cara memandikan kucing
cara memandikan kucing ala pet shop

Cara memandikan kucing sendiri di rumah sebenarnya mudah. Kamu pun tidak perlu rutin selalu ke Pet Shop untuk memandikan hewan imut dan menggemaskan kesayangan Kamu tersebut.

Hal yang membuat sulit untuk memandikannya rata-rata karena kucing Kamu yang takut dengan air, sehingga ia ketakutan dan berontak lalu mencakar.

Makhluk yang menggemaskan ini pun akan semakin terlihat bersih, menghilap, bulunya lembut dan sehat dengan beberapa langkah demi langkah cara memandikan kucing dengan baik dan benar.

Panduan dan Tata Cara Memandikan Kucing yang Baik dan Benar untuk Pemula

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah memandikan kucing bagi pemula agar tidak berontak dengan baik dan benar yang Kami lakukan di rumah, antara lain:

1. Memilih Waktu yang Tepat

cara memandikan kucing

Pertama-tama dan paling utama, langkah cara memandikan kucing yang tepat dengan memilih waktu mandi si kucing.

Kamu harus bisa memastikan si kucing dalam keadaan senang, santai, rileks, dan kondisi perutnya dalam keadaan yang belum terisi oleh makanan.

Sebelumnya Kamu dapat memberikan makan terlebih dahulu disaat ingin memandikannya, kemudian tunggu hingga beberapa saat kemudian hingga mood atau suasana hatinya baik.

Pada umumnya, kucing yang takut dengan air biasanya dimandikan setiap seminggu sekali. Namun, usahakan juga jangan terlalu sering.

Lain halnya apabila si kucing tidak takut air dan kondisi tubuhnya sedang kotor akibat main di luar rumah dan terlihat banyak kutu di badannya.

Jangan tunggu waktu lagi, Kamu harus segera memandikannya sebelum kutu yang terlihat tersebut berkembang biak dan semakin banyak.

2. Memotong Kuku dan Membersihkan Telinga

cara memandikan kucing

Langkah cara memandikan kucing sendiri di rumah selanjutnya adalah memotong kuku dan membersihkan kotoran pada telinga kucing.

Memotong kuku kucing sebelum mandi adalah cara agar tidak terkena cakaran kucing yang tajam ketika ia berontak disaat memandikannya.

Biasanya, karena sebelumnya kucing sudah makan maka ia kenyang dan lebih santai. Sehingga ia tidak akan terlalu berontak dan berusaha kabur saat mandi.

Pastikan Kamu memotong kuku dengan menggunakan gunting kuku khusus kucing yang bentuknya mirip dengan gunting pada umumnya.

Jangan potong kuku terlalu panjang, karena akan terkena bagian kuku yang ada darahnya, sehingga ia akan merasakan kesakitan bahkan bisa lebih buruk dari itu.

Kamu hanya cukup memotong bagian yang tajam pada kukunya secara perlahan sambil diajak ngobrol.

Setelah Kamu memotong semua kuku, selanjutnya adalah membersihkan bagian dalam telinga kucing menggunakan cotton buds.

Basuh terlebih dahulu kapas cotton buds nya menggunakan baby oil, lalu bersihkan bagian dalam kuping kucing secara perlahan sambil mengajaknya bicara hingga bersih.

Sesudah bagian dalam kedua telinganya bersih, maka kucing sudah siap untuk dimandikan.

3. Menyiapkan Peralatan Mandi

cara memandikan kucing

Setelah tadi Kamu membersihkan telinga dan memotong kuku kucing, maka sekarang Kamu harus mempersiapkan alat-alat mandi.

Peralatan mandi untuk kucing yang harus Kamu siapkan, antara lain:

  • Ember, bak atau baskom ukuran sedang dan gayung.
  • Tempat berpijak untuk kucing agar tidak terpleset.
  • Air hangat.
  • Sikat gigi kecil untuk kucing.
  • Shampo khusus kucing.
  • Handuk lembut dan hair dryer (hand blower).
  • Sisir kucing.

Lalu taruh semua alat mandi selain handuk, hair dryer dan sisir di tempat yang mudah dijangkau, kemudian ajak kucing kesayangan Kamu masuk ke dalam kamar mandi dan tutup pintunya.

Tujuanya apabila ternyata kucing Kamu agak marah, ia tidak bisa kabur keluar dari kamar mandi.

4. Menuangkan Air Hangat ke dalam Ember, Bak Mandi atau Baskom

cara memandikan kucing

Langkah cara memandikan kucing yang benar agar tidak berontak adalah memakai air hangat. Karena kucing sangat sensitif terhadap air dingin.

Oleh karena itu, air hangat dapat membuat kucing menjadi lebih tenang dan santai serta merasa nyaman. Sehingga ia tidak akan berontak saat dimandikan.

5. Membasahi Tubuhnya dengan Air Hangat

cara memandikan kucing

Sebelum Kamu membasuh seluruh tubuh kucing menggunakan air hangat yang sudah disediakan, terlebih dahulu kamu letakkan kucing dekat bak atau ember agar ia berpegangan.

Setelah itu pegang bagian leher kucing dengan tangan kiri, lalu basuh tubuhnya dari bagian punggung hingga ekornya secara perlahan sambil mengajaknya mengobrol.

Sesudah tubuhnya basah dengan air hangat hingga basah semua, ia akan merasa lebih rileks.

Kemudian kamu basuh sedikit demi sedikit bagian wajahnya dengan tangan kanan sambil membersihkan kotoran pada matanya.

6. Menuangkan Shampo ke Tubuh Kucing

cara memandikan kucing

Setelah sebelumnya Kamu sudah membasahi dengan air hangat, langkah cara memandikan kucing yang baik dan benar selanjutnya adalah menuangkan shampo ke tubuhnya sedikit demi sedikit.

Tuangkan shampo lalu gosok-gosok tubuhnya secara perlahan menggunakan tangan kanan hingga merata ke seluruh tubuh.

Pastikan jangan sampai terkena mata dan masuk ke dalam telinga kucing, karena berbahaya.

Sesudah shampo nya merata, pijat pelan-pelan tubuhnya agar meresap ke kulitnya supaya bersih dan kutu pun menghilang. Mulai dari tengkuk (pundak) hingga ekor.

7. Membilas Busa Shampo pada Tubuhnya

cara memandikan kucing

Apabila dirasa sudah cukup menggosok dan memijat tubuhnya dengan shampo, maka langkah cara memandikan kucing yang benar selanjutnya adalah membilas seluruh tubuhnya menggunakan air hangat yang tersisa.

Bilaslah tubuhnya hingga semua shampo nya bersih tidak tersisa, sehingga busa-busa bekas shampo hilang dan mempercepat kucing mandi.

Jangan sampai lupa, bersihkan kembali bagian kepala, wajah dan telinga nya hingga bersih.

Setelah itu Kamu bisa menggosok giginya menggunakan sikat gigi yang sudah disiapkan tadi dengan perlahan sampai bersih.

8. Menyeka Tubuh Kucing dengan Handuk

cara memandikan kucing

Jika Kamu sudah selesai memandikan, selanjutnya adalah Kamu harus segera menyeka tubuh si kucing menggunakan handuk yang sudah disiapkan tadi.

Silakan digosok-gosok seluruh tubuhnya dengan perlahan mulai dari wajah hingga ekornya sampai air kering, tujuannya agar kucing Kamu tidak kedinginan.

9. Mengeringkan dengan Hair Dryer

cara memandikan kucing

Setelah menyeka kucing dengan handuk dan dirasa sudah agak kering, cara memandikan kucing dengan benar selanjutnya adalah mengeringkan tubuhnya menggunakan hair dryer atau hand blower khusus kucing.

Cara mengeringkan tubuh kucing dengan hair dryer agar tidak kabur adalah dengan memegang kembali bagian leher menggunakan tangan kiri dengan lembut.

Setelah kamu memegang lehernya, arahkan hembusan angin hair dryer ke tubuhnya mulai dari tengan tengah, kepala, kaki, dan ekornya sambil mengajaknya ngobrol agar lebih tenang.

Keringkan seluruh tubuhnya hingga benar-benar kering, ya.

10. Menyisir Bulu Kucing

cara memandikan kucing

Apabila tubuhnya dirasa sudah sangat kering setelah dikeringkan menggunakan hair dryer (hand blower), bulu-bulunya akan mengembang.

Oleh karena itu, silakan kamu sisir bulu-bulu nya menggunakan sisir khusus kucing yang sudah disiapkan tadi.

Sisirlah mulai dari kepala, leher, tubuh (atas, bawah, samping), kaki, hingga ekornya, jika bulu kucing ada yang rontok maka sisir secara perlahan sampai tidak ada yang rontok.

11. Memberikan Kasih Sayang Kepada Kucing

cara memandikan kucing

Cara memandikan kucing yang benar di rumah sendiri ala pet shop sudah selesai.

Biasanya setelah kucing mandi ia akan akan kembali sangat aktif, namun tak sedikit juga kucing merasa kesal dan mengantuk serta lapar.

Berikan ia usapan lembut dan mencium pipi kucing kesayangan Kamu agar ia menjadi lebih senang dan bahagia.

Apabila ia lapar, berikan sedikit makanan dan susu kucing kesukaannya. Tapi jika ia mengantuk, gendong ke tempat tidurnya dan biarkan ia tidur.

Namun jika ia tidak mengantuk dan sudah masuk waktu makan, silakan kasih makan dan tunggu sampai selesai setelah itu ajak ia bermain.

Langkah-langkah di atas adalah termasuk ke dalam tahapan cara memandikan kucing yang takut dengan air agar tidak berontak untuk pemula ala pet shop pada umumnya.

Sebetulnya, cara memandikan kucing tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kamu hanya perlu rajin, berani, dan sangat sabar ketika memandikannya.

Semoga ulasan tutorial cara memandikan kucing persia, kampung, dan jenis lain di atas bisa bermanfaat dan bisa diterapkan saat akan memandikan kucing kesayangan.

Stay care and love your cats, ya!