cara membuat nama olshop
cara membuat nama olshop yang menarik

Sudah pernahkah Anda bertanya kenapa toko terkenal tarik beberapa pengunjung? Pernahkah Anda bertanya-tanya cara membuat nama olshop yang menarik dan bagus untuk meningkatkan brand awareness dan konversi penjualan?

Kecuali produk yang banyak dicari dan sistem marketing yang baik, nama olshop rupanya turut punya pengaruh pada keberhasilan mereka.

Dimulai dari yang “classic” seperti Matahari dan Kinokuniya, sampai yang terkenal melalui sosial media seperti Vanilla Jilbab dan Devil Knit Wear, nama yang tarik ialah asset untuk keberhasilan usaha.

Tak sedikit pebisnis online yang tidak mengetahui tentang cara membuat nama olshop di Instagram dan Facebook Marketplace yang bagus.

Padahal, tips dan cara membuat nama untuk olshop di Instagram dan Facebook terbilang sudah bertebaran di Internet. Hanya saja mungkin mereka cukup malas untuk menguliknya.

Baca juga: Cara Memilih Nama Perusahaan

Manfaat Memiliki Nama Toko Online yang Menarik

cara membuat nama olshop
manfaat memiliki olshop yang menarik

Marty Neumeier, ahli branding dan penulis buku The Merek Jarak, memiliki pendapat jika nama yang baik ialah investasi periode panjang.

Ada beberapa faedah dari nama yang memikat untuk toko atau etalase daring Anda, misalnya:

1. Usaha Lebih Terkenal

Nama olshop yang terkenal semakin lebih gampang dikenang oleh calon konsumen.

Ini akan mempermudah proses pembelian dan penebaran info dari mulut ke mulut, hingga jumlah konsumen setia makin bertambah.

2. Gampang Ditemukan oleh Mesin Pencari

Membuat nama toko tertera di halaman paling atas hasil penelusuran Google penting untuk pelaku bisnis saat ini.

Nama olshop yang gampang dikenang dan terkenal condong lebih dikenal oleh algoritme Google.

Saat ada orang yang cari produk spesifik di Google, nama olshop Anda akan gampang tampil.

Baca juga: Pengertian dan Manfaat SEO untuk Bisnis Online

3. Mudah Menarik Konsumen Setia Baru

Nama yang baik membuat satu usaha condong lebih mencolok antara usaha sama.

Ini akan memberikan kepercayaan tambahan pada calon konsumen setia baru untuk pilih toko Anda.

4. Lebih Mudah Mengikuti Trend Penelusuran dengan Suara

Tahun 2017 dan 2018 memperlihatkan kenaikan reputasi tehnologi penelusuran dengan suara (Google Voice Search).

Dalam tehnologi ini, Anda dapat cari info melalui internet dengan menyebutkan nama object yang akan dicari menuju perkakas. Nama yang baik harus mempunyai resiko salah sebut yang rendah.

Nama olshop yang bagus berperan membuat kesetiaan. Saat satu nama kerap kedengar dan diketahui beberapa orang, kesan-kesan positif pada usaha itu makin besar.

Baca juga: Cara Jualan Barang di Shopee

Persyaratan dan Cara Membuat Nama Olshop yang Menarik dan Membawa Kesuksesan

cara membuat nama olshop
tips dan cara membuat nama olshop

Bagaimana Anda dapat mengetahui jika satu nama cukup bagus?

Neil Patel, pendiri Crazy Egg dan penasihat marketing digital asal Inggris, menjelaskan beberapa persyaratan yang perlu disanggupi satu nama bagus untuk toko atau produk. Mereka ialah:

1. Kepastian Pesan

Satu nama jangan membuat kesan-kesan yang memusingkan. Misalkan, bila Anda memakai kata “nikmat” atau “hasrat” di satu lapak atau toko, hal tersebut pasti dilihat selaku suatu hal berkaitan makanan.

Jangan sampai memakai kalimat berkaitan makanan untuk toko produk bahan bangunan, misalkan.

2. Trendy

“Trendy” di sini bukan bermakna ikut-ikutan tirukan kalimat yang lagi terkenal, tetapi lebih ke mengikut perubahan jaman.

Jangan sampai Anda memakai kalimat yang terkesan kuno atau tertinggal jaman, dan tidak sesuai situasi usaha dan trend konsumsi saat ini.

3. Gampang Diingat

Nama olshop yang mudah diingat bukan bermakna cuman terbagi dalam sedikit huruf.

Anda bisa saja memakai nama unik, misalkan memelintir sedikit ejaan satu kata, tetapi jangan begitu mencolok sampai nama itu betul-betul susah dibaca.

Bila perlu, Anda lebih bagus sekaligus membuat “kata baru” yang gampang disampaikan (misalkan Spotify atau BliBli), selama tidak membuat begitu susah.

Baca juga: Cara Bisnis Baju Import

4. Tidak Menyentuh Etika dan Tradisi di Tempat

Anda kemungkinan pengin coba bagus atau mengundang perhatian dengan pilih nama toko yang menyentuh.

Namun, Sebaiknya anda tidak melakukan. Pilih nama polemis kemungkinan mengundang perhatian secara mencolok pada awal, tetapi Anda tidak mendapatkan konsumen setia periode panjang.

5. Dreskriptif

Nama yang dreskriptif tujuannya ialah sanggup menerangkan mengenai produk yang Anda, bahkan juga tiada keterangan panjang lebar.

Nama online shop yang bagus itu sangat penting. Bukan hanya tentang cara menentukan niche produk dan menyusun strategi bisnis.

Cara membuat nama olshop mungkin terlihat sepele, tetapi sebuah nama yang menarik, unik dan bagus juga bisa menentukan prospek dan kesuksesan jangka panjang toko online Anda.

Baca juga: Peluang Bisnis Online Paling Menjanjikan

Dalam menentukan nama olshop, usahakan berdikusi dengan tim atau konsultan bisnis.

Cara membuat nama olshop yang ideal dan membawa kesuksesan yaitu harus mudah diingat, mampu mencerminkan toko yang baik & profesional, cocok dengan demografi pelanggan sesuai niche, ramah dengan search engine, singkat padat dan jelas, serta tidak boleh sama dengan toko online milik orang lain.