analisa teknik dan keuntungan dari peluang usaha ternak lele rumahan terbaru
teknik dan keuntungan dari peluang usaha ternak lele rumahan terbaru

Membuka usaha ternak lele menjadi hal yang lumrah dilakukan saat ini. Ada banyak alasan mengapa orang melakukannya. Salah satunya adalah peluang usaha ternak lele ini tidak membutuhkan modal besar untuk memulai. Untung pun bisa didapat maksimal bila bisa melakukannya dengan cara yang benar.

Dulu, cara beternak lele banyak dilakukan dengan sistem tambak atau dengan membuat kolam di lahan yang langsung berada di dalam tanah. Hanya saja, cara ini sudah mulai ditinggalkan karena membutuhkan banyak perhatian seperti air, pakan, pembersihan hama dan lainnya. Lalu, bagaimana cara menerapkan peluang usaha ternak lele rumahan saat ini?

Keuntungan dan Peluang Usaha Ternak Lele

peluang usaha ternak lele rumahan dan keuntungannya
peluang usaha ternak lele rumahan dan keuntungannya (jurnal.id)

Sebelum Anda tahu bagaimana cara yang benar dalam menjalankan ternak lele, ada baiknya Anda tahu dulu apa saja keuntungan dan bagaimana prospek peluang usaha ternak lele ini. Budidaya ternak lele merupakan salah satu peluang usaha paling menjanjikan. Bagi pemula ataupun profesional, semua bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal sebab permintaan ikan ini di pasaran cukup besar.

Lagipula, anda juga tak perlu melakukan perawatan yang ekstra seperti halnya ternak ayam. Harga pakan lele juga lebih terjangkau bila dibandingkan ternak ayam. Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membuka usaha ternak lele adalah Anda bisa melakukannya meskipun lahan yang Anda miliki sempit.

Tentunya, cara budidaya ternak lele ini bisa dilakukan dengan teknik terbaru. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk memulai usaha ini, Anda tak butuh modal yang besar. Dengan nominal sekitar 2 jutaan saja, Anda sudah bisa memulai usahanya. Permintaan ikan lele yang cukup besar di pasaran membuat bisnis ini tak akan pernah sepi.

Anda juga relatif lebih mudah dalam usaha memasarkannya. Anda bisa menyalurkannya ke penjual di pasar atau bahkan menjualnya sendiri. Dibandingkan dengan ikan tawar jenis lain, ikan lele termasuk yang paling mudah dirawat seperti halnya budidaya jamur tiram rumahan. Satu lagi, penggunaan air untuk bisnis usaha lele ini sangat efisien alias tidak terlalu boros.

Teknik Budidaya Ternak Lele Rumahan Terbaru

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, agar Anda bisa memanfaatkan peluang usaha ternak lele dan menghasilkan keuntungan yang maksimal, Anda bisa menggunakan teknik terbaru dari peternakan lele. Nama teknik tersebut adalah budidaya bioflok. Budidaya ini maksudnya adalah teknik pemanfaatan kandungan partikel menjadi hal yang menguntungkan.

peluang usaha ternak lele rumahan beserta teknik dan cara terbarunya
peluang usaha ternak lele rumahan beserta tekniknya (infoakuakultur.com)

Partikel yang dimaksud ini maksudnya adalah menggunakan limbah rumah tangga sebagai pakan ternak lele. Begitu juga dengan mikroorganisme dan air yang juga mengandung limbah aman. Dengan begitu, bisnis akan jadi lebih efisien dan efektif.

Untuk menerapkannya, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Pertama, Anda harus membuat kolam terpal lebih dulu. Kolam terpal ini adalah solusi terbaik untuk budidaya lele saat ini. Kolam terpal ini akan digunakan sebagai lahan budidaya sehingga Anda tak perlu membuat kolam tanah yang merepotkan dan harganya juga mahal.

Jika kolam terpal sudah selesai, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengisi kolam dengan air. Isilah kolam dengan air secukupnya saja. Perkiraan saja yang ideal dengan jumlah ikan yang akan dimasukkan ke dalamnya. Jika sudah, Anda bisa memasukkan bibit ikan lele ke dalam kolam tersebut.

Pastikan Anda memilih bibit lele terbaik, ya! Anda bisa mendapatkan bibit lele terbaik dari banyak tempat. Salah satunya adalah ke tempat pelelangan ikan atau membeli secara daring. Makin baik kualitas bibit lele, maka kesempatannya untuk bertahan hidup dan menjadi besar akan lebih baik.

Bagian tersulit dari manfaatkan peluang usaha ternak lele ini adalah merawatnya. Ikan lele tetap perlu perawatan meski tidak sesulit memelihara ayam. Anda tetap perlu mengganti air, memberi makanan, menyingkirkan hama dan lainnya. Hanya saja, dengan menggunakan cara bioflok, melakukannya akan lebih mudah karena tempatnya yang kecil.

Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk memulai peluang usaha ternak lele? Usaha yang satu ini tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya. Dengan 2 jutaan saja, Anda sudah bisa memulainya. Harga ikan lele di pasaran relatif stabil, sekitar Rp 17.000,- per kg dari peternaknya. Sedangkan untuk ternak jenis ini, bisa sampai 200 kg sekali panen, lho!

 

Melirik Peluang Usaha Ternak Lele, Pemula pun Bisa Untung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.