Bacalagers Media | Smart Media for Smart People
Bacalagers Media | Smart Media for Smart People > #RamadhanMasaKini > 10 Menu Sahur Enak, Sederhana dan Praktis yang Nggak Bikin Kita Dehidrasi Seharian

10 Menu Sahur Enak, Sederhana dan Praktis yang Nggak Bikin Kita Dehidrasi Seharian

menu sahur enak dan sederhana, daftar menu sahur enak dan praktis, menu sahur praktis untuk sebulan, menu sahur sederhana dan praktis, resep menu sahur sebulan, menu sahur anak kos, menu sahur menggugah selera, menu sahur pertama, menu sahur mantap, menu sahur murah meriah, menu santap sahur, resep menu sahur sebulan
Menu Sahur Enak, Sederhana, Sehat dan Praktis untuk Sebulan

Agar kondisimu tetap fit sehingga aktivitas sehari-hari dan ibadah puasamu tetap lancar. Mau tau apa saja menu sahurnya? inilah Daftar Menu Sahur Enak, Sederhana, Sehat dan Praktis untuk Sebulan yang Nggak bakal bikin Kamu Dehidrasi Sepanjang Hari saat Berpuasa!

5/5 (1)

Saat kamu menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, kamu harus memperhatikan menu sahur apa yang kamu konsumsi. Jangan sampai megkonsumsi makanan yang bisa membuat ibadah puasamu batal, apalagi kalo sampe ingat-ingat kuliner khas ramadhan saat lagi ngabuburit!

Hindari makanan yang terlalu pedas, terlalu asam dan lainnya. Yang paling utama kamu hindari makanan yang bisa membuatmu dehidrasi sepanjang hari.

Kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan aktivitas dan kesehatanmu terganggu. Kamu harus mengkonsumsi menu santap sahur yang enak, sederhana, praktis dan bergizi.

inilah 10 Menu Sahur Enak yang Gak Bikin Kamu Dehidrasi Sepanjang Hari!

Agar kondisimu tetap fit sehingga aktivitas sehari-hari dan ibadah puasa ramadhan tetap lancar. Mau tau apa saja menunya? Yuk, cek daftar menu sahur enak dan praktis untuk sebulan..

1. Capcay Kuah

menu sahur enak dan sederhana, daftar menu sahur enak dan praktis, menu sahur praktis untuk sebulan, menu sahur sederhana dan praktis, resep menu sahur sebulan, menu sahur anak kos, menu sahur menggugah selera, menu sahur pertama, menu sahur mantap, menu sahur murah meriah, menu santap sahur, resep menu sahur sebulan
capcay kuah (merdeka.com)

Capcay kuah terbilang cukup simpel saat kamu hidangkan sebagai menu sahur. Selain masaknya yang tidak membutuhkan waktu lama, kandungan air yang terdapat pada capcay kuah ini mampu membuatmu tidak dehidrasi sepanjang hari.

Selain itu, mengkonsumsi sayur-sayuran juga sangat baik bagi tubuh. Capcay kuah ini juga bisa kamu jadikan sebagai menu sahur praktis untuk sebulan. Yummy!

2. Tumis Kangkung

menu sahur enak dan sederhana, daftar menu sahur enak dan praktis, menu sahur praktis untuk sebulan, menu sahur sederhana dan praktis, resep menu sahur sebulan, menu sahur anak kos, menu sahur menggugah selera, menu sahur pertama, menu sahur mantap, menu sahur murah meriah, menu santap sahur, resep menu sahur sebulan
tumis kangkung (akamaized.net)

Menu sahur yang kedua adalah tumis kangkung. Kangkung mrmiliki banyak kandungan air sehingga membantu tubuhmu agar tidak dehidrasi selama menjalani aktivitas sehri-hari dan ibadah puasa.

Selain itu, penyajian tumis kangkung sangat simpel, hanya memotong kangkung, oseng-oseng bumbu ulek, jadi deh tmis kangkung. Simpel bukan?

3. Sayur Bening Bayam Jagung

menu sahur enak dan sederhana, daftar menu sahur enak dan praktis, menu sahur praktis untuk sebulan, menu sahur sederhana dan praktis, resep menu sahur sebulan, menu sahur anak kos, menu sahur menggugah selera, menu sahur pertama, menu sahur mantap, menu sahur murah meriah, menu santap sahur, resep menu sahur sebulan
sayur bening bayam (sajiansedap.grid.id)

Sayur bening bayam jagung salah satu menu sahur yang tepat untuk membuatmu tidak dehidrasi seharian. Dalam sayur bening bayam ini ada jagung dan sayur bayam itu sendiri.

Sehingga perpaduan kedua sayuran tersebut baik untuk kamu konsumsi saat sahur. Kuah dari sayur bening bayam juga baik untuk kamu konsumsi bersama nasi.

4. Nasi Pecel

menu sahur enak dan sederhana, daftar menu sahur enak dan praktis, menu sahur praktis untuk sebulan, menu sahur sederhana dan praktis, resep menu sahur sebulan, menu sahur anak kos, menu sahur menggugah selera, menu sahur pertama, menu sahur mantap, menu sahur murah meriah, menu santap sahur, resep menu sahur sebulan
nasi pecel (pegipegi.com)

Nasi pecel adalah makanan yang terdiri dari beberapa jenis sayuran, tempe, tahu dan sambal kacang. Campuran makanan tersebut mampu menjadikan nasi pecel sebagai menu andalan yang simpel namun memiliki manfaat untuk membuatmu tidak dehidrasi selama berpuasa di Bulan Ramadhan.

Untuk menyajikan menu inipun terbilang simpel dan praktis, sehingga cocok untuk disajikan saat sahur.

5. Soto Ayam

menu sahur enak dan sederhana, daftar menu sahur enak dan praktis, menu sahur praktis untuk sebulan, menu sahur sederhana dan praktis, resep menu sahur sebulan, menu sahur anak kos, menu sahur menggugah selera, menu sahur pertama, menu sahur mantap, menu sahur murah meriah, menu santap sahur, resep menu sahur sebulan
soto ayam (merdeka.com)

Soto ayam juga patut kamu jadikan rekomendasi sebagai menu sahur yang tidak membuatmu dehidrasi. Karena makanan ini terbuat dari berbagai jenis sayuran dan kuahnya pun bisa membantu menambah cairan dalam tubuhmu.

Selain sayuran, ada ayam juga yang dapat membuatmu lebih bertenaga dan kenyang.

6. Salad Timun, Tomat dan Alpukat

menu sahur enak dan sederhana, daftar menu sahur enak dan praktis, menu sahur praktis untuk sebulan, menu sahur sederhana dan praktis, resep menu sahur sebulan, menu sahur anak kos, menu sahur menggugah selera, menu sahur pertama, menu sahur mantap, menu sahur murah meriah, menu santap sahur, resep menu sahur sebulan
salad timun, tomat dan alpukat (cookpad.com)

Menu sahur yang tidak membuatmu dehidrasi selanjutnya adalah salad timun, tomat dan alpukat. Tidak semua orang familiar dengan makanan ini, namun tak ada salahnya untuk kamu coba.

Penyajiannya pun terbilang cukup simpel hanya tinggal mengiris timun, tomat dan alpukat. Kemudian beri bumbu dengan perasan air lemon, lada, garam dan minyak zaitun.

7. Sup Ayam Jahe

menu sahur enak dan sederhana, daftar menu sahur enak dan praktis, menu sahur praktis untuk sebulan, menu sahur sederhana dan praktis, resep menu sahur sebulan, menu sahur anak kos, menu sahur menggugah selera, menu sahur pertama, menu sahur mantap, menu sahur murah meriah, menu santap sahur, resep menu sahur sebulan
sup ayam jahe (tandaseru.id)

Sup ayam jahe terbuat dari ayam dan beberapa campuran sayur seperti wortel dan kentang. Sebenarnya penyajiannya hampir sama dengan soup biasa, namun yang berbeda adalah penambahan jahe pada sayur ini. Jahe dikenal memiliki kandungan yang baik untuk menghangatkan tubuh kita.

Sehingga akan memberi efek bugar dan segar terhadap tubuh. Selain bisa membuatmu tidak dehidrasi seharian, kandungan jahenya membuat badan kamu terasa fit dan sehat.

8. Sandwich Alpukat

menu sahur enak dan sederhana, daftar menu sahur enak dan praktis, menu sahur praktis untuk sebulan, menu sahur sederhana dan praktis, resep menu sahur sebulan, menu sahur anak kos, menu sahur menggugah selera, menu sahur pertama, menu sahur mantap, menu sahur murah meriah, menu santap sahur, resep menu sahur sebulan
sandwich alpukat (diaryhijaber.com)

Penyajian sandwich alpukat sebagai menu sahur juga terbilang sangat praktis bahkan tidak diperlukan memasak. Kamu hanya perlu menyiapkan roti dan beberapa sayuran seperti tomat, timun, selada dan buah alpukat.

Hummus di atas dapat kamu ganti dengan mayonaise atau keju. Sandwich ini juga dapat membuatmu tidak dehidrasi seharian.

9. Bubur Manado

menu sahur enak dan sederhana, daftar menu sahur enak dan praktis, menu sahur praktis untuk sebulan, menu sahur sederhana dan praktis, resep menu sahur sebulan, menu sahur anak kos, menu sahur menggugah selera, menu sahur pertama, menu sahur mantap, menu sahur murah meriah, menu santap sahur, resep menu sahur sebulan
bubur manado (sajiansedap.grid.id)

Menu sahur yang berikunya bubur Manado. Bubur ini khas asal Manado yang praktis dan lezat. Pada umumnya bubur dicampur dengan ayam dan kacang. Namun beda halnya dengan bubur khas Manado ini.

Bubur ini terbuat dari campuran bayam dan jagung, sehingga cocok untuk menunjang ibadah puasamu agar tetap sehat dan terhindar dari dehidrasi seharian.

10. Buncis Oseng Telur

menu sahur enak dan sederhana, daftar menu sahur enak dan praktis, menu sahur praktis untuk sebulan, menu sahur sederhana dan praktis, resep menu sahur sebulan, menu sahur anak kos, menu sahur menggugah selera, menu sahur pertama, menu sahur mantap, menu sahur murah meriah, menu santap sahur, resep menu sahur sebulan
buncis oseng telur (sajiansedap.grid.id)

Buncis oseng telur merupakan menu sahur praktis dan simpel, Kamu hanya tinggal menumis buncis dan bumbunya kemudian tambahkan telur.

Buncis sendiri memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita dan juga telur mengandung protein. Sehingga kesehatan tubuh kita akan terjaga dan dihidrasi pun hilang.

Nah, itulah kira-kira menu apa yang akan kamu pilih sebagai Menu Sahur Enak, Sederhana, Sehat dan Praktis yang tidak membuatmu dehidrasi seharian serta bisa menjadi menu sahur praktis selama sebulan penuh yang bisa Bacalagers Media ulas untuk Kamu.

Menu-menu sahur sederhana dan praktis di atas dijamin simpel dan mudah yang bisa kamu masak untuk santap sahur bersama keluarga. Pantau terus ya bacalagers.com yang bakal banyak banget mengulas seputar Bulan Suci Ramadhan 2019. Terimakasih dan Semoga bermanfaat..

Yuk Berikan Rating

Lely Anggoro Putri

1 comment

  • Tumis kangkungnya boleh dicoba, nih ..

    Apalagi yang buatin mabk Lely, heem enak sekali ..

    Saya suka makan sayur kangkung. Makanya Tumis kangkung jadi pikihan saya ..

    Selamat berpuasa ..

Follow us

Mari bergabung dan menjadi bagian dari Sahabat Bacalagers Media Community Indonesia ~