Mampu Hafal dan Amalkan 10 Ayat Pertama Surah Al Kahfi Dijamin Terlindung dari Fitnah Dajjal

  • Bagikan

Membaca Surah Al Kahfi pada malam atau Hari Jumat sebagai amalan sunah yang dimuliakan. Amalan ini memang sunah namun jangan dianggap sepelekan.

Setiap Muslim yang mengamalkannya bakal mendapat limpahan cahaya keberkahan dari Allah Ta'ala.

Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal  menjelaskan bahwa tuntunan membaca Surah Al Kahfi setiap Kamis malam atau malam Jumat berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Dalam riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: “Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah.” (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Kemudian dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: “Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Selanjutnya dijelaskan juga bahwa saking kuatnya pengaruh cahaya yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala, orang yang membaca Surah Al Kahfi akan dilindungi dari fitnah Dajjal.

Dari Abu Darda’ Radhiyallahuanhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

“Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal.” (HR Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya)

  • Bagikan