5 Cara Menentukan Nama Restoran yang Menarik dan Unik

cara menentukan nama restoran
tips menentukan nama restoran

Ingatlah, artikel ini membahas tentang cara menentukan nama restoran yang tepat dan menarik. Nama merek atau brand menjadi hal yang sangat penting bagi setiap bisnis.

Karena merek ini bisa dibilang sebagai gambaran dan citra dari produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen.

Hal ini juga berlaku pada bisnis kuliner, dimana nama dari tempat makan perlu dipikirkan dengan matang.

Baca juga: Cara Memilih Nama Perusahaan yang Menarik

Cara Menentukan dan Membuat Nama Restoran yang Tepat

cara menentukan nama restoran
cara menentukan nama restoran yang tepat dan menarik

1. Gunakan Nama yang Mudah Dieja

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk memberi nama tempat makan anda, yaitu cari kosakata sederhana yang sekiranya mudah diidentifikasi oleh pelanggan.

Kosakata yang sederhana ini bisa yang memiliki ejaan mudah diucapkan.

Dengan begitu para pelanggan bisa mengingatnya dengan mudah, dan mencari restoran anda juga bisa dilakukan dengan mudah pula.

2. Gunakan Keunggulan Nama Tempat

Nama daerah tempat anda menjajakan bisnis kuliner tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak penjualan.

Terlebih bila wilayah tersebut sudah terkenal oleh banyak orang, maka cara ini sangat dianjurkan.

Sebagai contoh di Malang ada Bakso Bakar Pahlawan Trip, pasalnya daerah Pahlawan Trip merupakan salah satu tempat wisata yang populer di kota Malang.

Baca juga: Tempat Wisata Natal dan Tahun Baru Terbaik

3. Pilih Nama yang Familiar di Pasaran

Cara berikutnya yang dapat anda lakukan dalam memilih nama untuk bisnis kuliner, yaitu gunakan unsur nama yang sudah familiar di pasaran.

Hal ini wajib untuk anda pertimbangkan, karena dengan begitu pelanggan bisa lebih mudah untuk mengidentifikasi jenis restoran anda.

Konsumen cenderung lebih suka datang ke restoran yang sudah jelas menjual suatu hidangan.

Misalnya restoran anda menjual aneka mie, maka pastikan bahwa nama yang anda gunakan tidak jauh jauh dari unsur mie seperti Mie Kenangan, Mie Cobek, dan lain sebagainya.

Dengan begitu para pelanggan yang mendengarnya, akan lebih mudah untuk mengetahui jenis makanan atau kuliner terpopuler apa yang anda tawarkan. Mereka juga akan lebih mudah untuk mengingat nama tersebut.

4. Unik dan Menarik

Meski dianjurkan untuk menggunakan kosakata yang sederhana dan mudah dieja, serta menyertakan nama yang familiar di pasaran.

Namun anda tidak boleh lupa, bahwa masyarakat juga sangat menyukai sesuatu hal yang unik dan berbeda dari lainnya.

Maka dari itu anda juga harus berusaha berpikir out of the box, agar membuat restoran menjadi lebih menonjol.

Misalnya saja anda bisa menggabungkan beberapa kosakata agar terlihat lucu, karena nama yang lucu akan lebih memorable serta menarik hati para pelanggan.

Di sini, kemampuan permainan pengolahan kata anda akan sangat dibutuhkan. Anda juga bisa menambahkan beberapa kata bahasa asing yang terlihat unik di dalamnya.

Baca juga: Cara Membuat Nama Olshop yang Menarik

5. Pahami Psikologis Pelanggan

Ketika membuka suatu bisnis, baik itu dalam bidang apapun. Tentu di awal anda sudah memiliki pemikiran akan ditargetkan kemana pangsa pasar bisnis tersebut.

Oleh sebab itu anda perlu memahami kondisi psikologis target pelanggan ini, dengan begitu nama dari restoran akan lebih mengena dan terlihat menarik bagi pelanggan tersebut.

Caranya cukup sederhana, anda hanya perlu memposisikan diri sebagai pelanggan.

Misalnya target pasar anda adalah untuk remaja, maka posisikan diri anda sebagai anak usia belasan tahun dan pikirkan apa yang bisa menarik perhatian mereka ketika melihat nama restoran.

Anda dapat mengambil sampel dari keluarga yang berusia remaja, atau melakukan survei terlebih dahulu.

Dengan berbagai cara tersebut maka pemilihan nama untuk restoran menjadi lebih tepat dan mengena, sehingga akan terlihat lebih menarik di mata pelanggan.

Konsumen yang datang juga bisa mengingat nama tersebut dengan mudah, dan nantinya bisa kembali mencari restoran ini dengan mudah bersama teman atau keluarga yang lain.

Oleh karena itu, jangan sampai tidak menggunakan tips dan cara menentukan nama restoran yang tepat pada artikel ini, ya!

Media Online Masa Kini Seputar Gaya Hidup Terkini, Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Tips Kesehatan, Android Terbaru, Panduan Belajar SEO, Tips menjadi Blogger Sukses, Info Investasi Properti di Indonesia.