panduan langkah-langkah cara belajar cyber security system untuk pemula hingga expert
langkah dan cara belajar cyber security untuk pemula

Keamanan siber atau cyber security adalah hal yang sangat penting baik bagi konsumen maupun pelaku usaha, akan semakin tertinggal jika para pelaku usaha tidak mencoba cara-cara belajar cyber security untuk sistem keamanan situs website atau toko online nya.

Sistem keamanan yang kuat akan memberikan perlindungan yang lebih baik bagi data-data konsumen dan perusahaan. Tanpa jaminan keamanan yang baik, perusahaan dapat kehilangan kepercayaan dari konsumen. Oleh karena itu, kini semakin banyak orang yang mencari panduan dan cara belajar cyber security untuk pemula hingga expert.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan industri digital memang semakin berkembang dengan pesat diiringi oleh perkembangan teknologi informasi yang semakin maju. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, keamanan data-data digital semakin mendapatkan perhatian serius.

Data-data digital rentan mendapat ancaman kejahatan siber (cyber-crime) sehingga diperlukan proteksi yang baik. Oleh karena itu, materi cyber security terbaru dan terlengkap selalu dicari banyak orang beserta konsep dasar cara belajar cyber security untuk pemula yang mudah dipahami dan dipraktikkan.

Langkah dan Cara Belajar Cyber Security System untuk Para Pemula

Semakin banyak perusahaan yang mulai memperhatikan keamanan siber, membuka kesempatan lowongan kerja lebih besar di bidang teknologi informasi.

Hal ini tentu menjadi kesempatan bagi generasi muda atau generasi milenial saat ini untuk memiliki karir dalam bidang teknologi. Untuk dapat belajar dengan baik, seorang pemula dapat memilih universitas yang juga memiliki basic di bidang cyber seperti UNTAN, Binus, UI, UIN, dll.

Setelah berada di universitas yang tepat, ada beberapa langkah cara belajar cyber security yang bisa diterapkan sebagai berikut.

1. Belajar Bahasa Pemrograman

belajar bahasa pemrograman yaitu langkah awal cara belajar cyber security untuk pemula
belajar bahasa pemrograman yaitu langkah awal cara belajar cyber security untuk pemula

Setiap ahli cyber security diwajibkan untuk memahami bahasa pemrograman agar mampu mengukur potensi serangan siber pada sistem dan merancang langkah-langkah antisipatif. Tahap ini merupakan langkah awal untuk menjadi seorang ahli cyber security.

Bahasa pemrograman seperti Java, C, C#, C++, PHP, Javascript, HTML, Jquery, Pyton, Cobol, Pascal dan sebagainya dapat membantu seorang ahli cyber security memahami backend suatu sistem. Untuk dapat belajar bahasa pemrograman dengan lebih baik, pemula juga dapat belajar dengan berkuliah pada universitas yang memang memiliki basis di dunia cyber seperti Universitas Tanjungpura atau UNTAN dan Binus.

2. Menganalisa dan Mengantisipasi Risiko

Seorang ahli cyber security dituntut untuk mampu mengantisipasi kemungkinan ancaman kejahatan siber. Kemampuan menganalisa dan mengatasi resiko merupakan kemampuan yang paling dibutuhkan oleh perusahaan dari seorang ahli cyber security system di Indonesia dan Dunia.

Sedangkan antisipasi ancaman serangan siber lebih mengacu kepada proses dan kebijakan perusahaan untuk mencegah pelanggaran data dan keamanan konsumen serta meminimalisir kerusakan yang terjadi ketika ada serangan siber.

UNTAN sebagai universitas yang memiliki perhatian khusus di dunia cyber juga memberikan pengajaran mengenai antisipasi resiko pada kejahatan cyber. Sehingga lulusan dari UNTAN dapat memiliki proses analisa dan antisipasi yang baik terhadap kejahatan siber.

3. Mendeteksi Potensi Serangan Cyber Crime

cara belajar cyber security selanjutnya yaitu mendeteksi potensi serangan cyber crime
cara belajar cyber security selanjutnya yaitu mendeteksi potensi serangan cyber crime

Setiap sistem memiliki potensi untuk diretas. Oleh karena itu, seorang ahli cyber security diharapkan mampu meminimalisir hal tersebut dengan kemampuan analisanya.

Dengan kemampuan intrusion detection, seorang ahli cyber security dapat mendeteksi potensi ancaman serangan siber yang dapat membahayakan sistem.

4. Memahami Layanan Berbasis Cloud

Langkah untuk belajar cyber security selanjutnya adalah dengan mempelajari dan memahami layanan cloud. Kemampuan ini menjadi keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan saat ini karena semakin banyak perusahaan yang menggunakan layanan berbasis cloud.

Layanan berbasis cloud cukup rentan akan resiko serangan siber seperti pelanggaran data atau peretasan. Oleh karena itu, cloud security merupakan hal yang wajib bagi perusahaan yang berbasis cloud.

5. Belajar Menguasai Enkripsi

cara belajar cyber security selanjutnya yaitu belajar menguasai enkripsi data
cara belajar cyber security selanjutnya yaitu belajar menguasai enkripsi data

Potensi serangan siber semakin meningkat dari waktu ke waktu. Untuk mampu mengidentifikasi serta mencegah serangan siber yang semakin rumit dibutuhkan seorang ahli cyber security yang memiliki kemampuan tingkat tinggi seperti enkripsi. Keterampilan ini dibutuhkan guna mengantisipasi tindakan terburuk yang mungkin terjadi seperti pencurian data-data penting serta akses tanpa izin.

Enkripsi dibutuhkan sebagai pilihan terakhir untuk melindungi data-data penting karena data yang telah dienkripsi tidak akan dapat diakses tanpa menggunakan kunci enkripsi. Sebagai universitas dengan basis siber, UNTAN juga akan memberikan materi mengenai enkripsi dengan porsi yang matang untuk seluruh mahasiswanya.

UNTAN Pilihan Terbaik untuk Belajar Dunia Cyber Security

Universitas Tanjungpura yang memiliki slogan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University dapat menjadi pilihan terbaik bagi para pemula yang ingin terjun secara profesional dalam dunia siber. Dengan fokus dalam bidang teknologi informasi dan pengembangan industri digital yang sangat baik, serta memiliki sistem belajar jarak jauh atau e-learning yang dapat memudahkan proses belajar mengajar.

Selain itu, Universitas Tanjungpura juga memiliki berbagai mata kuliah dan kurikulum yang berkaitan erat dengan dunia cyber, termasuk cyber security. Sehingga dapat dipastikan bahwa setiap lulusan UNTAN dapat bersaing di dunia digital dengan sangat baik dan memiliki kompetensi dalam dunia cyber yang tinggi.

Itulah informasi mengenai cara belajar cyber security yang bisa dilakukan tahap demi tahap oleh pemula. Semoga informasi ini bisa bermanfaat khususnya bagi para pembaca yang ingin terjun ke dunia cyber security system, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best deals on our WordPress themes.