cara memilih nama perusahaan
cara memilih nama perusahaan yang baik dan menarik

Jangan sampai menyesal kemudian, Anda harus cerdas dan tahu tentang cara memilih nama perusahaan yang bagus, unik, menarik dan baik untuk bisnis ke depannya.

Banyak persiapan yang penting dikerjakan waktu membentuk bisnis. Salah satunya yang terlihat remeh tetapi penting ialah cari nama selaku merek. Anda perlu nama perusahaan unik supaya sanggup menggandeng perhatian khalayak.

Tips & Cara Memilih Nama Perusahaan yang Baik dan Menarik

cara memilih nama perusahaan
cara memilih nama perusahaan yang baik

Nama perusahaan merupakan faktor penting untuk menarik calon pelanggan dan menciptakan kesan yang unik dan profesional.

Nama merek juga bisa membantu Anda untuk meningkatkan brand awareness dan mengatur strategi content marketing untuk mempromosikan bisnis Anda.

Lalu, bagaimana sih cara menentukan nama perusahaan dan contohnya untuk bisnis Anda? Simak tips dan langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Singkat, Gampang Dikenang dan Menggambarkan Produk

Salah satunya arah pemberian nama ialah supaya perusahaan diketahui publik. Ketentuannya ialah tidak begitu panjang, simpel namun mengena.

Berdasarkan ketentuan harus, cara memilih nama perusahaan yang pertama adalah nama bisnis Anda harus terbagi dalam minimum tiga kata. Khususnya untuk perusahaan lokal hingga membandingkannya dengan perusahaan punya orang asing.

Serangkaian tiga kata itu tidak harus mempunyai makna yang sama-sama terkait. Bisa Anda membuat dari kombinasi beberapa nama pemilik atau nama Anda bernama beberapa partner usaha.

Jika merencanakan memasukannya dalam simbol perusahaan karena itu cukup berikan kependekan, kata yang paling mencolok atau kombinasi kata.

Supaya tidak memunculkan salah paham, pilih kata yang menyambung dengan usaha perusahaan. Jika perusahaan Anda beroperasi di sektor tur dan travel, gunakanlah embel-embel “Tur”, “Tur dan Travel” atau “Rekreasi”.

Sebisa mungkin masukan kata yang telah umum diketahui beberapa orang. Misalnya, PT. Gagah Tur dan Travel atau PT (Perseroan Terbatas), Andalas Rekreasi Bahari.

Baca juga: Alasan Pentingnya Pendaftaran Merek Bagi Usaha

2. Jangan Mengambil Kata yang Serupa dengan Perusahaan Lain

Lakukan penelitian dibutuhkan supaya nama perusahaan tidak menyamakan yang telah ada.

Anda dapat melakukan lewat internet dan memeriksa situs Direktorat Jenderal Kekayaan Cendekiawan.

Dengan demikian, Anda terlepas dari dakwaan menyontek. Dalam membuat nama unik jauhi memakai kata yang pasaran seperti “Berdikari”, “Citra”, “Cahaya”, “Kekal” atau “Sinar”.

Baca juga: Alasan Merek Dagang Terdaftar dapat Dihapus

3. Jauhi Memakai Angka, Watak dan Kata yang Vulgar

Unik tidak bermakna harus beda keseluruhan dan menyelimpang dari ketentuan. Anda harus menghindar pemakaian angka dan watak untuk nama perusahaan. Misalnya, PT. B1ru Makmur Property.

Pergantian huruf “i” jadi angka 1 dan huruf “b” kemungkinan berkesan beda tetapi malah akan turunkan citra perusahaan Anda. Disamping itu, taklukkan kalimat vulgar sebab mempunyai arti yang negatif.

4. Mencari Ide Dari Kamus

cara memilih nama perusahaan

Waktu mentok tidak ada inspirasi, karena itu buat jadi kamus selaku rujukan. Anda dapat mendapati banyak diksi yang belum Anda kenali awalnya.

Sebagai contoh, perusahaan Anda adalah produsen tekstil dan akan menyelipkan salah satunya nama warna.

Dalam kamus, ada beberapa kosakata warna yang unik sekalian cantik seperti Turangga, Soga, Nilakandi, Lazuardi, dan Kapisa.

Baca juga: Manfaat Brand untuk Perusahaan

5. Kombinasi Dari Dua Kata

Langkah seterusnya untuk bikin nama perusahaan unik yaitu dengan menyatukan dua kata. Banyak perusahaan start up populer yang mengimplementasikannya.

Sebagai contoh “RuangGuru”, “NetPlasa, “TemanJalan”, “GilaBola”, dan “BrideStory”. Anda harus cermat dalam melakukan hingga hasil penyatuan kata akan cocok, nyaman dibaca dan punyai keunikan.

6. Buat dari Kata yang Diplesetkan

Inspirasi kata yang diplesetkan pantas Anda coba. Karena sedikit brand yang memakai cara memilih nama perusahaan yang unik ini.

Disamping itu, sekali Anda mendapati plesetan yang baik karena itu selama-lamanya tidak bakal ada yang menyamakan.

Misalnya ialah “PegiPegi”, “BliBli”, “Qerja”, “SehatQ”, dan “Qwords” yang disebut plesetan dari kata kunci (keyword). Kecuali nampak unik, beberapa nama yang diplesetkan lebih bagus dan modern.

Baca juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Perusahaan

7. Menggunakan Kosakata Bahasa Asing

Tidak ada kelirunya bila cari rujukan nama perusahaan dari bahasa asing. Perusahaan di Indonesia terbanyak adopsi kata dari bahasa Inggris, misalkan “Female Daily”, “Bride Story”, dan “Kabar Games”.

Opsinya ialah memakai full serangkaian kata bahasa asing atau campur dalam kata bahasa Indonesia.

Dari tujuh langkah, tahapan, tips dan cara memilih nama perusahaan yang bagus dan menarik di atas, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran untuk menentukan merek bisnis Anda?