ISP Adalah: Fungsi, Peran, Jenis, dan Contohnya

ISP adalah perusahaan yang menawarkan sebuah jasa layanan kepada kita supaya bisa tersambung atau terhubung dengan internet. Untuk bisa terhubung dengan internet kita cukup menghubungi ISP melalui modem dan komputer/pc lalu ISP yang akan mengurus detail-detail yang diperlukan untuk terhubung dengan internet, termasuk biaya-biaya koneksi tersebut.

ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider. Untuk mengakses atau terhubung ke internet, kita harus memiliki akses yakni dengan cara berlangganan ke penyedia jasa layanan internet Internet Service Provider.

ISP (Internet Service Provide) ini memiliki jaringan baik secara domestik maupun secara internasional sehingga pelanggan atau konsumen dari sambungan yang disediakan ISP dapat terhubung atau tersambung ke jaringan Internet global. Jaringan disini merupakan media transmisi yang dapat mengalirkan data-data yang dapat berupa seperti kabel (sewa kabel, modem & jalur lebar), radio maupun VSAT. Biasanya ISP (Internet Sarvice Provider) yaitu biaya bulanan kepada konsumen/pengguna. Hubungan tersebut biasanya dibagi menjadi ke dalam 2 kategori, yaitu modem Dial up dan juga jalur lebar.

Fungsi ISP

Peran atau Fungsi ISP (Internet Service Provider) dalam pengaksesan jaringan internet ialah:

  1. Menghubungkan pengguna/konsumen ke gateway internet yang terdekat.
  2. Sebagai sebuah media yang memberikan pelayanan jasa untuk terhubung ke internet.
  3. Sebagai yang menyediakan modem untuk dial-up.
  4. Sebagai yang menghubungkan user kepada layanan informasi WWW (World Wide Web).
  5. Memungkinkan user untuk memakai layanan surat elektronik yang sering disebut dengan E-mail.
  6. Memungkinkan para user untuk melakukan percakapan suara melalui jaringan internet.
  7. Memberikan tempat untuk homepage.
  8. Internet Service Provider (ISP) melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk penggunanya.
  9. Fungsi ISP (Internet Service Provider) sebagai perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan untuk berhubungan dengan jaringan internet. Untuk mengaksesnya kita cukup menghubungi saja Internet Service Provider/ISP melalui komputer dan modem. Setelah itu ISP akan mengurus semua yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet.
  10. Dan lain-lain.

Peran ISP

Berikut ini terdapat beberapa peran ISP, terdiri atas:

  1. Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet
  2. Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
  3. Menyediakan modem untuk dial-up.
  4. Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
  5. Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail)
  6. Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
  7. Memberi tempat untuk homepage.
  8. ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.

Jenis-Jenis ISP

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis ISP, terdiri atas:

1. Dial on demand Internet

Dial on demand ini adalah layanan internet dimana pelanggan tidak terkoneksi secara terus menerus ke internet. Pelanggan akan dibebani biaya berdasarkan lamanya mereka terkoneksi ke internet.Contoh layanan internet dial on demand adalah: Telkomnet instant dari Telkom, layanan-layanan dial up dari ISP yang lain, juga beberapa layanan dari ISP wireless local.

2. Dedicated Internet

Pelanggan yang menggunakan dedicated internet akan terhubung terus dengan internet 24/7. Sistem pembayaran dari layanan ini juga biasanya dilakukan per bulan dimana pelanggan akan membayar sesuai dengan paket yang ditawarkan, baik selama sebulan tersebut pengguna memang benar menggunakan internet 24 jam penuh atau tidak.

Sistem dedicated ini biasanya mahal, dan biasanya untuk menekan biaya langganan, ISP memberikan beberapa metode untuk menekan harga misalnya dengan membatasi jumlah data yang boleh didownload dan diupload oleh pelanggan selama 1 bulan. Jumlah batasan data ini biasanya disebut dengan quota. Contoh layanan internet dedicated internet adalah layanan-layanan dari Channel 11, ERA AKSES, Speedy dari Telkom dan layanan-layanan dari ISP wireless local.

Contoh ISP

Berikut ini terdapat beberapa contoh ISP, terdiri atas:

1. Telkom Speedy

Telkom speedy merupakan ISP produk dari PT Telkom Indonesia, dengan harga yang cocok di kantong orang berpenghasilan menengah kebawah Telkom Speedy menawarkan koneksi internet yang stabil.

2. Astinet

Astinet juga merupakan produk dari PT Telkom Indonesia yang menawarkan jasa sambungan internet untuk penggunaan skala besar. Astinet sendiri merupakan kependekan dari Access Service Dedicated To Internet.

3. IM2

IM2 merupakan layanan sambungan internet milik PT Indosat, selain itu IM2 juga melayani jasa hosting dan sewa domain.

4. Centrin

Centrin merupakan ISP milik PT Centrin Online, menawarkan layanan jasa koneksi internet dengan infrastruktur yang sangat canggih.

5. Provider Seluler lainnya

Saat ini hamper semua provider seluler ternama sudah menawarkan jasa layanan internet atau ISP, biasanya berbasis quota dan bisa diaktifkan dengan paket-paket tertentu, ISP jenis ini merupakan pilihan cocok bagi kamu yang hanya membutuhkan koneksi internet secara isidental saja.

Selesai sudah penjelasan mengenai ISP Adalah: Fungsi, Peran, Jenis, dan Contohnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.