jenis investasi untuk pemula, investasi pemula modal kecil, investasi untuk mahasiswa, investasi yang menguntungkan, contoh investasi, investasi reksadana, investasi terbaik bagi pemula, investasi saham, investasi uang
jenis-jenis investasi untuk pemula

Anggapan soal investasi hanya jadi arena bermain para pemilik modal besar masih sering kamu dengar, padahal banyak sekali jenis-jenis investasi untuk pemula dengan modal minim. Nggak heran kalau banyak kalangan menganggap investasi itu seperti membeli barang mahal.

Padahal, kegiatan menanamkan sejumlah dana ini sekarang bisa dilakukan siapa saja. Bukan hanya soal kemudahan akses terhadap instrumen investasi untuk pemula pada era saat ini, tetapi juga besaran modal yang perlu kamu sediakan.

Investasi untuk pemula umumnya diarahkan pada investasi bermodal kecil. Meski modal minim, hasil yang akan kamu dapat cukup sebanding lho. Kamu hanya perlu tahu jenis investasi mana saja yang tepat untuk pemula.

Supaya kamu nggak bingung, yuk, intip 3 jenis investasi untuk pemula yang bisa dicoba.

jenis investasi untuk pemula, investasi pemula modal kecil, investasi untuk mahasiswa, investasi yang menguntungkan, contoh investasi, investasi reksadana, investasi terbaik bagi pemula, investasi saham, investasi uang
jenis-jenis investasi untuk pemula

Emas Online

Emas atau logam mulia termasuk investasi paling populer di kalangan investor pemula. Bagi kamu yang butuh investasi bersifat fleksibel, kamu bisa memilih emas sebagai instrumen investasi. Bahkan, kamu bisa memulainya hanya dengan membeli emas ukuran 0,5 gram saja!

Artinya, modal ratusan ribu rupiah saja kamu sudah bisa mulai berinvestasi. Keuntungan lainnya, emas tergolong investasi dengan harga stabil. Dari waktu ke waktu, terjadi pula tren peningkatan harga emas. Plus, emas juga tergolong likuid, mudah diperjualbelikan, dan bisa menjadi jaminan pinjaman.

Buat pemula seperti kamu, berinvestasi emas melalui platform online boleh dilirik lho. Tersedia investasi emas online dari lembaga pembiayaan resmi atau marketplace populer. Jadi, modal smartphone dan aplikasi saja kamu sudah bisa mulai berinvestasi.

Reksadana

Kamu merasa ragu dengan minimnya pengalaman berinvestasi? Reksadana syariah bisa jadi pilihan tepat. Instrumen investasi ini mengharuskan kamu menyetorkan sejumlah modal awal ke sebuah lembaga penyedia reksadana. Lalu, dana itu akan dikelola oleh manajer investasi (MI) dan disebar kepada beberapa produk berbeda.

Kamu hanya perlu menekan risiko berinvestasi dengan memilih lembaga atau perusahaan investasi berkredibilitas tinggi dan punya reputasi baik. Contohnya, bank atau reksadana yang ditawarkan oleh platform marketplace terkenal.

Kunci berinvestasi dengan reksadana adalah rajin menyetor sejumlah dana sesuai ketentuan setiap bulan. Semakin rutin kamu berinvestasi, semakin besar pula keuntungan yang akan kamu dapatkan.

P2P Lending Syariah

Pernah dengar tentang peer to peer (P2P) lending syariah? Fintech satu ini lagi naik daun lho! Modal awal yang kamu sediakan pun nggak besar, cukup Rp100.000 saja. Bisa dong kamu menyisihkannya tiap bulan dengan menahan diri tidak belanja atau nongkrong di mall?

Sesuai namanya, dana yang kamu investasikan melalui platform P2P lending akan menjadi pembiayaan bagi pemilik UKM. Kalau kamu memilih P2P lending syariah, maka prinsip yang dipakai adalah pembiayaan dalam bentuk jual beli (murahabah) dana akad kerjasama bisnis (mudharabah).

Serunya, kamu bisa langsung memantau perkembangan investasimu dengan mengakses platform pengelola P2P lending di website atau aplikasi. Jadi, kamu nggak usah repot-repot turun langsung ke lapangan untuk memastikan investasimu berjalan baik.

Kira-kira mana dari 3 jenis investasi untuk pemula yang ingin kamu coba?

Ketiganya sama-sama mudah dilakukan, asal kamu sudah mengumpulkan niat dan modal untuk itu. Tidak pernah ada kata terlambat untuk berinvestasi. Mulai investasi sekarang dan kamu akan bisa menikmati buah manisnya di kemudian hari!

Nah, itulah ulasan kita seputar dunia bisnis investasi mengenai Jenis-jenis Investasi untuk Pemula yang bisa Kamu mulai saat ini juga yang bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang di hari tua nanti.

2 comments
  1. barusan punya rekening emas sama reksadana.. Nyesel kenapa baru mulai belajar invest sekarang ini huhuhu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Menilik Peluang Usaha Bisnis Sembako Grosir

Ada berbagai macam peluang bisnis rumahan yang dapat anda lakukan dari rumah,…

5 Jenis Peluang Usaha Modal Kecil untuk Wanita Muda & Ibu Rumah Tangga

Sebuah peluang usaha seringkali banyak dicari oleh para ibu rumah tangga yang…

Flashin: Bagaimana Sebuah Pikiran Sederhana Ini Bisa Menjadikan Kunci Besar Kecilnya Bisnis dan Omzet Anda

Halo kawan, Sebelum membahas lebih lanjut, saya ingin bertanya kepada anda. Apakah…
peluang bisnis fintech, financial technology adalah, contoh fintech, pengertian fintech menurut para ahli, CROWDE Membangun Bangsa, crowde penipu, crowde penipuan, crowde ojk, cara investasi di crowde, crowde karir, pendiri crowde Yohanes Sugihtononugroho, investasi crowde, jurnal financial technology, perkembangan fintech di indonesia, makalah financial technology, kelebihan dan kekurangan fintech, perkembangan fintech di indonesia 2019, contoh finansial teknologi

Crowde: Peluang Bisnis Fintech (Financial Technology) Masih Tinggi

Yohanes Sugihtononugroho (26), CEO and Founder Crowde mengaku masih melihat peluang bisnis fintech yang tinggi di industri bisnis fintech (financial technology).