5 Merk Makanan Kucing Persia yang Bagus dan Terbaik

  • Bagikan

Pada saat pertama kali merawat kucing, pastinya kamu merasa bingung untuk memilih merk makanan kucing persia terbaik yang paling bagus untuk bulu dan cocok untuk si mpus.

Agar memaksimalkan tumbuh kembangnya, cat lovers tidak boleh memilih makanan sembarangan. Hal ini diperlukan supaya nutrisi kucing tetap terpenuhi dengan baik.

Bahkan bukan hanya memaksimalkan tumbuh kembangnya, namun juga untuk memaksimalkan sistem pertahanan tubuh si kucing agar tidak murah terserang penyakit.

Oleh karena itu, simak terus ulasan daftar rekomendasi makanan kucing persia terbaik dan murah yang bagus serta berkualitas.

Jenis Makanan Organik untuk Kucing Persia

makanan kucing persia

Perlu diketahui bahwa kucing adalah binatang karnivora obligat. Yang berarti, kalian perlu menyediakan makanan daging atau ikan untuk kucing persia kesayanganmu.

Terlebih, kucing juga membutuhkan beragam asupan seperti protein, asam lemak, asam amino dan vitamin untuk daya tahan tubuhnya.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa daging dan ikan merupakan makanan yang cukup tepat untuk si meong.

Sebab, kedua jenis makanan tersebut mengandung protein dan asam lemak, serta taurin dan arigin termasuk asam amino yang bagus untuk kesehatan kucing.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan kucing persia yang harus diketahui:

1. Ikan

makanan kucing persia

Ikan adalah jenis makanan favorit kucing Persia yang berumur 2 bulan. Dimana ikan mengandung protein dan asam amino yang bagus untuk pertumbuhan si kucing.

Tidak hanya kucing Persia saja, ikan juga menjadi favorit bagi semua kucing termasuk kucing kampung dan liar.

2. Daging

makanan kucing persia

Karena kucing adalah hewan karnivora, pastinya daging merupakan salah satu makanan terbaik baginya.

Sehingga, Kamu harus cerdas mencari rekomendasi makanan kucing persia yang bagus dan murah. Jika memiliki budget lebih, silakan beli persian premium cat food yang mengandung daging.

3. Keju

Keju rupanya menjadi makanan favorit bagi si kucing lho cat lovers, terutama untuk kucing persia medium. Sebab, keju sendiri mengandung protein dan vitamin seperti vitamin B2.

makanan kucing persia

Namun perlu diketahui juga bahwa tidak semua kucing menyukai makanan satu ini. Tersapat kucing persia yang kurang cocok sehingga menyebabkan mencret.

Jangan Samakan Makanan Kucing dengan Manusia

Tentunya cat lovers pernah melihat orang memberi makan si kucing dengan ikan sambal dan nasi, bukan? Nah, tetapi hal tersebut tidak disarankan, ya.

Pasalnya, beras bukan merupakan makanan favorit bagi mamalia manja nan berbulu lebat ini.

Kamu juga harus mengerti bahwa kucing tidak bisa memakan vegetarian (walaupun ada beberapa kucing yang suka sayuran), mereka tetap harus diberikan asupan proteim dan asam amino dari daging dan juga ikan.

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Kucing Persia

makanan kucing persia

Cat lovers juga perlu memperhatikan agar memilah makanan kucing yang perlu dihindari.

Sebab, jika memberikan makanan berikut si meong bisa sakit dan mengakibatkan bulu menjadi kusam seperti tidak terawat.

Berikut ini adalah daftar beberapa makanan yang harus dihindari kucing Persia.

1. Cokelat dan Kacang

Cokelat dan kacang menjadi makanan pertama yang harus dihindari kucing peliharaan kamu.

Sebab, dengan kamu memberikan olahan cokelat apalagi cokelat yang di dalamnya terdapat kacang, maka hal itu bisa menyebabkan alergi, hingga yang parahnya lagi adalah gagal hati.

Tentu cat lovers tidak mau mengalami hal tersebut, bukan?

2. Daging, Telur, dan Ikan Mentah

Lho, katanya di atas daging dan ikan boleh untuk diberi ke kucing? Memang boleh, tetapi harus diolah terlebih dahulu dan cat lovers tidak boleh memberikan ketiga makanan tersebut dalam kondisi mentah.

Sehingga ketiga makanan ini kalau diberikan mentah bisa menyebabkan dampak yang bahaya, kecuali kuning telur yang terbilang cukup bagus untuk kucing persia.

Pasalnya, jika Kamu memberi si kucing dalam kondisi mentah ketiga bahan ini, maka bisa mengandung parasit yang dapat menyebabkan kucing radang dan bulu rontok.

Baca juga: Makanan Kucing Hutan

3. Susu Untuk Manusia

Seperti yang diketahui, kucing sendiri memang mempunyai toleransi yang rendah terhadap laktosa yang terdapat di dalam susu, sebab susu yang bukan khusus kucing dapat menyebabkan diare.

Jika si kucing terkena diare, kucing pun akan mengalami stress yang juga menyebabkan bulu kucing menjadi kotor serta bau. Kemudian secara perlahan bulu kucing akan bisa mengalami kerontokan.

Rekomendasi Merk Makanan Kucing Persia Terbaik yang Bagus untuk Pertumbuhan dan Bulu

makanan kucing persia

Berikut ini adalah daftar merk makanan yang bagus untuk kucing kesayanganmu agar bulunya sehat dan pertumbuhan yang maksimal.

1. Whiskas

Merk makanan untuk kucing persia yang bagus pertama adalah Whiskas. Merk tersebut juga cukup populer di Indonesia dan mudah ditemukan di pasaran.

makanan kucing persia

Terlebih, Whiskas memiliki kandungan protein dan vitamin yang tinggi dan sangat bagus sehingga cocok untuk kesehatan bulu si kucing.

Selain itu, Whiskas pun tersedia dalam bentuk basah dan kering. Jadi, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Harga

Untuk harganya sendiri, Whiskas tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah (sedang). Whiskas dibanderol mulai Rp 70.000 untuk ukuran 1,4 kg.

2. Royal Canin

makanan kucing persia

Dikenal sebagai makanan kucing dengan kualitas terbaik dibanding merk lain, Royal Cannin merupakan pilihan yang tepat untuk kucing persia kesayanganmu.

Makanan buatan pabrik ini menawarkan nutrisi dengan vitamin yang lengkap, sehingga sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu si meong.

Selain itu, Royal Canin bisa kamu dapatkan di toko pet shop terdekat di kotamu.

Royal Cannin juga tersedia dalam makanan basah dan kering. Yang basah umumnya dikemas dalam bentuk kaleng.

Nah, makanan yang basah tersebut cocok untuk dijadikan makanan utama kitten atau kucing muda yang masih belum memiliki gigi yang kuat.

Harga

Royal Canin dijual mulai dari rentang harga Rp 60.000 (ukuran 400 gram) hingga Rp 1.100.000 (ukuran 10 kg).

3. Pro Plan

makanan kucing persia

Jika cat lovers merasa Royal Canin terlalu mahal untuk dibeli, maka Pro Plan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sebab, merk makanan kucing persia satu ini memiliki kandungan lemak yang cukup banyak sehingga dapat membuat kucing peliharaan lebih cepat gemuk.

Terlebih, kandungan gizi di Pro Plan pun sangat tinggi, dimana dapat memaksimalkan tumbuh kembang si meong.

Jenis Pro Plan yang paling banyak diminati oleh orang-orang adalah varian Pro Plan Chicken dan Pro Plan salmon.

Nah, sumber protein utamanya berasal dari salmon dan tuna sehingga begitu disukai si kucing dan mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk bulu, serta pencernaan.

Harga

Pro Plan sendiri dibanderol mulai dari Rp 320.000 untuk ukuran 3,18 kg.

4. Friskies

makanan kucing persia

Friskies merupakan salah satu merk makanan kucing persia yang termasuk dalam kategori terjangkau.

Meskipun begitu, kualitasnya pun bukan kaleng-kaleng. Friekies juga mempunyai kandungan gizi yang terbilang tinggi.

Namun, tidak semua kucing persia cocok dengan makanan yang satu ini. Dimana hal itu ditunjukan dengan pupnya yang lembek. Tetapi tenang, kamu bisa mengatasinya dengan varian salmon hairball management.

Harga

Friskies dibanderol mulai dari Rp 67.000 untuk ukuran 1,1 kg. Sangat murah, bukan?

5. Me-O

makanan kucing persia

Merk makanan kucing yang bagus terakhir adalah Me-O. Makanan ini juga mempunyai harga yang tergolong terjangkau, lho cat lovers.

Me-O cocok untuk kucing yang memiliki bulu yang panjang, Persia. Sebab, terdapat kandungan vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk mencegah kerontokan bulu dan hairball.

Harga

Me-O bisa kamu dapatkan mulai dari rentang harga sekitar Rp 63.000 hingga Rp 70.000 untuk ukuran 1,5 kg.

Tips dan Cara Memberi Makan Kucing Persia

makanan kucing persia

Jika kalian para cat lovers masih bingung untuk cara memberi makan Kucing persia yang tepat, berikut adalah tata caranya:

1. Sediakan Kotak Makanan yang Cukup

makanan kucing persia

Cara memberi makan kucing Persia yang pertama adalah dengan menyiapkan kotak makan yang tidak kekecilan, jika lebih besar malah lebih bagus. Artinya yang bisa dijangkau oleh si meong.

2. Berikan Makanan Kering (Dry Food) atau Basah (Wet Food)

Dalam hal ini, kamu bisa menyesuaikan dengan apa yang diinginkan si kucing. Biasanya kucing jika dari awal diberikan makanan kering, kucing bakal lebih suka dengan makanan jenis tersebut.

makanan kucing persia

Jika seperti itu, cat lovers cukup meletakkan di kotak makannya saja. Mau coba yang basah? Silakan saja.

Namun perlu diingat bahwa pisahkan dengan kotak makanan kering, jika si meong tidak suka makanan basah kemudian diletakkan di tempat makanan kering. Hasilnya si kucing jadi tidak mau makan.

3. Menaruh Makanannya di Tempat Makan si Kucing

makanan kucing persia

Cara memberi makan untuk kucing persia selanjutnya adalah dengan taruh makanannya di tempat si meong makan. Hal ini bertujuan supaya makanannya mudah untuk dijangkau kucing kamu.

Pasalnya, jika cat lovers taruh di pinggir maka si kucing bakalan sulit untuk menjangkaunya.

4. Berikan Makanan Sedikit Demi Sedikit

makanan kucing persia

Nah, di sini tidak perlu banyak-banyak ya, cat lovers! Pasalnya, si kucing mudah sekali lapar dan cepat sekali kenyang.

Nah, itulah beberapa rekomendasi jenis makanan kucing persia terbaik. Dengan begitu, kamu jadi tahu makanan apa yang perlu diberikan untuk si kucing, bukan?

Jadi jangan sampai pilih, pastikan Kamu selalu memilih makanan kucing persia yang tepat untuk hewan imut lucu nan menggemaskan Kamu yang satu ini.

Stay care and love your cats, ya!

  • Bagikan