definisi pengertian internet menurut para ahli istilah sejarah perkembangan fungsi dan manfaat internet
Definisi, Pengertian Internet Menurut Para Ahli, Sejarah, Perkembangan, Istilah, Fungsi dan Manfaatnya

Pada saat ini, bisa dibilang hampir semua orang memakai internet. Namun, Saya yakin bahwa masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa ada banyak definisi atau pengertian internet secara umum dan menurut para ahli.

Baik tua maupun muda, semuanya aktif menggunakan internet. Kemudahan dalam mendapat informasi baru, merupakan salah satu hal utama mengapa internet semakin disukai.

Agar tak sekadar memakai saja, yuk simak ulasan mengenal definisi dan pengertian internet, sejarah, perkembangan, fungsi, serta manfaatnya berikut ini!

Daftar isi: hide

Apa itu Internet

definisi pengertian internet menurut para ahli istilah sejarah perkembangan fungsi dan manfaat internet

Secara Harfiah, pengertian internet secara umum adalah sebuah jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media lainnya.

Standar teknologi pendukung yang digunakan secara global adalah Transmission Control Protocol Suite yang disingkat sebagai istilah TCP/IP).

TCP/IP merupakan protokol pertukaran paket dengan istilah asingnya yaitu Switching Communication Protocol yang bisa dipakai lebih dari miliaran pengguna yang ada di dunia.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

definisi dan pengertian internet menurut para ahli secara umum
pengertian internet menurut para ahli secara umum

Berikut ini kami sajikan berbagai macam definisi dan pengertian internet menurut para ahli yang bisa dibaca agar menambah wawasan ilmu pengetahuan teknologi:

1. Kayo, Mori, Takano (1996)

Kayo, Mori, dan Takano (1996) menjelaskan bahwa internet merupakan jaringan yang punya 3 keistimewaan.

Pertama, jaringan ini menawarkan kebebasan pada pengguna untuk saling memberi dan bertukar informasi.

Kedua, jaringan yang dinamis dan mengikuti perkembangan waktu. Ketiga, jaringan ini sifatnya interaktif, sehingga sesama pengguna di seluruh dunia bisa saling berinteraksi.

2. Oetomo (2002)

Oetomo memaparkan pemahamannya atas internet sebagai jaringan komputer yang sangat besar. Dalam jaringan komputer yang besar tersebut.

Terdapat begitu banyak jaringan kecil yang terhubung antara satu dengan yang lainnya.

Jaringan komputer yang besar tersebut, bahkan bisa mencakup jaringan di seluruh dunia.

3. Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003)

Selanjutnya, ada penjelasan mengenai internet dari Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003). Menurut ketiga ahli dan pakar teknologi dan internet ini.

Pengertian internet adalah keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya.

Pada rangkaian komputer yang saling terhubung dalam jaringan ini, tersimpan beragam file dan data yang bisa diakses dan digunakan oleh penggunanya.

4. Onno W. Purbo (2005)

Menurut Onno W. Purbo (dalam Prihatna, 2005) mengemukakan bahwa pengertian internet adalah sebuah media, yang digunakan untuk menjadikan proses komunikasi lebih efisien.

Nah, agar komunikasi yang dilakukan tersebut itu bisa berlangsung, di sambungkanlah ke beragam aplikasi, seperti Web, VOIP, atau pun email.

5. Allan (2005)

Tokoh selanjutnya yang menjelaskan pengertian internet adalah media jaringan global dinamis sebagai sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya secara fisik.

Jaringan komputer ini punya kemampuan untuk membaca dan menguraikan beragam protokol komunikasi tertentu, yang dikenal orang sebagai IP atau Internet Protocol.

6. Turban, Rainer, Potter (2006)

Menurut ahli internet Turban, Rainer, dan Potter bahwa internet adalah sebuah jaringan besar yang bisa mengubungkan jaringan komputer.

Mulai dari organisasi pemerintah, organisasi bisnis, hingga semua sekolah di seluruh dunia secara langsung dengan mudah dan cepat.

7. Supriyanto (2006)

Menurut Supriyanto tahun 2006, pengertian internet merupakan sebuah hubungan dengan berbagai jenis komputer dan jaringan yang ada di dunia serta memiliki sistem operasi dengan aplikasi yang berbeda.

Hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi, contohnya telepon dan satelit yang juga menggunakan protokol standar dalam kemunikasi, yaitu TCP/IP (Transmission Control / Internet Protocol).

8. Harjono (2009)

Menurut Harjono, pengertian internet adalah suatu koneksi jaringan komputer yang saling terkoneksi atau terhubung dari beberapa komputer hingga jutaan komputer di dunia.

Supaya komputer satu dengan komputer lainnya tetap terkoneksi atau terhubung maka dibutuhkan suatu media perantara agar saling menghubungkan antar komputer.

Media perantara yang digunakan merupakan kabel atau serat optik, satelit, maupun sambungan telepon.

9. Sibero (2011)

Menurut Sibero, pengertian internet yaitu Inter-Connected Network yang merupakan suatu jaringan komputer yang saling menghubungkan antar komputer secara global.

Internet bisa bekerja seperti jaringan komputer lokal maupun jaringan komputer dengan area yang lebih luas.

Internet menggunakan sebuah protokol komunikasi yang dikenal dengan istilah TCP/IP (Transmission Control Internet Protocol).

10. Sarwono (2012)

Sedangkan, menurut Sarwono bahwa pengertian internet merupakan suatu kumpulan jaringan yang memiliki skala global.

Menurut Sarwono tidak ada orang yang mampu bertanggungjawab untuk menggunakan internet. Awalnya, internet hanya digunakan untuk kepentingan militer.

Namun, saat ini internet merupakan sebuah kebutuhan sehari-hari dalam banyak aspek serta hiburan masyarakat.

Sejarah dan Perkembangan Internet

pengertian internet, sejarah dan perkembangan internet di dunia
pengertian internet, sejarah dan perkembangan internet di dunia

Pada bab ini, Bacalagers Media memberikan ulasan tentang sejarah internet dan perkembangan internet.

Setelah sebelumnya kita membahas beberapa definisi internet menurut para ahli serta pengertian internet secara umum.

Awal Mula Kemunculan Internet

Sejarah internet dimulai dengan proyek ARPA atau Advanced Research Projects Agency, yang dikerjakan oleh Departemen Pertahanan dari Amerika Serikat pada tahun 1969.

Lewat proyek ini, Departemen Pertahanan AS merintis sistem jaringan yang namanya ARPANET.

Departemen Pertahanan AS mendemonstrasikan hardware dan software untuk komputer dengan menggunakan UNIX.

Proyek ARPANET ini dirancang dengan jaringan yang handal, sehingga dapat menyimpan informasi yang dipindahkan. Pada awalnya, proyek ARPANET ini hanya digunakan khusus untuk keperluan militer AS saja.

Dengan adanya sistem jaringan berupa ARPANET ini, komputer milik militer yang berada di daerah kritis dan rentan bisa saling terhubung satu dengan yang lainnya.

Proyek ARPANET ini pada awalnya menghubungkan 4 situs saja, yaitu University of Utah, Santa Barbara, Stanford Research Institutes, dan University of California.

Pada tahun 1972, tepatnya di bulan Oktober, proyek ARPANET diumumkan secara resmi kepada khalayak ramai, yang membuatnya makin berkembang pesat di Amerika Serikat.

Semakin banyaknya pengguna ARPANET, akhirnya membuat terbentuknya jaringan komputer baru yaitu MILNET.

MILNET digunakan khusus dalam dunia militer, sedangkan ARPANET digunakan untuk keperluan non militer secara eksternal.

Setelah teknologi makin berkembang, kedua jaringan besar ini kemudian digabungkan lagi di bawah nama DARPA Internet. DARPA Internet inilah yang akhirnya namanya disederhanakan menjadi internet.

Pada periode tahun 1982, TCP dan IP digunakan sebagai protokol jaringan. Dengan begini, semua orang yang ingin mengakses internet tak perlu melalui ARPANET lagi.

Kemudian, di tahun 1986, sistem nama domain yang dikenal sebagai DNS mulai diperkenalkan.

DNS atau Domain Name System ini berfungsi untuk menyamakan sistem nama alamat pada jaringan komputer atau internet.

Perkembangan Internet di Indonesia

pengertian internet dan perkembangan internet di indonesia tahun 2020

Berkembangnya internet di Indonesia di mulai tahun 1990an. Jaringan internet di Indonesia kala itu dikenal dengan sebutan Paguyuban Network.

Walau awal perkembangannya disebut baru mulai pada tahun 1990-an, faktanya di tahun 1988, IP atau Internet Protocol pertama dari Indonesia telah didaftarkan oleh Universitas Indonesia. IP pertama tersebut adalah UI-NETLAB (192.41.206/24).

Pada tahun 1994, ISP komersial pertama Indonesia, IndoNet mulai beroperasi di bawah pimpinan Sanjaya. Sambungan awal ke internet dilakukan dengan menggunakan dial-up oleh pihak IndoNet.

Akses awal dilakukan dengan memakai mode teks menggunakan shell account, browser Lynx, dan email client pine, serta chatting dengan conference pada server AIX.

Pada tahun 1995, Departemen Pos Telekomunikasi memberi izin untuk ISP pada IndoNet dan Radnet. Mulai dari tahun ini jugalah, tersedia akses Telnet yang terhubung ke luar negeri.

Dengan memanfaatkan Lynx di Amerika Serikat, pengguna internet di Indonesia bisa mengakses internet HTTP.

Sejak saat itu, internet pun semakin berkembang hingga masuk ke era e-commerce, marketplace, digitalisasi, internet of things dan industri 4.0 seperti sekarang.

Internet Masa Kini

definisi pengertian internet menurut para ahli istilah sejarah perkembangan fungsi dan manfaat internet

Internet dijaga oleh perjanjian Bilateral atau Multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian).

Protokol-protokol internet ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments).

Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board – IAB).

Protokol-protokol internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL Certificate.

Beberapa layanan populer di internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, perkongsian file (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH.

Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog, Sosial Media, Aplikasi Berbasis Website, dan lainnya.

Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia.

Selain itu melalui internet dimungkinkan untuk berkonikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Google, Camfrog, Yahoo Messenger, MSN Messenger, Windows Live Messenger dan lain sebagainya.

Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem Tertutup (Proprietary System) adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella. Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette.

Istilah Di Dalam Dunia Internet

pengertian internet secara umum dan istilah di dalam dunia internet

Banyak sekali istilah-istilah yang ada dalam Internet. Bagi mereka yang baru mengenal internet pasti belum begitu paham tentang istilah dalam komputer.

Beberapa istilah dalam internet antara lain:

1. E-Mail

Surat menyurat melalui internet, pengguna dapat saling bertukar berita, berita tersebut dikumpulkan dalam satu file untuk pengamatan berupa mailbox.

2. E-Mail Address

Alamat yang dipakai pada proses pengiriman e-mail ke tujuannya, alamat tersebut berdasarkan DNS.

3. Access

Kegiatan mengambil atau menyimpan data atau ke memori atau ke disk drive.

4. Attachment

Fasilitas pada sebuah program email baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirim file atau gambar yang diikut sertakan pada sebuah email yang akan dikirim.

5. Attach

Perintah untuk melacak dan memasukkan dokumen web sekalipun kita menggulung scroolbar sampai ke akhir dokumen.

6. Banner

Bagian yang tidak bergerak pada layer sekalipun kita mengulung dokumen.

7. Blog

Blog atau weblog adalah tren gaya hidup digital yang kian berkembang, hari demi hari. Di Internet, blog disediakan gratis untuk siapa saja.

Termasuk desain, hosting hingga berbagai fungsi tambahan yang mempermanis tampilan blog. Gratis dan mudah diaplikasikan.

8. Body

Suatu Tag HTML yang digunkan untuk membuka dan menutup semua isian (text,grafik,dan lain lain) dalam dokumen HTML.

9. Browse

Perintah dalam lingkungan windows untuk menampilkan isi disk.

10. Web Browser

Program software peramban web yang digunakan untuk browsing.

11. Browsing

Aktivitas penjelajahan beberapa situs di internet.

12. Chatting

Layanan percakapan online berbasis text yang biasa digunakan pengguna internet untuk berbicara dengan pengguna lain.

13. Counter

Sebuah script (program) yang menghitung jumlah pengunjung website secara otomatis.

14. Cyberscape

Istilah yang berhubungan dengan kumpulan komputer yang data elektroniknya dapat diakses, jika komputer berhubungan dengan internet atau jaringan besar lainnya.

15. Dial

Proses terhubungnya komputer ke suatu stasiun atau sebuah alamat internet melalui saluran komunikasi.

16. Dial-up

Jenis komunikasi yang menggunakan modem dan saluran telepon agar bisa berhubungan atara komputer yang satu dengan komputer lain.

Biasa diartikan provider internet memanfaatkan saluran telepon sebagai saluran utamanya.

17. Dial-up Line

Jalur komunikasi yang digunakan pada proses dial up terutama jaringan umum atau jaringan telepon biasa.

18. Disconnected

Istilah untuk menyatakan pemutusan hubungan dengan saluran komunikasi atau keadaan tidak terhuubung dengan jaringan manapun.

19. Download

Mengambil atau mengunduh file dari satu komputer ke komputer lain.

19. Error Message

Pesan yang muncul ketika ditemukan kesalahan pada saat menjalankan suatu program.

20. Eudore

Program aplikasi layanan e-mail di internet.

21. Failure

Pernyataan yang menunjukan bahwa alat terkait tidak berjalan semestinya.

22. Flame

Pesan dalam e-mail yang berisi kritikan atau pendapat biasanya dikirim pengguna internet ke seorang atau sebuah newsgroup sebagai sel ekspresi kesalahan karena adanya pelanggaran di internet.

23. Freeware

Software yang didistribuskan gratis kepada pemakai.

24. Front Page/Namo WebEditor/Macromedia Dreamweaver

Software pengembangan web (program pembantu untuk membuat dokumen html).

25. GIF

Format file untuk menyimpanan data berupa gambar yang bergerak atau biasa disebut dengan istilah Animasi.

26. Google

Nama search engine atau mesin pencari terbesar di internet dunia.

27. Google Chrome

Google Chrome adalah sebuah peramban web terbuka dan gratis yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan sistem mesin rendering WebKit dengan bahasa pemrograman C, C++, JavaScript, Java dan Python.

Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Versi beta untuk Microsoft Windows pertamakali diluncurkan pada September 2008 dan tersedia dalam 43 bahasa serta versi untuk Mac OS X dan Linux juga sudah rilis.

28. Guest Book

Fasilitas interaktif dalam sebuah hal web yang mengizinkan pengunjung untuk menulis pesan.

29. Homepage

Halaman pertama dari suatu website.

30. HTML

Singkatan dari Hypertext Markup Language. Format dokumen yang digunakan dalam www (world wide wibe).

31. HTTP

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah bagian dari suatu url yang mengidentifikasikan lokasi sebagai satu yang digunakan oleh html.

32. HTTPS

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah protokol komunikasi internet yang melindungi integritas dan kerahasiaan data pengguna antara komputer pengguna dan situs website.

33. Hyperlink

Link atau sambungan ke sumber lain(bisa berupa file atau halaman yang berbeda).

34. Internet

pengertian internet secara umum
pengertian internet secara umum

Sebuah jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media lainnya.

35. Internet Provider

Suatu sistem yang menyediakan layanan hubungan ke internet, seperti telkomnet, meganet, radnet, globalnet.

36. Intranet

Sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi, atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.

37. IP

IP (Internet Protocol) adalah suatu bentuk dari pengisian dan pengamatan paketpaket informasi yang dikirim dalam internet.

38. IP Address

Sebuah pengindentifikasikan untuk sebuah computer atau perangkat pada jaringan TCP/IP.

Secara umum biasa diartikan sebagai alamat numeric dari sebuah computer di internet, ip address sama fungsinya dengan nomor telepon kita di rumah.

39. Internet Explorer

Suatu browser web gratis terkenal yang diproduksi oleh Microsoft Corporation.

40. IRC

IRC (internet relay chat) sebuah layanan yang dapat berkomunikasi antara orang yang satu dengan yang lain.

41. ISP

ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan yang menawarkan dan menyediakan layanan jasa akses internet ke kalangan umum dengan mengenakan biaya.

Contoh dari ISP adalah Telkomsel, Indosat, Three (3), XL, Biznet, First Media, Centrin, CDN, Wasantara, dan lainnya.

42. Link

Sambungan atau koneksi dari sebuah sumber ke sumber yang lain misalnya dalam system networking atau internet.

43. LAN

Lan (Local Area Network) adalah sebuah jaringan yang berdiri sendiri biasanya pada sebuah kantor atau perusahaan.

44. Log In

Proses masuk kedalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password.

45. Log out

Keluar atau menutup sama artinya dengan sign out.

46. Mailing List

Sebuah forum diskusi di internet dengan menggunakan e-mail satu pesan dari seseorang anggota akan diterima oleh semua anggota.

47. Member

Anggota member id merupakan identitas anggota,member name,nama anggota.

48. Netscape

Browser graphical komersial terkenal.

49. Network

Sekelompok komputer yang terhubung yang biasa saling berbagi sumber daya, seperti printer,atau modem,dan data.

50. Newsletter

Lembar warta semacam bulletin di internet, atau dapat diartikan sebagai lembar warta yang disebarluaskan melalui e-mail dengan tata letak menyerupai halaman website.

51. Page Wizard

Langkah-langkah yang diberikan secara berurutan untuk membimbing dalam pembuatan sebuah halaman website.

52. Provider

Perusahaan yang biasa melayani pembuatan website mengatur penempatan di dunia cyber termasuk juga maintenance dan penyedia akses internet juga membantu dari segi promosi agar website tersebut banyak dikunjungi para pengguna internet.

53. Search Engine

Search engine atau mesin pencari adalah sistem pencarian informasi yang dirancang untuk membantu menemukan informasi yang tersimpan di sistem komputer.

Hasil pencarian biasanya disajikan dalam daftar dan biasanya disebut hit / query pencarian.

Beberapa mesin pencari di dunia, yaitu Google, Yahoo, MSN, Bing, Yandex, Duckduckgo, dan lainnya sebagainya.

54. Send Mail

Untuk menerima e-mail dari luar maupun dari system setempat dan mengirimkannya ke tujuan.

55. Server

Sebuah komputer di internet atau jaringan yang menyimpan file dan membuat file tersebut tersedia untuk diambil jika diperlukan.

56. Sign In

Masuk sebagai member / anggota.

57. Sign Up

Mendaftarkan diri sebagai member / anggota.

58. Situs Web

Situs web adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang pada umumnya berada pada peladen yang sama.

Yang di dalamnya berisikan kumpulan informasi yang diterbitkan oleh perorangan, kelompok, organisasi, ataupun perusahaan, contohnya saja situs bacalagers.com ini.

59. Spam

Pesan tidak diinginkan yang masuk melalui e-mail bias berupa pesan yang tak berarti.

60. Submit

Mengirim form yang telah terisi ke dalam server web.

61. Teleconfrence atau Webinar

Konfrensi jarak jauh atau komunikasi interaktif antara tiga orang atau lebih yang terpisah jauh secara geografis.

62. URL

Uniform resource locator sebuah alamat yang menunjukan rute ke file pada web atau pada fasilitas internet yang lain.

URL biasanya diketikkan pada browser untuk mengakses suatu situs web.

63. Website

Suatu koleksi dokumen html baik pribadi atau perusahaan dalam server web,biasanya sebuah server web berisi lebih dari satu situs.

64. WWW

World wide wibe servis internet yang dapat terkoneksi dengan dokumen multimedia bersama hyper text.

65. Bacalagers Media

Bacalagers Media adalah portal media online masa kini yang menyajikan konten berkualitas dan menginspirasi anak muda Indonesia.

Fungsi dan Manfaat Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari

pengertian internet, fungsi dan manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari

Setelah sebelumnya kita membahas lengkap mengenai pengertian internet secara umum dan menurut para ahli, sejarah, dan perkembangan internet.

Mengingat eksistensi internet yang makin meningkat, sudah tentu dengan definisi dan pengertian internet pasti memiliki banyak fungsi dan mendatangkan banyak manfaat bagi penggunanya.

Internet bukan hanya sekadar penghubung komunikasi antar daerah rawan konflik, seperti di awal kemunculannya.

Berikut beberapa fungsi dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan internet:

1. Internet Sebagai Media Komunikasi

Fungsi internet yang dari awal kemunculannya tak berubah sampai sekarang adalah sebagai media komunikasi.

Jika sebelum ada internet Anda akan dibebani dengan biaya telepon lokal dan internasional yang terbilang tak sedikit.

Sekarang semuanya jadi begitu murah dan praktis. Anda bahkan bisa melakukan video call, dengan biaya yang sangat ringan.

2. Internet Sebagai Media Informasi

Fungsi dari internet selanjutnya adalah sebagai penyedia informasi paling up to date.

Dengan sekali klik saja, Anda bisa tahu apa saja yang sedang happening, baik itu di lokasi sekitar Anda, bahkan di seluruh dunia.

Dari fungsinya ini, tentu saja internet bermanfaat untuk memperkaya informasi yang Anda miliki.

3. Internet Sebagai Media Transaksi

Saat ini bisa dibilang sebagai puncaknya fungsi dari internet sebagai media untuk bertransaksi.

Anda mungkin salah satu dari jutaan orang di dunia yang menggunakan internet untuk berbelanja secara online.

Tak perlu lagi keluar rumah dan keliling pasar untuk mencari barang incaran. Anda hanya perlu duduk manis di rumah, buka aplikasi belanja dan bayar harga barang yang Anda inginkan.

4. Internet Sebagai Media Penyedia Lowongan Kerja

Internet juga berfungsi sebagai media untuk mencari pekerjaan, loh! Anda tak perlu susah-susah pergi ke kantor pos, hanya untuk mencari lowongan pekerjaan, karena semuanya bisa dicari di internet.

Para freelancer terutama sekali terbantu dengan adanya internet ini, karena mereka bisa bekerja dari rumah dan honornya pun dibayarkan secara online.

5. Internet Sebagai Media Berbisnis

Tidak dapat dipungkiri, saat ini sudah hampir tidak bisa terhitung jumlah orang dan perusahaan yang memanfaatkan internet untuk berbisnis online.

Ada banyak jenis bisnis online yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang atau penghasilan melalui internet seperti jualan kuota internet, jualan pakaian, jualan makanan, layanan jasa, dan lainnya.

Manfaat Internet Bagi Pelajar dan Dunia Pendidikan

pengertian internet dan manfaat internet bagi pelajar dan dunia pendidikan

Setelah tadi mengulas lengkap tentang pengertian internet menurut para ahli dan secara umum.

Pada bab terakhir ini ada beberapa manfaat internet yang wajib untuk kita ketahui bersama dan hal penting lain yaitu khusus dunia pendidikan, pelajar dan mahasiswa dalam mendukung kegiatan belajar mengajar di Indonesia.

Sebenarnya, jika berbicara dampak positif dan negatif internet untuk pendidikan, pelajar, mahasiswa ataupun masyarakat pasti ada efek positif dan negatifnya.

Namun, semua itu kembali lagi kepada diri kita masing-masing. Bagaimana kita memanfaatkan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, berikut ini kami ulas beberapa dampak positif berupa manfaat internet untuk pelajar dan dunia pendidikan:

1. Memperluas Wawasan dan Ilmu Pengetahuan

Berdasarkan pengalaman yang Saya alami adalah ketika kita sedang mencari tugas di Internet tanpa kita sadari setiap halaman website yang dibuka pasti akan kita baca isinya.

Meskipun isi pada halaman website tersebut bukan tugas yang kita cari. Tetapi, ada juga sebagian siswa yang tergolong sebagai orang yang HG (harap gampangan), copas (copy paste) tugas dari halaman website lalu di tempel (paste) di Microsoft Word.

Selain itu, kita bisa mencari berbagai macam ilmu pengetahuan dengan mudah tanpa susah lewat internet.

Hanya dengan mengakses web browser (peramban web) kemudian membuka google.com atau google.co.id lalu mencari informasi lengkap misalnya tentang pengertian internet menurut para ahli dan pakar internet dunia.

2. Sumber Tambahan Materi Mata Pelajaran di Sekolah

Pernah tidak saat kita belajar di sekolah lantas tidak mengerti sama sekali dengan materi yang telah diterangkan saat sedang belajar bersama guru? Saya rasa sih pernah.

Hal tersebut sering terjadi hingga saat ini kepada Saya, oleh karena itu Saya sering mencari informasi bahan materi apapun melalui internet untuk Saya pelajari, pahami dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan mengajari adik belajar.

3. Melatih SIswa Supaya Mengetahui Cara Penggunaan Teknologi

Siswa pasti akan mendapatkan tugas yang harus dibuat dengan materi yang ada di internet.

Secara otomatis, siswa/pelajar harus menggunakan komputer, laptop ataupun smartphone layar lebar.

Kemudian siswa akan mencari bahan materi pelajaran yang dijadikan tugas oleh guru dari sekolahnya yang harus di print.

Siswa juga akan belajar menggunakan internet dengan sendirinya, karena pada saat ini sebagian besar pelajar/siswa di Indonesia sudah mengenal dengan dunia internet, media sosial, dan lainnya.

Anda tak butuh waktu lama untuk mencari informasi, belanja dan bekerja bisa dilakukan di rumah saja.

Sebagai pengguna, Anda jangan lupa untuk terus memanfaatkan internet sepositif mungkin.

Nah itulah tadi rangkuman singkat mengenai definisi, pengertian internet secara umum dan menurut para ahli, sejarah, fungsi, serta manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya internet, sekarang semuanya pun jadi terasa lebih mudah, simpel, fleksibel dan cepat.

1 comment
  1. wahhh internet emang udah jadi kebutuhan pokok kalau sekarang ya,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.