sejarah wikipedia sejak 19 tahun lalu beserta fakta, kontroversi dan perkembangannya
sejarah wikipedia sejak 19 tahun lalu hingga saat ini

Wikipedia merupakan website ensiklopedia gratis yang terbentuk dari hasil kolaborasi dan usaha para Wikipedians. Tahukah kamu bahwa ternyata sejarah Wikipedia pada awal mulanya hanya sebagai pelengkap Nupedia dan bukan projek utama seperti sekarang?

Setelah lebih dari 19 tahun berdirinya wikipedia, masih banyak bukan fakta sejarah wikipedia yang belum kamu tahu walau sering memakainya sebagai referensi tulisan, tugas, dll?

Fakta–fakta Sejarah Wikipedia

fakta sejarah wikipedia sejak 19 tahun lalu yang belum diketahui banyak orang
fakta sejarah wikipedia sejak 19 tahun lalu

Website hasil kolaborasi dari Jimmy Wales dan Larry Sanger ini memang awalnya hanya sampingan saja. Seperti yang dibahas di atas, Nupedia merupakan website ensiklopedia utama dengan hanya ekspert yang bisa mengunggah artikel serta mengeditnya.

Akan tetapi, kepopuleran Wikipedia membuat Nupedia teralihkan dan Wikipedia menjadi website ensiklopedia gratis terbesar saat ini.

Perjalanan panjang lebih dari 19 tahun yang dilewati Wikipedia, tidak semulus apa yang kita bayangkan. Pertentangan, kritik dan berbagai perbaikan serta kemajuan yang signifikan menjadi bagian sejarah yang membangun Wikipedia sebenarnya.

Nah, di bawah ini kita akan membahas mengenai fakta sejarah Wikipedia tersebut.

Sejarah Berdirinya Wikipedia

sejarah wikipedia sejak 19 tahun lalu beserta fakta dan kontroversinya
sejarah wikipedia

Apabila ingin membahas sejarah berdirinya Wikipedia, kita harus kembali ke tahun 1994. Pada tahun tersebut awal mula sejarah Wikipedia dimulai. Wikipedia terinspirasi dari Wiki yang merupakan sebuah web berisi hasil kolaborasi antar konten kreator.

Berangkat dari ide untuk menghubungkan banyak konten dan membuatnya bisa diedit, kreator Wikipedia membuat Nupedia. Sayangnya karena proses penyaringan artikel yang begitu ketat, Nupedia hanya mampu meloloskan 20 artikel yang sesuai dengan standar. Nah, karena hasil buruk Nupedia inilah kemudian Jimmy Wales dan Larry Sanger membuat Wikipedia.

Setelah mulai dibuat konsepnya pada tahun 2000, Wikipedia mulai aktif pada Januari 2001. Tanpa perlu menunggu lama, proyek sampingan ini ternyata lebih membuahkan hasil. Di tahun berikutnya pada 2002, jumlah konten yang bisa diakses mencapai 20.000 artikel.

Munculnya Berbagai Versi Wikipedia

Perkembangan Wikipedia ternyata jauh lebih pesat daripada yang dibayangkan. 3 bulan setelahnya ensiklopedi online terbesar ini sudah membuat berbagai versi yang dikhususkan untuk negara tertentu. Mulai dari Wikipedia Belanda, Jepang, Prancis, China, Italiga, Portugal, Rusia, Spanyol, Swedia dan Hungaria.

sejarah wikipedia sejak 19 tahun lalu beserta fakta dan kontroversinya
sejarah wikipedia dibarengi munculnya berbagai versi

Pada mulanya artikel yang ada di Wikipedia 90% merupakan artikel berbahasa Inggris. Barulah 2 tahun kemudian, masing-masing negara mulai menulis artikel dengan bahasa nasional mereka. Prosentase artikel berbahasa Inggris pun turun sampai 50%, dari total semua artikel di server Wikipedia.

Jumlah total artikel berbahasa Inggris ini terus turun jumlahnya. Bahkan pada tahun 2012 saja, artikel berbahasa Inggris hanya 14,5% dari keseluruhan. Ini artinya masing-masing negara memang sudah benar-benar membuat konten mereka sendiri dan dengan bahasa nasionalnya.

Mundurnya Sponsor dan Penggalangan Dana

Sampai tahun 2002, Wikipedia masih memiliki sponsor yang juga bertanggung jawab atas Nupedia. Sayangnya, pada bulan maret 2002, Bomis sebagai sponsor utama Wikipedia mengundurkan diri. Hal ini otomatis mempengaruhi cara kerja Wikipedia, karena memang tidak ada sponsor lain yang membiayai seluruh kegiatannya.

Berhasil menangani krisis berkat penerapan self editing, membuat Wikipedia bisa bertahan. Pada tahun yang sama, Wikipedia juga mengeluarkan pernyataan bahwa mereka tidak akan menampilkan iklan.

Untuk pembiayaan website dan karyawan, mulai saat itu Wikipedia menggalang donasi. Penggalangan dana ini dilakukan selama 1 tahun sekali dan tidak diwajibkan. Para pembaca juga bebas mendonasikan berapapun yang mereka mau.

Lihat juga: Sejarah Berdirinya UNICEF yang Harus Kamu Ketahui

Donasi di tujukan pada Wikimedia Foundations yang didirikan pada Juni 2003 oleh salah satu pendirinya yaitu Jimmy Wales. Pada setiap donasi Wikipedia bisa mengumpulkan lebih dari Rp 10 Miliar rupiah. Dan aini digunakan untuk operasi berbagai website, gaji karyawan, dan kegiatan yang dilakukan Wikipedia.

Mulai Berkembang Pesat

Tersedia dengan berbagai versi, tidak memunculkan iklan, bebas mendaftar menjadi content creator, membuat Wikipedia semakin populer. Di akhir 2004 Wikipedia mulai membuat servernya sendiri dan memasukan semua bahasa yang ada di Wikipedia. Hal ini benar-benar langkah yang tepat, karena di 2005 Wikipedia menjadi website terpopuler berkat semua kemudahan aksesnya.

Dari sini lahirlah beragam jenis layanan Wikipedia yang lain. Mulai dari Wiktionary, Wikibooks, Wikisource, Wikiversity, Wikispecies, Meta Wiki, dan wikiquote.

Perkembangan yang sangat pesat ini menempatkan Wikipedia di urutan ke 6 website paling populer di dunia versi Alexa. Prestasi ini terus meningkat, bahkan pada tahun 2018 Wikipedia menempati urutan ke 5 website terpopuler di dunia. Mencengangkan bukan?

Selain perkembangan server dan kepopulerannya, Wikipedia merambah CD dan DVD. Mulai tahun 2006 telah diluncurkan CD dengan kumpulan artikel Wikipedia terbaik yang telah melalui seleksi. Isi dari CD juga bisa didengarkan melalui iPods tanpa ada masalah sama sekali.

Kontroversi Wikipedia

sejarah wikipedia sejak 19 tahun lalu beserta fakta dan kontroversinya
sejarah wikipedia beserta kontroversinya

Meskipun Wikipedia sudah berkembang pesat dan hadir di banyak negara, akan tetapi kontroversi tetap ada. Hal ini mencuat pada tahun 2007 dimana banyak orang yang memprotes aturan dari wikipedia yang mengijinkan siapapun untuk menulis dan menyunting.

Hal ini sempat menunjukan ketidak percayaan pada Wikipedia kala itu. Hingga akhirnya Virgil Griffiths membuat Wiki Scanner yang bisa melacak sumber yang digunakan untuk Wikipedia. Hal ini akhirnya memecahkan masalah yang ada dan semuanya kembali seperti normal.

Lihat juga: Fakta, Fokus dan Kontribusi UNICEF untuk Anak dan Wanita di Dunia

Perkembangan Wikipedia Sekarang

sejarah wikipedia sejak 19 tahun lalu beserta fakta dan perkembangannya saat ini
perkembangan wikipedia pada masa sekarang

Wikipedia saat ini bukan hanya sekadar website ensiklopedia saja. Awal sejarah Wikipedia memang berawal dari ensiklopedia bebas, tetapi kini sudah lebih dari itu. Ada banyak kegiatan secara langsung yang dilakukan oleh Wikipedia untuk berinteraksi dengan pembaca.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Wikipedia tersebut adalah kompetisi menulis dan menyunting. Para peserta diwajibkan untuk menuliskan tema tertentu dan kemudian menyuntingnya sendiri di Wikipedia. Sebelum kegiatan kompetisi menulis dimulai Wikipedia juga mengadakan pelatihan penulisan.

Jadi sekarang Wikipedia bukanlah sekadar website tempat mencari informasi atau ensiklopedia online saja. Akan tetapi, Wikipedia yang sekarang juga mau mengedukasi para pembacanya dan menyediakan wadah bagi mereka. Setiap orang bisa mengikuti kegiatan ini dengan bebas asalkan mengikuti peraturan yang berlaku pada saat acara dilangsungkan.

Lihat juga: Begini Masa Depan Literasi Digital di Era Milenial dan Industri 4.0

Penutup

Sebelum menjadi salah satu website paling terkenal di dunia, Wikipedia juga mulai dari bawah. Berawal dari Nupedia, yang ternyata kurang sukses karena hanya sedikit konten yang lolos. Lalu bergerak ke Wikipedia dengan memperlonggar sistem yang ada dan memperbolehkan siapapun untuk menyunting naskah.

Cara ini membuat Wikipedia berkembang pesat dan hadir dalam berbagai bahasa di seluruh dunia. Salah satunya Wikipedia yang kini memiliki versi bahasa Indonesia. Berbagai informasi penting yang ada di sana merupakan hasil kreator Wikipedians lokal.

Apabila kamu ingin bergabung kedalam sejarah lengkap Wikipedia yang sudah lebih dari 19 tahun dan menjadi bagian pentingnya, bisa kok.

Tinggal mendaftarkan akun saja di Wikipedia, dengan mengisi mengisi form pendaftaran yang ada. Bagaimana fakta-fakta seputar sejarah Wikipedia beserta kontroverinya diatas? Menarik bukan, jadi jangan lupa membagikannya di laman media sosial masing-masing ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.