lifestyle dan cara gaya hidup sehat ala milenial yang lagi viral dan terbaru saat ini
cara gaya hidup sehat ala milenial yang lagi viral

Berbicara tentang gaya hidup, kalangan muda memiliki trend tersendiri yang berbeda dari generasi sebelumnya. Bahkan, gaya hidup sehat ala milenial memiliki spesifikasi yang berbeda, yaitu menghubungkan segala sesuatu terkait kesehatan dengan dengan kemajuan teknologi dan peradaban.

Generasi milenial adalah generasi yang menyukai dan tertarik akan hal-hal yang terlihat simple, instan dan praktis. Termasuk dalam hal gaya hidup sehat.

Meski terkesan generasi modern yang memudahkan segala hal dan terlalu dekat dan nyaman dengan teknologi sampai muncul golongan kaum baru berjulukan generasi rebahan.

Tapi, tidak sedikit juga kok yang dari mereka yang mulai sadar pentingnya gaya hidup sehat ini. Terlebih bagi mereka yang punya aktivitas super “hectic” di hari kerja.

Gaya Hidup Sehat Ala Milenial yang Lagi Ngetren

tren gaya hidup sehat ala milenial
tren gaya hidup sehat ala milenial

Lantas gaya hidup sehat ala milenial seperti apa sih yang saat ini sedang ngetrend? Berikut beberapa diantaranya:

Rutin Mengonsumsi Suplemen

Salah satu pola hidup sehat ala milenial yang sedang ngetren ternyata mengunsumsi suplemen makanan dan minuman.

Hal tersebut dilakukan tidak kurang dari 68 persen kalangan muda untuk menjaga kebugaran tubuh.

Suplemen yang dimaksud mulai dari pil herbal, minuman berprotein sampai dengan vegan smoothies.

Suplemen sendiri berbeda dengan obat karena tujuan dari mengonsumsi suplemen adalah untuk menambah nutrisi tubuh, sementara tujuan mengonsumsi obat adalah untuk penyembuhan dari penyakit.

Memilih Makanan Alami

Dalam memilih bahan makanan, generasi milenial semakin selektif dengan menggunakan produk-produk makanan alami yang tidak terkontaminasi bahan kimia.

Contohnya seperti beras dan gandum yang ditanam secara organik, sayur dan buah-buahan yang bebas dari pestisida atau daging yang tidak mengandung steroid dan antibiotik.

Semakin banyaknya kalangan muda yang selektif terhadap bahan makanan yang dikonsumsi, menjadikan produk-produk makanan sehatpun banyak dijual di pasaran.

Tidak hanya di supermarket dan mall-mall, tapi juga juga di toko kelontong dan pasar-pasar tradisional.

Bahkan saat ini juga mulai banyak usaha-usaha katering sehat yang melayani para pelanggan dengan menu bebas MSG, menu vegetarian, makanan dengan batas kalori tertentu atau makanan untuk program diet.

Menggemari Latihan Fisik dan Pengobatan Alternatif

lifestyle dan cara gaya hidup sehat ala milenial
berolahraga adalah salah satu gaya hidup sehat ala milenial

Sesuatu yang unik dari trend hidup sehat ala milenial adalah mulai bergesernya paradigma mereka terhadap cara pengobatan.

Disaat dunia medis mengalami perkembangan yang begitu pesat, kalangan muda justru lebih memilih cara alternatif untuk perawatan kesehatan maupun untuk pengobatan penyakit.

Hal itulah yang membuat latihan fisik, pengobatan alami, meditasi dan berbagai cara alternatif lainnya kini semakin marak dilakukan.

Jadi tidak heran jika kini banyak yang membuka praktik pengobatan ala Timur Tengah seperti bekam dan gurah atau praktik kesehatan dengan teknik holistik dari China.

Misalnya seperti akupuntur yang dilakukan dengan merangsang titik syaraf menggunakan jarum. Sebaliknya, generasi milenial kini semakin mengurangi konsumsi obat-obatan.

Mencari Informasi Kesehatan dari Internet dan Aplikasi Kesehatan

Menurut hasil penelitian Nielson, sebanyak 93 persen generasi milenial tidak memiliki banyak waktu atau jadwal untuk melakukan kunjungan perawatan primer maupun preventif dengan dokter meskipun telah disediakan pihak asuransi.

Mereka lebih memilih menggunakan fasilitas perawatan saat benar-benar sakit.

Hal tersebut bukan berarti mereka tidak perduli atau mengabaikan kesehatan tubuh, melainkan mereka lebih suka mengakses saran medis secara online dengan mengunjungi blog-blog kesehatan.

Tujuannya untuk menggali berbagai sumber informasi dengan cara browsing serta melakukan penelitian kesehatan untuk diri mereka sendiri dengan rujukan dari berbagai sumber utamanya dengan mengakses internet.

Terlebih saat ini ada banyak aplikasi kesehatan yang bisa mereka download dan bahkan bisa digunakan untuk konsultasi dengan dokter yang kredible.

Itu dia beberapa tren gaya hidup sehat ala milenial yang berbeda dari generasi sebelumnya, karena dalam praktiknya mereka tidak lagi tergantung kepada orang lain.

Dalam hal ini para pakar kesehatan dan tenaga medis, karena semua persoalan yang menyangkut gaya hidup sehat ala milenial yakni mereka cari sendiri dengan memanfaatkan koneksi internet.

Meski begitu, bukan berarti kita bisa mengabaikan pentingnya para tenaga medis yang profesional lho, yaa ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.