systemever software cloud erp indonesia systemever terbaik di asia
Inilah Software Cloud ERP Indonesia Terbaik di Asia

Saat ini sudah tersedia sistem ERP yang bisa digunakan untuk melakukan perencanaan bisnis dan pengolahan data. Penerapan software cloud ERP Indonesia sudah diimplementasikan pada software cloud ERP. Di indonesia sendiri sistem ini sudah bisa dimanfaatkan dengan baik. Akan tetapi, masih ada banyak pelaku UMKM yang meragukannya.

Seperti yang kita ketahui memasuki era industri 4.0 seperti saat ini para pelaku bisnis harus mengikuti perkembangannya demi kemajuan bisnis yang dijalaninya. Terutama dalam hal perencanaan dan pengelolaan bisnis yang tertata dengan baik.

Tujuannya supaya bisnis yang dijalani bisa bersaing dengan para kompetitornya. Tidak hanya itu saja, perusahaan juga akan semakin berkembang lebih baik lagi.

Salah satu bisnis yang saat ini sedang berkembang dan memberikan kontribusi kepada negara adalah bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Kontribusi UMKM kepada pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebesar 60,34%.

Hingga saat ini jumlah pelaku UMKM di Indonesia sudah lebih dari 60 juta unit yang. Namun, cukup disayangkan karena mayoritas UMKM kurang mendapat informasi mengenai perencanaan dan pengolahan data dalam bisnis yang dijalani. Pengelolaan ini bisa menggunakan software cloud ERP Indonesia.

Apa Itu ERP?

software cloud erp indonesia dan pengertian apa itu sistem erp

Pengertian ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning yang merupakan sistem software yang dibuat untuk membantu mengelola sebuah kegiatan bisnis perusahaan. Aplikasi ERP bekerja dengan cara mengintegrasikan seluruh kegiatan atau aktivitas yang ada di dalam sebuah bisnis atau perusahaan tersebut.

Dalam sebuah bisnis atau perusahaan terdapat banyak sekali aktivitas yang dijalankan, mulai dari pembelian dan penjualan, produksi, pengiriman sampai dengan pencatatan keuangan dalam bentuk laporan keuangan.

Tentunya setiap aktivitas tersebut mempunyai batasan tersendiri. Setiap aktivitas memiliki departemen atau divisinya masing-masing. Setiap divisi juga memiliki personal dengan kegiatan atau tugasnya sendiri-sendiri.

Dengan adanya ERP ini maka semua aktivitas dan data akan terintegrasi dalam satu database. Semua data yang tersimpan dalam database akan aman. Hal ini akan membuat pihak pengelola bisnis atau perusahaan akan mudah menjalankan bisnisnya.

Dengan adanya sistem atau software ERP ini, maka pihak pengelola dapat menggunakan data secara real time dan akurat. Penjelasan di atas sudah memberikan informasi mengenai pertanyaan apa itu sistem ERP?

Fungsi Sistem ERP

fungsi software cloud erp indonesia

Berikut ini Kami berikan daftar fungsi sistem ERP secara umum di Indonesia maupun di seluruh Dunia:

1. Mengontrol Perencanaan dan Manajemen

Sistem ERP dapat memudahkan pemantauan dan pengendalian sebuah perencanaan bisnis atau perusahaan. Karena sistem ERP menyajikan dan mengintegrasikan berbagai macam data secara sistematis, komprehensif dan real time.

Berbagai data yang ada dapat dengan mudah diakses oleh setiap bagian/divisi yang saling terhubung.

Di samping itu sistem ERP juga dapat meningkatkan efisiensi setiap kegiatan yang ada dalam perusahaan, seperti pemesanan, pengiriman, manajemen mutu, manajemen keuangan dan lain sebagainya.

Alur atau siklus waktu penjualan ke kas dan pembayaran juga dapat dipersingkat ketika menggunakan sistem ERP ini.

2. Memperoleh Data Lebih Akurat

Dengan adanya sistem ERP, pemegang kebijakan dalam sebuah bisnis atau perusahaan dapat menentukan lebih dari satu metode dan level penilaian yang digunakan.

Metode dan level penilaian ini dapat disesuaikan dengan tipe atau jenis kebijakan yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Sistem ERP akan menghitung secara otomatis dari setiap transaksi yang ada. Hal ini akan secara real time mempengaruhi pergerakan dan perubahan kondisi keuangan dan akan dapat memperoleh laporan secara cepat dan akurat.

3. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Sistem ERP yang digunakan dapat mengkalkulasi segala aspek seperti bagian mana yang tidak menguntungkan. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan dari para pemegang keputusan dalam sebuah perusahaan.

Fleksibilitas yang dimiliki sistem ini juga dapat digunakan untuk adaptasi dengan berbagai kebutuhan di masa depan.

Kinerja dan alir informasi yang terintegrasi dapat berjalan lebih baik dalam sebuah perencanaan dan pengendalian sehingga sebuah bisnis atau perusahaan dapat menghadapi berbagai tantangan yang akan datang.

4. Mengintegrasikan Ekosistem Perusahaan

Sistem ERP yang terdiri dari berbagai komponen dapat mewakili bisnis tertentu. Sistem ERP dengan sistem cloud dapat membantu proses bisnis secara otomatis seperti mengatur berbagai kegiatan dari setiap bagian.

Kemudahan ini diperoleh karena data yang ada tersusun dengan rapi dan dapat dengan mudah diakses secara real time dimanapun, tidak hanya ketika berada di dalam kantor.

Keunggulan Software Cloud ERP Indonesia

kelebihan dan keunggulan software cloud erp indonesia

Banyaknya kemudahan yang akan dirasakan ketika menggunakan sistem ERP, maka sangat disarankan pelaku UMKM maupun pelaku usaha skala besar untuk menggunakannya. Berikut beberapa keunggulannya:

  1. Sistem ERP akan memudahkan proses pengendalian dan juga pemantauan dalam suatu bisnis. ERP ini juga bisa memberikan wawasan yang cukup luas untuk membantu sebuah keputusan bisnis.
  2. Bisa menyatukan beberapa divisi dalam satu sistem cloud ERP Indonesia sehingga unit dan ekosistem bisnis bisa terintegrasi dengan sangat baik.
  3. Aliran informasi selalu berjalan otomatis sehingga proses bisnis bisa berjalan lebih sederhana dan responsif.
  4. Perusahaan kecil maupun menengah bisa beradaptasi serta berkembang ke arah yang lebih baik dengan fleksibilitas tinggi terhadap suatu kebutuhan di masa yang akan datang.

Modul yang Ada Pada Sistem ERP

modul software cloud erp indonesia

Tahukah Anda bahwa sistem ERP akan sangat berguna dalam segala aktivitas proses bisnis sebuah perusahaan, modul Sistem ERP pada umumnya diantaranya sebagai berikut:

1. Sales Order Processing

Setiap jenis usaha yang dijalankan oleh pelaku usaha, setiap keuntungan yang diperoleh berasal dari proses penjualan.

Supaya penjualan terus meningkat setiap bulannya, sistem ERP menyediakan modul penjualan bernama Sales Order Processing. Semua fitur yang disediakan oleh fitur ini bisa diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha.

2. Purchasing

Modul selanjutnya yang disediakan oleh sistem ERP adalah purchasing. Modul purchasing atau pembelian bisa mengotomatiskan identifikasi calon penjual, negosiasi harga, saat proses pembelian hingga proses penagihan.

3. Production Planning

Modul satu ini dibuat oleh sistem ERP untuk produksi. Keberadaan modul ini bisa mengimplementasikan perencanaan, optimasi dan sebagainya sehingga bisa terdata dengan baik dan lengkap. Serta memiliki history yang sangat kompleks.

4. Financial Accounting

Modul akuntansi juga disediakan oleh sistem ini sehingga semua data keuangan bisa di sinkronisasi dari beberapa divisi atau departemen dalam satu perusahaan. Outputnya semua data perusahaan yang ditampilkan bisa lebih efisien dan akurat.

5. Human Resources (HR Management)

Untuk mempermudah pengelolaan sumber daya manusia dan modal manusia, modul satu ini sangat dibutuhkan.

Hal ini dikarenakan keberadaan modul ini bisa secara berkala memeriksa database HR para pekerja secara lengkap. Seperti rincian gaji, informasi kontak, kehadiran, promosi dan evaluasi dalam bekerja.

Informasi mengenai sistem ERP, mulai dari pengertian software erp, fungsi, keunggulan hingga modul di atas sudah menunjukkan jika software cloud ERP sangat powerful.

Bagi pelaku UKM sangat disarankan memilih cloud ERP terbaik. Alasannya jika menggunakan sistem ERP terbaik akan mendapatkan hasil terbaik pula untuk kemajuan dan meningkatkan omzet bisnis UMKM.

Lalu apa software cloud ERP terbaik di Asia yang bisa dipilih? disarankan untuk menggunakan Software ERP SystemEver Indonesia.

SystemEver.co.id memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dan terpercaya dalam membantu perencanaan serta pengelolaan dalam suatu perusahaan.

Selain itu, SystemEver.co.id merupakan salah satu vendor software cloud ERP terbaik. Informasi lebih jelas mengenai SystemEver yang menjadi software ERP terbaik di Indonesia, simak uraian di bawah ini.

SystemEver: Software Cloud ERP Terbaik di Indonesia

software cloud erp indonesia systemever

Selama di Indonesia masih memiliki akses internet, maka pelaku usaha bisa menggunakan software cloud ERP SystemEver kapan dan dimana saja.

Menariknya lagi, sistem ERP ini bisa digunakan di platform apa saja, seperti Android, OS, Windows dan juga Macintosh. Berikut penjelasan lebih detail nya:

Apa Itu SystemEver?

SystemEver adalah perusahaan atau vendor aplikasi sistem software Cloud ERP terbaik di Asia asal Korea Selatan besutan YoungLimWon SoftLab Co., Ltd yang menjadi Top 10 ERP System Asian Best Cloud ERP. Tidak hanya dikembangkan di Korea saja, SystemEver juga telah dikembangkan di Indonesia sejak 2019.

Hal ini dikarenakan sistem aplikasi ERP memiliki kemampuan sangat baik dan mumpuni sehingga bisa membantu kinerja perusahaan. Serta merupakan solusi dalam perencanaan dan pengelolaan data.

SystemEver ini menawarkan banyak kemudahan untuk para penggunanya. Namun, target pasar dari sistem ERP ini melalui software ERP Indonesia dan lebih mengarah ke pasar UKM.

Salah satu contoh kemudahan yang ditawarkan yaitu dengan senang hati membantu pelaku UKM untuk berkembang dan berjalan secara mandiri. Software Cloud yang dipersembahkan oleh SystemEver Indonesia ini sebenarnya sangat cocok diterapkan pada jenis bisnis apapun.

Maka dari itu, tidak perlu sampai investasi IT infrastruktur karena dengan menggunakan SystemEver semuanya menjadi mudah.

Tidak mengherankan jika SystemEver ini telah menjadi software sistem ERP terbaik di Indonesia dan juga menjadi salah satu software ERP terbaik yang dipertimbangkan di Asia Tenggara.

Alasan kuat kenapa harus memilih sistem software ERP Systemever adalah sudah berpengalaman lebih dari 27 tahun sebagai Asian Best Cloud ERP sebagai solusi ERP inovatif untuk membangun masa depan bisnis yang semakin efektif dan efisien.

software cloud erp indonesia younglimwon softlab co., ltd

Hal ini dikarenakan YoungLimWon SoftLab Co., Ltd sebagai pengembang software ini telah mengerti dan memahami kebutuhan dari pelaku bisnis di Asia Tenggara.

Selain itu, perusahaan tersebut juga memiliki komitmen kuat dan mulia untuk membantu bisnis yang dijalankan pelanggannya maju dan berkembang.

Selain itu, alasan lainnya karena software sistem ERP SystemEver telah menyediakan versi iSeries. Versi ini merupakan modul dari sistem ERP atau merupakan produk khusus.

Versi iSeries yang diluncurkan tahun 2014 sengaja terbagi dalam beberapa model karena dibuat khusus untuk pasar Indonesia. Beberapa model tersebut yaitu:

  1. Manajemen akuntansi
  2. Manajemen penggajian
  3. Manajemen persediaan
  4. Manajemen penjualan
  5. Manajemen pabrik

Manfaat Software Cloud ERP Indonesia untuk Bisnis

manfaat software cloud erp indonesia untuk bisnis dan perusahaan di dunia

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan menggunakan software cloud ERP Indonesia untuk bisnis dan perusahaan secara umum di Indonesia dan Dunia:

1. Menyederhanakan Proses Bisnis

Manfaat atau fungsi sistem ERP untuk bisnis yang pertama adalah menyederhanakan proses bisnis yang kompleks. Contohnya seperti perencanaan produksi, pembuatan laporan keuangan, pelacakan inventaris dan sebagainya.

2. Menghemat Biaya

Keberadaan sistem ERP membuat perusahaan bisa mengurangi banyak biaya untuk kebutuhan administrasi dan operasional.

Hal tersebut dikarenakan sebagian besar proses bisnis diotomatiskan sehingga perusahaan bisa memangkas biaya yang digunakan untuk membayar tenaga kerja.

Selain itu, perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya membeli aplikasi berbeda untuk setiap manajemen.

Hadirnya sistem ERP juga memungkinkan perusahaan untuk memprediksi pendapatan. Kebutuhan inventaris, permintaan konsumen dan sebagainya.

3. Mengintegrasikan Informasi Perusahaan

Fungsi software ERP selanjutnya yaitu mengintegrasikan informasi. Dimana setiap departemen atau divisi bisa mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan tanpa mengganggu pekerjaan departemen lainnya.

4. Memberikan Data Bisnis yang Akurat

Perlu diketahui jika laporan bisnis memiliki peran yang sangat penting dalam proses pengambilan keputusan.

Alat pelaporan canggih dalam sistem ERP memungkinkan perusahaan menghasilkan laporan yang akurat sehingga memudahkan dalam membuat prakiraan yang bisa membantu mengembangkan bisnis.

5. Meningkatkan Efisiensi Bisnis Perusahaan

Setelah melihat pengertian sistem ERP sebenarnya sudah diketahui jika keberadaannya sangat berguna dalam bisnis, salah satunya bisa meningkatkan efisiensi.

Sistem ERP ini bisa membantu perusahaan menghilangkan pekerjaan manual sehingga proses pekerjaan bisa diselesaikan lebih cepat.

Selain itu, keberadaan sistem ERP juga memungkinkan pemangku kepentingan untuk melihat KPI dari setiap divisi melalui dasbor.

6. Memaksimalkan Produktivitas Bisnis Perusahaan

Manfaat sistem ERP untuk bisnis selanjutnya yaitu untuk memaksimalkan produktivitas. Hal ini dikarenakan banyak pekerjaan berulang dihilangkan sehingga karyawan bisa lebih fokus ke pekerjaan inti.

Serta memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas dan proyek lainnya.

Manfaat Software Cloud ERP Indonesia untuk UKM

keuntungan dan manfaat software cloud erp indonesia untuk ukm

Saat ini, software ERP tidak hanya efisien untuk kebutuhan manajemen atau mengelola perusahaan berskala besar atau perusahaan dengan aktivitas yang sangat kompleks.

Namun, sistem software cloud ERP Indonesia berbasis Web juga dapat digunakan oleh para pelaku usaha UKM.

Dengan software ini, para pelaku UKM tidak hanya berfokus pada peningkatan penjualan produk dan media pemasaran online yang efektif, tetapi mereka juga harus memikirkan manajemen yang baik, efektif dan efisien.

Dengan aplikasi ERP, manfaat atau peran software ERP untuk UKM yaitu membantu para pelaku UKM dapat membuat perencanaan/planning dan dapat menyederhanakan berbagai macam data yang dihasilkan oleh setiap bagian/divisi yang ada di dalamnya.

Hal inilah yang akan membuat sebuah UKM berjalan lebih efektif dan efisien sehingga profit mudah diperoleh dengan berbagai macam strategi. Software ERP juga sangat disarankan bagi UKM yang ingin memperbesar dan memperluas unit bisnisnya.

Perbedaan Software ERP dengan Software Akuntansi

perbedaan software cloud erp indonesia dengan software akuntansi

Setidaknya ada beberapa perbedaan mendasar antara Software ERP dengan Software Akuntansi secara umum, berikut ini adalah perbedaannya.

Software ERP

Apa itu software ERP? Pengertian software ERP adalah sebuah sistem pengambilan keputusan yang dioperasikan oleh user untuk menjalankan proses operasional di bagian/divisi/departemen-nya masing-masing.

Dalam hal ini user yang mengoperasikan tidak harus seorang akuntan, berbeda dengan user software akuntansi yang digunakan untuk membuat laporan keuangan.

User dari bagian/divisi/departemen inilah yang akan menginput data transaksi sesuai dengan tugas kerjanya masing-masing.

Data transaksi inilah yang akan digunakan oleh divisi lain yang memiliki hubungan. Data tersebut juga akan mudah diakses oleh divisi lain karena data ada dalam database yang sama.

Sebagai contoh, apabila ada pembelian barang dan invoice atau surat jalan dari supplier yang di input oleh user bagian gudang penerimaan maka akan terbentuk jurnal pembelian secara otomatis.

Jurnal ini dapat dilihat oleh bagian lain yakni bagian accounting. Pada saat pembayaran tagihan dari pembelian barang ini, maka bagian finance akan menginput data tersebut, lalu akan terbentuk sebuah jurnal pelunasan. Jurnal pelunasan ini pun juga dapat dilihat oleh bagian accounting.

Software Akuntansi

Meskipun memiliki fungsi yang sama yakni sebagai pendukung dalam sebuah bisnis tetapi software ERP dan software akuntansi memiliki perbedaan.

Software akuntansi merupakan sebuah aplikasi yang digunakan user seorang akuntan. Aplikasi ini digunakan untuk proses akuntansi dalam sebuah bisnis atau perusahaan hingga terbentuk sebuah laporan keuangan.

Dari hasil yang disajikan oleh software ini, pihak manajemen perusahaan dapat memperoleh berbagai informasi keuangan seperti laba rugi, neraca, arus kas dan posisi modal.

Hasil laporan ini jugalah yang akan digunakan oleh manajemen sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan terkait kemajuan sebuah bisnis atau perusahaan.

Setelah membaca informasi mengenai sistem ERP Indonesia seharusnya sudah tidak memiliki keraguan sedikitpun untuk menggunakannya. Terlebih ada banyak keunggulan dan manfaat dari software ERP terbaik Indonesia yang bisa dirasakan.

Jadi tunggu apa lagi, segera gunakan sistem software cloud ERP Indonesia terbaik di Asia Tenggara sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.