arvahub virtual office jakarta
melihat perbandingan kualitas pendidikan indonesia vs singapura dan sistem pendidikannya
perbandingan kualitas pendidikan indonesia vs singapura (bengkuluinteraktif.com)

Perbandingan Kualitas Pendidikan Indonesia vs Singapura dan Sistemnya

Menteri Pendidikan baru Indonesia sudah dilantik. Beliau adalah Nadiem Makarim yang sebelumnya sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia. Ada banyak pekerjaan rumah menteri pendidikan yang baru ini. Salah satunya adalah memperbaiki kemampuan siswa. Bila berkaca pada kualitas, kualitas pendidikan Indonesia vs Singapura bisa jadi perbandingan.

Seperti yang tercermin dalam survei PISA-OECD, kualitas pendidikan Indonesia vs Singapura, Indonesia kalah jauh. Itu karena sistem pendidikan yang diterapkan pemerintah Indonesia dan Singapura memang jauh berbeda. Singapura bisa dibilang salah satu negara yang punya kualitas pendidikan terbaik. Lalu, bagaimana perbandingannya sebenarnya?

Perbandingan Kualitas Pendidikan Indonesia vs Singapura

Seperti yang dilansir melalui laman resmi Katadata.co.id, BBC.com, News.detik.com, Kumparan.com, Singapura adalah salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia. Anda bisa melihat bagaimana kualitasnya di hasil survei Programme for International Student Assessment atau PISA. Kualitas pendidikan Indonesia vs Singapura bisa dibilang kalah jauh. Kok bisa?

melihat perbandingan kualitas pendidikan indonesia vs singapura dan sistem pendidikannya
infografis: perbandingan kualitas pendidikan indonesia vs singapura (katadata.co.id)

Dalam survei tersebut, kemampuan siswa usia 15 tahun di Singapura dalam hal membaca, matematika dan sains berada di peringkat kedua dari 78 negara. Sedangkan Indonesia hampir berada di juru kunci. Mengapa bisa perbedaannya sangat besar seperti ini? Salah satunya adalah pemerintah Singapura selalu berupaya untuk meningkatkan kapasitas siswanya.

Mereka lebih fokus dengan pendidikan dengan sistem STEM atau science, technology, engineering and mathematics. Setiap siswa diwajibkan untuk belajar matematika ataupun sains dari sekolah dasar hingga lanjutan dan setiap topik pelajarannya pun harus dipahami secara konseptual.

Tak hanya itu saja yang menjadikan kualitas pendidikan di Singapura sangat maju. Dalam kegiatan belajarnya, para guru dan murid lebih memilih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Sebab, bahasa ini digunakan dalam ilmu pengetahuan dan perdagangan dunia sehingga setiap siswa terbiasa menggunakannya.

Dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar, setiap siswa mampu fasih berbahasa Inggris dan mendorong negara tersebut menjadi negara global yang maju. Masih belum cukup, Singapura juga mengutamakan kualitas guru dan lembaga pendidikan dibandingkan citra.

Kegiatan belajar yang dilakukan di negara ini bersifat top down atau dari guru ke murid. Ini membuat pemerintah negara tersebut harus mengeluarkan anggaran yang tak sedikit untuk melatih dan menggaji guru. Setiap lembaga pendidikannya pun memiliki kualitas yang setara, baik di pinggiran maupun di pusat kota. Dari tingkat terbawah hingga paling atas.

Membandingkan Kualitas Pendidikan Indonesia vs Singapura, Bagaimana Indonesia Sendiri?

Bagaimana dengan kualitas pendidikan Indonesia vs Singapura untuk Indonesia sendiri? Rasanya tak adil bila tidak melihat bagaimana kualitas pendidikan Indonesia saat ini. Jalur, jenjang dan jenis pendidikan di Indonesia sendiri sebenarnya sudah cukup baik. Hanya saja, sistem atau jenjangnya masih terlalu panjang dan belum merata di seluruh Indonesia.

perbandingan kualitas pendidikan indonesia vs singapura dan sistem pendidikannya
kualitas pendidikan indonesia vs singapura (legaleraindonesia.com)

Adapun jenjang pendidikan di Indonesia terdiri dari Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD, Pendidikan Dasar atau SD, Pendidikan Menengah yang terdiri dari SMP dan SMA serta Pendidikan Tinggi. Bila dilihat perbedaannya dengan Singapura, jenjang pendidikan dasar di Singapura hanya 6 tahun.

Sedangkan di Indonesia sendiri, jenjang pendidikan dasarnya adalah 9 tahun dari bangku SD hingga bangku SMP. Lalu, jenjang pendidikan menengah. Di jenjang ini, pendidikan Singapura hanya memakan waktu 4 hingga 5 tahun. Pemerintah Singapura lebih mematangkan di sektor ini.

Sementara di Indonesia, jenjang pendidikan menengah ini hanya 3 tahun saja. Sistem pendidikan menengah di Singapura juga sudah menggunakan standar kemampuan express, normal academic dan normal technical yang lebih mendorong siswanya lebih mampu. Di Singapura, Anda juga bisa menemukan jenjang Pendidikan Pra Universitas.

Di jenjang ini, setiap siswa akan disiapkan untuk memasuki jenjang perguruan tinggi sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Di Indonesia sendiri, jenjang ini tidak ada sehingga kebanyakan mahasiswa bingung dengan jurusan mereka sendiri. Jika dibandingkan kualitas pendidikan Indonesia Vs Singapura, sepertinya Indonesia memang kalah jauh.

Namun, meski dalam perbandingan kualitas pendidikan Indonesia Vs Singapura ini Indonesia kalah jauh, bukan berarti Indonesia tak bisa menjadi lebih baik. Pemerintah juga sudah melakukan yang terbaik untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan berbagai macam cara. Salah satunya berusaha meratakan kualitas pendidikan itu sendiri.


Iman Ridhwan Syah

Iman Ridhwan Syah

Penggemar Tahu Krispi, Doyan banget Soto Ceker, Penikmat Indomie Rebus, Hobinya Traveling yang juga menyukai aktivitas Blogging, Lagi Serius Belajar menjadi SEO Engineer, Komunitas, Jalan-jalan Jauh, dan lagi semangat banget Nabung buat Nikah!

Yuk diskusi