanan Kucing Maine Coon

12. Kucing Sedang Depresi

penyebab kucing tidur terus dan cara mengatasinya

Pastinya catlovers bakal bertanya, “emang bisa ya kucing mengalami depresi?” Tentu bisa, sebab hal tersebut ditandai dengan si meong terus menghindar dan terdapat perubahan pada perilakunya.

Nah, gejala depresi yang dialami kucing tentunya berbeda dengan manusia pada umumnya. Yang mana hal ini membutuhkan penanganan yang berbeda serta khusus.

Untuk mengatasinya, kamu dapat membawa kucing dokter hewan terdekat sehingga ia  akan melakukan serangkaian tes guna menentukan langkah penanganan yang tepat.

Baca juga: Harga Kucing Hutan

13. Kucing Terinfeksi Virus atau Bakteri

penyebab kucing tidur terus dan cara mengatasinya

Salah satu tanda kucing sakit karena infeksi virus atau bakteri adalah tubuhnya lemas dan lebih memilih untuk tidur terus menerus.

Serangan virus dan bakteri ini dapat berasal dari mana saja, mulai dari makanan kucing yang terkontaminasi, luka gigitan, sampai interaksi dengan hewan lain yang sedang terinfeksi. Berikut merupakan beberapa jenis yang kerap terjadi:

Virus

Feline immunodeficiency virus, feline herpes, feline leukemia, feline distemper, feline calicivirus, dan lain-lain.

Bakteri

Salmonella, coli, bordetella, helicobacter, streptococcus, leptospirosis, clostridia, dan lain-lain.

Selain itu, penyakit kucing yang juga disebabkan oleh serangan virus dan bakteri yaitu munculnya cairan mata dan hidung, diare, kehilangan nafsu makan serta berat badan, deman, gangguan pernapasan, dan lainnya.

Perlu kamu waspadai jika gejala pada kucing semakin parah, segeralah bawa ke dokter hewan untuk segera diperiksa.

Baca juga: Cara Merawat Kucing Hutan

14. Kucing Terkena Diabetes

penyebab kucing tidur terus dan cara mengatasinya

Selain depresi, kucing juga bisa mengalami penyakit diabetes. Hal ini disebabkan oleh asupan makanan makanan yang tak sesuai serta berlebihan bisa membuat meningkatnya kadar gula dalam aliran darah.

Gejala-gejala diabetes pada kucing diantarnya adalah berupa kelesuan, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, muntah hingga dehidrasi.

Untuk mengatasi atau mencegah diabetes pada kucing, yakni dengan menyesuaikan asupan makanannya menjadi lebih tinggi protein atau bisa menanyakan langsung dengan dokter hewan.

Baca juga: Harga Kucing Persia

15. Kucing Terkena Radang Sendi (Artritis)

penyebab kucing tidur terus dan cara mengatasinya

Penyebab kucing suka tidur terus menerus yang terakhir adalah radang sendi (Artritis). Penyakit tersebut bisa menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit pada persendian, dimana hal ini lebih berisiko besar terhadap kucing yang berumur lebih (tua).

Rasa sakit yang menyerang sendi pada tubuh si meong membuat mereka susah dalam beraktivitas. Karena hal tersebut menjadikan kucing lebih memilih untuk berbaring serta tidur.

Baca juga: Cara Merawat Kucing Munchkin

Nah, itulah daftar 15 penyebab kucing suka tidur terus menerus dan cara mengatasinya agar kembali aktif bermain yang wajib kamu ketahui. Semoga membantu, stay care and love your cats, ya!

  • Bagikan